Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Selasa, 11 Juni 2019

RPP PAI : BEREMPATI ITU MUDAH, MENGHORMATI ITU INDAH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  SMPN 1 PRAYA TIMUR 
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok              : Berempati itu Mudah, Menghormati itu Indah
Alokasi Waktu            : 3 x pertemuan
1.      KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
1.1
Memahami makna empati terhadap sesama sesuai kandungan surah an-Nisa’/4:8 dan hadis yang terkait.
1.1  Siswa dapat menjelaskan isi kandungan QS an nisa’ 8 dan hadits terkait
1.2 Siswa dapat menjelaskan makna empati terhadap sesama


1.2
Mencotoh prilaku empati terhadap sesama sesuai kandungan QS Annisa’ 8 dan hadits yang terkait

1.    1.2 Siswa dapat memberikan contoh empati pada sesama 


1.3
Menghargai perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari surah an-Nisa’/4:8 dan hadis yang terkait
1.1.3Siswa dapat menampilkan prilaku empati kepada sesama 
1.1.3   Siswa dapat membiasakan prilaku empati dalam kehidupan sehari hari


1
1.4
Memahami makna hormat dengan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan surah al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait
1.    1.4Siswa dapat menjelaskan isi kandungan QS al Baqoroh 83 dan hadits terkait
1.1.4Siswa dapat menjelaskan makna patuh kepada orang tua
1.1.4Siswa dapat menjelaskan makna hormat  dan patuh kepada guru

2
1.2.
Mencohkan prilaku hormat kepada orang tua dan guru sesuai dengan QS al Baqoroh 83 dan hadits terkait
1.    Siswa dapat memberikan contoh prilaku hormat kepada orang tua
2.    Siswa dapat memberikan contoh prilaku hormat kepada guru
3
1.3.
Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari surah al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait
1.     Siswa menampilkan prilaku hormat dan patuh kepada orang tua
2.     Siswa menampilkan prilaku hormat dan patuh kepada guru.
3.     Siswa membiasakan prilaku hormat dan patuh kepada orang tua
4.     Siswa dapat membiasakan prilaku hormat dan patuh kepada guru.

2.      Tujuan Pembelajaran
v  Menjelaskan makna perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari su­rah an-Nisa’/4:8.
v  Menjelaskan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan surah al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait
v  Menunjukkan contoh perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari surah an-Nisa’/4:8.
v  Menunjukkan contoh perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari surah al-Baqarah/2:83 dan hadis yang terkait

3.      Materi Pembelajaran
1.      Sikap Empati
a.    Dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain,
b.    Mampu menempatkan diri sebagai orang lain, dan
c.    Menjadi orang lain yang merasakan.
2.      Bentuk- bentuk Sikap Empati
Perilaku empati dalam kehidupan sehari-hari dapat diwujudkan dengan cara:
a.         peka terhadap perasaan orang lain,
b.         membayangkan seandainya aku adalah dia,
c.         berlatih mengorbankan milik sendiri, dan
d.        membahagiakan orang lain.
3.      Jasa Orangtua kepada anak
§  Ibu mengandung dengan penuh susah payah, kemudian melahirkan dengan mempertaruhkannyawa­nya;
§  Ibu menyusui selama dua tahun dengan penuh kasih sayang, dan terjaga malam hari karena memenuhi kebutuhan anaknya;
§  Ibu dan ayah memelihara kita sehingga kita siap untuk hidup mandiri;

4.        MetodePembelajaran
1.    TanyaJawab
2.    Inquiry learning
3.    Diskusi
5.        Media Pembelajaran
Tampilan Ayat-ayat Al Qur’an
6.        Sumber Belajar
-          Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VII SMP
-          Al Qur’an dan Terjemah


7.        Langkah-langkah Pembelajaran



1.
Pendahuluan ( 10 menit)
a.     Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah al Baqarah ayat 83 dan Q.S. An- Nisa’ (4): 8 dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema empati dan menghormati
d.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
e.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampaikan, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi



2.
Kegiatan Inti 100 menit
a.    Mengamati
Ø  Mengamati ayat al Qur’an mengamati ayat Al Qur’an surat annisa’ 8 tentang salah satu contoh sikap Empati
Ø  mengamati ayat Al Qur’an surat al Baqoroh ayat 83  tentang salah satu contoh sikap hormat anak pada surat al mujadalah tentang sikap hormat kepada Guru
b.   Menanya
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap ayat-ayat dan Hadits
c.    Eksperimen/Explore
       Peserta didik bersama kelompok mendiskusikan isi ayat al qur’an dengan
d. Asosiasi
Ø  Bersama kelompok, siswa mendiskusikan alasan penting kenapa dalam ayat al qur’an diperintahkan untuk memiliki sikap empati
Ø  Bersama kelompok, siswa mendiskusikan alasan penting kenapa harus hormat dan patuh kepada orangtua dan guru
Ø  Mendiskusikan manfaat hormat dan patuh pada orangtua dan guru serta kerugiannya apabila  tidak patuh kepada keduanya
Ø  Selama proses pembelajaran berlangsung, guru melakukan penilaian otentik
d.   Komunikasi.
a)      Menyampaikan hasil diskusi tentang penting kenapa harus berempati, keuntungan dan kerugiannya
b)      Menyampaikan hasil diskusi tentang penting kenapa harus hormat dan patuh serta  manfaat hormat dan patuh pada orangtua dan guru serta kerugiannya apabila  tidak patuh kepada keduanya
c)      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
d)     Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru


3.
Penutup ( 10 menit)
a.  Untuk melihat ketercapaian hasil pembelajaran, guru melakukan penilaian tes dalam bentuk uraian objektif.
b. Melaksanakan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.



PENILAIAN
Sikap spiritual
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:

VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Lembar penilaian diri


No
Pernyataan
Pilihan Jawaban
Skor
Sangat setuju
Setuju
Ragu ragu
Tidak setuju
1
Bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.





2
Bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah swt.





3
Bahwa umat Islam  wajib mempunyai ilmu pengetahuan





4
Bahwa setiap ilmu harus diamalkan





5
Bahwa Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu





Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal

CATATAN: 
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                   









Aspek Sikap Sosial
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:

VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian antar teman .

Petunjuk:
a.     Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing  5 – 10 orang
b.     Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok  lain
c.     Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik
No
Pernyataan
Pilihan Jawaban
Skor
 Selalu
Sering
Kadang kadang
Tidak pernah
1
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.





2
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang pelajaran.





3
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran





4
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki





5
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.





Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal


ASPEK PENGETAHUAN
Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
KompetensiDasar
:
Memahamiisikandungan surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis yang terkaittentangmenuntutilmu.
Indikator
:
Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
TeknikPenilaian
:
Lisan.
Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen

1.
Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11


Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini   !

2.
Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33



Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikutini!


 



3.
Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
Artikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawahini !


 







No
Jawaban

1.
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamukerjakan.

2.
Wahai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.

3.
Barangsiapa menghendiki dunia raihlah dengan ilmu, dan barang siapa yang menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya raih pula dengan ilmu








No
Nama surat
Kriteria
Skor
Sangat lancar
Lancar
Kurang lancar
Tidak Lancar
1
QS. Al Mujadalah (58): 11





2
QS. Ar-Rahman (55): 33





3
Salah Satu Hadits tentang Ilmu Pengetahuan





Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal

Aspek Ketrampilan
NamaPesertadidik
:

Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
KompetensiDasar
:
Membaca surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengantartil
TeknikPenilaian
:
Performance

Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen

1.
Membaca QS. Al Mujadilah (58): 11


Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini   !

2.
Membaca QS. Ar-Rahman (55): 33



Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikutini!


 









RUBRIK PENILAIAN
No
Nama surat
Kriteria
Skor
Fasih
Tartil
Kurang tartil
Tidak tartil
1
QS. Al Mujadalah (58): 11





2
QS. Ar-Rahman (55): 33






Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal



CATATAN GURU : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                           Pendidikan Agama Islam                                                                   

H U S N I, S. P d                                                        MANSUR, S.Pd.I                            NIP. 19701231 199512 1 021                                      NIP. 19830625 200901 1 002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar