Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Shalat Jum’at
Alokasi Waktu :
3 x pertemuan
1.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.6
|
Menunaikan shalat Jumat sebagai
implementasi dari pemahaman surah al- Jumu’ah /62: 9
|
1.
menunjukkan tata cara salat Jumat.
2.
melaksanakan salat Jumat sebagai implementasi
dari pemahaman surah al-Jumu’ah /62: 9.
3.
menjelaskan pengertian salat Jumat.
4.
menjelaskan hukum dasar salat Jumat
|
2
|
3.10
|
Memahami
ketentuan salat Jumat
|
5.
menjelaskan syarat
mendirikan salat Jumat.
6.
menerangkan perbuatan sunnah
yang terkait dengan Salat Jumat
7.
menerangkan beberapa
halangan melaksanakan Salat Jumat.
|
3
|
4.11
|
Mempraktikkan salat Jumat
|
8.
menunjukkan contoh
pelaksanaan Salat Jumat
9.
mempraktikkan Salat Jumat
|
2.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
Peserta didik dapat:
- menunjukkan tata cara salat Jumat.
- melaksanakan salat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Jumu’ah /62: 9.
- menjelaskan pengertian salat Jumat.
- menunjukkan contoh pelaksanaan Salat Jumat
- mempraktikkan Salat Jumat
3.
MATERI PEMBELAJARAN:
1.
pengertian salat Jumat.
2.
hukum dasar salat Jumat
3.
syarat mendirikan salat Jumat.
4.
perbuatan sunnah yang terkait dengan
Salat Jumat
5.
beberapa halangan melaksanakan Salat
Jumat.
6.
contoh pelaksanaan Salat Jumat
7.
praktik Salat Jumat
4.
METODE PEMBELAJARAN:
Ø
Pendekatan Scientific
Ø Metode diskusi, drill, dan demontrasi
5.
SUMBER BELAJAR
a)
Kitab
al-Qur’anul Karim dan terjemahnya
b)
Buku
teks siswa PAI SMP Kelas VII
c)
Buku lain yang memadai.
6.
MEDIA
PEMBELAJARAN
1. Papan tulis
2.
Buku
pendukung
3.
Media yang
memadai
7.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.
Pendahuluan ( 10 menit )
b.
Pembelajaran dimulai dengan guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama.
c.
Guru memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya
tpilihan (nama surat sesuai
dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
d.
Memeriksa kehadiran, kerapian
berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
e.
Memotivasi peserta didik dengan
kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi.
f.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
g.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif
materi sebelumnya dan mengaitkan materi empati, hormat kepada kedua orang
tua dan guru
h.
Guru membagi peserta
didik dalam beberapa kelompok.
a.
Kegiatan inti (
100 menit)
Mengamati
· Mengamati dan memberi komentar gambar
atau tayangan yang terkait dengan shalat Jumat.
· Menyimak dan membaca penjelasan
mengenai tata cara shalat
Jumat.
· Membaca dalil naqli mengenai shalat Jumat.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat Jumat.
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan
tata cara pelaksanaan shalat Jumat.
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari data dari
berita atau informasi tentang ketentuan shalat
Jumat.
· Mendiskusikan tata cara shalat Jumat.
· Mendiskusikan manfaat
shalat Jumat.
Asosiasi
· Membuat analisis tata cara shalat Jumat.
· Membuat analisis tentang halangan shalat Jumat.
· Merumuskan manfaat shalat Jumat.
Komunikasi
· Mendemonstrasikan tatacara shalat Jumat.
· Menyajikan paparan bagan tentang
ketentuan shalat Jumat.
· Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat
shalat Jumat.
· Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
· Merumuskan kesimpulan.
b.
Penutup
Ø Dibawah bimbingan guru,
peserta
didik menyimpulkan materi pembelajaran
secara demokratis.
Ø Bersama-sama melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Ø Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
Ø Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
8.
PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
A. Teknik
Penilaian : Pengamatan
B. Bentuk
Instrumen : Lembar pengamatan
C. Kisi-kisi : indikator penilaian
aktivitas diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Skor Maks
|
NIlai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T :
Tuntas mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT :
Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R :
Remedial
P :
Pengayaan
2.
Sikap
sosial
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Diri
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
NO
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya harus selalu mengerjakan ¡alat Jumat.
|
|
|
2.
|
Saya yakin bahwa ¡alat Jumat akan menghapus
dosa-dosa kecil yang saya perbuat.
|
|
|
3.
|
Saya akan mengajak teman-teman untuk mengerjakan ¡alat
Jumat.
|
|
|
4.
|
Saya akan mendengarkan khatib saat berkhotbah.
|
|
|
5.
|
Saya yakin dengan mengerjakan ¡alat Jumat
akan tumbuh persatuan dan kesatuan.
|
|
|
6.
|
Saya selalu melaksanakan ¡alat ta¥iyatul masjid.
|
|
|
7.
|
Saya yakin bahwa dengan melaksanakan ¡alat Jumat
persatuan dan kesatuan akan terbina.
|
|
|
8.
|
Saya yakin kalau berbicara pada saat khotbah ¡alat
Jumat saya sia-sia
|
|
|
9.
|
Saya yakin bisa memenuhi ketentuan-ketentuan ¡alat
Jumat
|
|
|
10.
|
Saya yakin ¡alat Jumat yang saya lakukan ada
manfaatnya.
|
|
|
3.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen : Uraian
c. Kisi-kisi : Terlampir
d. Instrumen penilaian :
Jawablah
soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!
1.
Apa yang kamu ketahui tentang salat Jumat?
2.
Mengapa laki-laki diwajibkan salat Jumat?
3.
Siapakah yang boleh jadi khatib?
4.
Sebutkan syarat-syarat salat Jumat!
5.
Jelaskan tata cara salat Jumat!
6.
Sebutkan orang-orang yang membolehkan untuk tidak salat
Jumat!
7.
Sebutkan sunat-sunat salat Jumat!
Apa yang harus dilakukan apabila
tidak melaksanakan salat Jumat karena berhalangan?
8.
Sebutkan larangan saat khatib sedang berkhotbah!
9.
Jelaskan hikma salat Jumat!
4.
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Performance
b. Bentuk
Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
Indikator
Penilaian
|
|
Mempraktikkan
shalat jum’at
|
Praktikkan
tatacara shalat jum’at dengan baik dan benar!
|
Ø Kesesuaian
gerakan Shalat Jum’at
Ø Kesesuaian
bacaan shalat Jum’at
Ø Ketertuban
ketentuan shalat Jum’at
|
Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
H U S N I, S. P d MANSUR, S.Pd.I NIP.
19701231 199512 1 021 NIP.
19830625 200901 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar