Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Sabtu, 30 November 2019

SOAL-SOAL TES KEPRIBADIAN


1.   Tetangga Anda memiliki anak usia smp yang memiliki gejala kenakalan remaja. Rambut dicat, suka naik motor dengan kenalpot bersuara keras, sering pulang malam, tidak ramah dengan orang disekelilingnya, dan jarang masuk sekolah. Meskipun anda bukan guru dari anak tersebut hal apa yang anda lakukan..
a.   mendatangi aparat RT atau RW agar menasehati anak tersebut untuk berperilaku baik
b.   mendatangi aparat rt atau rw agar menasehati orangtua anak tersebut untuk berperilaku baik.
c.   menyarankan orangtuanya agar anaknya berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan
d.   menasehati anak tersebut dengan cara santun agar berperilaku baik dan tidak menyebalkan
e.   menegur anak tersebut dengan keras agar berperilaku baik dan tidak mengganggu lingkungan

2.   Anda adalah guru disekolah swasta yang baru berkembang, kebijakan yayasan terkait pengembangan sekolah baru dikonsentrasikan pada pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran, sehingga kurang peduli terhadap kenaikan gaji guru. Ada salah satu guru yang kasak-kusuk mengajak teman-teman guru lain untuk memprotes yayasan agar menaikkan gaji guru. Apa yang anda lakukan…
a.   mengikuti ajakan teman untuk menuntut kenaikan gaji guru
b.   memberi pengertian kepada teman-teman bahwa arah kebijakan sudah benar.
c.   memberitahu pimpinan yayasan secara diam-diam agar menaikkan gaji guru
d.   menolak ajakan teman karena takut dikeluarkan dari sekolah itu
e.   menerima ajakan teman dengan usulan agar menyampaikan apresiasi dengan bijak

3.   Dikampung yang anda tinggali, beberapa minggu ini sering ad kasus pencurian. Sebagian warga mencurigai pemulung yang sering mencari barang bekas diperkampungan anda. Pada rapat warga rt dibahas tentang rencana pemasangan papan bertuliskan “PEMULUNG DILARANG MASUK” agar kasus pencurian tidak terjadi lagi. Apa pendapat anda terhadap rencana itu…
a.   pemulung tidak identic dengan orang jahat dan belum tentu pencuri yang mencuri diperkampungan ini adalah pemulung
b.   pemulung juga manusia dan berhak mencari nafkah dimana saja termasuk diperkampungan yang kita tinggali.
c.   pemulung sangat berjasa membantu proses pemilihan sampah plastic dan non plastic dalam rangka melestarikan lingkungan
d.   bintang saja tidak pernah dilarang masuk perkampungan, sangat tidak manusiawi jika manusia dilarang masuk perkampungan.
e.   lebih baik melakukan kewaspadaan disetiap keluarga daripada mencurigai pemulung sebagai pencuri.

4.   Dalam perjalanan menuju kamar kecil, anda melihat dengan mata kepala sendiri teman guru anda melakukan kekerasan kepada siswanya di dalam kelas. Setelah anda klarifikasi kepada para siswa, ternyata kebiasaan itu sudah lama dilakukan. Para siswa cenderung tidak berani melaporkan kejadian itu karena diancam oleh guru tersebut. Hal yang anda lakukan adalah….
a.   melaporkan secara rinci dan tertulis kepada kepala sekolah dan kepala dinas agar guru tersebut diberi sanksi.
b.   menasehati teman guru ynag melakukan kekerasan, agar segera menghentikan kekerasan terhadap siswanya.
c.   menyampaikan secara santun kejadian itu dalam rapat dengan guru agar guru tersebut tidak melakukan kekerasan terhadap siswanya.
d.   memberi tahu yang melakukan kekerasan tersebut, tentang resiko yang diterima jika kekerasan itu terus dilakukan.
e.   menunjukkan beberapa contoh akibat buruk yang diterima guru jika guru melakukan kekerasan terhadap siswanya.

5.   SR adalah seorang guru yang bertanggungjawab satu kelas. Untuk mewujudkan potensinya, ia perlu mengikuti beberapa kegiatan namun bersamaan dengan jam mengajar SR. ia membebani rekan guru ganti yang dititipi untuk mengajar dikelasnya. Menurut anda apa yang sebaiknya dilakukan oleh SR……
a.   focus pada pengembangan diri karena rekannya pasti memahami kondisi SR.
b.   tetap mengikuti kegiatan diluar, dengan memberikan imbalan khusus kepada rekan guru yang sering menggantikannya mengajar.
c.   focus pada mengajarnya yang dipadukan dengan pengembangan diri misalnya melakukan penelitian tindakan kelas dikelasnya, dan mengikuti kegiatan pada waktu libur sekolah
d.   focus pada pengembangan dirinya yang dikaitkan dengan tugas mengajar, karena jika SR berkembang akan berdampak positif bagi sekolahnya juga.
e.   focus pada pengembangan diri karena ada rekan guru yang bias dititipi, bukan menjadi masalah besar jika SR mengembangkan diri di luar.

6.   Manakah diantara beberapa pernyataan di bawah ini yang paling sesuai dengan diri anda….
a.   Saya adalah orang yang tegas, ambisius, berani, dan tidak ingin orang lain menyalahkan diri saya
b.   saya adalah orang yang rasional, menjaga kesatuan apa yang diucapkan dengan yang dilakukan, berperilaku sesuai dengan aturan yang ada, dan menyikapi konflik secara hati-hati
c.   saya adalah orang yang mudah marah, selalu bicara apa adanya apabila saya tidak setuju dengan perkataan atau perlakuan seseorang.
d.   saya adalah orang yang sabar, berperasaan halus, yang hanya bisa berdoa agar tuhan membalas segala perbuatan jahat yang orang lakukan pada diri saya
e.   saya adalah orang yang tegas, berani, dan tidak takut untuk membalas perbuatan buruk yang orang lain lakukan pada diri saya.

7.   Tugas disekolah dan dirumah datang silih berganti. Satu tugas belum selesai dikerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti itu, bagaimanakah reaksi anda?
a.   lebih baik saya tinggalkan sama sekali situasi seperti itu, daripada bekerja seperti robot.
b.   saya ingin mengerjakan seluruh tugas, namun dalam situasi seperti itu biasanya justru menjadi berantakan semua.
c.   saya hanya bisa bekerja satu persatu, lebih baik beberapa tugas tidak tertangani sma sekali daripada meninggalkan tugas yang tidak tuntas.
d.   saya beruntung mampu bekerja dengan cepat sehingga semua tugas terselesaikan sepenuhnya dengan tuntas.
e.   yang penting semua tugas terselesaikan, soal tuntas atau tidaknya pekerjaan tergantung pada situasi.

8.   Ada siswa-siswa tertentu yang memiliki sikap dan perilaku yang benar-benar membuat siapapun menjadi tidak sabar. Pernyataan yang paling menggambarkan diri anda ketika berhadapan dengan siswa seperti itu adalah..
a.   mengajak bicara untuk menjelaskan tanggapan saya dan orang lain terhadap akibat perilakunya.
b.   berusaha menunjukkan wajah sabar sekalipun hal itu bukan cerminan perasaan sebenarnya.
c.   secara terbuka mengungkapkan ketidaksabaran agar siswa dan semua teman sekelasnya tahu dan berubah.
d.   berusaha bersabar sampai perilakunya tidak dapat diterima lagi.
e.   saya menghindari bertemu siswa-siswa tersebut.

9.   Sekolah berencana mengadakan kegiatan lomba memasak antar kelas dalam rangka hari kelahiran sekolah. Acara akan diselenggarakan bertepatan dengan dengan hari libur waisak apa pandangan ada sebagai guru ?
a.   Tidak masalah karena, disekolah tidak ada yang memeluk agama budha
b.   Sebaiknya hari libur agama tidak digunakan untuk kegiatan sekolah
c.   Hari libur agama boleh digunakan untuk kegiatan agama yang bersangkutan
d.   Hari libur agama boleh digunakan untuk berlibur bersama keluarga
e.   Hari raya waisak biarlah diperingati oleh umat budha, umat lain menyesuaikan

10.       Anda memiliki seorang peserta didik yang beragama non muslim sedangkan mayoritas peserta didik di sekolah tersebut beragama muslim. Banyak siswa di sekolah tersebut yang enggan bertemu sapa dengannya, apalagi berteman karena perbedaan agama tersebut, malahan suka mengejek. Bagaimana sikap anda sebagai pendidik yang mengajarkan tentang kebaikan
a.   Meminta kepada para pelaku agar meminta maaf kepada korban dan  berjanji tidak mengulangi perbuatan tersebut
b.   Merekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling untuk diberikan sangsi yang sesuai
c.   Terlibat aktif menumbuhkan rasa saling penghargaan dengan memberikan teladan secara langsung
d.   Mempertemukan seluruh siswa untuk saling berdiskusi menumbuhkan rasa penghormatan antar umat beragama
e.   Menyusun peraturan tentang tolrenasi antar umat beragama dan menerapkan sangsi bagi yang melanggar.

11.       seorang guru matematika juga berperan sebagai Pembina pramuka di sekolahnya, apa yang harus dilakukan guru tersebut dalam memberikan nilai mata pelajaran matematika kepada siswa?
a.   memberikan nilai sesuai capaian belajar siswa, serta keaktifannya dalam proses pembelajaran.
b.   memberikan nilai sesuai capaian belajar siswa, karena keaktifan siswa dalam pramuka merupakan wilayah berbeda.
c.   mempertimbangkan nilai capaian belajar, keaktifan belajar, dan keikutsertaan pramuka dalam memperbaiki perolehan nilai.
d.   Mepertimbangkan keaktifannya dalam pembelajaran kelas dan kegiatan ekstrakulikuler untuk menambah nilainya.
e.   Kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang diikuti siswa menyumbang perolehan nilai mata pelajaran siswa.

12.       Tetangga Anda suka mengunggah informasi yang mengandung unsure pornografi di grup WA, apa yang anada lakukan sebagai guru.
a.   Mengingatkan tetangga itu melalui grup WA agar tidak menggunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
b.   Mengingatkan tetangga itu melalui japri agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
c.   Mengingatkan tetangga itu secara langsung agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
d.   Mengingatkan tetangga itu melalui rapat warga RT agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
e.   Segera menghapus informasi atau gambar yang mengandung unsure pornografi yang di unggah oleh tetangga anda.

13.       Y sudah 3 tahun bekerja sebagai guru di sekolah ABC dan Y sangat menikmatinya. Tiba – tiba Y mendapat intruksi untuk pindah ke sekolah lainnya yang kondisi sistem dan siswanya sangat berbeda. Kondisi yang paling sesuai pada diri anda adalah…
a.   menerima saja walau dengan berat hati
b.   memaksakan diri saya mengerjakan tugas baru tersebut
c.   menerima dan akan bekerja sebaik mungkin serta belajar menyesuaikan diri
d.   menerima dan akan bekerja dengan baik jika terlebih dahulu mendapat bimbingan dari kepala sekolah yang baru
e.   saya menanyakan terlebih dahulu kepada sekolah ABC tentang alasan saya dipindahkan ke sekolah lain

14.       seorang guru memberikan tugas di kelas. Tugas tersebut termasuk tugas baru dan tergolong sulit. Beberapa siswa mengerjakannya dengan baik dan beberapa siswa masih kurang maksimal. Bagaimana cara menyampaikan pada siswa yang masih kurang maksimal agar tidak menyinggung perasaan dan lebih memotivasi mereka untuk mengerjakan lebih baik lagi?
a.   “seharusnya jika kamu kurang paham pelajaran ini, kamu dapat bertanya kepada teman-temanmu yang lebih paham, agar hasilnya tidak seperti ini”
b.   “hasil pekerjaanmu sudah cukup baik, tetap semangat dan tingkatkan terus prestasi belajarmu agar setara dengan yang lainnya”
c.   “ saya senang kamu sudah mengerjakan tugas ini, saya yakin kamu memiliki kemampuan untuk mengerjakan yang lebih baik lagi”
d.   “bagaimana bisa kamu mengerjakan seperti ini sedangkan teman-teman kamu yang lain bisa mengerjakannya dengan baik”
e.   “kalian ini tidak ada perubahan sama sekali, kelemahan seperti ini jangan dipertahankan.

15.     ada siswa anda yang berakhlak baik memiliki prestasi belajar rendah. Bila dalam ujian akhir nanti tidak mendapatkan nilai yang baik maka tidak bisa naik kelas. Kebetulan anak anda sendiri memiliki prestasi belajar yang tinggi di kelas dan sebangku dengan siswa tersebut. Menurut anda tindakan terbaik yang dilakukan adalah…
a.   meminta anak saya membantu memberitahukan jawaban untuk soal-soal yang dianggap sulit.
b.    meminta anak saya untuk tidak mempedulikan masalah yang dihadapi temannya.
c.   mengingatkan anak saya untuk tidak membantu orang lain dengan cara yang keliru.
d.   mengingatkan pentingnya belajar dan kejujuran serta meminta anak saya untuk belajar bersama temannya tersebut untuk mempersiapkan ujian.
e.   membantu anak yang terancam tidak naik kelas dan menekankan pentingnya lulus ujian bagi anak maupun sekolah

16.       Sekolah berencana mengadakan kegiatan lomba memasak antar kelas dalam rangka hari kelahiran sekolah. Acara akan diselenggarakan bertepatan dengan dengan hari libur waisak apa pandangan ada sebagai guru ?
a.     Tidak masalah karena, disekolah tidak ada yang memeluk agama budha
b.     Sebaiknya hari libur agama tidak digunakan untuk kegiatan sekolah
c.     Hari libur agama boleh digunakan untuk kegiatan agama yang bersangkutan
d.   Hari libur agama boleh digunakan untuk berlibur bersama keluarga
e.   Hari raya waisak biarlah diperingati oleh umat budha, umat lain menyesuaikan

17.               Anda memiliki seorang peserta didik yang beragama non muslim sedanglan mayoritas peserta didik di sekolah tersebut beragama muslim. Banyak siswa di sekolah tersebut yang enggan bertemu sapa dengannya, apalagi berteman karena perbedaan agama tersebut, malahan suka mengejek. Bagaimana sikap anda sebagai pendidik yang mengajarkan tentang kebaikan
a.   Meminta kepada para pelaku agar meminta maaf kepada korban dan  berjanji tidak mengulangi perbuatan tersebut
b.   Merekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling untuk diberikan sangsi yang sesuai
c.   Terlibat aktif menumbuhkan rasa saling penghargaan dengan memberikan teladan secara langsung
d.   Mempertemukan seluruh siswa untuk saling berdiskusi menumbuhkan rasa penghormatan antar umat beragama
e.   Menyusun peraturan tentang tolrenasi antar umat beragama dan menerapkan sangsi bagi yang melanggar.

18.       seorang guru matematika juga berperan sebagai Pembina pramuka di sekolahnya, apa yang harus dilakukan guru tersebut dalam memberikan nilai mata pelajaran matematika kepada siswa?
a.   memberikan nilai sesuai capaian belajar siswa, serta keaktifannya dalam proses pembelajaran.
b.   memberikan nilai sesuai capaian belajar siswa, karena keaktifan siswa dalam pramuka merupakan wilayah berbeda.
c.   mempertimbangkan nilai capaian belajar, keaktifan belajar, dan keikutsertaan pramuka dalam memperbaiki perolehan nilai.
d.   Mepertimbangkan keaktifannya dalam pembelajaran kelas dan kegiatan ekstrakulikuler untuk menambah nilainya.
e.   Kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang diikuti siswa menyumbang perolehan nilai mata pelajaran siswa

19.       Tetangga Anda suka mengunggah informasi yang mengandung unsure pornografi di grup WA, apa yang anada lakukan sebagai guru….
a.   Mengingatkan tetangga itu melalui grup WA agar tidak menggunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
b.   Mengingatkan tetangga itu melalui japri agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
c.   Mengingatkan tetangga itu secara langsung agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
d.   Mengingatkan tetangga itu melalui rapat warga RT agar tidak mengunggah informasi atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
e.   Segera menghapus informasi atau gambar yang mengandung unsure pornografi yang di unggah oleh tetangga anda.

20.       Y sudah 3 tahun bekerja sebagai guru di sekolah ABC dan Y sangat menikmatinya. Tiba – tiba Y mendapat intruksi untuk pindah ke sekolah lainnya yang kondisi sistem dan siswanya sangat berbeda. Kondisi yang paling sesuai pada diri anda adalah…
a.   menerima saja walau dengan berat hati.
b.   memaksakan diri saya mengerjakan tugas baru tersebut.
c.   menerima dan akan bekerja sebaik mungkin serta belajar menyesuaikan diri .
d.   menerima dan akan bekerja dengan baik jika terlebih dahulu mendapat bimbingan dari kepala sekolah yang baru.
e.   saya menanyakan terlebih dahulu kepada sekolah ABC tentang alasan saya dipindahkan ke sekolah lain
21.               seorang guru memberikan tugas di kelas. Tugas tersebut termasuk tugas baru dan tergolong sulit. Beberapa siswa mengerjakannya dengan baik dan beberapa siswa masih kurang maksimal. Bagaimana cara menyampaikan pada siswa yang masih kurang maksimal agar tidak menyinggung perasaan dan lebih memotivasi mereka untuk mengerjakan lebih baik lagi?
a.   “seharusnya jika kamu kurang paham pelajaran ini, kamu dapat bertanya kepada teman-temanmu yang lebih paham, agar hasilnya tidak seperti ini”
b.   “hasil pekerjaanmu sudah cukup baik, tetap semangat dan tingkatkan terus prestasi belajarmu agar setara dengan yang lainnya”
c.   “ saya senang kamu sudah mengerjakan tugas ini, saya yakin kamu memiliki kemampuan untuk mengerjakan yang lebih baik lagi”
d.   “bagaimana bisa kamu mengerjakan seperti ini sedangkan teman-teman kamu yang lain bisa mengerjakannya dengan baik”
e.   “kalian ini tidak ada perubahan sama sekali, kelemahan seperti ini jangan dipertahankan.

22.               ada siswa anda yang berakhlak baik memiliki prestasi belajar rendah. Bila dalam ujian akhir nanti tidak mendapatkan nilai yang baik maka tidak bisa naik kelas. Kebetulan anak anda sendiri memiliki prestasi belajar yang tinggi di kelas dan sebangku dengan siswa tersebut. Menurut anda tindakan terbaik yang dilakukan adalah…
a.   meminta anak saya membantu memberitahukan jawaban untuk soal-soal yang dianggap sulit
b.   meminta anak saya untuk tidak mempedulikan masalah yang dihadapi temannya
c.   mengingatkan anak saya untuk tidak membantu orang lain dengan cara yang keliru
d.   mengingatkan pentingnya belajar dan kejujuran serta meminta anak saya untuk belajar bersama temannya tersebut untuk mempersiapkan ujian.
e.   membantu anak yang terancam tidak naik kelas dan menekankan pentingnya lulus ujian bagi anak maupun sekolah

23.               saat ini kasus bullying (perundungan) terjadi disekolah semakin banyak ternjadi. Ketika mengetahui ada siswa yg menjadi korban bullying, yg anda lakukan adalah….
a.   menasehati siswa utk tidak lagi bersinggungan dengan pelaku bullying
b.   bersipati dengan membesarkan hati siswa yg menjadi korban bullying
c.   mempertemukan pelaku dan korban bullying utk menyelesaikan masalah serta menjelaskan arti penting berteman dengan yang baik
d.   menemui pelaku bullying agar tidak melakukan lagi
e.   mendampingi siswa ketika harus berhubungan dengan pelaku bullying dan memberikan langkah-langkah preventif

24.               seorang siswa memprotes gurunya karena dianngapnya telah memberikan nilai yg rendah. Menurut siswa ia telah belajar dengan giat dan dpt mengerjakan soal-soal dengan mudah. Beberapa temanya yg merasa kesulitan mengerjakan soal ulangan harian justru mendapat nilai yang lebih baik. Bagaimana tanggapan anda terhadap siswa itu?
a.   menunjukkan dokumen hasil ulangan harian perasaan kecewa menjelaskan hasil ulangan harian secara objektif
b.   menunjukkan dokumen ulangan dan menjelaskan alasan siswa itu mendapat nilai tidak sesuai dengan yg dikerjakannya
c.   menajawab protes siswa dengan menunjukkan rekap data…………. Agar perbuatan protes itu tdk di ulang lagi
d.   menjawab protes siswa dengan menyatakan bahwa dengan menyatakanbahwa bagaimana pun merupakan hak kewenangan guru
e.   dari pada menjadi masalah guru sebaiknya mengubah nilai siswa tersebut menjadi lebih baik, sehingga tidak akan ada ………….

25.               seorang warga mendatangi seorang guru. Warga mengeluh seringkali beberapa siswa mengendarai sepeda motor dengan kencang dg suara knalpot yg sngat bising. Sudah lama masyarakat mengeluhkan hal ini, di sekolah sebenarnya sdh ada tulisan dan pemberitahuan bahwa semua siswa tdk diizinkan membawa sepeda motor ke sekolah. Namun beberapa siswa tetap membawa sepeda motor dan menitipkannya di rumah warga sekitar. Sebagai guru yg mendapat laporan tersebut apa yg akan anda lakukan ?
a.   memanggil orgtua siswa yg melanggar kesekolah dan meminta agar sianak tidak di izikan membawa sepeda motor kesekolah
b.   bersama-sama seluruh komponens sekolah utk mengambil tindak mencegah siswa-siswa membawa sepeda motor kesekolah
c.   saya menyampaikan hal ini kepada kepala sekolah, bersama komponen sekolah mengumpulkan siswa yg melanggar serta memberika bimbingan cara penyelesaiannya
d.   saya meminta kepada kepala sekolah agar di beri kewenangan untuk menertibkan siswa yg melakukan pelanggaran mengendarai sepeda motor ke sekolah
e.   saya menemui siswa yg telah menganggu masyarakat sekitar, serta memberikan teguran  langsung agar tdk mengendarai motor dengan kencang

26. ada situasi ketika semua yg kita lakukan terasa tidak di hargai org lain. Seolah-olah semuanya salah dan tidak ada gunannya reaksi anda pada situasi itu adalah
a. tdk memandang penting apapun pendapat org tentang yg saya lakukan
b. menghentikan apa yg saya lakukan dan berusaha melupakan apapun penilaian org
c. melakukan protes kpd setiap org yg tak menghargai sya
d. mengungkapkan apa yg harus saya lakukan kepada org tdk menghargai saya
e. melakukan klarifikasi kepada org yg tdk menghargai apa yg saya lakukan

27. tugas disekolah sekolah dan di rumah dating silih berganti. Satu tugas belum selesai di kerjakan, tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti bagaimanakah reaksi anda
a. lebih baik saya tinggalkan saya sama sekali situasi sperti itu drpd bekerja seperti robot
b. saya ingin mngerjakan seluruh tugas namun dalam situasi seperti itu biasanya justru menjadi berantakan semua
c. saya hanya bisa bekerja satu persatu-satu, lebih baik beberapa tugas tidak terganggu sama sekali drpd meninggalkan tugas yg tuntas
d. saya beruntung mampu bekerja dengan cepat sehingga semua tugas terselesaikan sepunhnya dengan tuntas
e. yg penting semua tugas terselesaikan, soal tuntas atau tdknya pekerjaan tergantung pd situasi

28. 3 dari 30 siswa mengalami kesulitan belajar menghadapi mereka, apa yang perlu anda lakukan
a. mengajak 3 siswa untuk merefleksi kesulitan yang dihapinya dan berupaya menemukan penyelesaiannya
b. mendekati 3 siswa utk memahami pribadi dan kesulitan belajar yg dialaminya
c. meminta mereka belajar dengan rajin di rmh dngn menggunak metode dan media belajar
d. memahami kesulitan belajar 3 siswa itu dan perspektif guru, kepala sekolah dan org tua wali peserta didik
e. membiarkan mereka belajar sesuai dengan keinginan mereka karena mereka harus bertanggung jawab atas belajarnya

29. Tn telah berulang kali mengikuti seleksi sebagai guru, namun selalu gagal tindakan apa yg sebaiknya dilakukan TN
a. tidak perlu mencoba lagi, karena menjadi guru bukan profesi yg cocok bagi TN
b. mencari koneksi org berpengaruh utk memberi pengarahan tentang hal yg harus dilakukan agar lolos seleksi
c. tdk putus asa utk mencoba ikut lagi seleksi di waktu yg akan dtg
d. mengikuti latihan tentang tehnik-tehnik menghadapi test dan wawancara dalam seleksi guru
e. mencari tau penyebab kegagalannya, melakukan perbaikan dan menyiapkan diri lebih baik utk mengikuti seleksi berikutnya

30. anda diminta menjadi salah satu juri dari 5 juri lomba kebersihan antar rt di wilayah desa/ kelurahan tempat tinggal anda. Ketika menilai kebersihan rt sendiri anda mengalami konflik batin. Pada saat rapat tim juri penentuan juara, hal apa yg akan anda lakukan
a. mengusulkan kepada ketua tim juri agar penilaian anda terhadap rt sendiri tidak digunakan dalam menentukan juara
b. memberikan hasil penilaian anda di rt sendirimenjadi bahan pertimbangan juara karena menilai dengan objektif
c. menyampaikan konflik batin yg anda alami agar di temukan solusi terbaik dalam menentukan rt mana yg layal juara
d. mengusulkan utk thn yg akan datang jika menyelenggarakan lomba kebersihan antar rt sebaiknya menggunakan juri dari luar
e. menyembunyikan konflik batin, sebab kalua di sampaikan justru akan terkesan tidak objektif dalam penilaian rt

31. anda adalah guru yg belum memperoleh tunjangan sertifikasi guru. Suatu hari ada pemberiitahuan melalui sms banking bahwa di rekening anda ada sejumlah uang yang masuk engan keterangan uang sertifikasi. Setelah diklarifikasi uang tersebut ternyata uang tunjangan profesi tiga bulan milik temman anda yang kebetulan Namanya saman dengan nama anda. Apa yang akan anda lakukan?
a. memberitahu teman anda bahwa uang tunjangan sertifikasi gir selama tiga bulan salah masuk ke rekening anda
b. menyarankan kepada petugas bak untuk berhati-hati dalam bertransaksi sehingga tidak erjadi kesalahan lagi
c. segera mencairkan uang tersebut dan memberikan uang tersebut jepada teman anda yang Namanya sama
d. melaporkan kasus yang anda hadapai kepada kepala sekolah agar segera diselesaikan oleh petugas bank
e. memeberitahu kepada petugas bak agar segera memindah pengiriman uang kerekening teman anda

32. bagi seorang guru, peraturan perundangan tentang Pendidikan dan keguruanyang mengeluarkan perintah itu sebagai aturan yang harus dipahami oleh…..
a. pemegang kebijakansekolah  yang selanjutnya diumumukan di sekolah untuk diketahui bersama
b. pemegang kebijakan dan semua pihak yang selanjutnya dibuat dalam peraturan internet yang diseuaikan dengan kondisi sekolah
c. pemegang kebijakan sekolah dan wajib dituangkan dalam aturan sekolah yang menjadi landasan dalam penyelenggaran tugas sekolah
d. semua pihak sekolah dan dilaksanakan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab merekaseharusnya
e. pemegang kebijakan sekolah yang selanjutnya wajib di umumlan secara tertulis untuk semua pihak di sekolah

33. pilihlah pernyataan yang paling mendekati apa yang anda yakini sebagai makna dari slogan“ belajar sepanjang hidup”.
a. kesempatan yang boleh diambil atau tidak boleh diambil dalam belajar
b. kewajiban yang mau atau mau harus dilakukan
c. kewajiban belajar yang melekat pada dari kita sebagai manusia
d. hakikat diri kiata sebagai manusia untuk selalu belajar sampai akhir hayat masing-masing
e. hak dan kewajiban belajar yang hakiki pada manusia yang harys kita lakukan.

34. ketika seddang melaksanaka tugas sering kita harus menomor duakan aktivitas keagamaan yang biasa dilakukan secara rutin, bagaimana menurut anda
a. tidak apa-apa karena hal itu sudah menjadi kebiasaan dimana-mana dan dapat dimaklumi
c.  tetap menjalankan aktivitas keagamaan saya dengan tujuan agar oranglain memahami bahwa hal yang menyangkut aktivitas keagamaan bukanlah hal yang dapat ditelolir
d. memberitahu pemberi tugas bahwa anda harus melakukan aktivitas keagamaan terlebih dahulu, baru kalua ada waktu akan mengerjakan tugas pada tenggang waktu yang diberikan
e. menjalankan tugas kemudian ijin pergi dulu dengan pemberi tugas untuk melakukan aktivitas keagamaan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar