Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Selasa, 11 Juni 2019

RPP PAI SEMUA BERSIH, HIDUP JADI NYAMAN


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok              : Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman
Alokasi Waktu            : 3 x pertemuan

A.      KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
1.4  Menerapkan ketentuan  bersuci dari  hadas kecil dan hadas  besar  berdasarkan syariat Islam

2
3.8 Memahami ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar

1.      Menjelaskan  ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
2.      Menerangkan tata cara bersuci dari  hadas  kecil dan hadas besar.
3.      Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat  Islam.
3
4.8 Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar

1.      Menunjukkan contoh  bersuci dari  hadas kecil dan  hadas  besar.
2.      Mempraktikkan bersuci dari hadas kecil dan  hadas besar dalam kehidupan sehari-hari
3.      Mende Menjelaskan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat  Islam.montrasikan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat  Islam

II.                Tujuan Pembelajaran
·         Diberi kesempatan untuk mengkaji tatacara bersuci, peserta didik dapat menunjukkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat  Islam.
·         Diberi kesempatan berdiskusi dan berlatih, peserta didik dapat melaksanakan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam.
·         Diberi kesempatan berdiskusi, peserta didik dapat menjelaskan  ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
·         Diberi kesempatan berdiskusi, peserta didik dapat menerangkan tata cara bersuci dari  hadas  kecil dan hadas besar.

III.             MATERI PEMBELAJARAN:
a)      Pengertian  Thaaharah
b)      Macam-macam hadas
c)      Macam-macam najis
d)     Tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
e)      Hikmah Thaharah

IV.             METODE PEMBELAJARAN:
·         Pendekatan Scientific
·         Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan  Direct Instruction
·         Metode diskusi, drill, dan demontrasi

V.                SUMBER BELAJAR
1)      Kitab al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2)      Buku teks siswa PAI SMP Kelas VII
3)      Buku lain yang memadai.

VI.             MEDIA PEMBELAJARAN
  • Papan tulis
  • Tempat Wudhu

VII.          LAGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN        
a.               Pendahuluan  (  10 menit )
1.    Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2.    Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
3.    Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4.    Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.

b.             Kegiatan inti ( 100    menit)
a.              Guru meminta peserta didik untuk mengamati perilaku hidup bersih yaberhubungan dengan “Kebersihan itu sebagian dari iman” (kolom mari renungkan) yang dilaksanakan setiap hari.
b.             Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas.
c.              Peserta didik mengamati gambar berikutnya (kolom mari mengamati).
d.             Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
e.              Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
f.              Peserta didik menyimak penjelasan guru atau mencermati gambar atau tayangan visual/film tentang ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar, secara klasikal atau individual.

c.              Penutup
  • Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
  • Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
  • Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
·         Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan mad.
·         Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
  • Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
·         Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
VIII.       PENILAIAN

·         Aspek Sikap Spiritual)

Nama Siswa                :
Kelas                           : VII/Ganjil
Teknik Penilaian          : Penilaian diri
Penilai             : Diri Sendiri


NO

PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1
Allah tidak pernah melakukan kesalahan baik dalam proses penciptaan maupun pengembangan alam semesta





2
Allah tidak suka terhadap lingkungan yang kumuh dan kotor





3
Shalat tanpa berwudhu tidak masalah yang penting badannya bersih





4
Tidak ada hubungan antara kebiasaan berwudhu dengan kebersihan hati seseorang. Orang yang jarang berwudhu pun bisa memiliki hati yang bersih.





5
Kotor atau tidaknya lingkungan rumah seseorang tidak berhubungan dengan keimanan. Yang penting meyakini rukun iman, rumahnya kumuh dan kotor tidak masalah






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Skor Sikap Positif
Sangat setuju = 4
Setuju            = 3
Ragu-Ragu    = 2
Tidak Setuju  = 1
Sikap Negatif
Sangat setuju = 1
Setuju            = 2
Ragu-Ragu    = 3
Tidak Setuju  = 4

Skor yang diperoleh  X100
Skor Maksimal




2.      Aspek Sikap Sosial
Nama Siswa                :
Kelas                           : VII/Ganjil
Teknik Penilaian          : Penilaian diri
Penilai                         : Antar Teman


NO

PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
Selalu
Sering
Jarang
Tidak pernah

1
Berpenampilan bersih dan rapi di sekolah





2
Menyimpan sampah di laci meja





3
Melaksanakan piket kebersihan kelas





4
Buku, tas, kursi, dan meja belajar penuh dengan coret-coretan





5
Membersihkan lingkungan rumah






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Skor Sikap Positif
Sangat setuju = 4
Setuju            = 3
Ragu-Ragu    = 2
Tidak Setuju  = 1
Sikap Negatif
Sangat setuju = 1
Setuju            = 2
Ragu-Ragu    = 3
Tidak Setuju  = 4

Skor yang diperoleh
----------------------- x 100
Skor Maksimal




3 . Aspek Sikap Pengetahuan

Nama Siswa                :
Kelas                           : VII/Ganjil
Teknik Penilaian          : menjawab
Penilai                         : Guru

No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Dapat mengartikan QS. Al Maidah ayat 6
Artikan QS. Al Maidah ayat 6
2
Siswa dapat mengamati dan memberi komentar  tayangan yang terkait dengan kebersihan
Amati dan komentari tayangan yang terkait dengan kebersihan berikut
3
Simak dan baca  penjelasan mengenai  ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
Jelaskan ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
4
Dengan dimotivasi  oleh guru  siswa dapat mengajukan pertanyaan tentang ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Buatlah beberapa pertanyaan tentang ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.
5
Siswa dapat mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
Ajukan beberapa pertanyaan terkait dengan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
6
Secara berkelompok Siswa dapat mencari data dari berita atau informasi tentang  ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Carilah data dari berita atau informasi tentang  ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

7
Siswa dapat  mendiskusikan tata cara  bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
Diskusikan tata cara  bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar
8
Siswa dapat  mendiskusikan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

Diskusikan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

QS.Al Maidah ayat 6
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä #sŒÎ) óOçFôJè% n<Î) Ío4qn=¢Á9$# (#qè=Å¡øî$$sù öNä3ydqã_ãr öNä3tƒÏ÷ƒr&ur n<Î) È,Ïù#tyJø9$# (#qßs|¡øB$#ur öNä3ÅrâäãÎ/ öNà6n=ã_ör&ur n<Î) Èû÷üt6÷ès3ø9$# 4 bÎ)ur öNçGZä. $Y6ãZã_ (#r㍣g©Û$$sù 4 bÎ)ur NçGYä. #ÓyÌó£D ÷rr& 4n?tã @xÿy ÷rr& uä!%y` Ótnr& Nä3YÏiB z`ÏiB ÅÝͬ!$tóø9$# ÷rr& ãMçGó¡yJ»s9 uä!$|¡ÏiY9$# öNn=sù (#rßÅgrB [ä!$tB (#qßJ£JutFsù #YÏè|¹ $Y6ÍhŠsÛ (#qßs|¡øB$$sù öNà6Ïdqã_âqÎ/ Nä3ƒÏ÷ƒr&ur çm÷YÏiB 4 $tB ߃̍ムª!$# Ÿ@yèôfuŠÏ9 Nà6øn=tæ ô`ÏiB 8ltym `Å3»s9ur ߃̍ムöNä.tÎdgsÜãŠÏ9 §NÏGãŠÏ9ur ¼çmtGyJ÷èÏR öNä3øn=tæ öNà6¯=yès9 šcrãä3ô±n@ ÇÏÈ

Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit[403] atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh[404] perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.
2.      penilaian keterampilan

Nama Peserta didik
:

Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
Kompetensi Dasar
:
Menyajikan contoh tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat  Islam.
TeknikPenilaian
:
Performance

Penilai
:
Guru




Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                           Pendidikan Agama Islam                                                                   

H U S N I, S. P d                                                        MANSUR, S.Pd.I                            NIP. 19701231 199512 1 021                                      NIP. 19830625 200901 1 002

                                                                                                           







Tidak ada komentar:

Posting Komentar