Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Senin, 10 Juni 2019

SILABUS PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM



PENGERTIAN DAN TUJUAN PERKULIAHAN
 
Esensi kurikulum ialah program, yakni program dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan ini ditetapkan berdasaran kehendak manusia. Setiap manusia menghendaki terwujudnya manusia yang baik.  Jadi, kurikulum harus berupa program untuk mengembangkan manusia agar menjadi “manusia yang baik”. Siapa manusia yang baik itu? Yaitu manusia yang berkembang potensinya sehingga menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (UU Sisdiknas 20/2003). Atau menurut Renstra Depdiknas (2005-2025) dinyatakan sebagai “Insan Cerdas Komprehensif dan Kompetitif”.

DI dalam UU Sisdiknas Nomor 20/2003 bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Pengembangan kurikulum dapat berarti: (1) kegiatan menghasilkan kurikulum; atau (2) proses yang mengaitkan satu komponen dengan yang lainnya untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik; dan/atau (3) kegiatan penyusunan (desain), pelaksanaan, penilaian dan penyempur­naan kurikulum. 

Banyak definisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai pendidikan Islam, tetapi menurut penulis intinya ada dua, yaitu: pertama, pendidikan Islam merupakan sistem pendidikan yang sengaja diselenggarakan atau didirikan dengan hasrat dan niat untuk mengejawantahkan ajaran dan nilai-nilai Islam. Dalam praktiknya di Indonesia, pendidikan Islam ini setidak-tidaknya dapat dikelompokkan ke dalam 5 (lima) jenis, yaitu: 

1.     Pondok Pesantren atau Madrasah Diniyah, yang menurut UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebut sebagai pendidikan keagamaan (Islam) formal seperti Pondok Pesantren/ Madrasah Diniyah (Ula, Wustha, ’Ulya, dan Ma’had ’Ali);
2.     Madrasah danpendidikanlanjutannyaseperti IAIN/STAIN atauUniversitas Islam Negeri yang bernaung di bawahDepartemen Agama;
3.     Pendidikanusiadini/TK, Sekolah/PerguruanTinggi yang diselenggarakanolehdan/atauberada di bawahnaunganyayasandanorganisasi Islam; 
4.     Pelajaran agama Islam di sekolah/Madrasah/PerguruanTinggisebagaisuatumatapelajaranataumatakuliah, dan/atausebagai program studi; dan
5.     Pendidikan Islam dalamkeluargaatau di tempat-tempatibadah, dan/atau di forum-forum kajiankeislaman, majelista’lim, daninstitusi-institusilainnya yang sekarangsedangdigalakkanolehmasyarakat, ataupendidikan (Islam) melaluijalurpendidikan non formal, dan informal. 

Dari pengertian pendidikan Islam tersebut, maka Pengembangan kurikulum pendidikan Islam dalam perku­liahan ini diartikan sebagai: (1) kegiatan atau proses yang mengaitkan satu komponen dengan komponen lainnya untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik pada kelima jenis pendidikan Islam tersebut di atas; atau (2) kegiatan penyusunan (desain), pelaksanaan, penilaian dan penyempur­naan kurikulum dari kelima jenis pendidikan Islam tersebut; dan/atau (3) upaya menggali ajaran dan nilai-nilai Islam serta mengkaji pemikiran dan teori-teori pendidikan Islam untuk dijadikan landasan berpijak dalam pengembangan kurikulum.
Tujuan perkuliahan adalah agar mahasiswa dapat meran­cang (mendesain), melaksanakan, menilai, serta menyempurna­kan kurikulum pendidikan Islam.


TOPIK-TOPIK DISKUSI/SEMINAR
1.     Hakekat, fungsi dan proses pengembangan kurikulum pendidikan Islam.
2.     Tantanganduniapendidikandanimplikasinyaterhadappengembangankurikulumpendidikan Islam
3.    Karakteristik Pendidikan agama Islam (SD,SMP,SMA/SMK)
4.     Landasan-landasan pengembangan kurikulum pendidikan Islam (Religius, Filosofis, sosiologis, psikologis, yuridis, teoretis, empiris).
5.     Tipologi Filsafat Pendidikan Islam & Implikasinya terhadap pengembangan kurikulum
6.     Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dalam perspektif Islam
7.     Faktor-faktor atau komponen-komponen yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam
8.     Peran guru dan Tenaga Kependidikan dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Islam
9.     Beberapa pendekatan dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam
a.     Pendekatan subyek akademik
b.    Pendekatan Humanistik
c.     Pendekatan Teknologik
d.    Pendekatan Rekonstruksi Sosial
10.  Desain pengembangan kurikulum pendidikan Islam
11.  KBK  Teori dan Praktik Pengembangannya
12.  Model Pengembangan KTSP
13.  Imlementasikurikulum 2013: Rasionel. Perubahanmaindset, strategipengembangan, Landasan, alasan-alasan, karakteristikdanelemen-elemenperubahan, kurikulum 2013
14.  Analisis SKL-KI-KD kurikulum 2013
15.  pendekatanSaintifikdanTematikintegratifkurikulum 2013
16.  Penilaianautentikkurikulum 2013
17.  Pengembangan kurikulum PAI berbasis pendidikan karakter: Teori dan Praktik; sanusi
18.  Pengembangan kurikulum PAI berbasis Multikultural: Teori dan Praktik; wiwid
19.  Pengembangan kurikulum PAI berbasis anti korupsi: Teori dan Praktik;
20.  Model Pengembangan kurikulum tematik integratif pada Pendidikan dasar: Teori dan Praktik
21.  Pengembangan kurikulum muatan lokal DAN LIFE SKILL
22.  Pengembangan potensi, bakat dan minat melalui kegiatan pengembangan diri; (UmmuJunainah)
23.  Model Pengembangan Kurikulum Sekolah/Madrasah Bertaraf Internasional (SBI/MBI)
24.  Telaah kritis kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah (SD,SMP,SMA,SMK)
25.  Model Integrasi Imtaq dan Ipteks dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam
26.  Manajemen Implementasi kurikulum dalam pembelajaran KurikuSlum 2013 di Sekolah/Madrasah
27.  Manajemen Kurikulum muatan lokal, dan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah/madrasah
28.  Evaluasi Kurikulum dan pembelajaran, Pengembangan Instumen Validitasdanrealiabilitasalatukur Evaluasi Kurikulum dan pembelajaran
29.  Perbaikan/penyempurnaan kurikulum
30.  Manajemen perencanaan, Pengorganisasian kurikulum dan pembelajaran
31.  Manajemen sumberdaya pendidikan dalam pelaksanaan kurikulum
32.  Pengelolaan Informasi manajemen kurikulum dan pembelajaran
33.  Manajemen Pengembangan materi/bahan ajar
34.  Manajemen Mutu Terpadu (MMT) dalam kurikulum dan Pembelajatan
35.  Model-model penelitian untuk perbaikan mutu Kurikulum dan Pembelajaran
36.  Pengembangan kurikulum LPTK (penyiapan calon guru PAI)
37.  Evaluasi kurikulum pendidikan Islam


BAHAN-BAHAN BACAAN (LITERATUR)

Abdullah, Abdul RahmanSalih, (1982), Educational Theory A Qur’anic Outlook.Makkah al-Mukarramah : Umm al-Qura University.

Al-’Any, WajihahTsabit, 2003, Al-Fikr at-Tarbawy al-Muqaran.Amman: Dar ’Ammar Li an-Nasyr Wa at-Tauzi’.

An-Naqib, Abdurrahman, Abdurrahman, 1997, At-Tarbiyah al-Islamiyah al-Mu’ashirah Fi Muwajahat an-Nidham al-‘Alamy al-Jadid. Katro: Dar al-Fikr al-’Araby.

Al-Ainain, Ali Khalil Abu, (1980), Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah Fi al-Qur’an al-Karim. Dar al-Fikr al-Arabi.

Al-Syaibani, Umar Muhammad al-Toumi, (1985), Al-Fikr al-Tarbawi Baina al-Nazhariyah Wa al-Tathbiq. Libia : Al-Jamahiriyah al-Arabiyah al-Libiyah al-Sya’biyah al-Isytirakiyah.

Beanne, James A (Ed.). (1995). Toward A Coherent Curriculum.Alexandria, Virginia: ASCD.

Bilgrami, Hamid Hasan&Asyraf, Sayid Ali, (1985), The Concept of Islamic University. Cambridge :Hodder And Stoughton & The Islamic Academy.

Doll, Ronald C, (1974), Curriculum Improvement: Decision Making and Process. Boston: Allyn and Bacon.

Erickson, H.Lynn, (2002), Concept-Based Curriculum and Instruction. California: Corwin Press, Inc.

Evers, Frederick T, et. al. (1998), The Bases of Competence: Skills for Lifelong Learning and Employability. California: Jossey-Bass, Inc.

Gall, Meredith Damien, (1981), Handbook for Evaluating and Selecting Curriculum Materials. Boston: Allyn and Bacon.

Glatthom, A.A., (1987), Curriculum Renewal.Virginia: ASCD.

Kemp, J.E., Morrison, G.R. & Ross, S.M., Designing Effective Instruction. U.S.A: Macmillan College Publishing Company, Inc.,1994.

Longstreet, W.S. and  Shane, H.G. (1993). Curriculum for a New Millennium.    Boston: Allyin and Bacon, Inc.

Marsh, Colin J. (2006). Key Concepts for Understanding Curriculum. London : RoutledgeFalmer.

McNeil, J.D. (1985). Curriculum: A Comprehensive Introduction. Boston: Little, Brown and Company.

Miller, J.P and Seller, W. (1985). Curriculum: Perspectives and Practice. New York:  Longman

Muhaimin, et. al., (2001), ParadigmaPendidikan Islam: UpayaMengefektifkanPendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, (2003), Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhaimin, (2003), Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Nuansa.

Muhaimin, (2006), Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet. II atau Cet. III (2009).

Muhaimin, Sutiah, Sugeng Listyo P. (2008), Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Cet. II th. 2009.. .

Muhaimin, (2006), Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhaimin, (2009), Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nunan, David. (1988). The Learner Centered Curriculum. New York: Cambridge University Press.

Oliva, Peter E. (1992). Developing the Curriculum. New York: Harper Collins Publishers.

Parkay, Forrest W., Anctil Eric J. and Hass, Glen. (2006). Curriculum Planning: A   Contemporary Approah. Boston: Pearson.

Pratt, David, (1980), Curriculum, Design and Development, Theory into Practice. New York: MacMillan Publishing Co. Inc.

Posavac, Emil J., Carey, Raymond G, (1985), Program Evalua­tion Methods and Case Studies. New Jersey: Prentice Hall, Inc. 

Schubert, W.H. (1986). Curriculum: Perspective, Paradigm, and Possibility. New  York: Macmillan Publishing Co.

Slattery, Patrick. (1995). Curriculum Development in the Postmodern Era. New York: Garland Publishing, Inc.

Sukmadinata, Nana Syaodih, PengembanganKurikulumTeoridanPraktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Thompson, Keith & White, John, (1975), Curriculum Develop­ment: A Dialogue. New York: Pitman Publishing.

Wiles, Jon and Bondi, Joseph. (1993). Curriculum Development: New York: Maxwell Macmillan International.

Zais, R.S., (1976), Curriculum: Principles and Foundations. New York: Harper & Row Publisher.

SISTEM PERKULIAHAN

- Dialog
- Diskusi/Seminar
- penugasan

SISTEM PENILAIAN

- Kualitas Makalah & Presentasinya ....……........ 30 %
- Keaktifan Kuliah dan kontribusi dalam Seminar 20 %
- Ujian Tengah dan Akhir Semester ..............……50 %
                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar