Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Senin, 15 Juli 2019

RESUME ISI CERAMAH PROF. DR. KH. ALI MUSTAFA YAQUB MA DI YOUTUBE BERITA SATU



TUGAS DISKUSI VIDEO

Dalam video tersebut, Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA. Dalam video youtube tersebut beliau menjelaskan tentang kepemimpinan.

A.     Tipe dan sitem Pemimpin

Bahwa secara umum ada dua tipe pemimpin yang ada di muka bumi ini diantaranya ialah sebagai berikut :

1.          Yang pertama, pemimpin yang diangkat oleh Allah SWT, tipe ini ilah kepemimpinan untuk para Nabi dan para Rasul, tipe ini tidak bisa dipilih oleh rakyat dengan cara pemilihan baik pemilihan langsung atau tidak  dan tipe pemimpin seperti ini sudah tidak ada lagi pada saat sekarang ini.

2.          Dan yang kedua, pemimpin yang diangkat oleh rakyat atau ummat dengan berbagai metode ataupun cara yang dibenarkan dalam Islam. Ada satu tipe yang metodenya lebih mirip dengan sistem pemerintahan republik dan pula yang lebih mirip kepada Khilafah yakni pemilihan  oleh rakyat (demokrasi), dan ada pula yang menganut sistemnya keturunan (kerajaan/kesultanan) dan semua yang disebut tadi itu dibenarkan .

Sistem kepemimpinan yang kita gunakan adalah lebih cenderung kepada sistem kepemimpinan khilafah yakni pemilihan yang dilakukan oleh rakyat. Walaupun demikian pada saat ini juga masih ada negara-negara yang menganut sistem monarkhi kerajaan.

Sesungguh agama Islam tidak mengamanatkan atau tidak menganjurkan sistem kepemimpinan monarkhi tersebut. Akan tetapi yang di amanatkan dan diserukan dalam Islam ialah kewajiban untuk menjalankan aturan-aturan (regulasi)  atau syari'at Allah. Apapun sistem yang di anut atau diterapkan baik dalam bentuk kerajaan, kesultanan, republik tidak disebutkan oleh Al Qur'an.

B.     Kriteria seorang pemimpin dalam Islam

Kalau kita cermati bahwa pemimpin yang diangkat oleh rakyat atau ummat di negara kita, pertama kita lihat dulu adalah "hukumnya", yaitu menurut para ulama wajib memilih pemimpin. Kewajiban tersebut telah diperkuat dengan Hadis baginda Rasul Muhammad SAW. yang diriwayatkan oleh Abu Dawud ra yang artinya "Apabila ada 3 orang pergi dalam perjalanan, maka mereka harus mengangkat salah satunya jadi pemimpin  perjalanan" Hadis inilah yang menjadi dalil yang menerangkan wajibnya memilih seorang pemimpim, apalagi bangsa kita bangsa Indonesia saat ini memiliki jumlah penduduk kurang lebih 250 Juta orang.

Dengan banyaknya kita disinilah, maka jelas hukum bagi kita adalah wajib memilih pemimpin dalah hal ini Presiden.

Dalam pertemuan ulama yang terhimpun dalam Majlis Ulama Indonesia ( MUI ) se indonesia tahun 2009, membuat sebuah fatwa yang berbunyi sebagai berikut "Ummat/rakyat Wajib Mengikuti Pemilihan Umum". kita tidak ingin ada kekacauan dan tidak ada pemimpin atau tidak terpenuhinya syarat pemimpin terpilih.

C.     Kriteria seorang Pemimpin Islam 

Adapun Kriteria seorang Pemimpin Islam, adalah sebagai berikut: 

1.         Siddiq artinya pemimpin haruslah jujur
2.         Tabligh artinya menyampaikan kepada orang lain kewajiban tsb
3.         Amanah artinya Dapat dipercaya atau Kredibel
4.         Fathonah artinya Cerdas pandai.

Maka, ke empat sifat ini merupakan sifat Nabi sehingga banyak orang menganggap nya sebagai sifat atau kriteria seorang pemimpin. Namun, ada salah satu ayat yg bercerita tentang kisah Nabi Musa as. Ketika beliau (Musa) menolong seorang wanita atau putri yang oleh sebagian orang disebut putri Nabi Syuaib as. tetapi ternyata bukan Nabi Syuaib melainkan anak atau putri seorang ulama dari negeri  tersebut, ketika dibantu diambilkan air dan wanita tersebut berkata pada ayahnya "Berilah Upah Orang ini” dan berkatalah laki laki tersebut " Sebaik-baik orang yang kamu beri upah adalah orang yang kuat dan dapat dipercaya.

Jadi, oleh para Ulama mengambil kriteria bukan hanya sifat yang empat tadi, akan tetapi juga seyogyanya pemimpin harus juga memiliki sifat  "Al Qawiiyul Amin " yakni harus kuat , harus kredibel atau dipercaya (Amin), maksudnya ialah sebagai berikut:

a. Kuat  bermakna banyak diantaranya : 1) kuat pikirannya atau Pinter/cerdas/cerdik, 2) kuat fisiknya artinya tidak sakit, dan 3) kuat pendiriannya mmaksudnya tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain.
b. Kredibel / Al Amin : Dapat dipercaya.

Kesimpulannya ialah pemimpin tersebut tidak hanya kuat saja atau amin / dapat dipercaya saja, itu tidak bisa. Dalam bahasanya kita,orang sering mengartikan pinter dan bener, pinter saja bisa menipu rakyat, akan tapi kalau bener saja ditipu rakyat, maka yang seharusnya ialah pemimpin itu haruslah  Pinter dan Bener, nah ini baru bener.

Wallohu a’lam...

Sumber : youtube berita satu
@menzour_id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar