Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Selasa, 11 Juni 2019

RPP PAI : SALAT JAMAK DAN QASAR


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                   :  SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran                          :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                         : VII
Materi Pokok                            :  Salat Jamak dan qashar
Alokasi Waktu                          : 3 X Pertemuan

1.      Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
3.11
  Memahami ketentuan shalat jamak qasar
.
b.      Menjelaskan pengertian shalat jamak qasar
c.       Menunjukkan dalil naqli mengenai shalat jamak qasar
d.      Mengklasifikasi shalat yang bisa di jamak dan di qashar
e.       Menyebutkan syarat diperbolehkannya melaksanakan shalat jamak qasar
f.       Menyebutkan macam-macam shalat jamak.
g.      Menyebutkan hikmah shalat jamak dan qasar

2
4.7
Mempraktikkan shalat shalat jamak qasar
h.      Mempraktikkan shalat jamak dan qashar.
1.      Tujuan Pembelajaran
v Menjelaskan pengertian shalat jamak
v Menunjukkan dalil naqli mengenai shalat jamak
v Mengklasifikasi shalat yang bisa di jamak
v Menyebutkan syarat diperbolehkannya melaksanakan shalat jamak
v Mempraktekan shalat jamak
v Menjelaskan pengertian shalat qashar
v Menunjukkan dalil naqli mengenai shalat qassar
v Mengklasifikasi shalat yang bisa di qashar
v Menyebutkan syarat diperbolehkannya melaksanakan qashar
v Mempraktekan praktek shalat qashar
v Menjelaskan pengertian shalat jamak qashar
v Menunjukkan dalil naqli mengenai shalat jamak qassar
v Mengklasifikasi shalat yang bisa dijamak dan di qashar
v Menyebutkan syarat diperbolehkannya melaksanakan shalatjamak qashar
v Mempraktikkan salat jamak  qashar  dengan benar

2)        Materi Pembelajaran
A.    SHALAT JAMA’ DAN QASHAR
1.    Pengertian shalat Jama’
2.    Dalil naqli tentang shalat jamak
3.    Shalat yang boleh dijama’
4.    Syarat sah shalat jama’
5.    Macam-macam shalat jama’
6.    Praktek
B.     SHALAT QASHAR
1.      Pengertian shalat qashar
2.      Dalil naqli tentang shalat qashar
3.      Shalat yang boleh di qashar
4.      Syarat sah shalat qashar sama dengan syarat sah pada shalat jama’

C.     SHALAT JAMA’ QASHAR
1.      Pengertian shalat jama’ qashar
2.      Niat shalat jama’ qashar

3)        Metode Pembelajaran
v  Ceramah
v  Tanya Jawab
v  Inquiry learning
v  Diskusi
1.    Demonstrasi
4)        Media Pembelajaran
Gambar/ Poster
Peserta didik dan atau guru
5)        Sumber Belajar
A.    Al Qur’an dan Terjemahannya,
B.     Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VII SMP Kemendikbud Terbitan I hal 125-139
C.    Modul MGMP PAI Kurikulum 2013

6)        Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1)      Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2)      Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar
3)      Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
4)       Pemusatan perhatian dan pemotivasian: mengilustrasikan.
5)      Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi salat Jumat
6)      Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
7)      Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi

10 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
·   Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan shalat jamak.
·   Menyimak dan membaca penjelasan mengenai  tata cara shalat jamak. Membaca dalil naqli mengenai shalat jamak.
Menanya
·   Dengan dimotivasi  oleh guru  mengajukan pertanyaan tentang ketentuan shalat jamak.
·   Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara pelaksanaan shalat jamak.

Mencoba
·         Secara berkelompok mencari data dari berita atau informasi tentang  ketentuan shalat jamak.
·         Mendiskusikan tata cara shalat jamak.
·         Mendiskusikan manfaat shalat jamak.

Asosiasi
·         Membuat analisis tata cara shalat jamak.
·         Membuat analisis syarat shalat jamak.
·         Merumuskan manfaat shalat jamak.
Komunikasi.
·         Mendemonstrasikan praktik shalat jamak.
·         Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan shalat jamak.
·         Memaparkan rumusan hikmah dan manfaat shalat jamak.
·         Menanggapi pertanyaan dalam diskusi.
·         Merumuskan kesimpulan.
95 menit
3.
Penutup
a)      Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b)      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c)      Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya yaitu Kisah Hijrahnya Nabi Muhammad SAW.
15 menit

7)        Penilaian Proses
Lembar pengamatan
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jml skor
Nilai (MK,MB,MT,BT)


Keaktifan
Keberanian
Keseriusan
Ketelitian




1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4























Keterangan:
1.      Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku  tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
4.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan  yang dinyatakan dalam indikator.

Rentang Skor                =  Skor Maksimal – Skor Minimal
                                                       =  16 - 4
                                                       =  12
MK               =      14 - 16
MB               =        11-  13
MT                =        8 - 10
BT                =        4-7

Rubrik Penilaian
NO.
Nama
Aktifitas
Jml skor
Nilai (MK,MB,MT,BT)
Ket.
Gerakan shalat
Bacaan
kesesuaian



1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4








































Catatan :
1)      Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2)      Apabila sudah memperlihatkan perilaku  tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3)      Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
4)      Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan  yang dinyatakan dalam indikator.

Rentang Skor                =  Skor Maksimal – Skor Minimal
                                                       =  16 - 4
                                                       =  12   
MK               =      14 - 16
MB               =        11-  13
MT                =        8 - 10
BT                =        4-7


Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                           Pendidikan Agama Islam                                                                   

H U S N I, S. P d                                                        MANSUR, S.Pd.I                            NIP. 19701231 199512 1 021                                      NIP. 19830625 200901 1 002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar