DISKUSI VIDEO (KB 1)
Dalam video youtube trans 7 tersebut, menceritakan kisah
khulafaur rasyidin yang ke tiga ( 3 )
yaitu Utsman bin affan ra sang pemilik 2 cahaya.
Pembahasan pertama
Yang pertama dipaparkan di video tersebut yaitu tentang bai’at ar-ridwan, dan berikut
ceritanya:
Dikisahkan Rasulullah mengirim Utsman bin Affan ke Makkah sebagai utusan
untuk bernegosiasi dengan Quraisy. Beliau berpesan agar Utsman menemui Abu
Sufyan dan pemuka-pemuka Quraisy lainnya. Ketika memasuki Makkah, Utsman
terlebih dahulu menemui Aban bin Sa'id yang kemudian memberikan
jiwar/perlindungan selama ia bertugas membawa pesan Nabi.Pemuka Quraiys
berkata pada Utsman, "Wahai, Utsman, kalau engkau mau berthawaf di Ka'bah,
bertawaflah!"
Namun Utsman menjawab, "Aku tidak akan melakukannya sebelum Rasulullah
berthawaf. Kedatangan kami kemari hanya untuk berziarah ke Baitullah,
memuliakannya, dan menunaikan kewajiban ibadah di tempat ini.
Pembicaraan pun menjadi lama, dan telah lama pula Utsman meninggalkan kaum
Muslimin. Tiba-tiba muncul isu bahwa pihak Quraisy telah membunuh Utsman secara
gelap dan tipu muslihat. Kaum Muslimin di Hudaibiyah begitu gelisah memikirkan
keadaan Utsman.
Rasulullah SAW juga merasa khawatir jika Quraisy telah berkhianat dan
membunuh Utsman di bulan suci itu. Beliau berkata kepada para sahabat,
"Kita tidak akan meninggalkan tempat ini sebelum kita dapat menghadapi
mereka."
Rasulullah lalu memanggil para sahabat untuk berikrar di bawah sebatang
pohon di lembah itu. Mereka semua berbaiat (berjanji setia) untuk tidak
beranjak sampai mati sekalipun. Kaum Muslimin berbaiat kepada Rasulullah dengan
iman yang teguh, dan kemauan yang keras. Semangat mereka sudah berkobar-kobar
hendak menuntut balas atas pengkhianatan dan pembunuhan tersebut. Baiat ini
kemudian dikenal dengan sebutan Bai’at
Ridwan.
Pembahasan Selanjutnya:
Usman bin Affan bin Abul Ash lahir dari keluarga yang
kaya dan berpengaruh dari suku bangsa Quraisy silsilah bani Umayyah. Utsman
mendapatkan pendidikan yang baik, beliau belajar menulis dan membaca sejak
dini.
Beliau memiliki kepribadian yang baik Nabi Muhammad SAW
bersabda: orang yang paling penuh kasih sayang dari ummatku kepada umatku
adalah Abu Bakar , yang paling gagah berani membela agama Alloh adalah Umar dan
orang yang paling jujur dalam kerendahan hatinya adalah usman Kepribadian
usman benar-benar menarik perhatian nabi , yaitu jujur, dermawan dan rendah
hati.
Dan akhirnya nabi mengizinkan kedua anak beliau dinikahi oleh
sahabat Utsman. Ruqoyyah meninggal pada saat perang badar , lalu menikah dengan
Ummu Kultsum, namun Kaltsum juga meninggal dalam usia masih muda. Maka, dari sinilah Utsman disebut pemilik 2 cahaya.
Kedermawanan Utsman terlihat pada kehidupan sehari -hari, ketika bencana
kekeringan melanda kota Madinah kaum muslilimin terpaksa mengunakan sumur
Rum sebagai sumber mata air satu - satunya, tapi sumur itu milik Yusuf seorang yahudi
yang serakah, untuk mengambil air kaum muslimin harus membayar mahal.
Melihat kondisi semacam itu sahabat usman melakukan
trasaksi jual beli. Yahudi tua yang sedang mabuk dengan uang dalam benak
hatinya "usman orang kaya", maka membeli sumur dengan harga tinggi
tidak masalah. Akhirnya yusuf bersedia menjual sumur tersebut berani
berapa bayarnya kata yusuf jawab usman 10 dirham.
Orang yahudi tersenyum dan bilang kepada Utsman, “sumur ini
saya jual separuh kalau mau 12 dirham”, lalu sumur dibagi 2, lalu usman berkata
“ya jadi” dan pada saat itulah Utsman mengumumkan kepada seluruh penduduk madinah
untuk mengambil air 3 hari, sejak itulah dimanfaatkan Utsman untuk dibeli
separu sumur tesebut . Ketika perang Tabuk meletus, Usman menanggung sepertiga biayanya
sekitar 900 ekor unta , 100 ekor kuda dan uang ribuan dinar.
Ustman termasuk kedalam asabiqulal awwalun yakni oyang-orang
yang pertama masuk Islam dan Ustman tergolong 10 orang yang sudah di janjikan
pasti masuk surga melalui wahyu Allah. Sifat Malunya Ustman sangat penting
kita teladani karena “malu bagian dari Iman” dan malu Ustman inilah yang perlu
kita teladani.
Selanjutnya:
Video
tersebut menceritakan peralihan kekuasaan dari Umar bin Khattab kepada Utsman
bin Affan.
Ketika
Umar bin Khattab ditikam oleh seorang majusi dengan pisau beracun, pada tahun
13 Hijriyah, beberapa sahabat utama dan Umar bin Khattab sendiri sudah
menyadari bahwa usia Umar tidak akan panjang lagi.
Umar
bin Khattab menunjuk enam orang sahabat Nabi yang akan bertugas memilih siapa
di antara enam orang itu yang akan menjadi khalifah untuk berikutnya. Mereka
semuanya sudah dijamin masuk surga oleh Rasulullah saw, yaitu:
1. 1 Ali bin Abu Thalib,
2. 2 Usman bin Affan,
3. 3 Abdurrahman bin Auf,
4. 4 Saad,
5. 5 Zubair bin al-‘Awam,
6. 6 Thalhah bin Ubaidullah.
Setelah
perdebatan yang sangat sengit maka akhirnya sang pengganti Umar bin Khattan
ialah Utsman bin Affan.
Terakhir:
Dalam
video tersebuta menceritakan akhir dari kehidupan kalifah yang ke tiga Utsman
bin Affan.
Pada suatu malam, Utsman bin Affan bermimpi. Ia bermimpi
bertemu Rasulullah SAW dan berkata kepadanya,...Rasulullah bersabda, “mauakah
esok kamu berpuasa Utsman”, lau Utsman menjawab “Saya mau ya rasulullah”.
Dan akhir cerita Utsman bin Affan meninggalkan dunia fana ini
pada malam jum’at kamis sore dan di nantikan oleh tempat terindah yakni
surganya Allah bersama baginda Rasul Muhammad SAW.
Wallohu a’lam...
TUGAS DISKUSI (RESENSI VIDEO : KB 2)
Dalam video youtube net. tersebut memaparkan kejayaan Islam di Andalusia
Eropa, "The Great Andalusia" (Spanyol selatan), berikut saya resensi
point-point isi video tersebut dintaranya peninggalan kebudayaan Islam di
Andalusia (sekarang Spanyol) terutama di Granada dan Kordoba.
A.
Peninggalan Peradaban Islam di Granada
Granda merupakan kawasan yang indah dan eksotis.
Keramah tamahan penduduk setempat menjadikannya penarik para wisatawan yang
pernah berkunjung kesana dengan sambutan tangan terbuka masyarakat disana serta
keindahannya. Daya tarik yang lain adalah peninggalan atau ikon islam berupa
istana sekaligus benteng pertahanan terahir "al hamra" Kompleksnya berhias taman taman yang indah dan
Leneralife diantaranya sekaligus jadi jalur masuknya. taman mengekspresikan
kesejukan dan kesuburanjuga jadi bukti dari keahlian para para pakar di eranya
bisa tumbuh tanaman di bukit yang tandus.
Berikutnya disebutkan bahwa al Hamra
jadi saksi bisu keruntuhan islam di Andalusia, kata Al hamra terambil dari kata
"ahmarel" yang berarti merah. Bahwa sesungguhnya Islam masuk Spanyol pada
tahun 711 dan memcapai kejayaannya pada era 900 M. Jatuhnya kota Granada
sebagai penanda runtuhnya atau berahirnya kejayaan Islam di Andalus.
Al-hamra yang berdiri di area 14 hektar
lahan, bangunannya indah dan megah, dan bisa dikunjungi 8000 orang perhari,
berdiri tahun 1238 lebih dari 780 tahun yang lalu, sekarang fungsinya berubah
dari Istana atau benteng jadi sebuah musium, namun ruh kebesaran Islam masih
terasa di spanyol/andalusia dulu.
Dalam video tersebut juga meliput
tentang "The Curtial Demirtel"
artinya area ini merupakan cerminan atau
refleksi dunia dan Akhirat. Jadi pesan yang yang dimunculkan adalah apa yang
kita lakukan di dunia merupakan cerminan di akhirat kelak nanti.
Di Granada
juga di jumpai “Istana Nastreet Cales“ atau “Istana Nastrit” yang bertahtakan kaligrafi
asmaul husna dan tembok istana yang ornamennya geometris yakni ciri budaya
Arab masa lalu. Kaligrafi dan Asmaul Husna mengelilingi istana al-hamra dan ada
sesuatu yang membuat orang terkesima adalah jendela kecil ditengah yang
digunakan sebagai tempat istirahat sultan/raja/amir yang dikelilingi ayat
Kursi yang diukir mengelilinginya, tujuannya mengingatkan seisi istana dan yang
mengunjungi istana agar selalu "Hasbunnallahu wani'mal yaaqin"
artinya menyerahkan segala urusan hanya kepada Allah semata.
Sang reporter mewawancarai salah satu
Sumber yakni QUAFA HARAJJAT,
ia menjelaskan :
Seandainya ada orang tidak mau tahu
tentang kebesaran Islam, mereka akan menolak kita. Ketahuilah bahwa keyakinan
saya, bukan dari kerudung yang saya kenakan melainkan benar benar dari hati
saya, makanya saya berusaha sebisa mungkin menyiarkan ini. Nah bagaimana cara
saya melakukannya? pertama-tama saya datang disaat usia masih muda kesini, setelah
saya meyakini kepercayaan kita sendiri yang terbaik dan yang harus kita
lakukan adalah berjuang, maka saya berjuang dan saya masih memperjuangkannya, saya
ingin mengubah persepsi buruk tentang islam itu sendiri.
Ketahulah sesungguhnya Granda pernah
berjaya diera gemilang Andalusia, hal ini bisa dilihat dari benteng istana al
Hamra dan hamparan yang luas dan subur sebagai bukti nyatanya kemajuan dan
kejayaan peradaban Islam pada masa lampo.
Terlihat dan
di jelaskan juga di video adalah Kota Al Baisin berbentuk labirin sebagai
strategi untuk mengacaukan musuh yang akan datang menyerang sekaligus sebagai
pusat perdagangan dan berjaya 5 abad yang lalu, dan budaya islam masih kental
disini, mayoritas penduduknya warga muslim imigran dari Afrika Utara ,dan terlihat
jelas dari arsitekturnya, makanan khas dan ragam pernik yang ada.
Berikut juga
dalam video tersebut meliput Pasar Al Khaerlteric yakni Pasar Tradisional sudah ada sejak
abad 14 yang beroprasi tiap hari dan punya peran penting sebagai sektor
perdagangan, menjual berbagai pernik perhiasan, kaligrafi, kerajinan perak yang
bernuasa islami dan lain lain.
Nara Sumber
lain yang bernama IHSAN RAZZAQ, ia menjelaskan bahwa Islam kembali lagi ke spanyol 40 tahun lalu, kita
tidak punya identitas yang jelass,sulit mencari sesuatu yang melambangkan
keindahan Islam ,banyak orang yang tahu tentang Islam dan mereka bisa
menunjukkan keindahan Islam melalui karyanya yang berkualitas , dan saya
membuat perhiasan di spanyol dan ini sebagai penyiar Islam.
Seorang Seniman bernama MUNIRA MENDONCA,
ia membangun Galeri Seni mengatakan :
Kami berdakwah melalui karya seni kami ,
tidak hanya melalui produk yang ada ,tapi juga melalui toko sebagai bukti
penting untuk tunjukkan diri ,membuat saya bangga lakukan itu,sesuatu yang
indah agar banyak yang melihat kebesaran muslim didunia saat ini .mereka ingat
pesan Rasulullah : sebaik baik manusia adalah yang bermamfaat bagi orang lain.
B.
Peninggalan peraban Islam di Kordoba
Selanjutnya dalam video tersebut meliput
daerah kejayaan Islam masa lalu yakni Kordoba. Dimana kejaayaan islam berjaya besar
di sini hampir 800 tahun dan disini lahirnya cendikiawan muslim. ditempat ini juga kaum muslim sukses men
dirikan masjid "Mosqita Mayor The Granada" yang rampung tahun
2003.
Selama berjaya selama hampir 800
tahun , Islam sempat menguasai benua eropa ini dan pernah menjadi pusat
pemerintahan selama 717 tahun sekaligus jadi ibukota Andalusia saat itu,akhirnya terjadi konflik masa
lalu yang membuatnya jadi hancur, adapun jejak sejarah yang masih
tersisa adalah Mesqita catedral Cardoba
yang dibangun abad 7 yang awalnya sebuah gereja. Kemegahan mesqita ini
begitu menakjubkan, sekilas pilarnya mengingatkan kita akan masjid Nabawi di
Madinah. Pada Abad 811 bangunan ini dulunya bernama "Masjid
Jami' Cordoba" Yang merupakan masjid terbesar pada saat
itu, dan ditempat inilah berkumpul para cendikiawan dari berbagai dunia,
diataranya adalah seperti Al Jabar, Ibnu Rusd Dan Ibnu Khaldun.
Dalam liputan
tersebut juga memperlihatkan dan menjelaskan Jembatan Roman Grade yang terbentang di sungai Godal Piver jadi saksi bekas
pertarungan atau pertempuran Islam masa lampau dengan orang-orang kafir.
Kesimpulannya sesungguhnya tidak ada artinya Islam dengan
kebesaran, kejayaan dan kemegahnya pada masa lalu jika pada masa sekarang kita
tidak berdaya bangkitkan Islam seperti masa lalu. Semoga Allah memberi kita
kekuatan lagi agar Islam bisa jaya seperti dulu lagi, amin...
TUGAS
DISKUSI (ME-RESENSI VIDEO : KB 3)
Video youtube tersebut
mengupas berita terkait tentang Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur
yang dinilai sebagai tauladan politik kemanusiaan. Gus Dur dinillai figur ulama
yang mampu menempatkan politik sebagai sarana dalam memperjuangkan kemanusiaan.
Dalam video
menyebutkan bahwa beliau mengajarkan kita bahwa yang terpenting dari politik
adalah kemanusiaan. Indonesia patut berbangga memiliki putra terbaik bangsa
seperti Gus Dur yang dengan kematangannya di bidang agama mampu
mengintegrasikan nilai-nilai universal agama dan semangat nasionalisme.
Terutama menghadapi tahun politik. Sebab akhir-akhir ini hoaks, ujaran
kebencian dan politik identitas atas nama agama seringkali menjadi alat
kampanye bagi sebagian kelompok dalam meraih kekuasaan.
Berikut juga dalam
video tersebut memamaparkan bahwa “berpolitik boleh saja yang terpenting jangan
mengorbankan manusia. Terutama berpolitik menjelang Pipres, pilkada, pileg
janganlah diwarnai dengan hal-hal yang tidak baik seperti menghina, mengujat
dan melakukan kampanye hitam terhadap lawan politik baik dilakukan oleh peserta
atau pendukungnya”.
Berikut pendapat beberapa tokoh terkait politik
kemanusian yang di gagas Gusdur yang terdapat dalam video tersebut:
1. Pak Jokowi
Ia mengatakan “silahkan berpolitiklah, tetapi nilai
kemanusian harus dikedepankan, seperti sopan santun, ramah tama, tidak
menghujat dan sebagainya. Perbedaan pilihan itu wajar, akan tetap kita harus menjaga
terhadap konsentan pemilu”.
2. Agus yudoyono putra Bambang Yudoyono
Ia berpendapat tentang pemilu, kata Gus Dur “nilai
kemanusian harus dipentingkan dan diutamakan dalam berpolitik dan jangan bercerai
berai hanya beda pilihan”.
3. Prof Mahfud
Dalam video tersebut Mahfud MD mengatakan bahwa dengan
berpolitik jangan sampai melakukan tipu daya, ujar kebencian. Kepentingan
politik tidak mengorbankan manusia.
4. Pror Wimar Witular
Ia adala juru bicara keprisidenan pada saat Gusdur menjadi Presiden, Ia
bercerita : “Dengan guyonan ala Gusdur dapat memecahkan ketegangan pemilu
sekarang, situasinya kurang intlegensi, gusdur menginspirasi orang-orang untuk
melihat keadaan dengan tenang, santai dan guyon serta mampu mengalihkan
perhatian seperti ada sebagian rakyat pada masa gusdur agar kabinet dibubarkan,
ada beberapa mahasiswa yang demo agar Gusdur mundur, namun apa jawaban Gusdur
kalau kalian melengserkan aku bisakah kalian menurunkan harga kebutuhan manusia”. Wirman terenyuh tertawa
dalam hati ketika tuntutan mahasiswa yang menyuruh Gusdur mundur sekaligus
meminta harga turun, “ya kalo mundur bagaimana bisa gusdur turunkan” guyonnya.
Kesimpulan : Pemikiran politik kemanusian
Gusdur perlu kita galakkan agar suasana kebangsaan dan negara kita selalu
kondusif dan terkendali baik di alam maya (sosmed dll) dan juga alam nyata.
Kurang lebih mohon maaf dan terimakasih.
RESENSI VIDEO (TUGAS
DISKUSI : KB 4)
Dari video youtube tersebut membahas Islam di Afrika
yakni warga Muslim Afrika Selatan sebagaimana paparan saya berikut ini :
Pertama, Dalam video tersebut menceritakan tentang Kota Cape Town sebagai
Ibu kota Afrika Selatan yang menyuguhkan restauran atau tempat makan halal. Di
kota tersebut memiliki keragaman budaya dan warisan Islam yang kuat. Salah satu
yang menarik adalah bulan Ramadhan bukap. Bukap ialah sebuah daerah yang
terkenal di Cape Town karena rumah-rumah warga yang indah-indah dan berwarna
warni.
Berikutnya selama bulan Ramadan daerah Cape Town
semakin hidup dengan ramainya pengunjung ke masjid-masjid untuk
melaksanakan sholat secara berjamaah. Warga setempat juga memiliki kebiasaan
yang unik yaitu menukar kue ramadhan dengan warga sekitar sebelum
berbuka.
Juga dalam video tersebut menerangkan
tentang kebebasan warga muslim di Kota Cape Town untuk
mengumandangkan suara Azan menggunakan pengeras suara dan memperingati hari
raya umat Islam.
Di jelaskan juga dalam video tersebut bahwa ada kota
yang di anggap salah satu kota suci umat Islam di Afrika adalah kairouan tunisia yang di bangun
1000 tahun lalu oleh dinasti Aqlabiyah. Kota ini memiliki bangunan dengan
arsitektur bergaya Islami yang di lindungi oleh UNISCO.
Itulah hasil yang mampu saya rensensi dari video
youtube tersebut, lebih kurang saya mohon maaf...
RESENSI SLIDE (TUGAS DISKUSI)
PERKEMBANGAN ISLAM DI DUNIA
A. Perkembangan Islam di Afrika
Penetrasi Islam di wilayah
sub-Sahara Afrika yang terjadi sekitar abad ke-9, justru bukan melalui misi
penaklukan, melainkan karena adanya hubungan perdagangan. Pada zaman itu,
wilayah tersebut memang termasuk salah satu kawasan yang lazim dilintasi oleh para
kafilah dagang. Al-Sayyad menjelaskan, ada dua rute perdagangan yang ikut
membentuk pengaruh Islam di Afrika Barat. Yang pertama adalah jalur yang
menghubungkan negeri-negeri Maghribi (Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya)
dengan pusat-pusat perdagangan emas Berber-Afrika seperti negeri Soninke
(sekarang Negara Ghana).
Di antara bukti Islamisasi yang
kuat di Afrika adalah masjid-masjid tua bersejarah yang masih bertahan hingga
kini. Di antaranya sebagai berikut:
a. Masjid Agung Kairouan
b. Masjid Raya Djenne
c. Masjid Larabanga
B. Perkembangan Islam di Amerika
Islam berkembang sejalan dengan
perkembangan kaum muslimin di berbagai kawasan Amerika, sebagaimana yang tampak
dari sejumlah peribadatan dan pusat kegiatan keagamaan Islam dibeberapa kota
besar dan kecil. Seperti di Cicago, terdapat perguruan tinggi American Islam
College, di North California berdiri American Muslem School, di samping banyak
Universitas-universitas yang menyelanggarakan program Islamic Studies seperti
Universitas Chicago, Universitas Cholumbia, Universitas Harvard, Universitas
California di Berckley, Universitas New York di Banghamtem, Universitas
Michigan, Universitas Texas di Australia, Universitas Utah di Salthake City,
Universitas Temple di Philadelpia, dan Universitas Mc. Gill di Monteral Canada.
C. Perkembangan Islam di Eropa
Berdasarkan data sejarah, Islam
memasuki benua Eropa melalui empat periode, yaitu:
a. Periode kekhalifahan Islam di Spanyol (Andalusia) selama ± 8 abad
dan pemerintahan umat Islam di beberapa pulau, di antaranya: Perancis Selatan,
Sicilia, dan Italia Selatan. Kekhalifahan Islam di Spanyol berakhir pada tahun
1492.
b. Adanya penyebaran tentara Mongol pada abad ke-13.
c. Periode ekspansi kekhalifahan Turki Usmani sekitar abad ke-14 dan
ke-15 ke wilayah Balkan dan Eropa Tengah. Bahkan di Albania umat Islam
merupakan penduduk mayoritas.
d. Periode kaum imigran Muslim memasuki benua Eropa setelah perang
dunia ke-2, terutama ke negara-negara industri, seperti: Perancis, Jerman,
Inggris, Belanda, dan Belgia.
D. Perkembangan Islam di Australia
Pelaut-pelaut Makassar adalah
yang pertama kali melakukan kontak dengan bangsa asli Australia yaitu Aborigin.
Mereka mendarat di Australia bagian utara sekitar tahun 1700an. Kala itu mereka
datang dengan sangat sopan dan meminta izin kepada penduduk asli," kata
Education Director Islamic Museum Australia, Sherene Hassan saat ditemui
detikcom bersama dua media lain yang difasilitasi Australia Plus ABC
International pada Juni 2016. Para pelaut dari Makassar itu datang untuk
mencari teripang di pantai utara Australia, salah satunya di daerah Arnhemland.
Mereka datang pada bulan Desember dan menetap beberapa lama di Australia untuk
membeli teripang dari penduduk asli. Interaksi antara pelaut Makassar dan para
warga abrigin pun tak bisa dihindarkan.
Para pelaut dari Makassar itu
datang untuk mencari teripang di pantai utara Australia, salah satunya di
daerah Arnhemland. Mereka datang pada bulan Desember dan menetap beberapa lama
di Australia untuk membeli teripang dari penduduk asli. Interaksi antara pelaut
Makassar dan para warga abrigin pun tak bisa dihindarkan. "Sebagian besar
pelaut dari Makassar beragama Islam dan karena mereka berinteraksi dengan suku
asli, sehingga secara spiritual suku Aborigin di sebelah utara Australia
terpengaruh agama Islam yang dipeluk para pelaut," jelas Sherene. Setelah
itu, pengaruh Islam juga datang ke Australia dengan dibawa oleh para penunggang
unta yang datang dari Pakistan dan Afghanistan sekitar tahun 1870-1920. Para
penunggang unta yang berjumlah lebih dari 2.000 orang itu datang untuk bekerja
di proyek pembangunan jalur kereta yang tengah dikerjakan pemerintah Inggris.
Kala itu unta dianggap sebagai hewan yang sangat berguna untuk dijadikan alat
angkut material.
Wallohu a’lam...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar