Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMPN
1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII (Tujuh) /
Ganjil
Materi Pokok : Menunaikan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman
rukun Islam
Alokasi Waktu :
2 x pertemuan
A. TujuanPembielajaran
Peserta didik mampu:
1. menunjukkan
tata cara Shalatwajib berjamaah.
2. mendemontrasikan
tata cara Shalatwajib berjamaah.
3. melaksanakanShalatwajib
berjamaah sebagai implementasi dari
pemahaman rukun islam.
4. menjelaskan
pengertian Shalatwajib berjamaah dan dasar hukumnya.
5. menjeaskan
syarat sah Shalatberjamaah.
B. Indikator PencapaianKompetensi
1.
Menjelaskan pengertian shalat
berjamaah
2.
Menjelaskan pengertian shalat
munfarid
3.
Menjelaskan keutamaan shalat
berjama’ah
4. Menjelaskan syarat-syarat mendirikan
shalat berjama’ah
5.
Menjelaskan tatacara shalat
berjama’ah
6.
Mempraktikkan
shalat berjama’ah
C. MateriPembelajaran
1. Pengertian salat berjamaah
2. Dalil salat berjamaah
3. Perbedaan salat munfarid
dengan salat berjamaah
4.
D. MetodePembelajaran
1. Diskusi
- Modeling
E.
SumberBelajar
1. Buku Teks Siswa PAI dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 7
2. Buku Pegangan Guru PAI dan Budi Pekerti SMP untuk Kelas 7
3. Buku pengayaan.
4. Buku Tugas Siswa
F. Media Pembelajaran
a. Papan tulis
b. Media lainnya
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b. Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c. Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan yang ringan, seperti
cerita motivasi.
d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
e. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi
sebelumnya dan mengaitkan materi tentang ketentuan Shalatwajib berjamaah
2. Kegiatan inti
i.
Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang hasil pencermatannya tentang gambar tersebut.
ii.
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil pencermatan peserta didik.
iii.
Guru meminta
kembali peserta didik untuk mengamati gambar yang ada yang ada di kolom “Mari
Mengamati”.
iv.
Peserta didik
mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut.
v.
Guru memberikan
penjelaskan tambahan kembali dan penguatan yang dikemukakan peserta didik
tentang isi gambar tersebut.
vi.
Peserta didik
menyimak penjelasan guru atau mencermati gambar atau tayangan visual/film
tentang Shalatberjamaah, secara klasikal atau individual.
vii.
Peserta didik
dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi tugas diskusi sesuai dengan tema
yang telah ditentukan.
viii. Secara bergantian masing-masing kelompok menyampaikan
hasil diskusi sedangkan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan
tanggapan.
ix.
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil diskusi tentang Shalatberjamaah.
x.
Guru menyampaikan
gambaran teknis dan memberikan contoh tentang tata cara Shalatberjamaah
sesuai dengan langkah/urutan yang telah disampaikan.
xi.
Guru meminta
peserta didik untuk memeragakan Shalatberjamaah dengan ma'mum masbuk.
xii.
Secara bergantian
masing-masing kelompok mempraktikkan Shalatberjamaah.
xiii.
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil praktik Shalatberjamaah.
xiv.
Guru membimbing
peserta didik untuk membaca kisah “Lupa ShalatBerjamaah”.
xv.
Peserta didik mengemukakan
pendapatnya tentang hikmah dari kisah “Lupa ShalatBerjamaah”.
xvi.
Guru dan peserta
didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam
buku teks siswa pada kolom rangkuman.
3. Penutup
1) membimbing peserta didik untuk mengisi lembar centang dan membuat
contoh ketentuan Shalatberjamaah.
2) meminta peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan ganda dan
uraian.
3) membimbing
peserta didik untuk mengamati dirinya sendiri tentang perilaku-perilaku yang
mencerminkan orang yang meneladani sifat tersebut di lingkungannya (Kolom
tugas).
4. berdo’a
H. Penilaian Hasil
Pembelajaran
Sikap spiritual
Nama Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
VII
/ Ganjil
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar penilaian diri
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah Skor
CATATAN:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Aspek Sikap Sosial
Nama Siswa yang dinilai
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
VII / Ganjil
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
Petunjuk:
a. Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok
lain
c. Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik
|
No
|
Pernyataan
|
Pilihan
Jawaban
|
Skor
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang kadang
|
Tidak pernah
|
|||
1
|
Suka
mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
|
|
|
|
|
2
|
Segera
memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang
pelajaran.
|
|
|
|
|
|
3
|
Tidak
pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran
|
|
|
|
|
|
4
|
Tidak
menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki
|
|
|
|
|
|
5
|
Tidak
membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai
Akhir
|
Sangat
setuju = skor4
Setuju
= skor 3
Ragu
ragu = skor 2
Tidak
setuju= skor 1
|
Skor
yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
|
|
CATATAN:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Aspek Pengetahuan
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||||||
KompetensiDasar
|
:
|
Memahamiisikandungan
surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis
yang terkaittentangmenuntutilmu.
|
||||||
Indikator
|
:
|
Menyebutkan arti surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang
menuntut ilmu.
|
||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||
1.
|
Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan
QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini
!
|
||||||
2.
|
Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan
QS. Ar-Rahman (55): 33 berikutini!
|
||||||
3.
|
Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
|
Artikan
Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawahini !
|
||||||
|
|
|
||||||
No
|
Jawaban
|
|||||||
1.
|
Allah akan
meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi
ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang
kamukerjakan.
|
|||||||
2.
|
Wahai jama'ah
jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan
bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.
|
|||||||
3.
|
Barangsiapa menghendiki dunia raihlah dengan ilmu,
dan barang siapa
yang menghendaki
akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa
yang menghendaki
keduanya raih pula dengan ilmu
|
|||||||
No
|
Nama
surat
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Sangat
lancar
|
Lancar
|
Kurang
lancar
|
Tidak
Lancar
|
|||
1
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
|
|
|
|
|
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
|
|
|
|
|
3
|
Salah Satu Hadits tentang Ilmu
Pengetahuan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai
Akhir
|
Sangat
setuju = skor4
Setuju
= skor 3
Ragu
ragu = skor 2
Tidak
setuju= skor 1
|
Skor
yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
|
|
Aspek Ketrampilan
NamaPesertadidik
|
:
|
|
||||||
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||||||
KompetensiDasar
|
:
|
Membaca
surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengantartil
|
||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Performance
|
||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||
1.
|
Membaca QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan
QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini
!
|
||||||
2.
|
Membaca QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan
QS. Ar-Rahman (55): 33 berikutini!
|
||||||
RUBRIK PENILAIAN
No
|
Nama
surat
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Fasih
|
Tartil
|
Kurang
tartil
|
Tidak
tartil
|
|||
1
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
|
|
|
|
|
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai
Akhir
|
Sangat
setuju = skor4
Setuju
= skor 3
Ragu
ragu = skor 2
Tidak
setuju= skor 1
|
Skor
yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
|
|
CATATAN
GURU :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
H U S N I, S. P d MANSUR, S.Pd.I NIP.
19701231 199512 1 021 NIP.
19830625 200901 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar