Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Senin, 29 Mei 2023

Makna Sholawat Dalam Kitab Kasyifatussaja'

(وصلى االله)

 أي زاده االله عطفاً وتعظيماً 

(وسلم)

 أي زاده االله تحية عظمى بلغت الدرجة

القصوى

[Semoga Allah merahmati,] maksudnya, semoga Allah menambahi kasih sayang dan pengagungan untuk Muhammad, [dan semoga Dia mencurahkan salam,] maksudnya, semoga Allah menambahi Muhammad penghormatan yang agung yang mencapai tingkatan yang tertinggi hingga takterbatas.

(مسألة)

 قال إسماعيل الحامدي فإن قيل إن الرحمة للنبي حاصلة فطلبها تحصيل الحاصل

فالجواب أن المقصود بصلاتنا عليه طلب رحمة لم تكن فإنه ما من وقت إلا وهناك رحمة

لم تحصل له فلا يزال يترقى في الكمالات إلى ما لا اية له فهو ينتفع بصلاتنا عليه

على الصحيح لكن لا ينبغي أن يقصد المصلي ذلك بل يقصد التوسل إلى ربه في نيل

مقصوده ولا يجوز الدعاء للنبي صلى االله عليه وسلّم بغير الوارد كرحمه االله بل المناسب

واللائق في حق الأنبياء الدعاء بالصلاة والسلام وفي حق الصحابة والتابعين والأولياء

والمشايخ بالترضي وفي حق غيرهم يكفي أي دعاء كان انتهى

(MASALAH)

 Ismail al-Hamidi berkata,“Apabila ada pertanyaan, ‘Sesungguhnyya rahmat untuk Rasulullah Muhammad telah terwujud sehingga memintakan rahmat untuknya berarti memintakan sesuatu yang telah terwujud?’ Maka jawaban untuk pertanyaan ini adalah ‘Sesungguhnya tujuan memintakan rahmat kita untuknya adalah memintakan rahmat yang belum terwujud untuknya karena tiada waktu yang berlalu kecuali selama waktu tersebut ada rahmat yang belum terwujud untuknya. Oleh karena itu, dengan permintaan rahmat tersebut, Rasulullah Muhammad selalu naik dalam kesempurnaan sampai tingkatan yang tidak ada batasnya.’ Rasulullah Muhammad dapat menerima manfaat dari bacaansholawat kita untuknya, sebagaimana menurut pendapat yang shohih.Akan tetapi, orang yang bersholawat hendaknya tidak berniatmemberi manfaat sholawat kepada Rasulullah Muhammad,melainkan hendaknya ia berniat menjadikan Rasulullah Muhammadsebagai perantara kepada Allah dalam memperoleh apa yangdiinginkan oleh orang yang bersholawattersebut. Tidak diperbolehkan mendoakan Rasulullah Muhammad dengan kalimat doa yang tidak dijelaskan oleh al-Quran ataupun Hadis, sepertikalimat doa ‘رحمه الله’ (Semoga Allah merahmatinya). Akan tetapi, yangpantas dan yang layak bagi hak para nabi adalah mendoakan mereka

الصلاة والسلام عليه ’ atau ‘صلى االله عليه وسلم’ dengan sholawat dan salam, seperti Bagi hak para sahabat, tabiin, para wali, dan para syeh adalah mendoakan mereka dengan kalimat ‘رضي الله عنه’. Bagi hak selain mereka semua adalah mendoakannya dengan bentuk kalimat doa apa

saja.”

(على سيدنا محمد) هو أفضل أسمائه صلى االله عليه وسلّم والمسمي له بذلك جده عبد

المطلب في سابع ولادته لموت أبيه قبلها فقيل له لم سميته محمداً وليس من أسماء آبائك

ولا قومك؟ فقال رجوت أن يحمد في السماء والأرض وقد حقق االله رجاءه وقيل

المسمي له بذلك أمه أتاها ملك فقال لها حملت بسيد البشر فسميه محمداً 

Sholawat dan salam semoga tercurahkan [atas pemimpinkita, Muhammad,] Nama Muhammad adalah nama yang palingutama baginya, shollallahu ‘alaihi wa sallama. Orang yangmemberinya nama Muhammad adalah kakeknya, Abdul Mutholib,pada hari ke-tujuh kelahirannya. Alasan mengapa yang memberinama adalah Abdul Mutholib karena ayahnya, Abdullah, telah wafatsebelum kelahirannya. Abdul Mutholib ditanya, “Mengapa kamumemberinya nama Muhammad padahal nama Muhammad bukanlahtermasuk salah satu dari nama-nama pendahulumu dan kaummu?” Iamenjawab, “Aku berharap semoga ia dipuji di langit dan di bumi.”Dan Allah telah mengabulkan harapannya itu.Ada yang mengatakan bahwa yang memberinya nama Muhammad adalah ibunya sendiri, Aminah. Ibunya didatangi olehmalaikat. Kemudian malaikat itu berkata kepadanya, “Kamu telah mengandung seorang pemimpin manusia. Berilah ia nama Muhammad!”

وإنما أتى بالصلاة في أول كتابه على رسول االله صلى االله عليه وسلّم عملاً بالحديث

القدسي وهو قوله تعالى عبدي لم تشكرني إذا لم تشكر من أجريت النعمة على يديه

ولا شك أنه صلى االله عليه وسلّم الواسطة العظمى لنا في كل نعمة بل هو أصل الإيجاد

لكل مخلوق آدم وغيره وبقوله صلى االله عليه وسلّم من صلى علي في كتاب لم تزل

الملائكة تصلي عليه ما دام اسمي في ذلك الكتاب

Adapun Syeikh Salim bin Sumair al-Hadromi memintakansholawat (dan salam) di awal kitabnya kepada Rasulullah shollallahu‘alaihi wa sallama karena mengamalkan hadis Qudsi yangdifirmankan oleh Allah, “Hai hambaku! Kamu belumlah bersyukurkepada-Ku ketika kamu belum berterima kasih kepada orang yangAku mencurahimu kenikmatan melaluinya.” Tidak diragukan lagi bahwa Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallama adalah perantaraagung bagi kita dalam setiap kenikmatan yang kita peroleh, bahkan ia merupakan asal terwujudnya seluruh makhluk, baik dari golongan anak cucu Adam ataupun yang lainnya. Begitu juga, Syekh Salim bin Sumair al-Hadromi mengamalkan hadis Rasulullah shollallahu‘alaihi wa sallama, “Barang siapa bersholawat kepadaku di dalam sebuah kitab maka para malaikat akan selalu bersholawat kepadanya selama namaku masih ada dalam kitab tersebut.”

قال عبد المعطي السملاوي في معنى هذا الحديث أي من كتب الصلاة وصلى أو قرأ

الصلاة المرسومة في تأليف حافل أو رسالة لم تزل الملائكة تدعو بالبركة أو تستغفر له

Abdul Mu’thi as-Samlawi menjelaskan hadis ‘Barang siapa bersholawat kepadaku di dalam sebuah kitab ... dst dengan perkataannya, “Barang siapa menulis sholawat dan mengucapkannya atau membaca sholawat yang tertulis dalam kitab atau risalah makapara malaikat akan selalu mendoakan keberkahan untuknya danselalu memintakan ampunan untuknya.”

(خاتم النبيين) بفتح التاء وكسرها والكسر أشهر أي طابعهم كما في المصباح فلا نبي

بعده صلى االله عليه وسلّم فهو آخرهم في الوجود باعتبار جسمه في الخارج

Rasulullah adalah seorang rasul [yang menjadi khotimi annabiyiin,] Lafadz ‘خاتم’ dengan dibaca fathah atau kasroh pada huruf /ت/. Akan tetapi yang paling masyhur adalah dengan kasroh padanya. Artinya adalah (Rasulullah) yang menjadi penutup para nabi, seperti yang disebutkan dalam kitab al-Misbah. Oleh karena itu, tidak ada nabi setelah beliau, Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallama. Ia adalah penutup para nabi dalam wujudnya dari sudut pandang jisimnya di dunia nyata. (Sedangkan hakikatnya ia adalah nabi yang pertama kali, bahkan makhluk yang pertama kali diciptakan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar