Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Selasa, 11 Juni 2019

RPP PAI : SELAMAT DATANG NABI KEKASIHKU


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok              : Selamat Datang Nabi Kekasih Ku
Alokasi Waktu            : 2 X  pertemuan

1.      KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1

2.8

2.1       Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah

2.1.1.Menjelaskan pengertian cara
         meneladani perjuangan Nabi
          Muhammad SAW periode Mekah
         dan Madinah
2.1.2.Mendemontrasikan cara
         meneladani perjuangan Nabi
         Muhammad SAW periode
          Mekah dan Madinah





2.      TUJUAN PEMBELAJARAN:
·         Diberikan kesempatan berlatih mengamati, bertanya, mengumpulkan data dan mengkomunikasikan  materi  yang telah dipelajari.
·         Diberikan  kesempatan    untuk     mengkaji    tentang sejarah  perjuangan   nabi muhammad sejak remaja sampai diangkat menjadi rasu di Mekkah dan Medinah
·         Diberikan kesempatan untuk berdiskusi  tentang sejarah perjuangan nabi muhammad sejak remaja sampai diangkat menjadi rasul di Mekkah  dan Medinah

3.      MATERI PEMBELAJARAN:
v  Kehadiran sang kekasih
v  Identifikasi sejarah perjuangan nabi muhammmad sejak kecil sampai dengan remaja di mekkkah dan medinah.
1.      METODE PEMBELAJARAN:
a)      Pendekatan Scientific
b)      Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan  Direct Instruction
c)      Metode diskusi, drill, dan sosiodrama

2.      SUMBER BELAJAR
Ø  Buku teks Siswa PAI SMP Kelas VII
Ø  Buku lain yang memadai.
3.    MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Papan tulis
2.      Sumber yang memadai

4.        LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN          
a.      Pendahuluan  (  10 menit )
                                b.          Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
                                 c.          Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
                                d.          Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
                                 e.          Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
                                 f.          Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
                                g.          Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.

      a.      Kegiatan inti ( 100   menit)
a.         Mengamati
·           Mencatat    hasil      pengamatan  terhadap   hal- hal  penting dari   buku paket yang ada.
b.        Menanya
·           Melalui  motivasi  dari   guru   mengajukan    pertanyaan     kepada    teman kelompok dan guru   tentang    hal- hal    yang belum jelas
c.         Explore
·           Peserta didik membaca  buku teks siswa Pendidikan Agama islam dan Budi Pekerti Kelas VII semester 1  Bab VI.
·           Mendeskripsikan    perjuangan     rasul     setelah  remaja dan menjadi rasul membaca satu persatu yang diamati oleh anggota   kelompok  dan memberi penilaian, secara bergilir
·           Meperagakan prilaku rasul yang harus dijadikan suritauladan dalam kehidupan sehari-hari.
d.        Asosiasi
·           Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
·           Memilih diantara anggota kelompok yang paling benar dalam persentasi hasil diskusinya.
·           Memilih  diantara   temannya  untuk     menjadi    Presenter, sekretaris   dan pengamat
e.         Komunikasi.
·         Mempresentasikan hasil  diskusi sejarah  nabi muhammad sejak kecil sampai remajadi kota mekkah.
·         Kelompok  lain   mengamati dan  memberi penilaian hasil presentasi Praktek kelompok
·           Sekretaris menginvenaris hasil penilaian masing –masing kelompok
·         Selama  pembelajaran  berlangsung  guru   mengadakan    penilaian     proses dengan rubrik observasi dan   memberi   penguat  dari hasil presentasi.  Guru
Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
1.Penutup
1)      Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
2)      Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
3)      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
4)      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

PENILAIAN
1)                                                                       Sikap spiritual
                            a.     Teknik Penilaian               : Penilaian diri
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
                            c.     Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Meyakini  bahwa nabi muhammmad adalah manusia pilihan Alllah untuk semua umat

  1.  
Meyakini bahwa nabi muhammmad adalah surituladan dalam perjungannya menegakan agama Islam

  1.  
Meyakini bahwa umat Islam  wajib mentaati belau dalam segala hal

  1.  
Meyakini bahwa perbuatan nabi perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari

  1.  
Meyakini bahwa Allah swt memuliakan orang-orang yang beriman yang bertaqwa kepada Alllah swt


2)                                                                  Sikap sosial
                            a.     Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar Penilaian
                            c.     Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Suka mengamalkan prilaku rasululllah dalam memperjuangkan agama Alllah.

  1.  
Ber akhlakul karimah sebagai bentuk menteladani Rasululllah

  1.  
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.

  1.  
Tidak menyombongkan diri karena telah meneladani rasululllah

  1.  
Diamalkan dalam kehidupan sehari-hari


3)                                                                  Pengetahuan
                            a.     Teknik Penilaian   :Tes Tulis
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes tulisan
                            c.     Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Dapat menjelaskan pengertian sejarah perjuangan nabi sejak kecil sampai remaja di kota mekkah
1`. Jelaskanlah dengan singkat sejarah perjuangan rasul sejak kecil sampai dengan remaja
  1.  
Dapat meleladani prilaku rasulullah dalam memperjuangkan agama islam
2. Buatlah deskripsi bentuk-bentuk  yang perlu diteladani dari rasulullah dalam memperjuangkan agama islam
  1.  
Dapat menerapkan prilaku rasul dalam kehidupan sehari-hari
3. Tuliskanlah prilaku rasul yang telah kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4)                                                                  Keterampilan
                            a.     Teknik Penilaian               : Performance
                           b.     Bentuk Instrumen            : Praktik
                            c.     Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Dapat medeskripsikan prilaku rasul dalam memperjuangan agama Islam sejak masa kecil dan remaja
1. Deskripsikanlah perjuangan dawah agama Islam sejak kecil sampai remaja melalui bermain peran antar anggota kelompok.
  1.  
Dapat Pergakanlah suritauladan rasul sebagai anutan umat bagi seluruh umat manusia dalam kehidupan sehari-hari
2. Peragkanlah dalam kelompok,
peran rasulullah  sebagai anutan umat bagi seluruh umat manusia dalam kehidupan sehari-hari.


                                                                                               
Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                           Pendidikan Agama Islam                                                                   

H U S N I, S. P d                                                        MANSUR, S.Pd.I                            NIP. 19701231 199512 1 021                                      NIP. 19830625 200901 1 002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar