BERIKUT ADALAH KUMPULAN
SOAL-SOAL YANG DIBUAT OLEH MAHASISWA PPG PAI YANG PERINTAHNYA DALAM BENTUK HOTS
SOAL MODUL11 KB
1
1. Pembelajaran
kurikulum 2013 menjadi media menumbuhsuburkan berbagai kompetensi agar menjadi
bekal bagi anak-anak Indonesia bersaing di kancah peradaban dunia. Kompetensi
dimaksud sesuai Permendikbud No. 54 tentang Standar Kompetensi Lulusan, yaitu:
A. Pengetahuan C. Kekuatan
B. Hafalan D. Ingatan
2. Tantangan
internal dalam pendidikan antara lain terkait dengan kondisi dan tuntutan
pendidikan yang mengacu kepada delapan (8) Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Delapan SNP ini meliputi. Kecuali
A. Standar
Pengelolaan C. Standar Biaya,
B. Standar
kualitas D. Standar
Pendidik
3. Hasil
analisis lebih jauh untuk studi TIMSS dan PIRLS menunjukkan bahwa soal-soal
yang digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dibagi menjadi empat (4)
kategori, yaitu:
A. Intermediate
mengukur kemampuan sampai level applying
B. Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
C. Dari
usaha sadar tunggal menuju jamak.
D. Dari
kontrol terpusat menuju otonomi dan kepercayaan
4. Pembelajaran kurikulum 2013 ditujukan untuk
mengembangkan potensi peserta didik agar..
A. Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu,
percaya diri.
B. Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan
C. Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret
D. Mampu
berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban
dunia.
5. Dalam
mencapai “Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan”, berbagai upaya yang
dilakukan antara lain adalah….
A. Meningkatan
kualifikasi dan sertifikasi guru, pembayaran tunjangan sertifikasi, serta uji
kompetensi dan pengukuran kinerja guru.
B. Arus
globalisasi juga akan menggeser pola hidup masyarakat dari agraris dan
perniagaan tradisional menjadi masyarakat industry
C. Tantangan
eksternal lainnya berupa fenomena negatif yang mengemuka antara lain terkait
dengan masalah perkelahian pelajar, masalah narkoba,
D. Fungsi guru dari pengajar berubah
dengan sendirinya menjadi fasilitator bagi siswa-siswanya.
LALU ARTANIS_
SMP NEGERI 14 MATARAM
MODUL12 KB 2
|
JAWABAN
|
KUNCI
|
|
1
|
Pengertian profesionalitas guru PAI yang tepat adalah
….
|
a. suatu perbuatan
terhadap kualitas sikap para guru PAI terhadap profesinya serta deraja
pengetahuan dan keahlian yang mereka memiliki untuk dapat melakukan
tugas-tugasnya.
b. orang yang memiliki
kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu
melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal.
c. orang suatu
perbuatan terhadap kualitas sikap para guru PAI terhadap profesinya serta
deraja pengetahuan dan keahliannya
d. orang yang memiliki
kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu
melakukan tugas dan fungsinya
e. orang yang memiliki
pengetahuan, kecakapan dan keterampilan serta sikap yang lebih mantap dan
memadai sehingga mampu mengelola proses pembelajaran secara efektif.
|
A
|
2
|
Perhatikan pernyataan di bawah ini :
(1)
kompetensi pedagogik
(2)
kompetensi kepribadian
(3)
kompetensi sosial
(4)
kompetensi professional
(5)
kompetensi psikomotorik
berdasarkan pernyataan tersebut
yang bukan termasuk kompetensi guru PAI ialah ….
|
a. (1)
b. (3)
c. (2)
d. (5)
e. (4)
|
D
|
3
|
Menurut Gary A. Davis dan Margaret A. Thomas, ada empat
kelompok besar ciri-ciri guru yang efektif, kecuali ….
|
a. memiliki kemampuan
yang terkait dengan iklim belajar di kelas
b. kemampuan yang
terkait dengan strategi manajemen pembelajaran
c. memiliki kemampuan
yang terkait dengan pemberian umpan balik (feedback) dan pengeuatan
(reinforcement)
d. memiliki kemampuan
yang terkait dengan peningkatan diri
e. memiliki kemampuan
yang terkait dengan media pembelajaran
|
E
|
4
|
Berikut ini kemampuan yang terkait dengan peningkatan
diri yang benar ialah ….
|
a. mampu menerapkan
kurikulum dan metode mengajar secara inovatif
b. mampu melibatkan
siswa dalam mengorganisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran
c. mampu mendengarkan
siswa dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam setiap diskusi
d. mampu memberikan
tindak lanjut terhad;ap jawaban siswa yang kurang memuaskan
e. mampu meminimalkan
friksi-friksi di kelas jika ada
|
A
|
5
|
Perhatikan
pernyataan berikut ini !
(1)
pemahaman wawasan atau landasan
pendidikan
(2)
pemahaman tentang peserta didik
(3)
pengembangan kurikulum/silabus
(4)
perencanaan pembelajaran
(5)
pelaksanaan pembelajaran yang mendidik
dan dialogis
(6)
evaluasi hasil belajar
(7)
pengembangan peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
Pernyataan di atas termasuk …
|
a. indikator kompetensi
pedagogik
b. perancangan
pembelajaran
c. pengembangan
kurikulum
d. evaluasi hasil
belajar
e. pemahaman wawasan
atau landasan pendidikan
|
A
|
MODUL
MODUL 10 KB 2
1. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan
atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada
di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
2. Aspek yang sangat
diperhatikan pada teori belajar kognitif adalah…
A. Hasil
belajar
B. Keragaman
peseta didik
C. Materi
belajar
D. Proses
belajar
3. Dalam teori kognitif,
adaptasi mempunyai dua bentuk dan terjadi secara stimultan yaitu asimilasi dan
akomodasi. Jelaskan perbedaan asimilasi dan akomodasi
A. Asimilasi
adalah proses perubahan apa yang dipahami sesuai dengan struktur kognitif yang
ada baru, sementara Akomodasi adalah proses perubahan struktur kognitif
sehingga dapat dipahami
B. Asimilasi
proses perubahan sturktur kognitif sehingga dapat dipahami, sementara Akomodasi
adalah proses perubahan sturktur kognitif sehingga dapat dipahami
C. Asimilasi
merupakan proses pengintegrasian atau penyatuan informasi baru ke dalam sturktur
kognitif yang telah dimiliki individu, sementara Akomodasi proses penyesuaian
struktur kognitif ke dalam situasi yang baru
D. Asimilasi
yaitu proses penyeimbang antara lingkungan luar dengan struktut kognitif yang
ada dalam diri, sementara Akomodasi yaitu bertentangannya struktur kognitif
dalam diri dengan lingkungan luar
4. Salah satu aplikasi teori Gagne adalah ‘Mata dikejapkan
terhadap suatu suara setelah suara dipasangkan dengan hembusan udara pada
mata’. Contoh tersebut adalah kegiatan belajar:
A. Signal Learning
B. Stimulus response
learning
C. Behaviour Chaining
Learning
D. Verbal chaining
learning
5. Ketiga tokoh aliran
kognitif (Jean Piaget, Jerome Bruner, David Ausubel) memiliki pandangan yang
sama dalam proses pembelajaran yaitu:
A. Mementingkan media
yang digunakan dalam pembelajaran
B. Mementingkan
keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar
C. Mementingkan hasil
evaluasi yang baik
D. Mementingkan metode
pembelajaran yang bagus
MODUL
11 /KURIKULUM DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
KB 3
( Model-model pembelajaran dalam kurikulum 2013 )
NAMA : LINA HERLINA
KELAS : B
NO
|
SOAL
|
OPTION
|
JAWABAN
|
1
|
RencanaPelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana
kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih yang
dikembangakan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta
didik dalam upaya untuk mencapai kompetensi Dasar (KD).Sebutkan option
dibawah ini yang bukan merupakan komponen RPP…
|
A. Identitas
sekolah yaitu nama satuan pendidikan
B. Identitas
mata pelajaran atau tema/sub tema
C. Kelas/semester
D. Materi
pokok
E. Identitas
guru
|
E
|
2
|
Dalam permendikbud No 65 tentang
standar proses, kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran ,media
pembelajaran dan sumber belajar yang
disesuaikan dengan karakteristik peseeta didik dan mata pelajaran yang dalam
imlementasinya guru dapat menerapkan
berbagai model pembelajaran yang salah satunya adalah model Discovery learning. Jelaskan tiga
langkah pembelajaran dalam model discovery learning….
|
A. Menyaipakan
pertanyaan, mendesain perencanaaan proyek,dan menyusun jadwal
B. Mencipatakan
stimulus, Menyiapakan pernyataan masalah dan mengumpulkan darta
C. Mengorientasi
peserta didik pada masalah, mengorganisasikan kegiatan pembelajarn dan
membimbing penyelidikan mandiri dan kelompok
D. Menhembangkan
hasil karya, analisis dan kesimpulan
E. Mengolah
data memverifikasi data dan Menarik kesimpulan
|
B
|
3
|
Pemilihan model pembelajaran (discovery learning
project based learning atau problem
based learning )sebagai pelaksanaan pendekatan saintifik pembelajaran memerlukan
analisis yang cermat sesuai dengan
karakteristik kompetensi dan kegiatan pembelajaran dalam silabus. Pemilihan
model pembelajaran perlu
mempertimbangkan karakteristik
pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan menurut kategori-kategori
tertentu berdasarkan…..
|
A. Ferifikasi,
generalization dan proses
B. Statement,
proses dan ferifikasi
C. Faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
D. Proses,
prosedural dan generalization
E. Data,
proses dan statement
|
C
|
4
|
Pilihlah diantara option dibawah ini
yang bukan merupakan komponen yang harus ditempuh dalam metode pembelajaran
konstektual….
|
A. Membuat
keterkaitan-keterkaitan yang bermakna
B. Melakukan
pekerjaan yang berarti
C. Melakukan
pembelajaran yang diatur sendiri
D. Mencapai
standar yang tinggi
E. Memecahkan
masalah
|
E
|
5
|
Apakah manfaat kegiatan refleksi guru dan siswa terhadap aktivitas
dan hasil proyek yang sudah dijalankan pada setiap akhir proses pembelajaran?
|
A. Untuk
menguatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran yang di pelajari
B. Untuk
mengungkapkan perasaan dan pengalaman siswa selama
meneyelesaikan
proyek
C. Untuk
menemukan penemuan/produk baru
D. Untuk
memperbaiki pemahaman yang salah
E. Untuk
menyelesaikan permaslahan yang terjadi
|
B
|
SOAL MODUL 11
KURIKULUM DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODUL 4
NO
|
SOAL MODULL 11 KB 4
|
JAWABAN
|
KUNCI
|
1
|
Pembelajaran Daring
yang dilakukan oleh mahasiswa PPG Daljabmerupakan salah satu contoh migrasi
dari tekhnologi informasi ke teknologi data. Ketika sebuah Lembaga Pendidikan
memiliki data yang lengkap dan diintegrasikan dengan tekhnologi data ,maka
Lembaga Pendidikan ini memiliki
peluang untuk membuka kelas virtual.Berikut adalah beberapa hal penting yang
terdapat dalam kelas Virtual,
kecuali… .
|
a. Adanya guru yang
dipersiapkan dalam tekhnologi data
b. Adanya materi ajar
yang lengkap
c. Adanya media
pembelajaran yang sudah menggunakan computer
d. Adanya Pengalamn
nyata dalam interaksi dengan teman
sekelas
e. Evaluasi yang
didesain secara valid
|
D
|
2.
|
Perhatikan
pernyataan di bawah ini :
1)Kenakalan
peserta didik
2)
Pergaulan bebas
3)
Pengaruh lingkungan tempat tinggal
4)Latar
belakang keluarga
5)Kasus
Kriminal
6)
Dampak kemajuan teknologi informasi
Instrument
yang paling bertanggungjawab terhadap merosotnya moral di kalangan pelajar
terdapat pada nomor … .
|
a.
1, 2 dan 3
b.
2, 3 dan 4
c.
3, 4 dan 5
d.
3, 4 dan 6
e.
2, 4 dan 6
|
D
|
3.
|
Technological,
Pedagogical and Content (TPACK) adalah sebuah konsep integrasi dari tiga
unsur yang berbeda yaitu :
|
a. teknologi, pedagogi,
dan konten pengetahuan
b. teknologi, pedagogi,
dan knowledge
c. teknologi, pedagogi,
dan perencanaan pengetahuan
d. teknologi, pedagogi,
dan pendekatan pengetahuan
e. teknologi, pedagogi,
dan pengembangan pengetahuan
|
A
|
4.
|
Implementasi
CAI adalah pembelajaran yang dibantu dengan komputer dan sepertinya hal ini sudah banyak dilakukan oleh banyak
guru di Indonesia., Berikut adalah beberapa contoh implementasi CAI , kecuali
|
a.
Word Processor
b.
E-Comersi
c.
Microsoft office,
d.
Microsoft Power Point,
e.
Microsoft Excel
|
B
|
5
|
Visi
PAI adalah “menjadikan ajaran Islam sebagai sumber nilai dan pedoman yang
mengantarkan mahasiswa dalam pengembangan profesi dan kepribadian Islami.”
Sementara misi PAI adalah terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertakwa,
berilmu dan berakhlak mulia.
Berikut
adalah tujuan PAI yang dirumuskan dari visi dan misi di atas ,kecuali
|
a. Meningkatkan
keimanan dan ketaqwaan mahasiswa kepada Allah SWT
b. Memperkokoh karakter
muslim dalam diri mahasiswa,
c. Mengantarkan
mahasiswa mampu bersikap irasional dan dinamis
d. Mengembangkan
pemikiran dan akhlak yang selaras dengan keyakinan Islam
e. Membimbing mahasiswa
untuk mengembangkan penalaran yang benar dan baik, serta berpikir kritis
|
C
|
SOAL MODUL 12 KB 4
PENGEMBANGAN PROFESI
GURU
NO
|
SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
1.
|
Salah satu model pengembangan profesionalitas dengan pola
“growth with character”yaitu pengembangan profesionalitas yang
berbasis ….
a. karakter
b. kepribadian
c. kemampuan
d. kondisi mental
e. tujuan
|
A
|
2.
|
Strategi pengembangan profesionalitas guru PAI adalah
dengan In House Training (IHT) yang artinya….
a. pelatihan yang dilaksanakan
di dunia kerja atau industri yang relevan dalam rangka meningkatkan
kompetensi profesional guru
b. Pelatihan yang
dilaksanakan secara internal di kelompok kerja guru, sekolah atau tempat lain
yang ditetapkan
c. Pelatihan melalui
kemitraan sekolah dapat dilaksanakan antara sekolah yang baik dengan yang
kurang baik
d. Pelatihan melalui
belajar jarak jauh dapat dilaksanakan tanpa menghadirkan instruktur dan
peserta pelatihan
e. dilaksanakan oleh
kepala sekolah dan guru-guru yang memiliki kewenangan membina
|
B
|
3.
|
Salah satu prinsip pengembangan keprofesian guru adalah
komprehensif, yaitu ….
a. pengembangankompetensi guru
dapatmenumbuhkankesadarandaninisiatifbagi guru
b. pengembangankompetensi guru
dapatdipantaudandievaluasi
c. pengembangankompetensi guru
dilaksanakansecarautuh
d. pengembangankompetensi guru
dapatdilaksanakandenganmudaholeh guru
e. pengembangankompetensi guru
dilakukandenganberagammetode
|
C
|
4.
|
Pak Mansur adalah seorang kepala sekolah yang baru
menerima bantuan laboratorium multimedia, akan tetapi pemanfaatannya belum
maksimal untuk pembelajaran, antara lain disebabkan oleh kemampuan tenaga
pendidiknya dalam memanfaatkan fasilitas tersebut tidak memadai. Langkah yang
harus dilakukan pak Mansur sebagai kepala sekolah untuk meningkatkan
profesionalitas tenaga guru di sekolahnya adalah ….
a. Memberikan pelatihan
kepada guru dalam pemanfaatan lab
b. Memberikan pelatihan
kepada guru dalam memahami lab
c. Menunjuk tenaga
teknis yang bisa mengelola lab
d. Menunjuk ahli IT
untuk memanfaatkan lab
e. Menunggu arahan dari
atasan terkait penggunaan lab
|
A
|
5.
|
Passion for peopleadalahsemangatuntukmewujudkanpengabdiankepada
orang lain atasdasarkemanusiaan. Hal
tersebutmerupakanbagiandaripilarutamakarakteryaitu ….
a. Passion for service
b. Ethical fairness
c. Excellence
d. Citizenship
e. Passion for profesionalisme
|
E
|
SOAL HOTS PPG PAI
PEDAGOGIK
Nama : Mansur
Modul 13 KB 1
No
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
1
|
Andi merupakan peserta didik
yang memiliki kecerdasan yang sangat tinggi. Hal tersebut disebabkan karena
perkembangan fisiknya maksimal dalam aspek yang mana?
a. Sistem syaraf
b. Otot-otot
c. Kelenjar endokrin
d. Motorik halus
e. Motorik kasar
|
A
|
2
|
Selain perbedaan pada jenis
kelamin, setiap fase perkembangan juga memiliki karakteristik perkembangan
yang berbeda-beda mulai dari bayi sampai dewasa. Berikut ini yang bukan karakteristik
perkembangan fisik peserta didik berdasarkan rentang usia, yakni:
a.
Karakteristik perkembangan fisik pada masa kanak-kanak
0-5 tahun
b.
Karakteristik perkembangan fisik pada masa anak Usia
10-11 tahun
c.
Karakteristik perkembangan fisik pada masa remaja
d.
Karakteristik perkembangan fisik pada masa dewasa
e.
Karakteristik perkembangan fisik pada masa lanjut usia
|
E
|
3
|
Begitu pentingnya peran guru
dalam pembelajaran sehingga muncul kesepakatan bahwa guru adalah pahlawan
bangsa. letak masa depan bangsa berada di tangan guru. Guru juga sebagai
penyampai kebenaran dan pengetahuan yang bersifat ilahiyah. Berdakwah dalam
model pendidikan formal. Selain itu, juga guru sangat berkontribusi dalam...
a.
pembentukan sikap peserta didik.
b.
pembentukan akhlak peserta didik
c.
pembentukan karakter peserta didik
d.
pembentukan tabeat peserta didik
e.
pembentukan kognitif peserta didik
|
C
|
4
|
Ketika berada di taman bermain, si Parman
berlari-lari di lapangan dan dia sudah mampu menunjukkan ciri gerakan
psikomotorik berupa jalan berjingkrak dengan kaki yang bergantian meskipun
belum cukup mampu berhenti secara tiba-tiba saat dia berlari cepat, melihat
perilaku tersebut, maka si Parman diprediksi berusia...
a.
Usia 9 tahun
b.
Usia 7 tahun
c.
Usia 6 tahun
d.
Usia 5 tahun
e.
Usia 3 tahun
|
E
|
5
|
Bagaiman cara anda mengajarkan jika ada salah satu peserta didik
anda mengalami gangguan pendengaran?
a.
Menggunakan model telaah film
b.
Menggunakan model diskusi
c.
Auditory Verbal Therapy
d.
Contectual teaching learning
e.
ceramah
|
C
|
MODUL 13 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK KB 2
Oleh
PARMAN
1. Perhatikan
bentuk-bentuk emosi positif dan emosi negatif di bawah ini!
1.
Eagemess
2.
Humor
3.
Impatience
4.
Joy
5.
Pleasure
6.
Curiosity
Energi positif
ditunjukkan pada nomor...
a. 1, 2
dan 3
b. 4, 5 dan 6
c. 2, 3
dan 4
d. 3, 4
dan 6
e. 3, 4
dan 5
2.
Proses
terjadinya emosi menurut Rosenblam melalui lima tahapan yaitu….
a. Elicitors – Receptors – State – Expression – Experience
b. Receptors - Elicitors-
State – Expression – Experience
c. State – Expression – Experience
– Receptors – Elicitors
d. Expression – Experience - Receptors –
Elicitors – State
e. Elicitors – State -
Expression – Experience – State
3.
Ada lima jenis kegiatan
belajar turut menunjang pola perkembangan emosi anak yaitu:
a.
Belajar secara coba dan ralat
b.
Belajar dengan cara menebak
c.
Belajar dengan cara mempersembahkan
diri
d.
Belajar melalui komunikasi
e.
Pelantikan
4. Amir adalah remaja yang berusia 16 tahun. Setiap
hari selalu tampil dengan mode yang berbeda. Sikapnya juga selalu berubah dan
mulai ingin tampil memegang peran-peran sosial di masyarakat. Namun
masih belum bisa mengatur dan memisahkan tugas dalam peran yang berbeda – beda.
Dari ilustrasi tersebut adalah contoh tahap perkembangan psikososial, yaitu...
a.
Indusstry vs Inferiority
b.
Ego-identity
vs Role on fusion
c.
Inisiative vs Guilt
d.
Autonomy vs Shame
e.
Trust vs Mistrust
5.
Strategi yang dapat
dilakukan oleh guru di sekolah dalam upaya membantu peserta didik memperoleh tingkah laku interpersonal yang
efektif adalah...
a.
Guru harus terampil dalam
mengamati atau mengobservasi berbagai karakter dan perilaku sosial anak.
b.
Guru harus memiliki
kemampuan dan keterampilan dalam merekam, mencatat, perbuatan apa yang akan
menyertai peserta didik
c.
Guru mengajarkan
keterampilan-keterampilan sosial dan strategi pemecahan masalah sosial.
d.
Guru tidak boleh membuat
jarak social dengan peserta didik
e.
Sebaiknya guru bersifat
objektif, bertindak sesuai kadar dan tingkatan ekspresi yang ditampilkan anak
SOAL MODUL 14 EVALUASI PEMBELAJARAN KB-2
oleh
AFIFUDDIN
SOAL MODUL 14
KB-2
No. SOAL
|
SOAL
|
KUNCI
|
KET.
|
1
|
Sebagai guru mata pelajaran ibu Maemunah melakukan
penilaian tidak hanya melakukan penilaian kognitif tetapi juga afektif dan
psikomotorik, yang berusaha mengungkap kondisi nyata atau keadaan
sesungguhnya yang berkaitan dengan kemampuan peserta didik. Ilustrasi
tersebut menunjukkan bahwa ibu Maemunah telah melakukan penilaian...
a.
Authentik
b.
Sumatif
c.
Diagnostik
d.
Formatif
e.
Evaluatif
|
A
|
|
2
|
Penilaian sikap pada pembelajaran yang berorientasi
HOTS tidaklah merubah konsep penilaian sikap pada Kurikulum 2013, dalam
penilaian sikap dikenal ada instrumen dalam bentuk jurnal dan penilaian diri.
Penilaian diri ialah penilaian terhadap kelebihan dan kekurangan diri peserta
didik dalam konteks pencapaian kompetensi. Sedangkan jurnal ialah catatan
tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan
perilaku. Perbedaan penilaian diri dan jurnal dilihat dari fungsinya ialah...
a.
Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai
alat konfirmasi terhadap jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan
yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan perilaku peserta didik.
b.
Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai
alat konfirmasi terhadap penilaian antar teman, sedangkan jurnal adalah hasil
pengamatan yang dilakukan oleh peserta didik tetang sikap dan perilakunya.
c.
Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai
alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil
pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan perilaku peserta
didik.
d.
Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai
alat konfirmasi jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang
dilakukan oleh temannya tentang sikap dan perilaku peserta didik.
e.
Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai
alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan
yang dilakukan oleh dirinya tentang sikap dan perilaku peserta didik.
|
A
|
|
3
|
Penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh Ibu Hasanah
menggunakan HOTS, dengan tujuan peserta didik dapat ditingkatkan kemampuan
berpikirnya menjadi kemampuan kemampuan berfikir tingkat tinggi (Higher Order
Thinking Skills / HOTS), dan terbiasa untuk berfikir secara luas dan mendalam
tentang materi pelajaran dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata.
Ilustrasi tersebut menunjukkan Ibu Hasanah mengukur....
a.
Dimensi factual peserta didik
b.
Dimensi konseptual peserta didik
c.
Dimensi metakognisi peserta didik
d.
Dimensi prosedural peserta didik
e.
Dimensi kreativitas peserta didik
|
C
|
|
4
|
Terkait dengan tuntutan dan tantangan kehidupan di abad
21 terjadi penyempurnaan kurikulum 2013 antara lain dalam standar penilaian, dengan tujuan memberi
ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berfikir tingkat
tinggi. Ilustrasi tersebut menggambarkan dari penilaian.....
a.
Penilaian HOTS
b.
Penilaian LOTS
c.
Penilaian level tingkat 1
d.
Penilaian level tingkat 2
e.
Penilaian level tingkat 6
|
A
|
|
5
|
Bagi pendidik yang sudah terbiasa menyusun soal-soal
HOTS di dalam mengukur dan menilai perkembangan peserta didiknya, keadaan ini
menjunjukkan bahwa pendidik/guru tersebut telah meningkatkan mutu pendidikan.
Dengan tepat ilustrasi tersebut dapat dijelaskan oleh peran soal HOTS
sebagai...
a.
Memupuk rasa cinta dan peduli kepada kemajuan daerah
masing-masing
b.
Meningkatkan mutu penilaian karena penilaian yang
dihasilkan menjadi berkualitas
c.
Meningkatkan motivasi belajar karena penilaian yang
dihasilkan sesuai kebutuhan.
d.
Mempersiapkan kompetensi pendidik dalam mempersiapkan
kompetensi peserta didik
e.
Meningkatkan kualitas soal karena dengan soal HOTS
dapat memotivasi belajar peserta didik
|
B
|
TUGAS LOKA KARYA
SOAL EVALUASI PEMBELAJARAN
MODUL 14 KB 3
MAHDAN KUSUMAJAYA , S.PdI
1. Penilaian
sikap pada pembelajaran yang beriorentasi HOTS tidaklah merubah konsep
penilaian sikap pada kurikulum K 13 ,dalam penilaian sikap dikenal ada
instrumen dalam bentuk jurnal dan penilaian diri.penilaian diri ialah penilaian
terhadap kelebihan dan kekurangan peserta didik dalam konteks pencapaian
kompetensi, sedangkan jurnal ialah catatan tentang kekuatan dan kelemahan
peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. perbedaan penilaian
diri dan jurnal dilihat dari fungsinya ialah :
a. Penilaian
diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal,
sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang
sikap dan perilaku peserta didik
b. Penilaian
diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian
antar teman, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh
pesertadidik tentang sikap dan perilakunya
c. Penilaian
diri adalah penilaian yg berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap hasil
wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh
pendidik tentang sikap dan perilaku peserta didik
d. Penilaian diri adalahpenilaian yang
berfungsi sebagai alat komfirmasi terhadap jurnal, sedangkan jurnal adalah
hasil pengamatan yang dilakuakan oleh temannnya tentang sikap perilaku peserta
didik
Jawaban : A
2. Pada
saat penyusunan tes hasil belajar langkah langkah yang benar dalam penyusunan
tes hasil belajar dapat diurutkan :
a. tabel
sfesifikasi tes, menulis soal,mentelaah soal tes, uji coba, analisis butir
soal, perbaiki tes,merakit tes,menafsirkan tes
b. tabel
sfesifikasi tes, mentelaah soal,menulis soal, analisis butir soal, uji coba,
perbaiki tes,merakit tes,menafsirkan tes
c. tabel
sfesifikasi tes, menulis soal, , analisis butir soal,mentelaah butir soal, uji
coba, perbaiki tes,merakit tes,menafsirkan tes
d. tabel
sfesifikasi tes, merakit soal,menulis soal , mentelaah soal tes, uji
coba,analisis butir soal, perbaiki tes, menafsirkan tes
Jawaban : A
3. instrumen
atau alat ukur berupa tes hasil belajar yang berkualitas dapat diketahui
melalui analisis butir soal dan analisis perangkat soal. Hasil dari analisis
butir soal didapati jika butir soal yang disusun mampu dijawab dengan benar
oleh sebagian testee ( peserta tes ). Berdasarkan ilustrasi tersebut
menunjukkan bahwa butir soal tersebut dalam kategori mudah dapat di contohkan
adalah sebagai berikut:
a. mudah
dengan tingkat kesukaran butir soal = 0,20
b. mudah
dengan tingkat kesukaran butir soal = 0,10
c. mudah
dengan tingkat kesukaran butir soal = 0,40
d. mudah
dengan tingkat kesukaran butir soal = 0,50
e. mudah
dengan tingkat kesukaran butir soal = 0,80
jawaban :E
4. Salah
satu ciri dari butir soal tes objectif yang baik adalah jika butir soal
tersebut mempunyai distractor atau pengecoh yang baik yang dimaksud pengecoh
ialah :
a. Semua
option ( pilihan ) jawaban dan butir soal tes,dan yang memilih banyak dari
kelompok bawah ( malas belajar )
b. Semua
option ( pilihan ) jawaban selain dari kunci jawaban dan butir soal tes,dan yang memilih banyak
dari kelompok bawah ( malas belajar )
c. Semua
option ( pilihan ) jawaban selain dari kunci jawaban dan butir soal tes,dan
yang memilih banyak dari kelompok bawah ( malas belajar )dan kelompok atas (
rajin belajar )
d. Semua
option ( pilihan ) jawaban selain dari kunci jawaban dan butir soal tes,dan yang memilih banyak
dari kelompok atas( rajin belajar )
e. Semua
option ( pilihan ) jawaban dari butir soal tes,dan yang memilih banyak dari
kelompok atas ( rajin belajar )
Jawaban : B
5. Pengujian
tes hasil belajar dapat dilakukan melalui uji validitas rasional dan uji
validitas empiris. Uji validitas rasional dilakukan mentelaah content ( isi )
dan konstruk, sedangkan validitas empiris adalah validitas yang ditentukan
berdasarkan kriteria , baik kriteria internal maupun kriteria eksternal .
perbedaan dari pelaksanaan uji validitas rasional dan validitas empirik adalah
:
a. Validitas
empiris dilaksanakan terlebih dahulu sedangkan validitas rasional dilaksanakanterkemudian
b. Validitas
rasional dan validitas empiris dilaksanakansecara bersama sama
c. Validitas
rasional dilaksanakan terlebih dahulu, sedangkan validitas empiris dilaksanakan
dilaksanakan terkemudian
d. Validitas
rasional dilaksanakan jika tidak dilaksanakan validitas empiris
e. Validitas
rasional dilaksanakan dapat dilaksanakan sebelum dan sesudah validitas empiris
Jawaban : C
SOAL – SOAL MODUL EVALUASI
PEMBELAJARAN KB 1 KOGNITIF
1. Jenjang
kemampuan yang menuntut peserta didik untuk dapat mengenal i atau mengetahui
adanya konsep , prinsip , fakta atau istilah tanpa harus mengerti atau dapat
mengunakannya . Kata kerja operasional yang dapat digunakan diantaranya :
mendefinisikan , , memberikan , mengidentifikasi , memberi nama , menyusun
daftar , mencocokkan , menyebutkan , membuat garis besar , menyatakan dan
memilih , ini adalah pengertian dari .............
a. Pengetahuan
/ hafalan / ingatan { knowledge }
b. Pemahaman
{ comprehension }
c. Penerapan
[ application } jawaban : A
/ Pengetahuan
d. Analisis
{ Analysis }
2. Pak Amir guru SD
Taman pendidikan Islam Kecamatan Gedangan Sidoarjo mengadakan ulangan
harian kepada peserta didik yang
berjumlah 35 peserta didik
yaitu mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam , ternyata dari hasil ulangan tersebut yang
mendapat nilai , pesrta didik
yang mendapat nilai 80 adalah
berjumlah 33 peserta didik , sehingga
33 peserta didik dinyatakan lulus
sedangkan 2 peserta didik dinyatakan
tidak lulus , pernyataan ini disebut ...................
a. Tujuan
Evaluasi
b. Evaluasi Pembelajaran Jawaban : b / evaluasi pembelajaran
c. Fungsi
Evaluasi
d. Prinsip
– prinsip Evaluasi
3. Diantara
prinsip – prinsip Evaluasi dibawah ini ,
kecuali
a.Objektif
b. Terpadu jawaban
: d / akuntabel
c. Holistik
d. Akuntabel
SOAL –SOAL AFEKTIF
1. Peserta
didik harus taat peraturan yang diterapkan di sekolah . Penerapan tata tertib
di sekolah yang harus ditaati oleh setiap siswa di sekolah tersebut merupakan
wujud dari ? COERCION
2. Apa
yang dilakukan peserta didik yang baik ketika ia menemukan dompet temannya yang
tertinggal ? mengembalikan dompet
tersebut tanpa mengambil apa yang ada dalam dompet tersebut .
SOAL – SOAL PSIKOMOTORIK
1. Bagaimana
respon peserta didik ketika melihat guru
yang membawa buku yang banyak ?
membantu dan membawakannya
2. Apa
yang dilakukan oleh guru saat melihat peserta didik yang terlambat ? menasehati disertai hukuman
OLEH ; H . ABD . SALAM
TUGAS MEMBUAT SOAL
BESERTA JAWABAN
MODUL .14 -
EVALUASI PEMBELAJARAN
KB.4 – PELAKSANAAN PROGRAM TINDAK LANJUT
Nama : Abdurrahim
Soal No.
|
S O A L
|
KUNCI JAWABAN
|
KET
|
1
|
1. Ibu
Nurjannah sebagai guru, berdasarkan hasil penilaian terhadap peserta didik,
ia bermaksud melaksanakan program tindak lanjut yaitu program remedial dan
pengayaan. Yang dimaksud dengan program pengayaan adalah :
a. Pembelajaran yang diberikan kepada
peserta didik yang telah mencapai dan / melampaui KKM
b. Pembelajaran
yang diberikan kepada pesserta didik yang cepat dan lamban dalam
menyelesaikan tugas belajarnya.
c. Pembelajaran
yang diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM
d. Pembelajaran
yang diberikan kepada peserta didik yang belum dan telah mencapai KKM
e. Pembelajaran
yang diberikan kepada peserta didik yang lamban dalam menyelesaikan tugas
belajarnya.
|
A
|
|
2
|
2. Dari
hasil evaluasi formatif pada mata pelajaran, pak Salim mendapatkan data ada
siswa yang sudah mencapai / melampaui KKM dan ada yang belum mencapai KKM,
dari informasi atau data yang diperoleh berdasarkan tes hasil belajar
tersebut, pak Salim kemudian menindaklanjuti dalam bentuk program remedial
dan pengayaan kepada para siswanya, ilustrasi tersebut menunjukkan sebagai….
a. Prinsip
evaluasi
b. Acuan
evaluasi
c. Syarat
evaluasi
d. Fungsi evaluasi
e. Pendekatan
evaluasi
|
D
|
|
3
|
3. Setelah
dilakukan tes peraktek penyelenggaraan jenazah, selanjutnya ust. Faisal
berencana melakasanakan tes tertulis sebagai program remedial, tes tertulis
tersebut diberlakukan bagi para peserta didik yang belum mencapai KKM.
Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa
ust. Faisal akan melakukan tes tertulis yaitu mengukur obyek evaluasi pada
ranah….
a. Afektif
b. Behavior
c. Psikomotorik
d. Konasi
e. Kognitif
|
C
|
|
4
|
4. Berdasarkan
dari langkah-langkah pelaksanaan program remedial terdapat langkah-langkah
dalam bentuk menetapkan nilai yang diperoleh peserta didik setelah program
remedial dilaksanakan, ada tiga penetapan yang dapat dipilih untuk digunakan
yaitu……
a. Menggunakan
nilai tertinggi, nilai batas KKM, nilai median
b. Menggunakan
nilai batas KKM, nilai capaian tertinggi, nilai capaian akhir
c. Menggunakan nilai batas KKM, nilai
rerata, nilai capaian akhir
d. Menggunakan
nilai capaian akhir, nilai median, nilai batas KKM
e. Menggunakan
nilai capaian akhir, nilai rerata, nilai capaian tertinggi
|
C
|
|
5
|
5. Perhatikan
pernyataan berikut :
1) Menganalisis
kebutuhan, yaitu mengidentifikasi kesulitan atau permasalahan pembelajaran
dan kebutuhan peserta didik, berdasarkan analisis terhadap Penilaian Harian
(PH) dan Penilaian Tengah Semester (PTS). Permasalahan pembelajaran, antara
lain keunikan peserta didik, materi ajar, dan strategi belajar.
2) Melaksanakan program
remedial.
3) Menetapkan nilai
yang diperoleh peserta didik setelah program remedial sebagai nilai akhir
capaian KD muatan pelajaran.
4) Melaksanakan
penilaian untuk mengetahui keberhasilan peserta didik.
5) Menyusun perencanaan
berdasarkan permasalahan pembelajaran, yaitu memperbaiki rencana pembelajaran
yang disesuaikan dengan hasil analisis kebutuhan peserta didik yaitu
merancang pembelajaran yang meliputi merancang rencana pembelajaran,
merancang kegiatan pembelajaran
Adapun urutan langkah-langkah program remedial
yang benar adalah sebagai berikut:
a. 1-5-2-4-3
b. 1-2-3-4-5
c. 3-4-5-1-2
d. 4-2-3-1-5
e. 3-5-4-2-1
|
A
|
|
6
|
6. Setelah memeriksa hasil tes dan
peserta didik telah mengetahui pencapaian nilainya, terhadap peserta didik yang capaiannya dibawah KKM,
pak Udi mengarahkan dan memotivasi mereka supaya tidak pesimis dan patah
semangat melihat hasil tesnya pada posisi dibawah standart. Setelah itu
semangat mereka tumbuh kembali untuk mengikuti program remedial. Ilustrasi
ini menggambarkan bahwa pak Udin telah melaksanakan..
a. Prinsip-prinsip program remedial
b. Langkah-langkah
program remedial
c. Program pengayaan
d. Program pemadatan materi
e. Program inkuiri
|
TUGAS MEMBUAT SOAL
BESERTA JAWABAN
MODUL .14 -
EVALUASI PEMBELAJARAN
KB.4 – PELAKSANAAN PROGRAM TINDAK LANJUT
Nama : Budi
Sutriadi Syahbana
Soal No.
|
S O A L
|
KUNCI JAWABAN
|
KET
|
1
|
1. Ibu
Nurjannah sebagai guru, berdasarkan hasil penilaian terhadap peserta didik,
ia bermaksud melaksanakan program tindak lanjut yaitu program remedial dan
pengayaan. Yang dimaksud dengan program pengayaan adalah :
a. Pembelajaran yang diberikan kepada
peserta didik yang telah mencapai dan / melampaui KKM
b. Pembelajaran
yang diberikan kepada pesserta didik yang cepat dan lamban dalam
menyelesaikan tugas belajarnya.
c. Pembelajaran
yang diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM
d. Pembelajaran
yang diberikan kepada peserta didik yang belum dan telah mencapai KKM
e. Pembelajaran
yang diberikan kepada peserta didik yang lamban dalam menyelesaikan tugas
belajarnya.
|
A
|
|
2
|
2. Dari
hasil evaluasi formatif pada mata pelajaran, pak Salim mendapatkan data ada
siswa yang sudah mencapai / melampaui KKM dan ada yang belum mencapai KKM,
dari informasi atau data yang diperoleh berdasarkan tes hasil belajar
tersebut, pak Salim kemudian menindaklanjuti dalam bentuk program remedial
dan pengayaan kepada para siswanya, ilustrasi tersebut menunjukkan sebagai….
a. Prinsip
evaluasi
b. Acuan
evaluasi
c. Syarat
evaluasi
d. Fungsi evaluasi
e. Pendekatan
evaluasi
|
D
|
|
3
|
3. Setelah
dilakukan tes peraktek penyelenggaraan jenazah, selanjutnya ust. Faisal
berencana melakasanakan tes tertulis sebagai program remedial, tes tertulis
tersebut diberlakukan bagi para peserta didik yang belum mencapai KKM. Berdasarkan ilustrasi tersebut
menunjukkan bahwa ust. Faisal akan melakukan tes tertulis yaitu mengukur
obyek evaluasi pada ranah….
a. Afektif
b. Behavior
c. Psikomotorik
d. Konasi
e. Kognitif
|
C
|
|
4
|
4. Berdasarkan
dari langkah-langkah pelaksanaan program remedial terdapat langkah-langkah
dalam bentuk menetapkan nilai yang diperoleh peserta didik setelah program
remedial dilaksanakan, ada tiga penetapan yang dapat dipilih untuk digunakan
yaitu……
a. Menggunakan
nilai tertinggi, nilai batas KKM, nilai median
b. Menggunakan
nilai batas KKM, nilai capaian tertinggi, nilai capaian akhir
c. Menggunakan nilai batas KKM, nilai
rerata, nilai capaian akhir
d. Menggunakan
nilai capaian akhir, nilai median, nilai batas KKM
e. Menggunakan
nilai capaian akhir, nilai rerata, nilai capaian tertinggi
|
C
|
|
5
|
5. Perhatikan
pernyataan berikut :
1. Menganalisis
kebutuhan, yaitu mengidentifikasi kesulitan atau permasalahan pembelajaran
dan kebutuhan peserta didik, berdasarkan analisis terhadap Penilaian Harian
(PH) dan Penilaian Tengah Semester (PTS). Permasalahan pembelajaran, antara
lain keunikan peserta didik, materi ajar, dan strategi belajar.
2. Melaksanakan program
remedial.
3. Menetapkan nilai
yang diperoleh peserta didik setelah program remedial sebagai nilai akhir
capaian KD muatan pelajaran.
4. Melaksanakan
penilaian untuk mengetahui keberhasilan peserta didik.
5. Menyusun perencanaan
berdasarkan permasalahan pembelajaran, yaitu memperbaiki rencana pembelajaran
yang disesuaikan dengan hasil analisis kebutuhan peserta didik yaitu
merancang pembelajaran yang meliputi merancang rencana pembelajaran,
merancang kegiatan pembelajaran
Adapun urutan langkah-langkah program remedial
yang benar adalah sebagai berikut:
a. 1-5-2-4-3
b. 1-2-3-4-5
c. 3-4-5-1-2
d. 4-2-3-1-5
e. 3-5-4-2-1
|
A
|
|
6
|
6. Setelah memeriksa hasil tes dan
peserta didik telah mengetahui pencapaian nilainya, terhadap peserta didik
yang capaiannya dibawah KKM, pak Udi mengarahkan dan memotivasi mereka supaya
tidak pesimis dan patah semangat melihat hasil tesnya pada posisi dibawah
standart. Setelah itu semangat mereka tumbuh kembali untuk mengikuti program
remedial. Ilustrasi ini menggambarkan bahwa pak Udin telah melaksanakan..
a. Prinsip-prinsip program remedial
b. Langkah-langkah
program remedial
c. Program pengayaan
d. Program pemadatan materi
e. Program inkuiri
|
MODUL KURIKULUM Kb 1
1. Kurikulumk13[k.13
mengembangkandua modus prosrespembelajaranyaitusecara…
A. Langsung
B. Tidaklangsung
C. langsungdantidaklangsung
D. Kelompok
E. Individu
2. Pembelajantidaklangsungberkenandenganpembelajaran
yang menyangkut KD yang di kembangkandari KI-I dan KI-2 proses
pembelajaranterdiriataslimapembelajaranpokokyaitu…
A. Mengamati.menanya,mengumpulkaninformasi.mengasosiasimengkomunikasikan
B. Menilai,menanya,mengumpulkaninformasi.mengasosiasi.meengkomunikasika
C. Mengamati.menilai.menanya,meminformasikanmengasosiasika
D. Menanya,mengamati,mengaumpulaninfomasikanmenilai
3. Proses
pendidikandimanapesertadididkmengembankanpengetahuan,kemampuanbepikirdanketerampilanpsikomotorikmelalauinteraksilangsungdengansumberbelajaryangdirancangdalam….
A. Silabusdan
RPP
B. Silabus
C. Prota
D. Analisis
E. KKM
4. Langkah-langkahpenerapanstrategiMenggabungkan
2 dan 4 kekuatanadalah..
A. Pesertadidikmembuatjawabanbaruatasmasalah
yang disepakatiberdua
B. Klarifikasi
.penyimpulandantindaklanjut
C. Pastikansetiapkelompokmendiskusikanjawabansoaltersebut
D. Bagikelasmenjadibeberapakelompokkecil
E. Berikansoalstudikasussesuaikompetensiint{KI}dankompetensidasar{KD]
5. Strateg
Information Search{mencariinformasi] starategiinidapat di gunakanpadalefel ….
A. Tingkat SD
B. Tingkat
TK
C. Tingkat
MTS KLS SATU
D. Tingkat
MTS KLS IX dan MA
E. Tingkat
SD KLS 6 DAN MTS
SOAL MATERI MODUL 12 KB 3
HIRWAN _ SMA
NEGERI 6 SKOUW JAYAPURA
NO
|
MODUL 1 HADITS KB 1
|
JAWABAN
|
KUNCI
|
1
|
Tujuan dari adanya kode etik
guru adalah ….
|
a.
untuk menjamin agar tugas pekerjaan keprofesian itu
terwujud sebagaimana mestinya dan kepentingan semua pihak terlindungi
sebagaimana layaknya.
b.
untuk membuat pekerjaan itu menyenangkan sehingga
mendatangkan penghasilan yang baik.
c.
untuk dapat menghasilkan hasil kerja yang menguntungkan
d.
untuk memperoleh kepuasan dengan pekerjaan yang telah
dikerjakan
e.
untuk membuat mitra kerja nyaman dalam melaksanakan
tugasnya.
|
A
|
2
|
Rumusan dan isi kode etik guru
senantiasa diperbaiki dan disesuaikan dalam setiap kongres, kongres pertama
adalah tahap pengesahan yang diselenggarakan pada tahun ….
|
a.1971 – 1973
b.1972 – 1974
c.1973 – 1975
d.1974 – 1976
1975 – 1977
|
A
|
3
|
Seorang guru harus memegang teguh kode
etik guru, karena kode etik guru berfungsi sebagai ….
|
a.ukuran keberhasilan guru
b.standar penilaian sikap guru
c.konsekuwensi profesi
guru
d.penentu kelayakan
menajdi guru
e.standar norma pelaksaan profesi guru
|
E
|
4
|
Meskipun kode etik itu
dijadikan sebagai pedoman atau standar pelaksanaan kegiatan profesi, tetapi
kode etik ini masih memiliki beberapa keterbatasan, berikut ini yang tidak
termasuk bagian dari keterbatasan kode etik guru adalah ….
|
a.
beberapa isu tidak dapat diselesaikan dengan kode etik,
b.
ada beberapa kesulitan dalam menerapkan kode etik
c.
kadang-kadang timbul konflik dalam lingkup kode etik,
d.
ada beberapa hal yang justru merugikan guru ketika kode
etik diterapkan
e.
ada beberapa isu legal dan etika yang tidak dapat
tergarap oleh kode etik,
|
D
|
5
|
Dalam rancangan Undang-undang
Sistem Pendidikan Nasional pasal 42 dinyatakan “Setiap tenaga Pendidikan
berkewajiban untuk:
(1) menciptakan suasana
pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis;
(2) mempunyai komitmen secara
profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan, dan
(3) memberi teladan dan menjaga
nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang
diberikan kepadanya”.
Manakah diantara pernyataan
berikut ini yang tidak mencermikan sikap penerapan UU Sistem Pendidikan
Nasional Pasal 42 adalah ….
|
a.
guru berkewajiban melaksanakan tugas dengan ikhlas dan
penuh tanggung jawab.
b.
Guru memiliki komitemen yang baik terhadap keberhasilan
proses pembelajaran di sekolah
c.
Guru seharusnya dapat menjadi teladan bagi peserta
didik maupun masyarakat.
d.
Guru menjadi profesi yang terpandang karena memiliki
penghasilan yang layak
e.
Guru senantiasa menjaga nama baik Lembaga maupun
profesi.
|
D
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar