Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Selasa, 11 Juni 2019

RPP PAI IMAN KEPADA ALLAH


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti
Kelas / Semester          : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok              : Iman Kepada Allah swt. dan al-asma al-husna
Alokasi Waktu            :  3 x pertemuan

A.    KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
1.1  Beriman kepada Allah Swt


2
Memahami makna Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
1.   Menyebutkan pengertian  Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
2.   Menjelaskan makna Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir

3
Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-
Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir

1.      Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat Asmau al-husna: al-’Alim
2.      Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat Asmau al-husna: al-Khabir
3.      Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat Asmau al-husna: as-Sami’,
4.      Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat Asmau al-husna: dan al-Bashir


B.     TUJUAN PEMBELAJARAN:
1) Diberikan kesempatan untuk mengkaji tentang iman kepada Allah swt, peserta didik dapat Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah dengan benar.
2) Diberikan kesempatan untuk berdiskusi  tentang iman kepada Allah swt,  peserta didik dapat Mengidentifikasi perilaku beriman kepada Allah dengan benar
3) Diberikan kesempatan melaksanakan perintah Allah, peserta didik dapat Melaksanakan perintah Allah atas dasar iman kepada Allah dengan baik

C.    MATERI PEMBELAJARAN:
1.      Pengertian beriman kepada Allah
2.      Sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah
3.      Dalil  beriman kepada Allah
4.      Hikmah beriman kepada Allah
5.      Pengertian Asmaul husna
6.      Dalil asma’ulhusna
7.      10 asmaul husna
E.     PEMBELAJARAN:
a)      Pendekatan Scientific
b)     Metode diskusi, drill, dan demontrasi
F.     SUMBER BELAJAR
       i.            Buku teks siswa PAI SMP Kelas VII
     ii.            Buku lain yang memadai.
G.      MEDIA PEMBELAJARAN
a.      Poster Asmau lhusna
b.      Papan tulis
H.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN          
1.      Pendahuluan  (  10 menit )
a.    Peserta didik membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.    Peserta didik memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.    Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.   Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
e.    Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.     Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
2.      Kegiatan inti ( 100    menit)
Mengamati
·  Peserta didik Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan iman kepada Allah Swt.
·  Peserta didik Menyimak dan membaca penjelasan mengenai iman kepada Allah Swt.
·  Peserta didik Membaca dalil naqli tentang iman kepada Allah Swt. beserta artinya.
Menanya
·   Peserta didik Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang iman kepada Allah Swt.
·   Peserta didik Mengajukan pertanyaan mengenai Iman kepada  Allah Swt. atau pertanyaan lain yang relevan dan kontekstual.

Eksperimen/explore
·   Peserta didik Mencari dalil naqli yang menjelaskan iman kepada Allah Swt.
·   Peserta didik Secara berkelompok mengumpulkan contoh-contoh nyata perilaku yang al-Asmaul husna:  Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
·   Peserta didik Mendiskusikan makna al-Asmaul husna:  Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
Asosiasi
·   Peserta didik Menganalisis iman kepada Allah Swt.
·   Peserta didik Menganalisis  nama-nama Allah didalam  al-Asmaul husna:  Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
Komunikasi
·   Peserta didik Mendemonstrasikan bacaan dalil naqli beserta artinya yang menunjukkan tentang iman kepada Allah Swt.
·   Peserta didik Menyajikan paparan tentang makna al-Asmaul husna:  Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
·   Peserta didik Menanggapi pertanyaan dan memperbaiki paparan tentang al-Asmaul husna:  Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
·   Peserta didik Menyusun kesimpulan.
3.   Penutup ( 10 menit )
a)      Peserta didik Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b)      Peserta didik Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c)      Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
d)     Post Tes : Tes ringan (kuis) tentang materi yang diberikan
e)      Kelompok yang benar dalam menjelaskan makna iman kepada Allah dan makna al-asmau al-husna.
f)       Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
g)      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

I.       PENILAIAN

1.      Sikap spiritual

Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:

VII / Ganjil
TeknikPenilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Lembar penilaian diri


No
Pernyataan
Pilihan Jawaban
Skor
Sangat setuju
Setuju
Ragu ragu
Tidak setuju
1
Saya meyakini bahwa Allah Swt. mengetahui semua yang ada di langit dan di bumi.





2
Saya meyakini bahwa ilmu yang saya dapatkan adalah hasil jerih payah semata.





3
Saya harus berbaik sangka kepada Allah Swt. dan orang lain karena tidak mengetahui apa yang terjadi pada orang tersebut.





4
Saya meyakini bahwa semua perbuatan dan pekerjaan manusia diketa-hui Allah Swt.





5
Saya meyakini bahwa saya boleh berkata semaunya karena tidak ada yang mendengarnya.





6
Saya meyakini bahwa kita boleh berbuat sesuka hati selama tidak ada orang yang melihat.





7
Saya meyakini bahwa penglihatan Allah Swt. juga ada batasnya.





8
mengetahui sesuatu baik yang tersembunyi maupun tidak, karena ia memiliki indera keenam.





9
Saya meyakini bahwa Allah Swt. kadang-kadang melihat perilaku dan perbuatan saya





10
Saya meyakini bahwa saya harus selalu memuji Allah Swt. atas ilmu pengetahuan yang dimiliki-Nya.





Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal



CATATAN: 
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                      Siswa yang bersangkutan



                                                                                        (………………………)



 2         : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Nama peserta didik              :
Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
Kompetensi Dasar
:
Beriman kepada Allah Swt
Indikator
:
2.      Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah
3.      Menjelaskan makna Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
TeknikPenilaian
:
Lisan.
Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen

1.
Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Allah
Tulislah Q.S An-Nisa ayat 4/136yang menyatakan perintah beriman kepada Allah swt!

2.
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Alim
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Alim!

3.
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Khabir
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Khabir!

4
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Sami’,
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Sami’!

5
Menjelaskan makna al-asmau al-husna al-Bashir
Jelaskan makna al-asmau al-husna al-Bashir!

No
Jawaban

1.
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãYÏB#uä «!$$Î/ ¾Ï&Î!qßuur É=»tFÅ3ø9$#ur Ï%©!$# tA¨tR 4n?tã ¾Ï&Î!qßu É=»tFÅ6ø9$#ur üÏ%©!$# tAtRr& `ÏB ã@ö6s% 4 `tBur öàÿõ3tƒ «!$$Î/ ¾ÏmÏFs3Í´¯»n=tBur ¾ÏmÎ7çFä.ur ¾Ï&Î#ßâur ÏQöquø9$#ur ̍ÅzFy$# ôs)sù ¨@|Ê Kx»n=|Ê #´Ïèt/ ÇÊÌÏÈ  


2.
Al-‘Alim artinya maha mengetahui. Allah Swt. Maha Mengetahui yang tampak atau yang gaib. Pe ngetahuan Allah Swt. tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Segala aktivitas yang dilakukan oleh makhluk diketahui oleh Allah Swt. Bahkan, peristiwa yang akan terjadi pun sudah diketahui oleh Allah Swt.

3.
Al-Khabir artinya mahateliti. Allah Mahateliti terhadap semua ciptaan-Nya. Allah Swt. menciptakan berjuta-juta makhluk, semuanya berfungsi sesuai dengan apa yang Dia kehendaki. Tidak ada satupun ciptaan Allah Swt. yang salah sasaran. Ini menandakan bahwa Allah Mahateliti dalam menciptakan makhluk-Nya. Demikian pula Allah dapat mengetahui secara detail apa yang dikerjakan makhluknya

4
As-Sami’artinya maha mendengar. Allah Swt. Maha Mendengar semua suara apa pun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah Swt. tidak terbatas, tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya, meskipun suara itu sangat pelan

5

Al-Bashir artinya maha melihat. Allah Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil. Allah Swt. melihat apa saja yang ada di langit dan di bumi, bahkan seluruh alam semesta ini dapat dipantau








3          : Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)
Nama Peserta didik
:

Kelas / Semester
:
VII / Ganjil
Kompetensi Dasar
:
Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-
Asmau al-husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir
TeknikPenilaian
:
Performance

Penilai
:
Guru
No.
Indikator
Instrumen

1.
Dapat mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘alim
Tampilkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘alim

2.
Dapat mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘khabir
Tampilkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘khabir

3.
Dapat mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘sami’
Tampilkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘sami’

4.
Dapat mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-bashir
Tampilkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-bashir








RUBRIK PENILAIAN
No
Nama surat
Kriteria
Skor
Sangat Baik
Baik
Kurang Baik
Tidak Baik
1
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘alim





2
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘khabir





3
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-‘sami’





4
Perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-asmau al-husna al-bashir





Jumlah Skor
Keterangan
Nilai
Nilai Akhir
Sangat setuju = skor4
Setuju = skor 3
Ragu ragu = skor 2
Tidak setuju= skor 1
Skor yang diperoleh X 100
Skor maksimal



CATATAN GURU : …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                           Pendidikan Agama Islam                                                                   

H U S N I, S. P d                                                        MANSUR, S.Pd.I                            NIP. 19701231 199512 1 021                                      NIP. 19830625 200901 1 002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar