ANALISIS KI, KD DAN INDIKATOR PAI KELAS 9
LK 1
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 1
No
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI/POKOK BAHASAN
|
1.
|
KI 1
|
1.1. Terbiasa
membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa
optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama.
|
||
KI 2
|
2.1 Menghayati
perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 39-42, Q.S. ÁliImrān/3:
159 dan Hadis terkait.
|
|||
KI 3
|
3.1 Memahami Q.S.
az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. ÁliImrān/3: 15 9tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta Hadis terkait
|
3.1.1 Menyebutkan
arti surah Q.S.
Az-Zumar
(39): 53; Q.S.
An-Najm
(53):39-42;
Q.S.
Ali Imran (3): 159 dan hadits terkait.
3.1.2 Menjelaskan
makna isi kandungan surah Q.S. Az-Zumar
(39): 53; Q.S.
An-Najm
(53):39-42;
Q.S.
Ali Imran (3): 159 dan hadits terkait.
3.1.3 Mengidentifikasi
hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah
dalam surah Q.S. Az-Zumar
(39): 53; Q.S.
An-Najm
(53): 39-42;
Q.S.
Ali Imran (3): 159.
3.1.4 Menjelaskan
hukum bacaan Lam dan Ra’dalam surah Q.S. Az-Zumar
(39): 53; Q.S.
An-Najm
(53): 39-42;
Q.S.
Ali Imran (3): 159.
|
·
Mengartikan surat Qs. AzZumar
(39):53, Qs. An Najm(53):39-42; Q.S. Ali
Imran (3):
159 dan
hadits terkait
·
Menjelaskan makna isi kandungan surah Q.S. Az-Zumar
(39): 53; Q.S.
An-Najm
(53):39-42;
Q.S.
Ali Imran (3): 159 dan hadits terkait.
·
Makna hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah dalam surah Q.S. Az-Zumar
(39): 53; Q.S.
An-Najm
(53): 39-42;
Q.S.
Ali Imran (3): 159.
·
Makna hukum bacaan Lam dan
Ra’dalam surah Q.S. Az-Zumar
(39): 53; Q.S.
An-Najm
(53): 39-42;
Q.S.
Ali Imran (3): 159.
|
|
K1 4
|
4. 1.1 MembacaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 39-42, Q.S. ÁliImrān/3:
159dengantartil.
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 39-42, Q.S. ÁliImrān/3:
159 serta Hadis terkait dengan lancar.
4.1.3 Menyajikan keterkaitan optimis,
ikhtiar, dan
tawakal dengan pesan Q.S.
az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. ÁliImrān/3: 159
|
·
|
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 2
No
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI/POKOK BAHASAN
|
2.
|
KI 1
|
1.3. Beriman kepada
Hari Akhir
|
1.3.1 Bersyukur kepada Allah Swt. karena hari kiamat belum terjadi.
1.3.2 Meningkatkan ibadah sebagai bekal kelak di Hari Akhir.
1.3.3 Berdoa untuk memohon pertolongan agar diberikan akhir kehidupan yang baik
(husnul khatimah).
1.3.4.
Senang membaca kitab suci al-Qur’an sebagai amal
salih untuk bekal di hari akhir.
|
Iman kepada hari akhir
|
KI 2
|
2.3. Menunjukkan perilaku
mawas diri sebagai
implementasi dari pemahaman
iman kepada Hari Akhir.
|
2.3.1 Bersikap dan berperilaku
hati-hati dalam menjalani kehidupan di dunia.
2.3.2 Bersikap dan berperilaku jujur
kepada siapa pun karena menyadari akan tanggung jawabnya kelak di hadapan
Allah pada Hari Akhir.
2.3.3 Berbuat baik kepada orang lain
dan tidak menyakitinya sebagai bekal hidup pada Hari Akhir.
2.3.4 Tidak iri dan dengki kepada
orang lain karena takut ancaman Allah pada Hari Akhir.
|
||
KI 3
|
3.3. Memahami makna iman kepada Hari Akhir
berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk
ciptaan-Nya.
|
3.3.1
Menguraikan pengertian iman kepada Hari Akhir.
3.3.2 Menganalisis macam-macam
dan tanda-tanda Hari Akhir.
3.3.3 Mengilustrasikan
bukti-bukti bahwa Hari Akhir itu pasti terjadi.
3.3.4 Menganalisis pengertian
alam barzakh, hari kiamat, dan berbagai peristiwa yang terjadi pada Hari
Akhir.
3.3.5 Membedakan
pengertian kiamat sugra dan kiamat kubra.
3.3.6 Menganalisis peristiwa kiamat sugra dan kiamat kubra
3.3.7 Menemukan nama-nama lain hari kiamat beserta artinya
3.3.8 Menelaahtahapan-tahapan yang dialami manusia
pada Hari Akhir.
3.3.9 Merumuskan hikmah beriman kepada hari Akhir
|
||
K1 4
|
4.3. Menyajikan
dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian Hari Akhir
|
4.3.1 Membuat paparan tentang gambaran kejadian Hari Akhir disertai dalil
naqlinya.
4.3.2 Mempresentasikan paparan tentang gambaran kejadian Hari Akhir disertai
dalil naqlinya.
|
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 3
No
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI/POKOK BAHASAN
|
3.
|
KI 1
|
1.5 Meyakini
bahwa jujur dan menepati janji adalah ajaran pokok agama.
|
||
KI 2
|
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||
KI 3
|
3.5 Memahami penerapan
jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.5.1 Menjelaskankan
pengertian jujur dan menepati janji
3.5.2 Menyebutkan dalil naqli tentang jujur
dan menepati janji
3.5.3 Menjelaskan
hikmah perilaku jujur dan
menepati janji
|
·
Pengertian jujur dan menepati
janji
·
Dalil naqli tentang jujur dan
menepati janji
·
Hikmah perilaku jujur dan
menepati janji
|
|
K1 4
|
4.5 Menyajikan penerapan
jujur dan menepati janji
dalam kehidupan sehari-
hari.
|
4.5.1 Mengidentifikasi perilaku jujur
dan menepati janji
4.5.2 Membuat laporan hasil diskusi tentang
perilaku jujur dan menepati
janji
4.5.3 Menyajikan laporan hasil diskusi
tentang perilaku jujur dan menepati janji
|
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 4
No
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI/POKOK BAHASAN
|
4.
|
KI 1
|
1.6 Meyakini
bahwa berbakti
dan
taat kepada orang tua
dan
guru adalah perintah
agama.
|
||
KI 2
|
2.6 Menunjukkan
perilaku
hormat dan taat kepada
orang
tua dan guru dalam
kehidupan
sehari-hari.
|
|||
KI 3
|
3.6 Memahami cara
berbakti
dan taat kepada orang tua dan
guru
|
3.6.1 Menjelaskankan
pengertian berbakti dan taat pada orang tua dan guru
3.6.2 Menyebutkan dalil naqli tentang berbakti dan taat kepada orangtua
dan guru
3.6.3 Menjelaskan
hikmah perilaku berbakti dan taat
kepada orangtua dan guru
|
·
Pengertian berbakti dan taat
pada orang tua dan guru
·
Dalil naqli tentang berbakti dan taat kepada orang tua dan guru
·
Hikmah perilaku berbakti dan taat kepada
orang tua dan guru
|
|
K1 4
|
4.6
Menyajikan
cara berbakti
dan taat kepada orang tua dan guru.
|
4.6.1 Mengidentifikasi perilaku
berbakti dan taat kepada orangtua dan guru
4.6.2 Membuat laporan hasil diskusi tentang perilaku berbakti dan taat kepada orangtua dan guru
4.6.3 Menyajikan laporan hasil diskusitentang perilaku berbakti dan
taat kepada orangtua dan guru.
Membuat surat permohonan maaf kepada orangtua dan guru
|
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 5
No
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI/POKOK BAHASAN
|
5.
|
KI 1
|
1.8 Membiasakan diri mengeluarkan
zakat sesuai dengan ketentuan syari’at Islam.
|
||
KI 2
|
2.8
Menunjukkan
perilaku taat dan peduli sebagai hikmah dari ketentuan zakat.
|
|||
KI 3
|
3.8 Memahami ketentuan zakat.
|
3.8.1. menjelaskan pengertian
zakat
3.8.2.
menyebutkan dalil naqli zakat
3.8.3.
menjelaskan orang yang berhak menierima zakat
3.8.4.
Menjelaskan pengertian zakat fitrah
3.8.5.
menjelaskan ketentuan zakat fitrah
3.8.6.
Menjelaskan pengertian zakat mal
3.8.7. menjelaskan ketentuan
zakat mal
3.8.9.
menguraikan hikmah zakat
|
·
Pengertian zakat …..
·
Dalil naqli tentang zakat ….
·
Orang-orang yang berhak
menerima zakat
·
Pengertian zakat fitrah
·
Ketentuan zakat fitrah
·
Pengertian zakat mal
·
Ketentuan zakat mal
·
Himah zakat
|
|
K1 4
|
4.8 Mempraktikkan ketentuan zakat.
|
4.8.1 menghitung zakat
fitrah dalam satu keluarga
4.8.2.
menghitung zakat mal untuk setiap jenis harta
|
·
Tatacara menghitung zakat
sesuai fitrah ketentuan Islam
·
Tatacara menghtiung
zakat mal untuk setiap jenis harta
|
Analisis KI, KD dan Indikator
BAB 6
No
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI/POKOK BAHASAN
|
6.
|
KI 1
|
Meyakini
bahwa ibadah haji dan umrah adalah perintah Allah Swt.
|
||
KI 2
|
Menunjukan
perilaku menjaga solidarita sumat Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
|||
KI 3
|
3.9. Memahami ketentuan ibadah haji &umrah
|
3.9.1 Menjelaskan
pengertian haji
3.9.2 Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah haji
3.9.3 Menjelaskan pengertian umroh
3.9.4 Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan suna tumroh
3.9.5 Menjelaskan Perbedaan larangan haji dan umroh
3.9.6 Jelaskan hikmah haji dan umroh
|
·
Pengertian haji
·
Syarat, rukun, wajib haji dan
sunnah haji
·
Pengertian umrah
·
Syarat, rukun, wajib haji dan
sunnah umrah
·
Perbedaan larangan haji dan
umrah
·
Hikmah haji dan umrah
|
|
K1 4
|
4.9.Mempraktikkan manasik haji
|
4.9.1 Mempraktikkan
manasik haji
|
Analisis KI, KD
dan Indikator
BAB 7
No
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI/ POKOK BAHASAN
|
7
|
KI. 1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.12.
Meyakini bahwa
berkembangnya Islam di Nusantara sebagai bukti Islam rahmatan lil-al-‘alamin
|
1.12.1. Mengimani bahwa berkembangnya Islam di Nusantara sebagai
bukti rahmatan lil alamin
1.12.2. Bersyukur kepada Allah dakwah Islam sampai ke Nusantara
|
Sejarah perkembangan islam di
Nusantara
|
KI. 2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
dan kawasan regional
|
2.12.
Menunjukkan perilaku
cinta tanah air sebagai implementasi mempelajari sejarah perkembangan Islam
di Nusantara
|
2.12.1. Menunjukkan perilaku cinta tanah air
2.12.2. Meneladani sikap para pejuang dakwah Islam di Nusantara
|
|
|
|
KI. 3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.12.
Memahami sejarah perkembangan Islam di
Nusantara
|
3.12.1. Menjelaskan perjalanan
dakwah di Nusantara
3.12.2. Metode dakwah Islam
di Nusantara
3.12.3. Merinci kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara
3.12.4. Menyebutkan hikmah dakwah Islam di Nusantara
|
|
|
KI. 4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
4.12.
Menyajikan rangkaian sejarah perkembangan
Islam di Nusantara
|
4.12.1. Mendesain ensiklopedia mini rangkaian sejarah perkembangan
Islam di Nusantara
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar