Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Selasa, 11 Juni 2019

RPP PAI : HIJRAH KE MADINAH SEBUAH KISAH YANG MEMBANGGAKAN


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester          : VII (Tujuh) / Genap
Materi Pokok              : Hijrah ke Madinah sebuah kisah yang membanggakan
Alokasi Waktu            : 1 X pertemuan

A.    KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR :
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
2.9
Meneladani perilaku perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah
1.      Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
2.      Siswa dapat mendemontrasikan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
2
3.13
Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW Periode Madinah dan Madinah.
1.     menerangkan sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
3
4.13
Menyajikan  strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.

1.  menunjukkan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
2.  menjelaskan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.






B.     TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah dengan baik dan benar
2. mendemontrasikan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah dengan baik dan benar.
3. menerangkan sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah dengan baik dan lancar.
4. menunjukkan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah dengan benar.
5. menjelaskan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah dengan lancar.
C.    MATERI PEMBELAJARAN:
v  Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
v  Sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
v  Strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
A.    METODE PEMBELAJARAN:
a)      Pendekatan Scientific.
b)      Ceramah.
c)      Metode diskusi, drill, dan demontras
B.       SUMBER BELAJAR
a.       Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas VII
b.      Sumber lain Yang memadai

C.      MEDIA PEMBELAJARAN
                 1.      Papan tulis
                 2.      Media penunjang lainnya
D.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.      Pendahuluan  (  10 menit )
1. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.  Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.  Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi.
4.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5. Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan materi sejarah perjuang Nabi Muhammad saw. periode Madinah.
6.  Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca) atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

b.      Kegiatan inti ( 100 menit)
Mengamati
·      Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
·      Menyimak dan membaca penjelasan mengenai perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.

Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan bagaimana sikap masyarakat Madinah dalam menyambut datangnya Nabi Muhammad Saw.?
·      Mengajukan pertanyaan terkait kronologi sebab-sebab Nabi Muhammad Saw. hijrah atau pertanyaan lain yang relevan.

Eksperimen/explore
·      Mendiskusikan sejarah sebab-sebab   Nabi Muhammad Saw. hijrah berdasarkan data dari berbagai sumber.
·      Mendiskusikan  peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah. berdasarkan data dari berbagai sumber.

Asosiasi
·      Melakukan analisis kronologi sejarah sebab-sebab   Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Melakukan analisis kronologi peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Melakukan analisis dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah dalam bentuk membuat diagram alur.



Komunikasi
·      Menyajikan paparan  kronologi sejarah sebab-sebab   Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Menyajikan paparan  kronologi peristiwa Nabi Muhammad Saw. hijrah dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Menyajikan paparan  analisis dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Menanggapi pertanyaan.
·      Menyusun kesimpulan.

c.       Penutup (10 Menit)
1)      Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
2)      Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3)      Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”,
4)      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
5)      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

E.       PENILAIAN
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam:
1.      Pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
1
2
3
T
TT
R
P


































Keterangan:
T          : Tuntas mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT        : Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R         : Remedial
P          :  Pengayaan

Rubrik Penilaian:

No. Soal
Rubrik Penilaian
Skor
1
1.      Jika peserta didik dapat menuliskan tentang tanggapan orang kafir Quraisy atas hijrah nabi dengan lengkap dan sempurna, skor 6.
2.      Jika peserta didik dapat menuliskan tentang tanggapan orang kafir Quraisy atas hijrah nabi kurang lengkap, skor 3.

6


2
1.      Jika peserta didik dapat menuliskan tentang siasat kafir Quraisy menghadapi rencana hijrah nabi lengkap dan sempurna, skor 10.
2.      Jika peserta didik dapat menuliskan tentang siasat kafir Quraisy menghadapi rencana hijrah nabi kurang lengkap, skor 5.

10
3

1.      Jika peserta didik dapat menuliskan tempat bersembunyi nabi pada saat hijrah ke Madinah beserta alasannya lengkap dan sempurna, skor 6.
2.      Jika peserta didik dapat menuliskan tempat bersembunyi nabi pada saat hijrah ke Madinah beserta alasannya kurang lengkap, skor 3.

6
4

1.      Jika peserta didik dapat menuliskan dua alasan nabi melakukan Hijrah, skor 8.
2.      Jika peserta didik dapat menuliskan satu alasan nabi melakukan hijrah, skor 4.

8
5

1.      Jika peserta didik dapat menuliskan dua hal yang dilakukan Nabi Muhammad saw. di Madina, skor 10.
2.      Jika peserta didik dapat menuliskan satu hal yang dilakukan Nabi Muhammad saw. di Madinah, skor 5.

10
6

1.      Jika peserta didik dapat menuliskan fungsi masjid pada zaman nabi dengan benar dan tepat, skor 10.
2.      Jika peserta didik dapat menuliskan fungsi masjid pada zaman nabi dengan benar dan kurang tepat, skor 5.

10
7

1.    Jika peserta didik dapat menuliskan sebab nabi mempersatukan kaum muhajirin dan kaum Ansar dengan benar dan lengkap, skor 10.
2.    Jika peserta didik dapat menuliskan sebab nabi mempersatukan kaum muhajirin dan kaum Ansar dengan kurang lengkap, skor 5.

10
8

1.      Jika peserta didik dapat menuliskan isi perjanjian Hudaibiyah dengan benar, skor 10.
2.      Jika peserta didik dapat menuliskan isi perjanjian Hudaibiyah kurang lengkap, skor 5.

10
9

1.    Jika peserta didik dapat menuliskan tanggapan kaum Ansar terhadap kedatangan kaum Muhajirin dengan benar dan lengkap, skor 10.
2.    Jika peserta didik dapat menuliskan tanggapan kaum Ansar terhadap kedatangan kaum Muhajirin kurang lengkap, skor 5.

10
10

1.      Jika peserta didik dapat menuliskan tanggapan soal dakwah nabi di Madinah dengan benar dan lengkap, skor 10.
2.      Jika peserta didik dapat menuliskan tanggapan soal dakwah nabi di Madinah kurang lengkap, skor 5.

10

Jumlah Skor
90

Nilai : Jumlah skor yang diperoleh (pilihan ganda dan Isian) x 100
100

Catatan :……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….


Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                           Pendidikan Agama Islam                                                                   

H U S N I, S. P d                                                        MANSUR, S.Pd.I                            NIP. 19701231 199512 1 021                                      NIP. 19830625 200901 1 002






Tidak ada komentar:

Posting Komentar