Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Sabtu, 20 Mei 2023

Kitab Almawaiz Alusfuriyah Hadits ke 18 : Yang Paling Agung Imannya













الحديث الثامن عشر : أعجب الناس إيمانا

عن ابن عباس رضي الله تعالى عنهما أن رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم قال هل علمتم من أعجب الخلق إيمانا، فقالوا إيمان الملائكة يا رسول الله، فقال وكيف لاتؤمن الملائكة وهم يعاينون الأمر،قالوا النبيون يارسول الله، فقال وكيف لايؤمن النبيون والروح ينزل عليهم بالأمر من السماء، قالوا أصحابك يارسول الله، فقال وكيف لايؤمن أصحابي وهم يرون المعجزات مني وأنا أنبئهم بما أنزل علي ولكن أعجب الناس إيمانا قوم يجيؤن من بعدي يؤمنون بي ولم يروني ويصدقوني فألئك إخواني.

وحكي

 أن يوما من الأيام اجتمعت الكفار في دار أبي جهل إذ دخل رجل يقال له طارق الصيدلاني وقال ماأسهل علينا قتل محمد عليه السلام لو اتفقتم على قولي، قالوا كيف ياطارق، قال ذلك الرجل إن محمدا عليه السلام استند لي جدار الكعبة فلو ذهب واحد منا ورمى حجرا كبيرا من فوق الكعبة لهلك من ساعته فقام من بينهم رجل يقال له شهاب وقال لو أذنتم لي لقتله فاذنوا له فصعد فوق الكعبة ومعه حجر كبير فرماه إلى النبي عليه السلام فخرج من جدار الكعبة حجر وأخذ ذلك الحجر فى الهواء حتى قام رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم من موضعه وسقط الحجر على الأرض ودحرج الجدار إلى موضعه فصار كما كان وشهاب ينظر إليه ويتعجب منه فنزل من الكعبة وجاء بين يدي رسول الله صلى الله تعالى عليه وسلم وأسلم وحسن إسلامه وأسلم طارق أيضا وكان شهاب ومن معه أسلموا بعد ما رأوا هذه المعجزات والإيمان بمحمد عليه السلام في آخر الزمان من أفضل المراتب لأنهم ثبتوا على الإيمان والإسلام عن ظهر الغيب بغير مشاهدته عليه السلام ومعجزاته.

Dari Ibnu Abbas ra. diriwayatkan, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Apakah kalian mengetahui, siapa yang paling mengagumkan imannya?” Para sahabat menjawab, “Imannya para malaikat, ya Rasulullah. ”Beliau bersabda, “Bagaimana para malaikat tidak beriman sedang mereka itu menyaksiakan perkaranya.” Para sahabat berkata, “Para nabi, ya Rasulullah.” Rasulullah Saw. bersabda, “Bagaimana para nabi tidak beriman sedang malaikat datang dari langit membawa wahyu.”Para sahabat berkata, “Sahabat-sahabatmu, ya Rasulullah.”Rasulullah Saw. bersabda, “Bagaimana para sahabatku tidak beriman sedang mereka menyaksikan mukjizat dariku dan aku memberitahu mereka tentang wahyu yang diturunkan kepadaku.”“Akan tetapi yang paling mengagumkan imannya ialah orang-orang yang datang sesudah wafatku dan beriman kepadaku sedang mereka tidak melihatku dan mereka membenarkanku, mereka itulah saudara-saudaraku.” Iman kepada Muhammad Saw. di akhir zaman adalah tingkatan yang paling utama, karena tetap dalam iman dan Islam tanpa menyaksikan Rasulullah Saw. dan mukjizat-mukjizatnya.

HIKAYAT

Pada suatu hari, orang-orang kafir berkumpul di rumah Abu Jahal, tiba-tiba masuklah seorang laki-laki yang bernama Thariq Ash Shaidalaniy dan berkata; Alangkah mudahnya bagi kita untuk membunuh Muhammad jika kalian setuju dengan perkataanku. Mereka berkata; Bagaimana caranya wahai Thariq? Thariq menjawab; Saat ini Muhammad sedang duduk bersandar ke dinding Ka’bah, jika salah seorang dari kita pergi dan melemparkan batu besar ke arahnya dia pasti mati seketika. Lantas salah seorang dari mereka yang bernama Syihab berdiri dan berkata; Apabila kalian memberi ijin kepadaku, niscaya aku yang akan membunuhnya. Lalu mereka memberinya ijin. Kemudian dia naik ke atas Ka’bah dengan membawa batu besar lantas melemparkannya ke arah Nabi ‘alaihisshalatu wassalam, tiba-tiba keluarlah sebuah batu dari dinding Ka’bah dan menahan batu tersebut di udara hingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berdiri dan pergi dari tempat duduknya, kemudian batu itu jatuh ke tanah dan batu dari dalam dinding Ka’bah itu bergulir ke arah asalnya hingga dinding ka’bah kembali seperti semula sedangkan Syihab menyaksikan dan heran terhadap kejadian itu. Kemudian syihab dan Thariq datang menghadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lalu masuk Islam dan menjadi orang Islam yang baik. Syihab dan orang-orang yang bersamanya masuk Islam setelah mereka menyaksikan mu’jizat ini. Beriman kepada Nabi Muhammad ‘alaihis shalatu wassalam di akhir zaman adalah paling utamanya tingkatan iman, karena mereka tetap iman dan Islam dari balik kenyataan dengan tanpa melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan menyaksikan mu’jizatnya.

 Wallahu a'lamu bissowab

Semoga bermanfaat...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar