SOAL-SOAL HOTS PPG
1.
Kualitas hadis yang memiliki arti “Mencari ilmu adalah
wajib atas setiap muslim” adalah...
a. Dhaif
b.
Maudhu’
c.
Shaheh
d.
Hasan
e.
Mutawatir
2.
Malaikat dan jin diperintahkan untuk bersujud (tunduk)
kepada adam, karena adam memiliki kelebihan berupa..
a. Ilmunya
b.
Ruhnya
c.
Jasadnya
d.
Fisiknya
e.
Jisimnya
3.
Selain memberikan begitu banyak kemudahan bagi manusia
dalam menghadapi persoalan hidup, ilmu juga menempatkan seseorang pada derajat
yang...
a. Tinggi
b.
Mulia
c.
Benar
d.
Agung
e.
Bermartabat
4.
Sesungguhnya kebahagian anak yang lahir kedunia adalah
anak yang mendapatkan kasih sayang dari
kedua orang tuanya. Sementara ada anak yang tidak memiliki ayah karena di
tinggal mati. Menurut Al-Khuly anak tesebut termasuk anak...
a. Yatim
b.
Yatim
piatu
c.
Piatu
d.
Terlantar
e.
Terabaikan
5.
Artinya: Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah
saw bersabda: “Jauhilah tujuh dosa besar yang membinasakan”. Para sahabat
bertanya “Apa dosa-dosa itu”? Rasulullah menjawab: “Syirik, sihir, membunuh
jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar, memakan riba,
memakan harta anak yatim, lari dari medan perang, dan menuduh zina terhadap
orang-orang perempuan yang menjaga kehormatannya”.
Hadis di atas mensejajarkan dosa memakan
harta anak yatim dengan
a. Dosa-dosa
besar lainnya yang merusak keagamaan pelakunya.
b.
Mencuri
harta ayah dan ibu
c.
Membunuh
orang kafir yang menetang islam
d.
Dosa-dosa
kecil lainnya yang merusk keagamaan pelakunya
e.
Dosa-dosa
besar lainnya yang dapat diampuni.
6.
Posisi Hadis sebagai penguat (taqrîr/ta’kid) keterangan al-Qur’an. Artinya Hadis menjelaskan apa yang sudah
dijelaskan al-Qur’an, sepert Hadis
tentang shalat, zakat, puasa, dan haji. Begitu juga hadis-hadis tentang
kepedulian terhadap anak yatim yang sudah diuraikan di atas menjadi penguat
terhadap ayatayat al-Qur’an yang membahas hal yang sama. Ini merupakan definisi
dari...
a. Bayan
taqrir
b.
Bayan
tafsir
c.
Tafsir
al-mujmal
d.
Takhshish
al-amm
e.
Bayan
tasyri’i
7.
Seorang yang bertauhid dan baik akhlaknya berarti ia
adalah sebaik-baik manusia. Semakin sempurna tauhid seseorang maka semakin baik
akhlaknya, dan sebaliknya bila seorang memiliki akhlak yang buruk berarti ia lemah
pula...
a. Tauhidnya.
b.
Islamnya
c.
Imannya
d.
Ma’rifatnya
e.
Ikhlasnya
8.
Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu mengabarkan bahwa suatu
saat Rasulullah pernah ditanya tentang amalan yang paling banyak membuat orang
masuk surga. Beliau menjawab:
a. “Takwa
kepada Allah dan akhlak yang Baik.”
b.
“Takwa
kepada Allah dan sikap yang Baik.”
c.
“Takwa
kepada Allah dan ucapan yang Baik.”
d.
“Takwa
kepada Allah dan keluarga yang Baik.”
e.
“Takwa
kepada Allah dan keturunan yang Baik.”
9.
Manusia yang memiliki budi pekerti yang mulia, senang
kepada kebenaran dan keadilan, toleransi, mematuhi janji, lapang dada dan
tenang dalam menghadapi segala halangan dan rintangan. Sesungguhnya akhlak yang baik akan mengangkat
manusia ke darjat yang
a. Tinggi
dan mulia
b.
Tinggi
dan agung
c.
Mulia
dan terhormat
d.
Mulia
dan agung
e.
Tinggi
dan terhormat
10.
Secara harfiah, kata munafiq berasal dari kata قَ فـ َ ن yang salah satu artinya adalah
lubang tikus di dalam tanah, yang memilki dua pintu, pintu pertama terlihat,
sedang pintu kedua tidak terlihat. Tikus itu bisa masuk dari pintu yang
terlihat lalu keluar dari pintu yang tidak terlihat. Begitu pula seorang munafik
ia...
a.
Seolah-olah masuk ke dalam Islam, tetapi dia keluar dari Islam
melalui pintu yang
tersembunyi
b.
Seolah-olah
keluar dari Islam, dan tetapi dia keluar dari Islam melalui pintu yang
tersembunyi
c.
Seolah-olah
masuk ke dalam Islam, tetapi seolah-olah dia masuk Islam melalui pintu yang
tersembunyi padahal tidak
d.
Seolah-olah
masuk ke dalam Islam
e.
Seolah-olah
keluar dari Islam melalui pintu yang tersembunyi
11.
Sebagian ulama berpendapat bahwa orang yang dari segi
perbuatan-perbuatannya disebut munafik adalah orang yang sebagian besar
perbuatannya berupa
a. Dusta,
ingkar janji, dan khiyanat.
b.
Ingkar
janji
c.
Dusta
d.
Khiyanat
e.
Nyeleweng
12.
Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita dengar kata
munafik. Kata munafik mungkin kita anggap tidak begitu kasar di telinga kita,
karena kata itu jarang dipublikasikan di media massa. Namun sebenarnya munafik
adalah suatu sifat seseorang yang sangat buruk yang bisa menyebabkan orang itu
dikucilkan dalam masyarakat. Dan brikut yang bukan tanda-tanda munafik
adalah:
a.
Apabila
berkata maka dia akan berkata bohong/ dusta;
b.
Jika
membuat suatu janji atau kesepakatan dia akan mengingkari janjinya;
c.
Bila
diberi kepercayaan/ amanat maka dia akan mengkhianatinya;
d.
Bila
bermusuhan melampaui batas.
e. Apabila
berkata maka ia akan mengatakan apa adanya
13.
Dalam melakukan penafsiran al Qur’an seorang
mufassir dituntut untuk menjelaskan
maksud yang terkandung dari suatu ayat atau beberapa ayat atau surat di dalam
al Qur’an. Maksud dari suatu ayat atau surat tersebut dapat dipahami dari
susunan bahasanya dan lafadzlafadz yang digunakannya serta seluk beluk yang
berhubungan dengan ayat atau surat tersebut, yaitu; kapan, di mana, ada
peristiwa apa ketika ayat itu turun, berkenaan dengan apa dan siapa, kondisi
masyarakatnya bagaimana, dan bagaimana penjelasan Nabi Saw terhadap ayat
tersebut. Seluk beluk yang dimaksud adalah terkait dengan...
a. Ulumu
al Qur’an
b.
Ulumul
hadis
c.
Tafsir
al-Qur’an
d.
Mufassir
e.
Asbabun
nuzul
14.
Ash-Shabuni Terjemah al Qur’an adalah memindahkan
bahasa alQur’an ke bahasa lain yang bukan bahasa ‘Arab kemudian mencetak
terjemah ini ke beberapa naskah agar dapat dibaca orang yang tidak mengerti
bahasa ‘Arab, sehingga dapat memahami kitab Allah SWt, dengan perantaraan
terjemahan. definisi ini merupakan pendapat dari...
a. Ash-Shabuni
b.
Jalaluddin
as-syuyuthi
c.
Quray
shihab
d.
Didawai
e.
Al-Mizan
15.
Takwil dapat dilakukan dengan syarat tetap
memperhatikan kaidah kebahasaan dan tidak hanya mengandalkan akal (ra’yu) saja.
Karena dengan takwil akan memudahkan dalam mencerna dan mengamalkan ajaran
Alquran sesuai dengan perkembangan zaman sekarang dan akan datang. Menurut
Al-Raghib al-Isfahani dalam kitab Mufrad fii alfaadzi al Qur’an mengemukakan
bahwa
a. Tafsir
lebih umum dari pada takwil
b.
Tafsir
lebih khusu dari pada takwil
c.
Tafsir
lebih utam dari pada takwil
d.
Tafsir
lebih spesifik dari pada takwil
e.
Tafsir
lebih memadai dari pada takwil
16.
Menafsirkan al-Qur’an didasarkan penjelasanpenjelasan
al Qur’an yang diperoleh melalui riwayat-riwayat pada sunnah, hadist maupun
atsar, bahkan sebuah ayat al Qur’an dapat dijelaskan dengan ayat-ayat al Qur’an
yang lain. Ini merupakan definisi dari...
a. Tafsir
bi al-Ma’tsur
b.
Tafsir
Al-misbah
c.
Tafsir
Jalalain
d.
Tafsir
bi al-Ra’yi atau tafsir bi al-Dirayah
e.
Tafsir
al Isyari
17.
Berikut merupakan yang bukan syarat-syarat diterimanya
tafsir isyari adalah:
a.
Tidak
bertentangan dengan makna lahir (pengertian tekstual) al-Qur’an.
b.
Penafsirannya
didukung atau diperkuat oleh dalil-dalil syar’i lainnya.
c.
Penafsirannya
tidak bertentangan dengan dalil syara‘ atau rasio.
d.
Penafsirannya
tidak menganggap bahwa hanya itu saja tafsiran yang dikehendaki Allah, bukan
pengertian tekstual ayat terlebih dahulu.
e. Penafsirannya
tidak terlalu jauh sehingga ada hubungannya dengan lafadz.
18.
Metode Tahlili adalah suatu metode dalam menjelaskan
ayat al Qur’an dengan cara menguraikan ayat demi ayat, surat demi surat, sesuai
tata urutan dengan penjelasan yang cukup
terperinci sesuai dengan kecenderungan masing-masing mufassir terhadap
aspekaspek yang ingindisampaikan, misalnya
menjelaskan ayat disertai aspek qira’at, asbabu al- nuzul, munasabah,
balaghah, hukum dan lain sebagainya. Manakah contoh kitab tafsir yang disusun
dengan metode ini adalah
a.
Kitab
Tafsir Jami li Ahkam al-Qur’an karya al-Qurtubi,
b.
Kitab
Tafsir Jami’ al-Bayan fi Tafsir al-Qur’an karya Ibnu Jarir at-Thabari
c.
Kitab
Tafsir Al-Qur’an al-Karim karya at-Tusturi.
d.
Tafsir
alqur’an al-Adzim karya Ibnu Katsir dan
e. Kitab
tafsir ibnu katsir
19.
Dalam kata ikhlas terdapat sebuah kondisi di mana
seseorang dapat mengosongkan diri dari berbagai kehendak dan keinginan yang
dimiliki serta mengabaikan segala amal yang telah dilakukan. Lebih lanjut
dikatakan, bahwa ikhlas menurut bahasa ialah
a. Bersih
dari kotoran
b.
Suci
dari hadas
c.
Menerima
apa adanya
d.
Menerima
ketentuan dari allah
e.
Bersih
dari apapun
20.
Menghargai, membolehkan membiarkan pendirian,
pendapat, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan dan sebagainya yang lain atau yang
bertentangan dengan pendiriannya sendiri, merupakan definisi dari
a. Toleransi
b.
Ikhlas
c.
Murah
hati
d.
Tolong
menolong
e.
Simpati
21.
Allah Swt memerintahkan untuk memberi sedekah kepada
orang ...
a. Siapapun
b.
Muslim
c.
Fakir
d.
Anak
yatim
e.
Miskin
22.
Ilmu yang dimiliki oleh seorang ulul albab tidak
tersekat oleh batasan-batasan yang dibuat oleh manusia, yang sekat-sekat
tersebut diakibatkan oleh keterbatasan manusia itu sendiri. Bagi seorang ulul
albab ilmu pengetahuan apapun yang berhubungan dengan alam semesta ini
hakekatnya adalah ciptaan-ciptaan Allah Swt yang tunduk kepada sitem aturan
yang telah dibuat-Nya. Sehingga semua ilmu itu hakekatnya hanya satu yaitu
a. Ilmu
Allah Swt
b.
Kalam
Allah Swt
c.
Kudrat
Allah swt
d.
Iradah
Allah Swt
e.
Muridunnya
Allah Sswt
23.
Al Qur’an adalah petunjuk bagi manusia untuk menjalani kehidupan di dunia dan
memberi informasi tentang kehidupan di akherat. Petunjuk tentang menjalin
hubungan dengan Allah...
a. Hablun
minallah
b.
Hablumminannas
c.
Hubbullah
d.
Hubbuddunia
e.
Hubbul
wathan
24.
Manusia dapat mengembangkan tekhnologi apapun dalam
rangka mendukung dan menunjang proses kekhalifahannya di muka bumi. Namun al
Qur’an memberikan rambu-rambu atau asas-asas yang dapat dijadikan sebagai
petunjuk melaksanakannya, agar tidak menyalahi dengan ketentuan-ketentuan Allah
Swt. Manakah yang bukan asas-asas tersebut adalah
a. Asas
teladan
b.
Asas
manfaat,
c.
Asas
kemudahan,
d.
Asas
keindahan,
e.
Asas
keadilan;
25.
Bekenaan dengan jumlah bilangan al- Asmā' al-Ḥusnā,
para ulama yang merujuk kepada al-Qur’an mempunyai hitungan yang berbeda-beda.
Sebagaimana dijelaskan oleh Pakar Tafsir dari Indonesia, Muhammad Quraish
Shihab, bahwa al-Thabathabai dalam tafsirnya AlMīzān menyatakan bahwa jumlah
al-Asmā' al-Ḥusnā itu ada sebanyak
a. 127
b.
110
c.
100
d.
99
e.
117
26.
Muhammad Quraish Shihab menyatakan cenderung
menguatkan pendapat yang menyatakan baik al-Rahmān maupun al-Rahīm terambil
dari akar kata...
a. Rahmat
b.
Rahim
c.
Irham
d.
Arham
e.
Ruhim
27.
Soekarno menegaskan bahwa manusia hanya dapat berjumpa
dengan Tuhannya apabila telah mengerjakan segala yang diperintahkan Tuhan dan
meninggalkan segala larangannya. Selain itu, dapat dipahami bahwa kalimat
“berjumpa dengan Tuhan” yang dimaksud oleh Soekarno adalah mampu merasakan
bahwa Tuhan itu ada, dan yakin sekalipun manusia tidak dapat melihat Tuhan dan
tentu Tuhan melihatnya. Dengan demikian berjumpa dengan Tuhan bukanlah dalam
arti yang sebenarnya, melainkan dalam makna
a. Majazi
b.
Ijazi
c.
Marzazi
d.
Haqiqi
e.
Indrawi
28.
Peristiwa ini memang tidak pernah mentradisi.
Maksudnya, masing-masing peristiwanya hanya terjadi sekali atau sesekali
sepanjang zaman dan untuk orang-orang tertentu saja di tengah-tengah sekian
banyak manusia. Peristiwa ini disebut dengan...
a. Mu’jizat
b.
Karamah
c.
Ilham
d.
Irkhas
e.
Sihir
29.
Karomah sesungguhnya merupakan istilah yang tidak
asing bagi umat muslim, dimana karomah ini merupakan bagian dari agama Islam.
Oleh karena hal tersebut, maka Ahlus Sunnah Wal Jama’ah mempercayai adanya
karomah yang dimana karomah ini datangnya dari sisi. Allah. Karomah ini, mau
tidak mau akan membentuk kharisma seseorang di mata umat. Islam mengakui
tentang konsep karomah. Karomah untuk diberikan kepada
a. Kiai dan
wali
b.
Pendekar
c.
Orang
sakti
d.
Orang
biasa
e.
Wali
dan penjahat
30.
Sihir tidak akan luput dari kehidupan manusia
sehari-hari yang digunakan oleh orangorang yang tidak mengerti atau tidak paham
mengenai dampak dari perbuatan tersebut. Sihir ini telah tersebar di
tengah-tengah peradaban manusia masa kini maupun masa lalu. Berikut yang bukan
nama lain sihir, yaitu...
a.
Pelet,
b.
Santet
c.
Gendam
d.
Begik
e. Karamah.
31.
Hari Akhir atau Hari Kiamat merupakan tahapan yang
harus dilewati menuju Negeri Akhirat. Ungkapan al-dār al-ākhirah merupakan
lawan dari
a. Al-dār
al-dunyā
b.
Al-dār
al-kubur
c.
Al-dār
al-yakin
d.
Al-dār
al-akhirah
e.
Al-dār
al-awwal
32.
Hari akhir memiliki nama lain yang cukup banyak.
Nama-nama hari akhir yang diberikan oleh Allah Swt. menggambarkan keadaan hari
kiamat hingga manusia dilahirkan, dihisab, dan mendapatkan balasan dari Allah
Swt. Berikut yang buka nama-nama hari akhir, Yaitu:
a. Yaumul
Isnain
b.
Yaumur
Rajifah
c.
Yaumuz
Zalzalah
d.
Yaumul
Haqqah
e.
Yaumul
Qariah
33.
Berikut yang bukan tanda-tanda kiamat kubra, yakni
a.
Munculnya
kabut (dukhan)
b.
Munculnya
Dajjal
c.
Munculnya
Dabbah
d. Peristiwa
gempa bumi dari timur
e.
Keluarnya
Ya’juj dan Ma’juj
34.
Pemisahan makna antara sifat Taqdîr Allah dengan
al-Maqdûr adalah sebuah keharusan. Hal ini karena sesuatu yang disifati dengan
baik dan buruk, atau baik dan jahat, adalah hanya sesuatu yang ada pada makhluk
saja. Artinya, siapa yang melakukan kebaikan maka perbuatannya tersebut disebut
“baik”, dan siapa yang melakukan keburukan maka perbuatannya tersebut disebut
“buruk”, dengan demikian penyebutan kata “baik” dan “buruk” seperti ini hanya
berlaku pada makhluk saja. Sifat ketentuan Allah terhadap segala sesuatu yang
Ia kehendakinya, maka sifat-Nya ini tidak boleh dikatakan buruk. sifat tersebut
adalah...
a. Sifat Taqdîr
Allah
b.
Sifat
iradah Allah
c.
Sifat
kudrat Allah
d.
Sifat
Qadha Allah
e.
Sifat
Qadhar Allah
35.
Situasi takdir muallaq berlainan dengan takdir mubram.
Doa tidak dapat mengubah kenyataan yang digariskan dalam takdir mubram.
Meskipun demikian, doa dipercaya dapat meminimalisir dampak bala yang timbul
karena takdir
a. Mubram.
b.
Muallaq
c.
Qadha
d.
Qadhar
e.
Takdir
36.
Meskipun takdir terbagi dua, muallaq dan mubram, kita
sebagai manusia tidak mengetahui mana takdir muallaq dan takdir mubram. Oleh
karena itu, sebagai ikhtiar manusiawi yang tidak boleh ditinggalkan ialah...
a. Berdo’a
b.
Bekerja
c.
Berusaha
d.
Meminta
e.
Berkhiyar
37.
“Akhlak ialah gambaran keadaan jiwa berupa sifat-sifat
yang sudah mendarah daging yang mendorong dilakukannya perbutan-perbuatan
dengan mudah lagi gampang tanpa berfikir panjang” Gambaran sifat-sifat jiwa
yang sudah terlatih dan juga sudah mendarah daging yang dapat menjadi sumber
inspirasi dan mendorong tindakan-tindakan yang bersifat spontan.
Tindakan-tindakan seperti inilah yang dapat dikategorikan sebagai akhlak.
Apabila seuatu perbuatan dilakukan dengan mempertimbangkan dahulu, apa untung
ruginya bagi si pelaku perbuatan tersebut, maka belum dikatakan sebagai akhlak.
Hal ini sesuai dengan definisi akhlak menurut...
a. Imam
gazali
b.
Ibnu
maskawih
c.
Prof.
Dr. Ahmad amin
d.
Imam
ahmad
e.
Muhamad
qurasy shihab
38.
Memiliki kemampuan untuk dapat berfikir memperoleh
kebijaksanaan ketika dihadapkan pada pendapat yang mirip-mirip dan mengandung
pertentanaganpertentangan dalam implementasi. Ia akan selalu mendapatkan kosep
yang memberikan manfaat sesamanya dan diterima oleh berbagai pihak. Merupakan
definisi dari...
a. Jaudat
adz-Dzihn
b.
Husnu
at-Tadbir
c.
Tsiqabah
ar-Ra’yi
d.
Shawab
azh-Zhann
e.
Quwwah
al-Ghadhab
39.
Kekuatan yang ada dalam diri manusia yang yang mendorong perbutan-perbuatan untuk memperoleh
kenikmatan-kenikmatan yang bersifat zhahir, yang dinspirasi oleh panca indranya
seperti: mencari makanan minuman, mencintai lawan jenis dan lain-lainnya, hal
ini merupakan definisi dari
a. Quwwah
asy-Syahwah
b.
Quwwah
al-Ghadhab
c.
Syaja’ah
d.
Quwwah
al-Ilmi
e.
Tsiqabah
ar-Ra’yi
40.
Siapapun yang amalnya ingin menjadi amal shalih, maka
ia harus beriman kepada Allah Swt. terlebih dahulu, lalu memiliki ilmu yang
cukup sebelum tawakkal. Ini sebagai syarat supaya pelaksanaannya dapat
dikerjakan dengan benar. Kemudian ia harus ikhlas hanya karena Allah, bersabar
dan atau bersyukur dalam pelaksaanya. Dan terakhir ridha terhadap semua
keputusan Allah Swt. dengan hasil dari
a. Ikhtiar
dan amal kita.
b.
Ikhtiar
dan do’a kita
c.
Amal
kita
d.
Ikhtiar
kita
e.
Do’a
dan amal kita
41.
menyerahkan diri kepada Allah tatkala menghadapi suatu
kepentingan, bersandar kepada-Nya dalam kesulitan di luar batas kemampuan
manusia merupakan definisi
a. Tawakkal
b.
Tawadduk
c.
Ridha
d.
Sabar
e.
Syukur
42.
Ikhlas merupakan bentuk implementasi iman dalam
beramal, karena itu nyata sama dengan keimanan yang bisa bertambah dan
berkurang. Untuk itu umat Islam harus berhati-hati terhadap sifat-sifat yang
dapat merusak keikhlasannya, berikut yang bukan merusak keikhlasan, antaranya:
a. Tasammuh
b.
Riya’
c.
Takabbur
d.
Sum’ah
e.
Nifaq
43.
Berbicara akhlak adalah berbicara mengenai perbuatan
baik dan buruk. Perbuatan baik yang dimaksud adalah perbuatan yang membawa
manfaat dan kemuliaan. Sebaliknya perbuatan buruk maksudnya ialah...
a. Perbutan
yang menyebabkan kemadharatan dan kehinaan
b.
Perbutan
tidak menyebabkan kemadharatan dan kehinaan
c.
Perbutan
yang menyebabkan keburukan dan hina
d.
Perbutan
yang menyebabkan kesukaran dan kesulitan
e.
Perbutan
yang menyebabkan keterpurukan dan kesesasatan
44.
Secara bahasa, khauf adalah lawan kata al-amnu.
Al-Amnu adalah rasa aman, dan khauf adalah rasa takut. adapun perasaan takut
terhadap siksa dan keadaan yang tidak mengenakkan karena kemaksiatan dan dosa
yang telah diperbuat, merupakan definisi dari...
a. Khauf
b.
Raja’
c.
Malu
d.
Takut
e.
Khilaf
45.
Orang yang istiqamah, konsisten jalan pikirannya,
ucapan dan perbuatannya akan selalu mendapatkan kemudahan dalam menghadapi
kesulitan, akan mendapatkan pertolongan dari Dzat yang Maha segalanya. Berikut
yang bukan kemudahan bagi orang yang istiqamah...
a.
Yang
susah akan jadi mudah,
b.
Yang
jauh akan jadi dekat,
c.
Yang
sedikit akan jadi banyak
d.
Yang
berat akan jadi ringan
e. Yang
sulit akan menjadi lebih sulit
46.
Akhlak terhadap orang lain adalah sifat-sifat yang
melekat kuat dalam diri seseorang yang menjadi sumber kekuatan untuk melakukan
perbuatan-perbuatan yang dapat berakibat baik atau buruk. Akibat tersebut
dirasakan oleh..
a.
Tetangga
b.
Kerabat
c.
Teman
kerja
d. Dirinya sendiri
e.
Keluarga
47.
Islam, sebagai agama yang sempurna, mempunyai konsep
kasih sayang, memahami bahwa manusia merupakan makhluk yang sempurna, dibekali
dengan akal, ghadhab dan nafsu. Karena manusia dibekali dengan akal dan nafsu,
maka mereka tidak seperti malaikat yang selalu taat dengan perintah Allah,
manusia terkadang lebih mengutamakan akal atau nafsunya dibandingkan perintah
Allah. Untuk itu, Islam mengatur
batas-batas kasih sayang yang diperbolehkan, supaya berakibat baik bagi semua
pihak. Konsep ibadah harus dipahami
sebagai prinsip dalam mengimplementasikan sifat kasih sayang diantara kita,
yakni...
a. Dalam
menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah Swt.
b.
Dalam
menjalankan qadha dan qadhar Allah Swt.
c.
Dalam
menjalankan nasib dan ketentuan larangan Allah Swt.
d.
Dalam
menjalankan perintah Allah Swt saja.
e.
Dalam
menjauhi larangan Allah Swt saja.
48.
Amanah dalam arti yang luas dan dalam lebih dari
sekedar menunaikan hajat duniawi kepada pemiliknya. Amanah hakikatnya lawan
kata khianat. Orang yang amanah adalah...
a. Orang
yang dapat dipercaya dan membuat jiwa aman
b.
Orang
yang dapat dipercaya dan membuat jiwa labil
c.
Orang
yang dapat dipercaya dan membuat jiwa gundah
d.
Orang
yang dapat diyakini dan membuat jiwa aman
e.
Orang
yang dapat dipertanggung jawabkan dan membuat jiwa aman
49.
Kata zakat berasal dari bahasa Arab, secara bahasa
artinya suci, tumbuh berkembang dan berkah. Makna zakat secara bahasa ini mencerminkan sifat zakat yang dapat
mensucikan harta dan jiwa serta mengandung nilai positif yang dapat
dikembangkan berupa kebaikan bagi si...
a. Muzakki
dan kemashlahatan ekonomi bagi para mustahiq.
b.
Mustahiq
dan kemashlahatan ekonomi bagi para mzakki.
c.
Muzakki
dan kemashlahatan ekonomi bagi para muzakki lainnya.
d.
Mustahiq
dan kemashlahatan ekonomi bagi para mustahiq lainnya
e.
Muzakki
dan kemashlahatan ekonomi bagi para mustahiq serta muzakki lainnya.
50.
Ketentuan bahwa zakat hasil tanah yang disewakan wajib
dikeluarkan zakatnya tidak memunculkan masalah jika tanah itu ditanami oleh
pemiliknya langsung. Persoalannya jika tanah itu disewakan kepada orang lain,
maka hal ini akan memunculkan masalah, siapa yang wajib mengeluarkan zakat
hasil tanah yang disewaka. Untuk menjawab kasus hukum ini tidak terdapat kata
sepakat di kalangan para ulama mereka berselisih dalam menetapkan hukumnya.
Berikut pernyataan yang benar terkait hal tersebut...
a. Menurut
Jumhur ulama, bahwa yang wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang
disewakan adalah pihak penyewa.
Mereka beralasan karena yang dikeluarkan
zakatnya adalah hasil tanahnya bukan tanahnya hal ini
b.
Menurut
Jumhur ulama, bahwa yang wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang
disewakan adalah pihak pemilik tanah.
Mereka beralasan karena yang dikeluarkan
zakatnya adalah hasil tanah miliknya
c.
Menurut
Jumhur ulama, bahwa yang wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang disewakan adalah pihak penyewa. Mereka beralasan karena yang dikeluarkan zakatnya
adalah tanahnya
d.
Menurut
Jumhur ulama, bahwa yang wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang berikan adalah pihak penyewa. Mereka beralasan karena yang dikeluarkan zakatnya
adalah hasil tanahnya bukan tanahnya hal ini
e.
Menurut
Jumhur ulama, bahwa tidak wajib mengeluarkan zakat hasil tanah yang
disewakan adalah pihak penyewa.
Mereka beralasan karena yang dikeluarkan
zakatnya adalah hasil tanahnya bukan tanahnya hal ini
51.
Zakat profesi meliputi semua pekerjaan yang halal dan
baik, zakatnya dapat dikeluarkan sesuai dengan waktu perolehannya setelah
diambil terlebih dahulu untuk kewajiban biaya terhadap keluarga dan biaya
operasional. Seseorang dengan profesinya yang berpenghasilan pas-pasan bahkan
kurang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya bukanlah termasuk profesi yang wajib
dikeluarkan zakatnya, bahkan mereka tergolong orang yang berhak menerima zakat
(mustahiq), seperti...
a. Tukang
becak
b.
Pns
c.
Pengusaha
batu bara
d.
Pengusaha
sepatu
e.
Pemilik
pabrik mobil
52.
Kedudukan nikah dalam Islam merupakan syariat yang
terkandung di dalamnya nilainilai ibadah. Kelayakan manusia untuk menerima
syariat tersebut paling tidak diperkuat oleh tiga argumen. Pertama, manusia
adalah makhluk berakal dan dengan akalnya tersebut manusia mampu menerima dan
menjalankan syariat dengan baik. Di antara syariat tersebut adalah pernikahan,
yang pengertiannya menurut ulama
Syafi’iyah, sebagai barikut:
a. Akad
(perjanjian) yang mengandung kebolehan hubungan kelamin dengan sebab lafaz
nikah atau tajwiz.
b.
Akad
(perjanjian) yang mengandung tidak bolehnya berhubungan kelamin dengan sebab
lafaz nikah atau tajwiz
c.
Akad
(perjanjian) yang tidak mengandung kebolehan hubungan kelamin dengan sebab
lafaz nikah atau tajwiz
d.
Akad
(perjanjian) yang mengandung kebolehan hubungan kelamin dengan tanpa lafaz
nikah atau tajwiz
e.
Akad
(perjanjian) yang mengandung kebolehan hubungan kelamin dengan sebab lafaz
nikah yang sirr
53.
Untuk dijadikan sebuah perbandingan, nampaknya sebelum
pembahasan nikah menurut Islam secara lebih mendalam perlu diungkap tentang
pernikahan sebelum Islam (Jahiliyah). Pada zaman Jahiliyah telah dikenal
bebarapa praktek perkawinan yang merupakan warisan turun temurun dari
perkawinan Romawi dan Persia. Dan manakah yang bukan perkawinan warisan Romawi
dan persia berikut ini...
a.
Khidn
b.
Badl
c.
Istibdha
d.
Raht
e. Poligami
54.
Setiap syariat yang diturunkan oleh Allah dipastikan
terdapat hikmah untuk kehidupan manusia. Berikut ini hikmah dari sebuah
pernikahan, yakni
a. Nafsu
seks termasuk tuntutan terkuat dan selalu meliputi kehidupan manusia. Ketika
tidak ada jalan keluar untuk melampiaskan, maka manusia akan dirundung
kegelisahan dan dikhawatirkan melakukan prostitusi (perzinahan). Maka
pernikahan merupakan aturan yang paling baik dan jalan keluar yang menyejukkan untuk memuaskan seks manusia.
b.
Tidak
ada rasa tanggung jawab dari pernikahan serta mengurus anak dapat membangkitkan
semangat dan mencurahkan segala kemampuan dalam memperkuat potensi diri. Maka
bangkitlah untuk bekerja dengan segala
kewajiban sehingga banyak
kesibukan yang dapat menambah harta dan kesuksesan. Dan tergugah semangat untuk
mengeluarkan kekayaan alam dan yang terpendam di dalamnya
c.
Pernikahan
bukanlah jalan terbaik untuk melahirkan anak, memperbanyak kelahiran dan
melestarikan kehidupan dengan selalu menjaga keturunan
d.
Tidak
adanya naluri kebapakan dan keibuan akan tumbuh dan berkembang dalam menaungi
anak masa kanak-kanak serta tumbuhnya rasa kasih-sayang. Semua kelebihan itu
tidak akan sempurna tanpa adanya tali pernikahan
e.
Harusnya
memperbanyak kelahiran dan melestarikan kehidupan dengan selalu menjaga
keturunan
55.
Tujuan didirikannya bank Islam adalah untuk
menghindari bunga uang yang diberlakukan oleh bank convensional. Dari definsi
di atas maka dapat dibedakan antara bank convensional dengan bank Islam yaitu
bank convensional memakai sistem bunga sedangkan bank Islam tidak. Berikut yang
bukan pengganti sistem bunga bank, yakni:
a.
Wadiah
b.
Mudharabah
c. Muhasabah
d.
Musyarakah/syirkah
e.
Murabahah
56.
Selain riba nasiah seperti telah dijelaskan, dalam
kajian fiqh dikenal juga riba dalam bentuk lain yang disebut dengan riba
fadhal. Riba fadhal ialah
a. Riba
yang kedudukannya sebagai penunjang keharaman riba nasiah
b.
Riba
yang memiliki kedudukan sendiri dari riba nasiah
c.
Riba
yang memiliki hukum mutlak yang berdiri pada dirinya sendiri
d.
Riba
yang tidak memiliki kaitan dengan riba nasiah
e.
Riba
yang kedudukannya sebagai perusak keharaman riba nasiah
57.
Pungutan dana yang dibebankan kepada nasabah bank
untuk kepentingan administrasi, seperti keperluan kertas, biaya operasional,
dan lain-lain disebut...
a. Fee
b.
Bungan
c.
Administrasi
d.
Pembayaran
e.
Iuran
58.
Terkait dengan istilah khilafah dengan Khalifah,
banyak orang yang belum paham untuk membedakan kedua macam istilah
tersebut.untuk istilah khalifah
ebagaimana telah disebut di atas
bahwa khilafah adalah sistem pemerintahan yang sah menurut ajaran Islam.
Konsekuansi adanya khilafah mengharuskan adanya
seorang yang menjadi pemimpin
khilafah. Orang yang memimpin khilafah
dinamakan
a. Khalifah
b.
Sultan
c.
Amirul
d.
Raja
e.
Khilafiyah
59.
Pemerintahan dalam Islam senantiasa berpedoman kepada
hukum al-Qur’an dan sunnah. Dalam sejarah,, pemerintahan dalam Islam
diselenggarakan berdasarkan kepada ketentuan yang terdapat di dalam dua sumber
utama tersebut seperti yang pernah terjadi pada pemerintahan rasulullah dan
khulafa al-Rasyidin. Berikut yang bukan dasar-dasar tersebut ialah:
a.
Sifat
jujur, ikhlas serta tanggung jawab
b.
Keadilan
yang bersifat menyeluruh kepada rakyat
c.
Tauhid
(mengesakan Allah) yang mengandung arti taat kepada Allah, rasul-Nya dan
pemumpin sebagai kewajiban bagi setiap
orang beriman
d.
Adanya
kedaulatan rakyat
e. Pemimpin
pada hakekatnya sudah ditentukan oleh Allah
60.
Dalam sistem khilafah, rakyat sebagai kumpulan manusia
yang dipimpin memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan secara adil.
Apa hak dan kewajiban rakyat setelah melakukan janji setia (baiat)?. Berikut ini yang bukan
hak-hak rakyat dan merupakan kewajiban
pemerintah
a.
Hak
keselamatan jiwa dan harta
b.
Hak
untuk memperoleh keadilan hukum dan pemerataan
c.
Hak
untuk menolak kezaliman dan kesewenang-wenangan.
d.
Hak
mendapatkan bantuan materi bagi rakyat yang lemah.
e. Hak
untuk tidak bebas beragama hanya memiliki satu agama yakni Islam
61.
Selama masa sakit Rasulullah saat menjelang wafat,
dikatakan bahwa Abu Bakar ditunjuk untuk menjadi imam salat menggantikannya,
banyak yang menganggap ini sebagai indikasi bahwa Abu Bakar akan menggantikan
posisinya. Bahkan 'pun setelah Nabi SAW telah meninggal dunia, Abu Bakar
AshShiddiq dianggap sebagai sahabat Nabi yang paling tabah menghadapi
meninggalnya Nabi SAW ini. Segera setelah kematiannya, dilakukan musyawarah di
kalangan para pemuka kaum Anshar dan Muhajirin di Tsaqifah bani Saidah yang
terletak di Madinah, yang akhirnya menghasilkan penunjukan Abu Bakar sebagai
pemimpin baru umat Islam atau khalifah Islam pada tahun
a. 632 M.
b.
623
M
c.
633
M
d.
622
M
e.
634
M
62.
Pengumpulan ayat-ayat al-Qur’an pada masa pemerintahan
Abu Bakar merupakan strategi dakwah. Dalam perang Yamamah dalam misi menumpas
nabi palsu Musailamah Al-Kadzdzab, banyak sahabat penghafal Al-Quran yang gugur
dalam peperangan tersebut. Keadaan tersebut menimbulkan kekhawatiran di
kalangan umat Islam akan habisnya para penghafal Al-Quran karena gugur di medan
peperangan. Oleh karena itu Umar bin Khathab mengusulkan kepada khalifah Abu
Bakar untuk mengumpulkan ayat-ayat al-Quran yang tertulis di berbagai media
seperti pelepah kurma, tulang onta, dan lain-lain yang disimpan oleh para
sahabat. Pada awalnya Abu Bakar agak berat melaksanakan tugas tersebut, karena
belum pernah dilakasanakan pada masa Nabi Muhammad SAW. Namun, karena alasan
Umar bin Khabtab yang rasional, yaitu banyaknya sahabat penghafal al-Qur’an
yang gugur di medan pertempuran dan dikhawatir akan habis seluruhnya, akhirnya
Abu Bakar menyetujuinya. Abu Bakar menugaskan kepada Zaid bin Sabit, penulis
wahyu pada masa Nabi Muhammad SAW, untuk mengerjakan tugas pengumpulan itu.
Metode dakwah abu Bakar ini disebut...
a. Metode
Dakwah Bit-Tadwin
b.
Metode
Dakwah Bil-Lisan
c.
Metode
Dakwah Bil-Yad
d.
Metode
Dakwah Bil-Hal
e.
Metode
Usawatun-Hasanah
63.
Pada masa Khalifah Utsman bin Affan, perkembangan ilmu
pengetahuan Islam sudah berkembang maju terbukti dengan hasil yang dicapai
khalifah Utsman, berikut yang bukan hasil capaian khalifah Utsman yaitu;
a.
Merenovasi
masjid nabawi,
b.
Usaha
pengumpulan dan penulisan al-qur’an,
c.
Pembentukan
angkatan laut,
d. Pembentukan
pasukan berani mati (pasukan jihad)
e.
Perluasan
wilayah islam sampai ke khurosan, armenia, tunisia dan azerbeijan
64.
Organisasi tata usaha negara pada permulaan Islam
sangat sederhana, tidak diadakan pembidangan usaha yang khusus. Demikian pula
keadaannya pada masa Daulah Bani Umayyah, administrasi negara sangat simpel.
Pada umumnya, di daerah-daerah Islam bekas daerah Romawi dan Persia,
administrasi pemerintahan dibiarkan terus berlaku seperti yang telah ada,
kecuali diadakan perubahan-perubahan kecil. Berikut yang bukan organisasi tata
usaha pada masa Bani Umayyah, yaitu:
a.
Ad-Dawawin
b.
Al-Imarah
Ala Al-Buldan
c.
Barid
d.
Syurthah
e. Masharif
Baitul Mal
65.
Khalifah Abu Ja’far al-Mansur, khalifah kedua dari
pemerintahan Bani Abbasiyah menetapkan beberapa kebijakan pemerintahan
Abbasiyah sebagai kontrol pemerintahan, dan berikut yang bukan kebijakan Abu
ja’far al-Mansur, yaitu:
a.
Memindahkan
pusat kekuasaan Bani Abbasiyah dari Hasyimiyah ke Bagdad
b.
Kota
Bagdad sebagai pusat kekuasaan Abbasiyah di buka menjadi kota terbuka untuk
semua peradaban dari berbagai bangsa masuk. Hal ini dilakuan oleh para khalifah
melihat pengalaman pola pengembanga budaya dan ilmu masa Bani Umayyah yang
bersifat Arab oriented, akibatnya adalah budaya dan ilmu pengetahuan menjadi
lambat berkembang.
c.
Ilmu
pengetahuan dipandang sabagai suatu yang sangat mulia dan berharga. Para
khalifah adalah orang-orang yang sangat mencintai ilmu dan membuka kesempatan
ilmu pengetahuan seluasluasnya.
d. Rakyat
tidak diberi beban berfikir serta memperoleh hak asasinya dalam segala bidang,
seperti; aqidah, ibadah, filsafat, dan ilmu pengetahuan.
e.
Para
menteri keturunan Persia di beri hak penuh untuk menjalankan pemerintahan
sehingga mereka memegang peranan penting dalam memajukan kebudayaan dan ilmu
pengetahuan.
66.
Pada masa keemasan ini Islamisasi Andalusia
benar-benar mengalami kemajuan. Kemajuan ini tentu saja dimungkinkan karena
tersedianya stabilitas dan kemapanan sosial politik yang diupayakan oleh para
penguasanya. Dalam iklim yang mendukung inilah kemudian tercapai berbagai
pencapaian spektakuler pada berbagai bidang. Ilmu-ilmu keagamaan berkembang
sedemikian rupa mengimbangi perkembangan yang terjadi di lingkup dinasti
Abbasiyah. Lembaga pendidikan madrasah juga berkembang dengan baik dan menjadi
wadah pengembangan ilmu-ilmu keislaman secara umum. Ibn Rusyd dikenal sebagai
seorang penulis besar di bidang...
a. Fikih
b.
Hadis
c.
Tafsir
d.
Akidah
e.
Qiraat
67.
Salah satu teori masuknya Islam ke Indonesia ialah
teori India, teori ini menyatakan Islam datang ke Nusantara bukan langsung dari
Arab melainkan melalui India pada abad ke-13. Dalam teori ini disebut lima
tempat asal Islam di India, manakah yang bukan 5 tempat tersebut...
a.
Gujarat,
b.
Cambay,
c.
Malabar,
d.
Coromandel,
e. Punjab
68.
Ajarannya terkesan sinkretis dalam mengenalkan Islam.
Ia menggunakan seni ukir, wayang, gamelan, serta seni suara suluk sebagai
sarana dakwah. Dialah pencipta baju takwa, perayaan sekatenan, grebeg maulud,
Layang Kalimasada, lakon wayang Petruk jadi Raja. Taman pusat kota berupa
Kraton, alun-alun dengan dua beringin serta masjid diyakini sebagai karyanya,
beliau adalah...
a. Sunan
Kalijaga
b.
Sunan
Drajat
c.
Sunan
Bonang
d.
Sunan
Ampel
e.
Sunan
Muria
69.
Proses sosial yang timbul bila ada golongan-golongan
manusia dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda saling bergaul
langsung secara intensif untuk waktu yang lama, sehingga budaya-budaya
golongan-golongan tadi masing-masing berubah sifatnya yang khas, dan juga
unsur-unsurnya masing-masing berubah wujudnya menjadi unsur-unsur kebudayaan
campuran, ini merupakan definisi dari...
a. Asimilasi
b.
Akulturasi
c.
Diseminasi
d.
Singkritisme
e.
Radikalisasi
70.
Setelah Islam berkembang di kawasan sub-Sahara,
raja-raja di Afrika mulai menerima kaum Muslim. Bahkan, tak sedikit raja-raja
itu memeluk Islam dan mengubahnya menjadi kerajaan Islam. Dengan munculnya
dinasti-dinasti Islam, perkembangan Islam dan peradabannya semakin pesat di
kawasan Afrika Barat. Dan manakah yang bukan dinasti-dinasti Islam Afrika Barat
berikut ini:
a.
Kekaisaran
gana
b.
Dinasti
za di gao
c.
Kekaisaran
mali
d.
Kekaisaran
songhay
e. Dinasti
mongoliya
71.
Sejarah Islam di Amerika Serikat bermula sejak sekitar
abad ke 16, di mana Estevánico dari Azamor adalah Muslim pertama yang tercatat
dalam sejarah Amerika Utara. Walau begitu, kebanyakan para peneliti dalam
mempelajari kedatangan Muslim di AS lebih memfokuskan pada kedatangan para
imigran yang datang dari Timur Tengah pada akhir abad ke 19. Migrasi Muslim ke
AS ini berlangsung dalam periode yang berbeda, yang sering disebut dengan...
a. “Gelombang”
b.
“Kuasa”
c.
“Keajaiban”
d.
“Penurut”
e.
“Mengikut”
72.
Islam memang bukan merupakan agama mayoritas di
Australia. Jumlah total umat Islam hanya 500 ribu atau sekitar 3% dari jumlah
penduduk total sebanyak 24 juta. Meskipun demikian, Islam telah menjadi bagian
dari kehidupan warga Australia. Islam juga menjadi bagian sejarah dari negara
berpenduduk asli bangsa Aborigin itu. Islam pertama kali dibawa ke Australia
oleh...
a. Para pelaut
dari Makassar
b.
Para
saudagar dari Arab
c.
Para
pengusaha dari jawa
d.
Para
imigran timur tengah
e.
Para
muballig atau dai international
73.
Sebutan bagi seorang Muslim yang menuduh Muslim lainya
(atau kadang juga mencakup penganut ajaran Agama Samawi lain) sebagai kafir dan
murtad, sebutan tersebut disebut...
a. Takfiri
b.
Radikalis
c. Al-Walâ’
dan Barâ’
d. Wahabi
e. Salafi
74.
Radikalisme merupakan respons
terhadap kondisi yang sedang berlangsung yang muncul dalam bentuk evaluasi,
penolakan, atau bahkan perlawanan terhadap ide, asumsi, kelembagaan, atau nilai.
berikut yang bukan sebutan dari radikalisme, yakni:
a. Al-‘unf,
b. At-tatharruf,
c. Al-guluww,
d. Al-irhab
e.
Al-jihadu
75.
Walâ’ wal barâ’ merupakan salah satu
di antara tuntutan syahadat yang diikrarkan oleh seorang mukmin. Ia adalah
bagian dari makna kalimat tauhid, yaitu berlepas diri dari setiap sesuatu yang
diibadahi selain Allah. Bagi seorang mukmin, ikatan walâ’ wal barâ’ merupakan
ikatan...
a.
Iman
b. Islam
c. Ihsan
d. Tauhid
e. Ma’rifat
76.
Suatu kegiatan yang dilakukan
seseorang dan dapat menimbulkan perubahan terhadap harta atau keuangan, baik itu
bertambah maupun berkurang. Contoh dari melakukan transaksi diantaranya ialah
membeli barang, menjual barang, berhutang, memberi hutang, dan membayar
berbagai kebutuhan hidup, merupakan definisi dari...
a.
Transaksi
b. Ijab
c. Kabul
d. Jual
beli
e. Khiyar
77.
Dalam Ensiklopedi Hukum Islam
disebutkan, ulama fikih berpendapat jika ijab dan kabul dipandang sah apabila
telah memenuhi beberapa persyaratan. Berikut yang bukan dari syarat ijab kabul,
yakni:
a. Ijab
dan kabul dilakukan dalam satu majelis.
b. Kesesuaian
antara ijab dan kabul.
c. Yang
melaksanakan ijab tidak menarik kembali ijabnya.
d. Berlaku
seketika.
e.
Kabul dilakukan di tempat yang
terpisah
78.
Berikut yang bukan alasan ulama yang membolehkan melakukan
kloning mengemukakan alasan sebagai berikut:
a. Dalam
Islam, kita selalu diajarkan untuk menggunakan akal dalam memahami agama.
b. Islam
menganjurkan agar kita menuntut ilmu
c. Islam
menyampaikan bahwa Allah selalu mengajari dengan ilmu yang belum ia ketahui
(lihat QS. 96/al-‘Alaq).
d. Allah
menyatakan, bahwa manusia tidak akan menguasai ilmu tanpa seizin Allah (lihat
ayat Kursi pada QS. 2/al-Baqarah: 255).
e.
Alasan kemanusian dan HAM
79.
Salah satu tema pokok ajaran Islam
adalah persamaan derajat di antara manusia, baik laki-laki atau perempuan,
antar suku bangsa atau keturunan. Al-Qur’an tidak membedabedakan derajat
kemuliaan manusia atas dasar itu semua, melainkan tinggi rendahnya derajat
kemuliaan manusia itu diukur dengan tinggi rendahnya tingkat...
a.
Ketakwaan dan nilai-nilai
pengabdian terhadap allahswt.
b. Ketakwaan
dan nilai-nilai ketaatan terhadap allahswt.
c. Ketakwaan
dan nilai-nilai agama terhadap allahswt.
d. Ketakwaan
dan nilai-nilai keislaman terhadap allahswt.
e. Ketakwaan
dan nilai-nilai spritual terhadap allahswt.
80.
Allah tidak membebani hambanya dengan
sesuatu pekerjaan diluar kesanggupannya. Kesetaraan gender dalam ajaran Islam
bukanlah penyamarataan antara laki-laki dan perempuan dalam segala hal. Adanya
perbedaan dalam pembagian tugas antara laki-laki dan perempuan di dalam ajaran
Islam sama sekali bukan untuk merendahkan martabat perempuan, melainkan
pembagian tugas secara proporsional yang justru untuk...
a.
Memuliakan perempuan.
b. Menghargai
perempuan
c. Menyamakan
perempuan
d. Memanjakan
perempuan
e. Menghormati
perempuan
81.
Berikut cara mencegah kejahatan
homosexsual yang sangat membahayakan ini, Islam memberikan beberapa ketentuan,
antara lain:
a. Jangan
merendahkan pandangan/menundukan pandangan.
b. Berpakaian
dengan mengumbar aurat.
c. Hindari
puasa-puasa sunnah.
d. Tetapkan
tempat tidur anak ketika ketika sudah berumur 10 tahun dengan Ibu Bapak.
e.
Menghindari perilaku wanita
menyerupai pria dan sebaliknya. Sikap tomboy wanita dan lemah gemulai seorang
pria dilarang dalam Islam.
82.
Toleransi dianjurkan dalam masalah
muamalah dan hubungan kemasyarakatan bukan menyangkut masalah akidah dan ibadah. Dan berikut yang bukan bentuk
toleransi dalam Islam, di antaranya:
a. Islam
mengajarkan menolong siapa pun, baik orang miskin maupun orang yang sakit,
muslim ata nonmuslim, bahkan terhadap binatang sekalipun.
b. Tetap
menjalin hubungan kerabat pada orang tua
non muslim.
c. Tetap
menjalin hubungan kerabat pada saudara
non muslim.
d. Boleh
memberi hadiah pada non muslim.
e.
Tidak diboleh memberi hadiah
pada non muslim.
83.
Yang bukan syarat dan prosedur
pendirian rumah ibadah antara lain
a. Daftar nama dan Kartu Tanda Penduduk pengguna
rumah ibadat paling sedikit 90 orang yang disahkan oleh pejabat setempat sesuai
dengan tingkat batas wilayah.
b. Dukungan
masyarakat setempat paling sedikit 60 orang yang disahkan oleh lurah/kepala
desa.
c. Rekomendasi
tertulis kepala kantor departemen agama kabupaten/kota.
d. Rekomendasi
tertulis Forum Kerukunan Umat Beragama kabupaten/kota
e.
Surat persetujuan dari Presiden
84.
Sebagian ulama, meliputi Syekh Yusuf
Qaradhawi, Syekh Ali Jum’ah, Syekh Musthafa Zarqa, Syekh Nasr Farid Washil,
Syekh Abdullah bin Bayyah, Syekh Ishom Talimah, Majelis Fatwa Eropa, Majelis
Fatwa Mesir, dan sebagainya menyatakan bahwa hukum mengucapkan “selamat hari
natal” adalah...
a.
Boleh
b. Haram
c. Wajib
d. Sunah
e. Makruh
KETERANGAN:
WARNA MERAH ADALAH KINCI JAWABAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar