Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Hidup
Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf
Alokasi Waktu :
3 x pertemuan
A.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
1.1 Menghayati Al-Qur'an
sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman
|
|
2
|
2.4 Menghargai perilaku ikhlas, sabar dan pemaaf sebagai
implementasi surah an- Nisa 4:146, surah al-Baqarah 2:153, dan surah ali-Imran3:134, serta hadis terkait
|
1. Menjelaskan pengertian ikhlas,sabar,dan pemaaf sebagai implementasi dari surah Q.S. An-Nisa (4) :146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 serta hadis terkait
2. Menampilkan contoh perilaku ikhlas,sabar,dan pemaaf sebagai implementasi dari surah Q.S. An-Nisa (4) :146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 serta hadis terkait
|
3
|
3.5 Memahami isi kandungan surah an-Nisa 4:146,
surah al-Baqarah 2:153, dan surah ali-Imran 3:134, serta hadis yang terkait tentang ikhlas,
sabar, dan pemaaf
|
1.
Menyebutkan arti Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang
ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf.
2. Menjelaskan makna isi kandungan Q.S.
An-Nisa (4) :146 tentang
ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf
|
4
|
4.5.1 Membaca surah an-Nisa 4:146, surah al-Baqarah 2: 153, dan surah ali-Imran3: 134 dengan tartil
|
1.
Menyebutkan arti Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang
ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar,
dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf.
2.
Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. An-Nisa (4) :146 tentang
ikhlas, Q.S. Al Baqarah (2):153 tentang sabar, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 tentang pemaaf.
|
4.5.2 Menunjukkan hafalan an-Nisa 4:146, surah al- Baqarah 2:153, dan surah Ali Imran3:134 dengan lancar
|
Melafalkan hapalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153,
dan Q.S. Ali Imran (3):.
|
B. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Ø Peserta didik dapat
menjelaskan hukum bacaan nun sukun dan tanwin dalam surah an-Nisa 4:153, surah al-Baqarah 2:153, dan surah
Ali-Imran 3:134
dan hadis yang terkait dengan benar.
Ø Peserta didik dapat mengidentifikasi hukum
bacaan nun sukun dan tanwin
dalam surah an-Nisa 4:153,
surah al-Baqarah 2:153,
dan surah Ali-Imran 3:134.
Ø Peserta didik dapat
mendemontrasikan bacaan surah an-Nisa 4:153, surah al-Baqarah 2:153, dan surah Ali-Imran 3:134
serta hadis yang terkait dengan
benar.
Ø Peserta didik terlatih
menghafal surah an-Nisa 4:153, surah al-Baqarah 2:153, dan surah Ali-Imran 3:134
dan hadis yang terkait dengan
lancar.
C. MATERI PEMBELAJARAN:
1)
Bacaan Al Quran surah an-Nisa 146, Al Baqarah 153, dan surah Ali Imron 134
2)
Hafalan Al Quran surah an-Nisa 146, Al Baqarah 153, dan surah Ali Imron 134
3)
Arti surah an-Nisa 146, Al Baqarah 153, dan surah Ali Imron 134
4)
Makna surah an-Nisa 146, Al Baqarah 153, dan surah Ali Imron 134
5)
Contoh perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf
sebagai implementasi surah an-Nisa 146, Al Baqarah 153, dan surah Ali Imron 134, serta hadis
terkait.
D. METODE PEMBELAJARAN:
v Pendekatan Scientific
v Metode ceramah, diskusi, drill, dan demontrasi
E. SUMBER BELAJAR
v Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya
v Buku pegangan guru dan siswa
v Buku
lain yang memadai.
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Papan
tulis
2.
Media yang
memadai
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
|
Pendahuluan ( 10 menit)
Ø Guru membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dengan penuh khidmat;
Ø Guru memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
Ø Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan
dengan materi pelajaran.
Ø Guru
menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
|
2.
|
Kegiatan inti (100 menit)
a.
Mengamati
Ø Membaca bersama QS Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dan hadits
tentang ikhlas, pemaaf dan sabar.
Ø Mencatat hasil pengamatan terhadap
hal-hal penting dari buku paket
1.Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok
dan guru tentang hal- hal yang belum jelas dari buku panduan
2.Explore
v Peserta didik membaca mengulang bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits
tentang ikhlas, pemaaf dan sabar secara bersama
v Secara berkelompok Peserta didik membaca mengulang bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits
tentang ikhlas, pemaaf dan sabar
v Praktek membaca
satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi penilaian, secara
bergilir
3.Asosiasi
ü Anggota yang lain
mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
ü Memilih diantara
anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan model
ü Memilih diantara
temannya untuk menjadi presenter,
sekretaris dan pengamat
4.Komunikasi.
Ø Mempresentasikan
Bacaan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits tentang ikhlas, sabar dan pemaaf di depan kelas
Ø Masing-masing kelompok berdiskusi
untuk mengidentifikasi hukum nun mati dan tanwin dari Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadits
tentang ikhlas, sabar dan pemaaf
Ø Kelompok lain
mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi
Ø Sekretaris menginventaris hasil
penilaian masing–masing kelompok
Ø Selama pembelajaran berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi
Ø Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
|
3.
|
Penutup ( 10 menit)
a) Dalam bimbingan guru,
peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b) Bersama-sama melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c) Guru memberikan
reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
d)
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e)
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
|
H.
PENILAIAN
2.
Sikap spiritual
Nama Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
VII / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar penilaian diri
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
1
|
Bahwa sikap ikhlas, sabar dan pemaaf adalah perintah Allah yang membawa
manusia kepada kebaikan.
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Bahwa sifat ikhlas, sabar dan pemaaf adalah siafat terpuji yang harus dimiliki oleh setiap muslim.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Meyakini bahwa
dengan sifat ikhlas, sabar dan pemaaf, manusia akan selamat dunia dan akhirat.
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Meyakini bahwa
dengan sifat ikhlas, sabar dan pemaaf, manusia akan akan dimudahkan jalan
hidupnya.
|
|
|
|
|
|
|||||
5
|
Meyakini bahwa
Allah swt memuliakan manusia yang ikhlas, sabar dan pemaaf
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
Aspek
Sikap Sosial
Nama Siswa yang dinilai
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
VII / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-
kadang
|
TidakPernah
|
||||||||
1
|
Suka berbuat ikhlas, sabar, dan
pemaaf kepada temannya.
|
|
|
|
|
|
|||||
2
|
Segera memberikan maaf ketika
temannya berbuat salah dan minta maaf.
|
|
|
|
|
|
|||||
3
|
Tidak pamrih ketika temannya meminta
tolong
|
|
|
|
|
|
|||||
4
|
Tidak mudah putus asa ketika mengahadapi kesulita belajar karena
memiliki kesabaran
|
|
|
|
|
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak
pernah
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
Aspek
Pengetahuan
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
||||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||||||
1.
|
Mengartikan QS. an-Nisa/4:146
|
Artikan
QS. an-Nisa/4:146 berikutini !
|
||||||||||
2.
|
Mengartikan QS. Al
Baqarah/2:153
|
Artikan
QS. Al Baqarah/2:15
|
||||||||||
3.
|
Mengartikan QS. Al
Baqarah/2:153
|
|
||||||||||
|
|
|
||||||||||
No
|
Jawaban
|
|||||||||||
1.
|
146.
Kecuali orang-orang yang taubat dan Mengadakan perbaikan[369] dan berpegang
teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena
Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah
akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.
[369] Mengadakan perbaikan berarti
berbuat pekerjaan-pekerjaan yang baik untuk menghilangkan akibat-akibat yang
jelek dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan.
|
|||||||||||
2.
|
153. Hai
orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu[99],
Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
[99] Ada pula
yang mengartikan: mintalah pertolongan (kepada Allah).
|
|||||||||||
RUBRIK
PENILAIAN
|
||||||||||||
No.
|
Nama Surat
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
|||||||||
1
|
QS.
an-Nisa/4:146
|
|
|
|
|
|
||||||
2
|
QS. Al Baqarah/2:153
|
|
|
|
|
|
||||||
3
|
QS. Al Baqarah/2:153
|
|
|
|
|
|
||||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||||
Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|
|||||||||
Aspek
Ketrampilan
NamaPesertadidik
|
:
|
|
||||||||||||
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||||||||||||
KompetensiDasar
|
:
|
Membaca Q.S An Nisa :146, Q.S. Al Baqarah (2):153, tartil
Q.S. Ali Imran (3): 134,dengantartil
|
||||||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Performance
|
||||||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||||||||
1.
|
Membaca QS. Q.S. an Nisa: 146
|
Bacalah dengan
tartil Q.S. an Nisa: 146
|
||||||||||||
2.
|
Membaca
Q.S. Al Baqarah (2):153
|
Bacalah dengan
tartilQ.S. Al Baqarah (2):153
|
||||||||||||
3
|
Dapat membaca Q.S. Ali Imran (3): 134,
|
Bacalah dengan
tartilQ.S. Ali Imran (3): 134,
|
||||||||||||
RUBRIK
PENILAIAN
|
||||||||||||||
NO.
|
NAMA SURAT
|
KRITERIA
|
SKOR
|
|||||||||||
FASIH
|
TARTIL
|
KURANG TARTIL
|
TIDAK TARTIL
|
|||||||||||
1
|
Membaca QS. Q.S. an
Nisa: 146
|
|
|
|
|
|
||||||||
2
|
Q.S. Al Baqarah (2):153
|
|
|
|
|
|
||||||||
3
|
Q.S. Ali Imran (3): 134,
|
|
|
|
|
|
||||||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||||||
Fashih
Tartil
Kurang Tartil
TidakTartil
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
||||||||||
Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
H U S N I, S. P d MANSUR, S.Pd.I NIP.
19701231 199512 1 021 NIP.
19830625 200901 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar