Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Selasa, 11 Juni 2019

RPP PAI SALAT WAJIB SEBAGAI IMPLEMENTASI PEMAHAMAN RUKUN ISLAM


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )


Satuan Pendidikan      :  SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester          : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok              :  Menunaikan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
Alokasi Waktu            : 2 x pertemuan

A.      TujuanPembielajaran   
Peserta didik mampu:
1.      menunjukkan tata cara Shalatwajib berjamaah.
2.      mendemontrasikan tata cara Shalatwajib berjamaah.
3.      melaksanakanShalatwajib berjamaah sebagai implementasi dari   pemahaman rukun islam.
4.      menjelaskan pengertian Shalatwajib berjamaah dan dasar hukumnya.
5.      menjeaskan syarat sah Shalatberjamaah.
B.       Indikator PencapaianKompetensi
1.      Menjelaskan pengertian shalat berjamaah
2.      Menjelaskan pengertian shalat munfarid
3.      Menjelaskan keutamaan shalat berjama’ah
4.      Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah
5.      Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah
6.      Mempraktikkan shalat berjama’ah
C.      MateriPembelajaran     
1.      Pengertian salat berjamaah
2.      Dalil salat berjamaah
3.      Perbedaan salat munfarid dengan salat berjamaah
4.       
D.      MetodePembelajaran
1.      Diskusi
  1. Modeling
E.       SumberBelajar

1.      Buku Teks Siswa PAI dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas 7
2.      Buku Pegangan Guru PAI dan Budi Pekerti SMP untuk Kelas 7
3.      Buku pengayaan.
4.      Buku Tugas Siswa
F.       Media Pembelajaran
a.       Papan tulis
b.      Media lainnya

G.      Langkah-langkah Pembelajaran

1.      Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b. Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c. Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi.
d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
e. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan materi tentang ketentuan Shalatwajib berjamaah



2. Kegiatan inti
         i.      Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hasil pencermatannya tentang gambar tersebut.
       ii.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil pencermatan peserta didik.
     iii.      Guru meminta kembali peserta didik untuk mengamati gambar yang ada yang ada di kolom “Mari Mengamati”.
     iv.      Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut.
       v.      Guru memberikan penjelaskan tambahan kembali dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
     vi.      Peserta didik menyimak penjelasan guru atau mencermati gambar atau tayangan visual/film tentang Shalatberjamaah, secara klasikal atau individual.
   vii.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi tugas diskusi sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
 viii.      Secara bergantian masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi sedangkan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.

     ix.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil diskusi tentang Shalatberjamaah.
       x.      Guru menyampaikan gambaran teknis dan memberikan contoh tentang tata cara Shalatberjamaah sesuai dengan langkah/urutan yang telah disampaikan.
     xi.      Guru meminta peserta didik untuk memeragakan Shalatberjamaah dengan ma'mum masbuk.
   xii.      Secara bergantian masing-masing kelompok mempraktikkan Shalatberjamaah.
 xiii.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil praktik Shalatberjamaah.
 xiv.      Guru membimbing peserta didik untuk membaca kisah “Lupa ShalatBerjamaah”.
   xv.      Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah “Lupa ShalatBerjamaah”.
 xvi.      Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman.

3. Penutup
1) membimbing peserta didik untuk mengisi lembar centang dan membuat contoh ketentuan Shalatberjamaah.
2) meminta peserta didik untuk mengerjakan bagian pilihan ganda dan uraian.
3) membimbing peserta didik untuk mengamati dirinya sendiri tentang perilaku-perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani sifat tersebut di lingkungannya (Kolom tugas).
4. berdo’a
H.      Penilaian Hasil Pembelajaran
            Sikap spiritual
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:

VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Lembar penilaian diri


No
Pernyataan
Pilihan Jawaban
Skor
Sangat setuju
Setuju
Ragu ragu
Tidak setuju
1
Bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.





2
Bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt.





3
Bahwa umat Islam  wajib mempunyai ilmu pengetahuan





4
Bahwa setiap ilmu harus diamalkan





5
Bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu





Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal

CATATAN: 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………









Aspek Sikap Sosial
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:

VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian antar teman .

Petunjuk:
a.     Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing  5 – 10 orang
b.     Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok  lain
c.     Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik

No
Pernyataan
Pilihan Jawaban
Skor
 Selalu
Sering
Kadang kadang
Tidak pernah
1
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.





2
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran.





3
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran





4
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki





5
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.





Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal

CATATAN: 
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Aspek Pengetahuan
Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
KompetensiDasar
:
Memahamiisikandungan surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis yang terkaittentangmenuntutilmu.
Indikator
:
Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
TeknikPenilaian
:
Lisan.
Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen

1.
Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11


Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini   !

2.
Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33



Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikutini!


 



3.
Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
Artikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawahini !


 







No
Jawaban

1.
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamukerjakan.

2.
Wahai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.


3.
Barangsiapa menghendiki dunia raihlah dengan ilmu, dan barang siapa yang menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya raih pula dengan ilmu








No
Nama surat
Kriteria
Skor
Sangat lancar
Lancar
Kurang lancar
Tidak Lancar
1
QS. Al Mujadalah (58): 11





2
QS. Ar-Rahman (55): 33





3
Salah Satu Hadits tentang Ilmu Pengetahuan






Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal



Aspek Ketrampilan
NamaPesertadidik
:

Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
KompetensiDasar
:
Membaca surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengantartil
TeknikPenilaian
:
Performance

Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen

1.
Membaca QS. Al Mujadilah (58): 11


Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini   !

2.
Membaca QS. Ar-Rahman (55): 33



Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikutini!


 









RUBRIK PENILAIAN
No
Nama surat
Kriteria
Skor
Fasih
Tartil
Kurang tartil
Tidak tartil
1
QS. Al Mujadalah (58): 11





2
QS. Ar-Rahman (55): 33






Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal



CATATAN GURU : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                           Pendidikan Agama Islam                                                                   

H U S N I, S. P d                                                        MANSUR, S.Pd.I                            NIP. 19701231 199512 1 021                                      NIP. 19830625 200901 1 002





Tidak ada komentar:

Posting Komentar