Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Selasa, 11 Juni 2019

RPP PAI JUJUR, AMANAH DAN ISTIQAMAH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                      : VII ( Tujuh ) / Ganjil
Materi Pokok                         : Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah
Alokasi waktu                        : 3 x pertemuan
                                                      
A.       Kompetensi Dasar  dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
2.1.Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Baqarah ayat 42 dan hadis terkait

2
3.6.Memahami makna amanah sesuai kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadis terkait

1.      Menjelaskan pengertian amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
2.      Menjelaskan makna amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.

3
2.5  Menghargai perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8: 27 dan hadis terkait


4
4.6  Mencontohkan perilaku amanah sesuai kandungan dari surah al-Anf±l/8:27 dan hadis terkait
1.      Menunjukkan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
2.       

5
Memahami makna istiqamah sesuai kandungan surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis terkait
1.      Menyebutkan pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.
2.      Menjelaskan makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

6
Menghargai perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahq±f/46:13 dan hadis terkait

7
Mencontohkan perilaku istiqamah sesuai kandungan surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis terkait
1.      Menunjukkan contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.


B.       Tujuan Pembelajaran
a.       Menyebutkan pengertian jujur, sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait dengan benar
b.      Menjelaskan makna jujur sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait dengan benar
c.       Menjelaskan  pengertian amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait dengan benar.
d.      Menjelaskan makna amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait dengan benar
e.       Menyebutkan pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait dengan benar.
f.       Menjelaskan makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait dengan benar.

C.       MATERI PEMBELAJARAN
1)      Pengertian jujur, sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait.
2)      Makna jujur sesuai dengan surah al-Baqarah/42 dan hadis yang terkait.
3)      Pengertian amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
4)      Makna amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
5)      Pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Anfal dan hadis yang terkait.

D.       METODE PEMBELAJARAN
1.         Pendekatan Scientific
2.         Metode diskusi, drill, dan demontrasi

E.       SUMBER BELAJAR
1.         Al-Qur’an dan Terjemah
2.         Buku teks siswa PAI SMP kelas VII
3.         Buku-buku lain yang sesuai

F.        MEDIA PEMBELAJARAN
1.         Papan tulis
2.         Dan yang memadai

G.      LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1.         Kegiatan Awal (  10 menit )
a.    Guru mengawali pelajaran dengan mengucapkan salam, membaca basmallah, dan berdoa bersama.
b.    Guru mengajaksiswa melakukan tadarus bersama selama 5-10 menit.
c.    Guru Memotivasi siswa dengan Mengajukan pertanyaan tentang manfaat perilaku amanah atau pertanyaan lain yang relevan dan aktual.
d.   Guru menjelaskan kompetensi inti, Kompetensi dasar  dan tujuan yang akan dicapai.
e.    Guru menjelaskan secara singkat kegiatan-kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
f.     Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
2.         Kegiatan Inti  (  100 menit )
a.    Siswa menyimak penjelasan mengenai pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
b.    Siswa membaca materi tentang pengertian, Makna dan contoh perilaku amanah sebagai implementasi dari surah al-Anfal/8:27 dan hadis yang terkait.
c.    Siswa mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan Amanah.
d.   Siswa mendiskusikan dan mengelompokkan data dan informasi tentang kesuksesan yang diawali dari sikap Amanah
e.    Siswa memaparkan hubungan antara amanah dalam kehidupan sehari-hari.
f.     Siswa menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan.
g.    Siswa mendemontrasikan/mensosiodramakan contoh perilaku amanah.
h.    Siswa mencari,menemukan dan mengklasifikasikan amanah melalui pemahaman terhadap arti ayat-ayat Al-Qur’an yag disajikan (Q.S. al-Anfal/8: 27  dan hadis terkait).
3.         Kegiatan Akhir (  20 menit )
a.    Dibawah bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil pembelajaran secara demokratis.
b.    Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.    Guru member reward kepada kelompok “terbaik”, yakni Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi perilaku amanah
d.   Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampikan tugas mandiri terstruktur.
e.    Besama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a.

H.      PENILAIAN
·        Sikap spiritual
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:

VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Lembar penilaian diri


No
Pernyataan
Pilihan Jawaban
Skor
Sangat setuju
Setuju
Ragu ragu
Tidak setuju
1
Bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.





2
Bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt.





3
Bahwa umat Islam  wajib mempunyai ilmu pengetahuan





4
Bahwa setiap ilmu harus diamalkan





5
Bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu






Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal

CATATAN: 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
 









·         Aspek Sikap Sosial

Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:

VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian antar teman .

Petunjuk:
a.     Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing  5 – 10 orang
b.     Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok  lain
c.     Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik

No
Pernyataan
Pilihan Jawaban
Skor
 Selalu
Sering
Kadang kadang
Tidak pernah
1
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.





2
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran.





3
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran





4
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki





5
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.





Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal

CATATAN: 
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


           
·         Aspek Pengetahua)
Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
KompetensiDasar
:
Memahamiisikandungan surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis yang terkaittentangmenuntutilmu.
Indikator
:
Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
TeknikPenilaian
:
Lisan.
Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen

1.
Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11


Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini   !

2.
Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33



Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikutini!


 



3.
Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
Artikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawahini !


 







No
Jawaban

1.
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamukerjakan.

2.
Wahai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.


3.
Barangsiapa menghendiki dunia raihlah dengan ilmu, dan barang siapa yang menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya raih pula dengan ilmu









No
Nama surat
Kriteria
Skor
Sangat lancar
Lancar
Kurang lancar
Tidak Lancar
1
QS. Al Mujadalah (58): 11





2
QS. Ar-Rahman (55): 33





3
Salah Satu Hadits tentang Ilmu Pengetahuan






Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal


·         Aspek Ketrampilan
NamaPesertadidik
:

Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
KompetensiDasar
:
Membaca surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengantartil
TeknikPenilaian
:
Performance

Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen

1.
Membaca QS. Al Mujadilah (58): 11


Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini   !

2.
Membaca QS. Ar-Rahman (55): 33



Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikutini!


 









RUBRIK PENILAIAN
No
Nama surat
Kriteria
Skor
Fasih
Tartil
Kurang tartil
Tidak tartil
1
QS. Al Mujadalah (58): 11





2
QS. Ar-Rahman (55): 33






Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal


Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                           Pendidikan Agama Islam                                                                   

H U S N I, S. P d                                                        MANSUR, S.Pd.I                            NIP. 19701231 199512 1 021                                      NIP. 19830625 200901 1 002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar