RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran : Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1
(Ganjil)
A. Materi Pokok/Tema
Ingin
Meneladani Ketaatan Malaikat-malaikat Allah Swt.
B. Alokasi Waktu
3
x pertemuan
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui
metode inquary learning peserta didik mampu:
1.
menyebutkan pengertian iman kepada malaikat-malaikat Allah.
2.
menyebutkan dalil naqli dan aqli tentang iman
kepada Malaikat.
3.
menjelaskan tugas-tugas malaikat.
4.
menerangkan keterkaitan tugas malaikat dengan perbuatan.
5.
mengidentifikasi perilaku beriman kepada malaikat.
6.
menunjukkan contoh perilaku beriman kepada malaikat.
7.
melaksanakan perintah Allah atas dasar iman kepada malaikat.
D. Kompetensi Dasar
1.3 Beriman kepada malaikat Allah
Swt.
3.2
Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
4.2 Menyajikan contoh perilaku yang
mencerminkan iman kepada malaikat
E. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1. Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat-malaikat
Allah.
3.2.2. Menjelaskan dalil naqli dan aqli tentang
iman kepada Malaikat.
3.2.3. menjelaskan tugas-tugas malaikat.
4.2.1. menerangkan keterkaitan tugas malaikat dengan
perbuatan.
4.2.2. mengidentifikasi perilaku beriman kepada malaikat.
4.2.3.
menunjukkan contoh perilaku beriman kepada malaikat.
4.2.4.
melaksanakan perintah Allah atas dasar iman kepada malaikat.
E. Materi Pembelajaran
Sifat-sifatnya
adalah:
a.
Selalu patuh kepada Allah Swt. dan tidak pernah berbuat
maksiat kepada-Nya.
b.
Malaikat dapat berubah wujud sesuai kehendak Allah.
Kadang-kadang Jibril datang kepada Nabi Muhammad saw. menyamar seperti sahabat
yang bernama Dihyah Al Kalbi, terkadang seperti sahabat dari Arab Badui.
c.
Malaikat tidak akan dan tidak minum.
d.
Malaikat tidak memiliki jenis kelamin.
e.
Malaikat tidak pernah letih dan tidak pula berhenti beribadah
kepada Allah Swt.
f.
Malaikat senang mencari dan mengelilingi majelis zikir.
g. Malaikat berdoa bagi hamba yang duduk menunggu ¡alat berjamaah.
F. MetodePembelajaran
1.
TanyaJawab
2. CTL
3.
Diskusi
G. Media Pembelajaran
a. papan tulis
b. media lainnya
H. Sumber Belajar
- Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VII SMP
- Al Qur’an dan Terjemah
I. Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan dengan salam , dan berdo’a tentang menuntut
ilmu bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai pembelajaran dengan membaca Q.S al
(surah al-Anbiya/21:19).
Membaca bersama – sama.
c.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema menteladani sifat malaikat
d.
Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
e.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menyimak,menanya, berdiskusi, mengkomunikasikan dengan menyampailan,
menanggapi dan membuat kesimpulan hasil diskusi
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
mengamati
video pembelajaran tentang salah satu contoh Ketaatan
Malaikat-malaikat Allah Swt.
Mencatat
hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari tayangan video Ketaatan Malaikat-malaikat Allah Swt.
b.
Menanya
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru
tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap video tentang Ketaatan kepada Malaikat-malaikat Allah Swt.
c.
Eksperimen/Explore
Peserta
didik bersama kelompok mendiskusikan isi video dengan ajaran agama Islam
dalam Q.S. al anbiya’ 19
Siswa
bertanya jawab dengan guru dari hasil pengamatan terhadap video tentang nilai
positif dari video Ketaatan Malaikat-malaikat Allah Swt.
d.
Asosiasi
Bersama
kelompok, siswa mendiskusikan alasan penting kenapa harus Meneladani Ketaatan Malaikat-malaikat Allah
Swt.
Mendiskusikan
manfaat Ingin
Meneladani Ketaatan Malaikat-malaikat Allah Swt.
Selama
proses pembelajaran berlangsung, guru melakukan penilaian otentik
e.
Komunikasi.
Menyampaikan
hasil diskusi tentang penting kenapa Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-malaikat Allah
Swt.
Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
55 menit
|
3.
|
Penutup
a.
Untuk melihat ketercapaian hasil pembelajaran, guru melakukan penilaian tes
dalam bentuk uraian objektif.
b. Melaksanakan refleksi dengan
mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-malaikat Allah
Swt.yang
telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara
individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
d.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. ( RTL )
|
10 menit
|
J. Penilaian
Sikap spiritual
No
|
Kriteria Pengamatan
|
Skor
Nilai
|
|||
4
(sangat baik)
|
3
(Baik)
|
2
(Cukup)
|
1
(Kurang)
|
||
1
|
Kerjasama dengan teman kelompok
|
||||
2
|
Kepedulian pada teman kelompok
|
||||
3
|
Sikap menghargai teman
|
||||
4
|
Partisipasi dalam kelompok
|
Skor Maksimum : 16
N =
Konfersi Nilai Kualitatif
MK =
14 - 16
MB =
11 - 13
MT = 7
- 10
BT = 4 - 6
Instrumen Penilaian pengetahuan
No
|
Kriteria Pengamatan
|
Skor
Nilai
|
|||
4
(sangat baik)
|
3
(Baik)
|
2
(Cukup)
|
1
(Kurang)
|
||
1
|
Sistematika Penulisan
|
||||
2
|
Kesesuaian paparan dengan tema
|
||||
3
|
Analisis
|
||||
4
|
Kesimpulan
|
Skor Maksimum : 16
3.
Penilaian Diri
Menumbuhkan
sikap empati dalam diri.
Isilah
lembar penilaian diri berikut ini !
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Setiap saya melksanakan tugas selalu ingin
diselesaikan dengan baik
|
||
2
|
Setiap saya melksanakan tugas selalu ingin
diselesaikan dengan santai
|
||
3
|
Setiap saya melksanakan tugas selalu ingin
diselesaikan dengan bantuan orang lain
|
||
4
|
Setiap saya melksanakan tugas selalu ingin
diselesaikan dengan sembrono acak acakan
|
||
5
|
Setiap saya melksanakan tugas selalu ingin
diselesaikan dengan teliti karena makailat juga melaksanakan tugas
|
Mujur,
26 Juni 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan Agama
Islam
H U S N I, S. P d MANSUR, S.Pd.I NIP. 19701231 199512 1 021 NIP. 19830625 200901 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar