1. Tetangga
Anda memiliki anak usia smp yang memiliki gejala kenakalan remaja. Rambut
dicat, suka naik motor dengan kenalpot bersuara keras, sering pulang malam,
tidak ramah dengan orang disekelilingnya, dan jarang masuk sekolah. Meskipun
anda bukan guru dari anak tersebut hal apa yang anda lakukan..
a.
mendatangi aparat RT atau RW
agar menasehati anak tersebut untuk berperilaku baik
b.
mendatangi aparat rt atau rw
agar menasehati orangtua anak tersebut untuk berperilaku baik.
c.
menyarankan orangtuanya agar
anaknya berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan
d.
menasehati anak
tersebut dengan cara santun agar berperilaku baik dan tidak menyebalkan
e.
menegur anak tersebut dengan
keras agar berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan
2. Anda
adalah guru disekolah swasta yang baru berkembang, kebijakan yayasan terkait
pengembangan sekolah baru dikonsentrasikan pada pengembangan sarana dan
prasarana pembelajaran, sehingga kurang peduli terhadap kenaikan gaji guru. Ada
salah satu guru yang kasak-kusuk mengajak teman-teman guru lain untuk memprotes
yayasan agar menaikkan gaji guru. Apa yang anda lakukan…
a.
mengikuti ajakan teman untuk
menuntut kenaikan gaji guru
b.
memberi pengertian kepada
teman-teman bahwa arah kebijakan sudah benar.
c.
memberitahu pimpinan yayasan
secara diam-diam agar menaikkan gaji guru
d.
menolak ajakan teman karena
takut dikeluarkan dari sekolah itu
e.
menerima ajakan teman
dengan usulan agar menyampaikan apresiasi dengan bijak
3. Dikampung
yang anda tinggali, beberapa minggu ini sering ad kasus pencurian. Sebagian
warga mencurigai pemulung yang sering mencari barang bekas diperkampungan anda.
Pada rapat warga rt dibahas tentang rencana pemasangan papan bertuliskan
“PEMULUNG DILARANG MASUK” agar kasus pencurian tidak terjadi lagi. Apa pendapat
anda terhadap rencana itu…
a.
pemulung tidak identic
dengan orang jahat dan belum tentu pencuri yang mencuri diperkampungan ini
adalah pemulung
b.
pemulung juga manusia dan
berhak mencari nafkah dimana saja termasuk diperkampungan yang kita tinggali.
c.
pemulung sangat berjasa
membantu proses pemilihan sampah plastic dan non plastic dalam rangka
melestarikan lingkungan
d.
bintang saja tidak pernah
dilarang masuk perkampungan, sangat tidak manusiawi jika manusia dilarang masuk
perkampungan.
e. lebih baik melakukan kewaspadaan disetiap keluarga daripada
mencurigai pemulung sebagai pencuri.
4. Dalam
perjalanan menuju kamar kecil, anda melihat dengan mata kepala sendiri teman
guru anda melakukan kekerasan kepada siswanya di dalam kelas. Setelah anda
klarifikasi kepada para siswa, ternyata kebiasaan itu sudah lama dilakukan.
Para siswa cenderung tidak berani melaporkan kejadian itu karena diancam oleh
guru tersebut. Hal yang anda lakukan adalah….
a.
melaporkan secara rinci dan
tertulis kepada kepala sekolah dan kepala dinas agar guru tersebut diberi
sanksi.
b.
menasehati teman guru
ynag melakukan kekerasan, agar segera menghentikan kekerasan terhadap siswanya.
c.
menyampaikan secara santun
kejadian itu dalam rapat dengan guru agar guru tersebut tidak melakukan
kekerasan terhadap siswanya.
d.
memberi tahu yang melakukan
kekerasan tersebut, tentang resiko yang diterima jika kekerasan itu terus
dilakukan.
e.
menunjukkan beberapa contoh
akibat buruk yang diterima guru jika guru melakukan kekerasan terhadap
siswanya.
5. SR
adalah seorang guru yang bertanggungjawab satu kelas. Untuk mewujudkan
potensinya, ia perlu mengikuti beberapa kegiatan namun bersamaan dengan jam
mengajar SR. ia membebani rekan guru ganti yang dititipi untuk mengajar
dikelasnya. Menurut anda apa yang sebaiknya dilakukan oleh SR……
a.
focus pada pengembangan diri
karena rekannya pasti memahami kondisi SR.
b.
tetap mengikuti kegiatan
diluar, dengan memberikan imbalan khusus kepada rekan guru yang sering menggantikannya
mengajar.
c.
focus pada mengajarnya
yang dipadukan dengan pengembangan diri misalnya melakukan penelitian tindakan
kelas dikelasnya, dan mengikuti kegiatan pada waktu libur sekolah
d.
focus pada pengembangan
dirinya yang dikaitkan dengan tugas mengajar, karena jika SR berkembang akan
berdampak positif bagi sekolahnya juga.
e.
focus pada pengembangan diri
karena ada rekan guru yang bias dititipi, bukan menjadi masalah besar jika SR
mengembangkan diri di luar.
6. Manakah
diantara beberapa pernyataan di bawah ini yang paling sesuai dengan diri anda….
a.
Saya adalah orang yang
tegas, ambisius, berani, dan tidak ingin orang lain menyalahkan diri saya
b.
saya adalah orang yang
rasional, menjaga kesatuan apa yang diucapkan dengan yang dilakukan,
berperilaku sesuai dengan aturan yang ada, dan menyikapi konflik secara
hati-hati
c.
saya adalah orang yang mudah
marah, selalu bicara apa adanya apabila saya tidak setuju dengan perkataan atau
perlakuan seseorang.
d.
saya adalah orang yang
sabar, berperasaan halus, yang hanya bisa berdoa agar tuhan membalas segala
perbuatan jahat yang orang lakukan pada diri saya
e.
saya adalah orang yang
tegas, berani, dan tidak takut untuk membalas perbuatan buruk yang orang lain
lakukan pada diri saya.
7. Tugas
disekolah dan dirumah datang silih berganti. Satu tugas belum selesai
dikerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti itu,
bagaimanakah reaksi anda?
a.
lebih baik saya tinggalkan
sama sekali situasi seperti itu, daripada bekerja seperti robot.
b.
saya ingin mengerjakan
seluruh tugas, namun dalam situasi seperti itu biasanya justru menjadi
berantakan semua.
c.
saya hanya bisa bekerja satu
persatu, lebih baik beberapa tugas tidak tertangani sma sekali daripada
meninggalkan tugas yang tidak tuntas.
d.
saya beruntung mampu
bekerja dengan cepat sehingga semua tugas terselesaikan sepenuhnya dengan
tuntas.
e.
yang penting semua tugas
terselesaikan, soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi.
8. Ada
siswa-siswa tertentu yang memiliki sikap dan perilaku yang benar-benar membuat
siapapun menjadi tidak sabar. Pernyataan yang paling menggambarkan diri anda
ketika berhadapan dengan siswa seperti itu adalah..
a.
mengajak bicara untuk
menjelaskan tanggapan saya dan orang lain terhadap akibat perilakunya.
b.
berusaha menunjukkan wajah
sabar sekalipun hal itu bukan cerminan perasaan sebenarnya.
c.
secara terbuka mengungkapkan
ketidaksabaran agar siswa dan semua teman sekelasnya tahu dan berubah.
d.
berusaha bersabar sampai
perilakunya tidak dapat diterima lagi.
e.
saya menghindari bertemu
siswa-siswa tersebut.
9. Sekolah
berencana mengadakan kegiatan lomba memasak antar kelas dalam rangka hari
kelahiran sekolah. Acara akan diselenggarakan bertepatan dengan dengan hari
libur waisak apa pandangan ada sebagai guru ?
a.
Tidak masalah karena,
disekolah tidak ada yang memeluk agama budha
b.
Sebaiknya hari libur
agama tidak digunakan untuk kegiatan sekolah
c.
Hari libur agama boleh
digunakan untuk kegiatan agama yang bersangkutan
d.
Hari libur agama boleh
digunakan untuk berlibur bersama keluarga
e.
Hari raya waisak biarlah
diperingati oleh umat budha, umat lain menyesuaikan
10. Anda
memiliki seorang peserta didik yang beragama non muslim sedangkan mayoritas
peserta didik di sekolah tersebut beragama muslim. Banyak siswa di sekolah
tersebut yang enggan bertemu sapa dengannya, apalagi berteman karena perbedaan
agama tersebut, malahan suka mengejek. Bagaimana sikap anda sebagai pendidik
yang mengajarkan tentang kebaikan
a.
Meminta kepada para pelaku
agar meminta maaf kepada korban dan
berjanji tidak mengulangi perbuatan tersebut
b.
Merekomendasikan kepada guru
bimbingan dan konseling untuk diberikan sangsi yang sesuai
c. Terlibat aktif menumbuhkan rasa saling penghargaan
dengan memberikan teladan secara langsung
d.
Mempertemukan seluruh siswa
untuk saling berdiskusi menumbuhkan rasa penghormatan antar umat beragama
e.
Menyusun peraturan tentang
tolrenasi antar umat beragama dan menerapkan sangsi bagi yang melanggar.
11. seorang
guru matematika juga berperan sebagai Pembina pramuka di sekolahnya, apa yang
harus dilakukan guru tersebut dalam memberikan nilai mata pelajaran matematika
kepada siswa?
a.
memberikan nilai
sesuai capaian belajar siswa, serta keaktifannya dalam proses pembelajaran.
b.
memberikan nilai sesuai
capaian belajar siswa, karena keaktifan siswa dalam pramuka merupakan wilayah
berbeda.
c.
mempertimbangkan nilai
capaian belajar, keaktifan belajar, dan keikutsertaan pramuka dalam memperbaiki
perolehan nilai.
d.
Mepertimbangkan keaktifannya
dalam pembelajaran kelas dan kegiatan ekstrakulikuler untuk menambah nilainya.
e.
Kegiatan ekstrakulikuler
pramuka yang diikuti siswa menyumbang perolehan nilai mata pelajaran siswa.
12. Tetangga
Anda suka mengunggah informasi yang mengandung unsure pornografi di grup WA,
apa yang anada lakukan sebagai guru.
a.
Mengingatkan tetangga itu
melalui grup WA agar tidak menggunggah informasi atau gambar yang mengandung
unsur pornografi.
b.
Mengingatkan tetangga itu
melalui japri agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur
pornografi.
c.
Mengingatkan tetangga
itu secara langsung agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung
unsur pornografi.
d.
Mengingatkan tetangga itu
melalui rapat warga RT agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang
mengandung unsur pornografi.
e.
Segera menghapus informasi
atau gambar yang mengandung unsure pornografi yang di unggah oleh tetangga anda.
13. Y
sudah 3 tahun bekerja sebagai guru di sekolah ABC dan Y sangat menikmatinya.
Tiba – tiba Y mendapat intruksi untuk pindah ke sekolah lainnya yang kondisi
sistem dan siswanya sangat berbeda. Kondisi yang paling sesuai pada diri anda
adalah…
a.
menerima saja walau dengan
berat hati
b.
memaksakan diri saya
mengerjakan tugas baru tersebut
c.
menerima dan akan
bekerja sebaik mungkin serta belajar menyesuaikan diri
d.
menerima dan akan bekerja
dengan baik jika terlebih dahulu mendapat bimbingan dari kepala sekolah yang
baru
e.
saya menanyakan terlebih
dahulu kepada sekolah ABC tentang alasan saya dipindahkan ke sekolah lain
14. seorang
guru memberikan tugas di kelas. Tugas tersebut termasuk tugas baru dan
tergolong sulit. Beberapa siswa mengerjakannya dengan baik dan beberapa siswa
masih kurang maksimal. Bagaimana cara menyampaikan pada siswa yang masih kurang
maksimal agar tidak menyinggung perasaan dan lebih memotivasi mereka untuk
mengerjakan lebih baik lagi?
a.
“seharusnya jika kamu kurang
paham pelajaran ini, kamu dapat bertanya kepada teman-temanmu yang lebih paham,
agar hasilnya tidak seperti ini”
b.
“hasil pekerjaanmu
sudah cukup baik, tetap semangat dan tingkatkan terus prestasi belajarmu agar
setara dengan yang lainnya”
c.
“ saya senang kamu sudah
mengerjakan tugas ini, saya yakin kamu memiliki kemampuan untuk mengerjakan
yang lebih baik lagi”
d.
“bagaimana bisa kamu
mengerjakan seperti ini sedangkan teman-teman kamu yang lain bisa
mengerjakannya dengan baik”
e.
“kalian ini tidak ada
perubahan sama sekali, kelemahan seperti ini jangan dipertahankan.
15. ada
siswa anda yang berakhlak baik memiliki prestasi belajar rendah. Bila dalam
ujian akhir nanti tidak mendapatkan nilai yang baik maka tidak bisa naik kelas.
Kebetulan anak anda sendiri memiliki prestasi belajar yang tinggi di kelas dan
sebangku dengan siswa tersebut. Menurut anda tindakan terbaik yang dilakukan
adalah…
a.
meminta anak saya membantu
memberitahukan jawaban untuk soal-soal yang dianggap sulit.
b.
meminta anak saya untuk tidak mempedulikan
masalah yang dihadapi temannya.
c.
mengingatkan anak saya untuk
tidak membantu orang lain dengan cara yang keliru.
d.
mengingatkan
pentingnya belajar dan kejujuran serta meminta anak saya untuk belajar bersama
temannya tersebut untuk mempersiapkan ujian.
e.
membantu anak yang terancam
tidak naik kelas dan menekankan pentingnya lulus ujian bagi anak maupun sekolah
16. Sekolah
berencana mengadakan kegiatan lomba memasak antar kelas dalam rangka hari
kelahiran sekolah. Acara akan diselenggarakan bertepatan dengan dengan hari
libur waisak apa pandangan ada sebagai guru ?
a. Tidak
masalah karena, disekolah tidak ada yang memeluk agama budha
b.
Sebaiknya hari libur
agama tidak digunakan untuk kegiatan sekolah
c. Hari
libur agama boleh digunakan untuk kegiatan agama yang bersangkutan
d. Hari
libur agama boleh digunakan untuk berlibur bersama keluarga
e. Hari
raya waisak biarlah diperingati oleh umat budha, umat lain menyesuaikan
17.
Anda memiliki seorang
peserta didik yang beragama non muslim sedanglan mayoritas peserta didik di
sekolah tersebut beragama muslim. Banyak siswa di sekolah tersebut yang enggan
bertemu sapa dengannya, apalagi berteman karena perbedaan agama tersebut,
malahan suka mengejek. Bagaimana sikap anda sebagai pendidik yang mengajarkan
tentang kebaikan
a. Meminta
kepada para pelaku agar meminta maaf kepada korban dan berjanji tidak mengulangi perbuatan tersebut
b. Merekomendasikan
kepada guru bimbingan dan konseling untuk diberikan sangsi yang sesuai
c.
Terlibat aktif
menumbuhkan rasa saling penghargaan dengan memberikan teladan secara langsung
d. Mempertemukan
seluruh siswa untuk saling berdiskusi menumbuhkan rasa penghormatan antar umat
beragama
e. Menyusun
peraturan tentang tolrenasi antar umat beragama dan menerapkan sangsi bagi yang
melanggar.
18. seorang
guru matematika juga berperan sebagai Pembina pramuka di sekolahnya, apa yang
harus dilakukan guru tersebut dalam memberikan nilai mata pelajaran matematika
kepada siswa?
a.
memberikan nilai
sesuai capaian belajar siswa, serta keaktifannya dalam proses pembelajaran.
b.
memberikan nilai sesuai
capaian belajar siswa, karena keaktifan siswa dalam pramuka merupakan wilayah
berbeda.
c.
mempertimbangkan nilai
capaian belajar, keaktifan belajar, dan keikutsertaan pramuka dalam memperbaiki
perolehan nilai.
d.
Mepertimbangkan keaktifannya
dalam pembelajaran kelas dan kegiatan ekstrakulikuler untuk menambah nilainya.
e.
Kegiatan ekstrakulikuler
pramuka yang diikuti siswa menyumbang perolehan nilai mata pelajaran siswa
19. Tetangga
Anda suka mengunggah informasi yang mengandung unsure pornografi di grup WA,
apa yang anada lakukan sebagai guru….
a.
Mengingatkan tetangga itu
melalui grup WA agar tidak menggunggah informasi atau gambar yang mengandung
unsur pornografi.
b.
Mengingatkan tetangga itu
melalui japri agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur
pornografi.
c.
Mengingatkan tetangga
itu secara langsung agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung
unsur pornografi.
d.
Mengingatkan tetangga itu
melalui rapat warga RT agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang
mengandung unsur pornografi.
e.
Segera menghapus informasi
atau gambar yang mengandung unsure pornografi yang di unggah oleh tetangga anda.
20. Y
sudah 3 tahun bekerja sebagai guru di sekolah ABC dan Y sangat menikmatinya.
Tiba – tiba Y mendapat intruksi untuk pindah ke sekolah lainnya yang kondisi
sistem dan siswanya sangat berbeda. Kondisi yang paling sesuai pada diri anda
adalah…
a.
menerima saja walau dengan
berat hati.
b.
memaksakan diri saya
mengerjakan tugas baru tersebut.
c.
menerima dan akan
bekerja sebaik mungkin serta belajar menyesuaikan diri .
d.
menerima dan akan bekerja
dengan baik jika terlebih dahulu mendapat bimbingan dari kepala sekolah yang
baru.
e.
saya menanyakan terlebih
dahulu kepada sekolah ABC tentang alasan saya dipindahkan ke sekolah lain
21.
seorang guru memberikan
tugas di kelas. Tugas tersebut termasuk tugas baru dan tergolong sulit.
Beberapa siswa mengerjakannya dengan baik dan beberapa siswa masih kurang
maksimal. Bagaimana cara menyampaikan pada siswa yang masih kurang maksimal
agar tidak menyinggung perasaan dan lebih memotivasi mereka untuk mengerjakan
lebih baik lagi?
a.
“seharusnya jika kamu kurang
paham pelajaran ini, kamu dapat bertanya kepada teman-temanmu yang lebih paham,
agar hasilnya tidak seperti ini”
b.
“hasil pekerjaanmu
sudah cukup baik, tetap semangat dan tingkatkan terus prestasi belajarmu agar
setara dengan yang lainnya”
c.
“ saya senang kamu sudah
mengerjakan tugas ini, saya yakin kamu memiliki kemampuan untuk mengerjakan
yang lebih baik lagi”
d.
“bagaimana bisa kamu
mengerjakan seperti ini sedangkan teman-teman kamu yang lain bisa mengerjakannya
dengan baik”
e.
“kalian ini tidak ada
perubahan sama sekali, kelemahan seperti ini jangan dipertahankan.
22.
ada siswa anda yang
berakhlak baik memiliki prestasi belajar rendah. Bila dalam ujian akhir nanti
tidak mendapatkan nilai yang baik maka tidak bisa naik kelas. Kebetulan anak
anda sendiri memiliki prestasi belajar yang tinggi di kelas dan sebangku dengan
siswa tersebut. Menurut anda tindakan terbaik yang dilakukan adalah…
a.
meminta anak saya membantu
memberitahukan jawaban untuk soal-soal yang dianggap sulit
b.
meminta anak saya untuk
tidak mempedulikan masalah yang dihadapi temannya
c.
mengingatkan anak saya untuk
tidak membantu orang lain dengan cara yang keliru
d.
mengingatkan
pentingnya belajar dan kejujuran serta meminta anak saya untuk belajar bersama
temannya tersebut untuk mempersiapkan ujian.
e.
membantu anak yang terancam
tidak naik kelas dan menekankan pentingnya lulus ujian bagi anak maupun sekolah
23.
saat ini kasus bullying
(perundungan) terjadi disekolah semakin banyak ternjadi. Ketika mengetahui ada
siswa yg menjadi korban bullying, yg anda lakukan adalah….
a. menasehati
siswa utk tidak lagi bersinggungan dengan pelaku bullying
b. bersipati
dengan membesarkan hati siswa yg menjadi korban bullying
c.
mempertemukan pelaku
dan korban bullying utk menyelesaikan masalah serta menjelaskan arti penting
berteman dengan yang baik
d. menemui
pelaku bullying agar tidak melakukan lagi
e. mendampingi
siswa ketika harus berhubungan dengan pelaku bullying dan memberikan
langkah-langkah preventif
24.
seorang siswa memprotes
gurunya karena dianngapnya telah memberikan nilai yg rendah. Menurut siswa ia
telah belajar dengan giat dan dpt mengerjakan soal-soal dengan mudah. Beberapa
temanya yg merasa kesulitan mengerjakan soal ulangan harian justru mendapat
nilai yang lebih baik. Bagaimana tanggapan anda terhadap siswa itu?
a. menunjukkan
dokumen hasil ulangan harian perasaan kecewa menjelaskan hasil ulangan harian
secara objektif
b.
menunjukkan dokumen ulangan
dan menjelaskan alasan siswa itu mendapat nilai tidak sesuai dengan yg
dikerjakannya
c. menajawab
protes siswa dengan menunjukkan rekap data…………. Agar perbuatan protes itu tdk
di ulang lagi
d. menjawab
protes siswa dengan menyatakan bahwa dengan menyatakanbahwa bagaimana pun
merupakan hak kewenangan guru
e. dari
pada menjadi masalah guru sebaiknya mengubah nilai siswa tersebut menjadi lebih
baik, sehingga tidak akan ada ………….
25.
seorang warga mendatangi
seorang guru. Warga mengeluh seringkali beberapa siswa mengendarai sepeda motor
dengan kencang dg suara knalpot yg sngat bising. Sudah lama masyarakat
mengeluhkan hal ini, di sekolah sebenarnya sdh ada tulisan dan pemberitahuan
bahwa semua siswa tdk diizinkan membawa sepeda motor ke sekolah. Namun beberapa
siswa tetap membawa sepeda motor dan menitipkannya di rumah warga sekitar.
Sebagai guru yg mendapat laporan tersebut apa yg akan anda lakukan ?
a. memanggil
orgtua siswa yg melanggar kesekolah dan meminta agar sianak tidak di izikan
membawa sepeda motor kesekolah
b. bersama-sama
seluruh komponens sekolah utk mengambil tindak mencegah siswa-siswa membawa
sepeda motor kesekolah
c.
saya menyampaikan hal
ini kepada kepala sekolah, bersama komponen sekolah mengumpulkan siswa yg
melanggar serta memberika bimbingan cara penyelesaiannya
d. saya
meminta kepada kepala sekolah agar di beri kewenangan untuk menertibkan siswa
yg melakukan pelanggaran mengendarai sepeda motor ke sekolah
e. saya
menemui siswa yg telah menganggu masyarakat sekitar, serta memberikan
teguran langsung agar tdk mengendarai
motor dengan kencang
26.
ada situasi ketika semua yg kita lakukan terasa tidak di hargai org lain.
Seolah-olah semuanya salah dan tidak ada gunannya reaksi anda pada situasi itu
adalah
a.
tdk memandang penting apapun pendapat org tentang yg saya lakukan
b.
menghentikan apa yg saya lakukan dan berusaha melupakan apapun penilaian org
c.
melakukan protes kpd setiap org yg tak menghargai sya
d. mengungkapkan apa yg harus saya lakukan kepada
org tdk menghargai saya
e.
melakukan klarifikasi kepada org yg tdk menghargai apa yg saya lakukan
27.
tugas disekolah sekolah dan di rumah dating silih berganti. Satu tugas belum
selesai di kerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti
bagaimanakah reaksi anda
a.
lebih baik saya tinggalkan saya sama sekali situasi sperti itu drpd bekerja
seperti robot
b.
saya ingin mngerjakan seluruh tugas namun dalam situasi seperti itu biasanya
justru menjadi berantakan semua
c.
saya hanya bisa bekerja satu persatu-satu, lebih baik beberapa tugas tidak
terganggu sama sekali drpd meninggalkan tugas yg tuntas
d. saya beruntung mampu bekerja dengan cepat sehingga
semua tugas terselesaikan sepunhnya dengan tuntas
e.
yg penting semua tugas terselesaikan, soal tuntas atau tdknya pekerjaan
tergantung pd situasi
28. 3 dari 30 siswa mengalami kesulitan belajar
menghadapi mereka, apa yang perlu anda lakukan
a. mengajak 3 siswa
untuk merefleksi kesulitan yang dihapinya dan berupaya menemukan
penyelesaiannya
b. mendekati 3 siswa utk memahami pribadi dan kesulitan
belajar yg dialaminya
c. meminta mereka belajar dengan rajin di rmh dngn
menggunak metode dan media belajar
d. memahami kesulitan belajar 3 siswa itu dan perspektif
guru, kepala sekolah dan org tua wali peserta didik
e. membiarkan mereka belajar sesuai
dengan keinginan mereka karena mereka harus bertanggung jawab atas belajarnya
29. Tn telah berulang kali mengikuti seleksi sebagai
guru, namun selalu gagal tindakan apa yg sebaiknya dilakukan TN
a. tidak perlu mencoba lagi, karena menjadi guru bukan
profesi yg cocok bagi TN
b. mencari koneksi org berpengaruh utk memberi pengarahan
tentang hal yg harus dilakukan agar lolos seleksi
c. tdk putus asa utk mencoba ikut lagi seleksi di waktu
yg akan dtg
d. mengikuti latihan tentang tehnik-tehnik menghadapi
test dan wawancara dalam seleksi guru
e. mencari tau
penyebab kegagalannya, melakukan perbaikan dan menyiapkan diri lebih baik utk
mengikuti seleksi berikutnya
30. anda diminta menjadi salah satu juri dari 5 juri
lomba kebersihan antar rt di wilayah desa/ kelurahan tempat tinggal anda.
Ketika menilai kebersihan rt sendiri anda mengalami konflik batin. Pada saat
rapat tim juri penentuan juara, hal apa yg akan anda lakukan
a. mengusulkan kepada ketua tim juri agar penilaian anda
terhadap rt sendiri tidak digunakan dalam menentukan juara
b. memberikan hasil penilaian anda di rt sendirimenjadi
bahan pertimbangan juara karena menilai dengan objektif
c. menyampaikan konflik batin yg anda alami agar di
temukan solusi terbaik dalam menentukan rt mana yg layal juara
d. mengusulkan utk thn
yg akan datang jika menyelenggarakan lomba kebersihan antar rt sebaiknya
menggunakan juri dari luar
e. menyembunyikan konflik batin, sebab kalua di sampaikan
justru akan terkesan tidak objektif dalam penilaian rt
31. anda adalah guru yg belum memperoleh tunjangan
sertifikasi guru. Suatu hari ada pemberiitahuan melalui sms banking bahwa di
rekening anda ada sejumlah uang yang masuk engan keterangan uang sertifikasi.
Setelah diklarifikasi uang tersebut ternyata uang tunjangan profesi tiga bulan
milik temman anda yang kebetulan Namanya saman dengan nama anda. Apa yang akan
anda lakukan?
a. memberitahu teman anda bahwa uang tunjangan
sertifikasi gir selama tiga bulan salah masuk ke rekening anda
b. menyarankan kepada petugas bak untuk berhati-hati dalam
bertransaksi sehingga tidak erjadi kesalahan lagi
c. segera mencairkan uang tersebut dan memberikan uang
tersebut jepada teman anda yang Namanya sama
d. melaporkan kasus yang anda hadapai kepada kepala
sekolah agar segera diselesaikan oleh petugas bank
e. memeberitahu kepada
petugas bak agar segera memindah pengiriman uang kerekening teman anda
32. bagi seorang guru, peraturan perundangan tentang
Pendidikan dan keguruanyang mengeluarkan perintah itu sebagai aturan yang harus
dipahami oleh…..
a. pemegang kebijakansekolah yang selanjutnya diumumukan di sekolah untuk
diketahui bersama
b. pemegang kebijakan dan semua pihak yang selanjutnya
dibuat dalam peraturan internet yang diseuaikan dengan kondisi sekolah
c. pemegang kebijakan
sekolah dan wajib dituangkan dalam aturan sekolah yang menjadi landasan dalam
penyelenggaran tugas sekolah
d. semua pihak sekolah dan dilaksanakan dalam pelaksanaan
tugas dan tanggung jawab merekaseharusnya
e. pemegang kebijakan sekolah yang selanjutnya wajib di
umumlan secara tertulis untuk semua pihak di sekolah
33. pilihlah pernyataan yang paling mendekati apa yang
anda yakini sebagai makna dari slogan“ belajar sepanjang hidup”.
a. kesempatan yang boleh diambil atau tidak boleh diambil
dalam belajar
b. kewajiban yang mau atau mau harus dilakukan
c. kewajiban belajar yang melekat pada dari kita sebagai
manusia
d. hakikat diri kiata
sebagai manusia untuk selalu belajar sampai akhir hayat masing-masing
e. hak dan kewajiban belajar yang hakiki pada manusia
yang harys kita lakukan.
34. ketika seddang melaksanaka tugas sering kita harus
menomor duakan aktivitas keagamaan yang biasa dilakukan secara rutin, bagaimana
menurut anda
a. tidak apa-apa karena hal itu sudah menjadi kebiasaan
dimana-mana dan dapat dimaklumi
c. tetap
menjalankan aktivitas keagamaan saya dengan tujuan agar oranglain memahami
bahwa hal yang menyangkut aktivitas keagamaan bukanlah hal yang dapat ditelolir
d. memberitahu pemberi tugas bahwa anda harus melakukan
aktivitas keagamaan terlebih dahulu, baru kalua ada waktu akan mengerjakan
tugas pada tenggang waktu yang diberikan
e. menjalankan tugas kemudian ijin pergi dulu dengan
pemberi tugas untuk melakukan aktivitas keagamaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar