ANALISIS
KI-KD DAN INDIKATOR
SP : SMP
KELAS/SEMESTER : VIII/I (GANJIL)
NO
|
KI
|
KD
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
1
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.3 Memahami makna beriman kepada
kitab-kitab Allah Swt.
|
3.3.1 Mengidentifikasi dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah beserta artinya
3.3.2 Menelaah dalil naqli tentang
keberadaan kitab-kitab Allah
selain al-Qur’an.
3.3.3 Mengidentifikasi
bukti-bukti yang relevan terkait dengan keberadaan kitab-kitab Allah.
3.3.4 Mengidentifikasi contoh-contoh nyata perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab-kitab Allah.
3.3.5 Menghubungkan
makna dalil naqli tentang kitab-kitab Allah dengan bukti-bukti yang
relevan terkait dengan keberadaan kitab-kitab Allah.
3.3.6 Merumuskan ciri-ciri orang yang beriman
kepada kitab-kitab Allah.
|
Iman
kepada kitab-kitab Allah Swt.
|
2
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.5
Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran..
|
3.5.1 Mengidentifikasi bahaya mengonsumsi
minuman keras, judi, dan pertengkaran.
3.5.2 Mengidentifikasi arti Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait.
3.5.3 Mengidentifikasi bahaya mengonsumsi
minuman keras, judi, dan pertengkaranatau
pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
3.5.4 Memahami makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 da n 32 serta Hadis terkait.
3.5.5 Mengidentifikasi contoh-contoh nyata bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai
sumber.
3.5.6 Merumuskan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91 dan 32 serta Hadis terkait.
3.5.7 Menghubungkan bahaya mengonsumsi
minuman keras, judi, dan pertengkaran
dengan makna Q.S. al-Māidah/5: 90–91
dan 32 serta Hadis
terkait.
|
Bahaya
mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran.
|
3
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.6 Memahami cara
menerapkan
perilaku jujur dan
adil.
|
3.6.1 Mengidentifikasi
manfaat perilaku jujur dan adil atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
3.6.2 Memahami
makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait.
3.6.3 Mengidentifikasi
contoh-contoh nyata jujurdan adil dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai sumber.
3.6.4 Mengidentifikasi informasi tentang kesuksesan yang diawali
dari sikap jujur dan adil.
3.6.5 Merumuskan makna Q.S.al-Māidah /5: 8 dan Hadis terkait.
3.6.6 Menghubungkan perilaku
jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari dengan makna Q.S.al-Māidah
/5: 8 dan Hadis terkait.
3.6.7 Menghubungkan
perilaku jujur dan adil
dengan kesuksesan seseorang dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Cara menerapkan
perilaku jujur dan adil
|
6
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.9 Memahami tata cara shalat sunnah berjamaah dan munfarid
|
3.9.1
Mengelompokkan macam-macam shalat sunnah berjamaah
dan munfarid
3.9.2
Menjelaskan tata cara shalat Sunnah beramaah dan
munfarid
3.9.3
Menjelaskan Manfaat shalat Sunnah berjamaah dan
munfarid
3.9.4
Menerapkan tata cara sholat sunnah berjamaah
dan munfarid
3.9.5
Membandingkan tata cara sholat sunnah berjamaah
dengan tata cara sholat sunnah
munfarid
3.9.6
Merumuskan prosedur tata cara sholat sunnah
berjamaah dan munfarid
|
Tata
cara Shalat sunnah berjamaah dan munfarid
|
5
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.10
Memahami tata cara sujud syukur, sujud
tilawah dan sujud syahwi
|
3.10.1
Mengidentifikasi dalil naqli jelaskan sujud Syukur, Tilawah dan Sahwi
3.10.2 Menyebutkan
bacaan Doa sujud Syukur, Tilawah dan Sahwi
3.10.3 Menjelaskan tata cara sujud Syukur,
Tilawah dan Sahwi
3.10.4 Menjelaskan
manfaat sujud Syukur, Tilawah dan Sahwi
3.10.5 Menerapkan tata cara sujud Syukur Syukur, Tilawah
dan Sahwi
3.10.6 Membandingkan
antara tata cara
sujud Syukur, Tilawah dan
Sahwi
3.10.7 Merumuskan tata cara sujud Syukur,
Tilawah dan Sahwi
3.10.8 Syukur
|
Tata
cara sujud syukur, sujud tilawah dan sujud
syahwi
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.13 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan masa bani Umayyah
|
3.13.1 Mengidentifikasi bukti-bukti sejarah
pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Umayah.
3.13.2 Memahami karya dan kiprah tokoh-tokoh
ilmuwan muslim pada masa Umayah.
3.13.3 Menjelaskan bukti-bukti sejarah pertumbuhan
ilmu pengetahuan pada masa Umayah menjadi paparan yang menarik.
3.13.4 Merumuskan karyadan kiprah tokoh-tokoh
ilmuwan muslim pada masa Umayah.
|
Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa
bani Umayyah
|
|
7
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S.
al-Isrā’/17: 26-27 dan hadis terkait tentang rendah hati, hemat, dan hidup
sederhana.
|
3.1.1 Membaca Q.S.
al-Furqān/25: 63, Q.S. al-
Isrā’/17: 26-27 dan hadis terkait
tentang
rendah hati, hemat, dan hidup
sederhana
3.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Furqān/25:
63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan
hadis terkait
tentang rendah hati, hemat, dan
hidup
sederhana
3.1.3 Menjelaskan makna Q.S. al-Furqān/25: 63,
Q.S. al-Isrā’/17: 26-27.
3.1.4 Menjelaskan tentang
hukum bacaan mad
3.1.5 menerapkan
bacaan tajwid hukum mad pada Q.S. al-Furqān/25:
63,
Q.S.al-Isrā’/17: 26-27.
3.1.6 Menemukan
bacaan tajwid hukum mad pada Q.S. al-Furqān/25:
63,
Q.S.al-Isrā’/17: 26-27.
|
Q.S.
al-Furqān/25: 63, Q.S. al-Isrā’/17: 26-27 dan hadis terkait tentang rendah
hati, hemat, dan hidup sederhana.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar