KUMPULAN
TUGAS ANALISIS KI, KD DAN INDIKATOR
KELAS 7 SMP
NAMA : PARMAN,
S.Pd.I
NO
PESERTA :
520729000156
SATUAN
PENDIDIKAN : SMP
MATERI : BAB III
THAHARAH
KELAS : VII
NO
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
PENILAIAN
|
|
TEKHNIK
|
BENTUK
|
|||||
KI
1
|
1.7
Menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
berdasarkan syariat Islam.
|
1.7.1
Membiasakan diri berprilaku suci dari hadast besar dan hadast kecil sesuai
syari’at islam.
|
Ketentuan
bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
|
Tes
|
Rubrik
|
|
KI
2
|
2.7
Menghayati perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas
besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam.
|
2.7.1
Menjaga kebersihan diri dari hadast besar dan hadast kecil dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||||
KI
3
|
3.7 Memahami
ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan
ketentuan syari’at Islam.
|
3.7.1. Menjelaskan ketentuan bersuci dari hadas kecil dan
hadas besar.
3.7.2. Menjelaskan
tata cara bersuci dari hadas kecil
3.7.3. dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
|
Tes
|
PG dan Uraian
|
||
KI
4
|
4.7
Menyajikan cara bersuci ari hadas besar.
|
4.7.1
Menunjukkan contoh bersuci dari hadas kecil dan hadas
besar.
4.7.2
Mempraktikkan bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar dalam kehidupan
sehari-hari
|
Non tes
|
Pengamatan
|
TUGAS
ANALISIS KI-KD DAN INDIKATOR
NAMA : AFIFUDDIN
NO. PESERTA : 520320001098
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATERI : BAB IV, SHALAT
BERJAMAAH
KELAS : 7
NO.
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
PENILAIAN
|
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
|||||
1
|
KI 1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.8
Menunaikan salat
wajib berjemaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
|
1.8.1
Menyenangi kegiatan salat berjamaah
1.8.2
Membiasakan diri salat berjamaah
|
Shalat
berjamaah
|
||
KI 2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.8 Menghayati
perilaku demokratis sebagai implementasi dari pelaksanaan salat berjemaah
|
2.8.1
Menunjukkan perilaku disiplin, demokratis dan
toleransi sebagai implementasi dari pelaksanaan salat berjamaah
2.8.2
Memprakarsai perilaku disiplin, demokratis dan
toleransi sebagai implementasi dari pelaksanaan salat berjamaah
|
||||
KI 3.
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.8 Memahami
ketentuan salat berjemaah
|
3.8.1
Menjelaskan pengertian shalat wajib berjamaah dan dasar
hukunya.
3.8.2
Menjelaskan syarat sah shalat berjamaah.
3.8.3
Menyebutkan hukum shalat berjamaah
3.8.4
Menyebutkan halangan shalat berjamaah
3.8.5
Menyebutkan keutamaan shalat berjamaah.
|
Ø Pengertian
shalat berjamaah
Ø Dalil naqli mengenai shalat berjamaah
Ø Ketentuan shalat
berjamaah
|
Tes
|
PG
/ Essay
|
|
KI 4.
Mencoba,
mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.8 Mempraktikkan
salat berjamaah
|
4.8.1
Menunjukkan tta cara shalat berjamaah.
4.8.2
Memperaktikkan shalat berjamaah
|
Ø Tata cara shalat
berjamaah
Ø Hikmah shalat
berjamaah
|
Non
Tes
|
Pengamatan
(observasi)
|
TUGAS ANALISIS KI-KD DAN INDIKATOR
NAMA :
ANDI MISBAH
NO PESERTA :
520238001118
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATA PELAJARAN : PAI
KELAS : 7
BAB
: 5
(SELAMAT DATANG NABI MUHAMMAD SAW KEKASIHKU)
NO
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
||
1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.11 Menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam periode
Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt.
|
||||
2
|
Menghargai
dan menghayati
perilaku
jujur, disiplin,
tanggungjawab,
peduli (toleransi,
gotong royong),
santun, percaya
diri, dalam
berinteraksi secara
efektif dengan
lingkungan
sosial dan alam
dalam jangkauan
pergaulan dan
keberadaannya
|
2.11 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw.
periode Makkah.
|
||||
3
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait
fenomena dan
kejadian tampak mata
|
3.11 Memahami
sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Makkah
|
3.11.1
|
Menunjukkan
contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode
Mekah
|
Selamat datang
Nabi Kekasihku:
1.
Sejarah
Kelahiran Nabi Muhammad SAW
2.
Sejarah Nabi Muhammad SAW sejak kecil sampai dengan remaja
di Mekah
3.
Sejarah Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul
4.
Dakwah Nabi Muhammad SAW di Mekah
|
|
3.11.2
|
Menunjukkan contoh perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad
saw. periode Mekah
|
|||||
3.11.3
|
Menjelaskan
perjuangan yang
dilakukan Nabi
Muhammad saw. periode Mekah
|
|||||
3.11.4
|
Menjelaskan
strategi dakwah Rasulullah saw.
|
|||||
3.11.5
|
Menceritakan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW
|
|||||
3.11.6
|
Menceritakan
sejarah masa remaja kelahiran Nabi Muhammad saw
|
|||||
3.11.7
|
Meneladani
perjuangan Rasulullah saw. di Mekah
|
|||||
4
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.11 Menyajikan
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad
saw.
periode Makkah.
|
4.11.1
|
Mengidentifikasi
tokoh, tempat, peristiwa, dan nilai sejarah dakwah Rasulullah saw periode
Makkah
|
||
4.11.2
|
Membuat
cerita bergambar/ensiklopedi mini strategi dakwah Rasulullah periode Makkah
melalui kajian pustaka
|
TUGAS
ANALISIS KI, KD DAN INDIKATOR
NAMA : MANSUR
NO PESERTA/AKUN : 520273001105
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATERI : BAB 6 (Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Jadi
Lebih Mudah)
KELAS : 7
No
|
KI
|
KD
|
Indikator
|
Materi
|
Penilaian
|
|
Teknik
|
Bentuk
|
|||||
1
|
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
Dengan ilmu pengetahuan semua jadi lebih mudah :
1. Q.S.
ar-Rahman/ 55: 33
2. Q.S.
al-Mujadalah/ 58: 11
|
Non tes
|
Observasi
|
||
2
|
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
Dengan ilmu pengetahuan semua jadi lebih mudah :
1. Q.S.
ar-Rahman/ 55: 33
2. Q.S.
al-Mujadalah/ 58: 11
|
Non tes
|
Observasi
|
||
3
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami makna Q.S.
al-Mujadala/58: 11, dan
Q.S.
ar-Rahman/55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu.
|
3.1.1 Menyebutkan arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al Mujadalah/58:11
serta hadis tentang menuntut ilmu.
3.1.2 Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S.
al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
3.1.3 Menjelaskan hukum bacaan mad dalam
Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11
|
Dengan ilmu
pengetahuan semua jadi lebih mudah :
1.
Q.S. ar-Rahman/ 55:
33
2.
Q.S. al-Mujadalah/
58: 11
|
Tes
|
Pilihan ganda
Uraian
|
4
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Membaca Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman
/55: 33 dengan tartil
|
4.1.1. Menunjukan bacaan Q.S.
ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
|
Non tes
|
Pengamatan
|
|
4.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S.
ar-Rahman /55: 33 serta hadis terkait dengan lancar.
|
4.2.1. Mendemontrasikan hafalan Q.S.
ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
|
No tes
|
Pengamatan
|
|||
4.3 Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan
pesan Q.S. alMujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33
|
4.3.1. Menampilkan contoh perilaku
semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait
|
Non tes
|
Pengamatan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar