Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII (Tujuh) /
Ganjil
Materi Pokok : Cinta Ilmu
Pengetahuan
Alokasi Waktu :
3 x pertemuan
A.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
1.1 Menghayati
Al-Qur’an sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman
|
|
2
|
4.3.1 Membaca surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengan tartil
|
1.
Menjelaskan hukum
bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11 dengan benar.
2. Mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11dengan tartil.
|
4.3.2 Menunjukkan hafalan
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan
lancar.
|
1. Melafalkan hapalan ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
dengan lancar.
|
|
3
|
3.3 Memahami isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
serta hadis yang terkait tentang menuntut ilmu
|
1.
Menyebutkan arti
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta
hadis tentang menuntut ilmu.
2.
Menjelaskan makna isi kandungan
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadallah/58:11 serta
hadis tentang menuntut ilmu.
|
4
|
2.7
Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai
implementasi dari surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
serta hadis terkait
|
1. Menampilkan contoh perilaku semangat
menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait.
|
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
1.
Diberikan kesempatan
untuk mengkaji tentang hukum bacaan mad, peserta didik dapat menjelaskan hukum
bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
dengan benar.
2.
Diberikan
kesempatan untuk berdiskusi tentang
hukum bacaan mad, peserta didik dapat
mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar
3.
Diberikan kesempatan
berlatih membaca, peserta didik dapat mendemontrasikan bacaan surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil.
C.
MATERI PEMBELAJARAN:
1)
Identifikasi Hukum Bacaan Mad
dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
2)
Bacaan Al Quran surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
3)
Hafalan Al Quran surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
4)
Arti surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11
5)
Makna surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11
6)
Makna Hadits tentang menuntut
ilmu.
7)
Contoh perilaku semangat menuntut
ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11,
serta hadis terkait.
D.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan Scientific
2.
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Direct Instruction
3.
Metode diskusi, drill, dan demontrasi
E.
SUMBER BELAJAR
1.
Kitab
al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.
Buku
teks siswa PAI SMP Kelas VII
3.
Buku lain yang memadai.
F.
MEDIA
PEMBELAJARAN
a.
Buku guru
b.
Buku siswa
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru
memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Guru memberikan
motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi
pelajaran.
e.
Guru menyampaikan
kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru membagi peserta
didik dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan inti (
100 menit)
a.
Mengamati
·
Membaca bersama QS Al Mujadilah 11 dan Ali Imron 33
·
mengamati QS Al Mujadilah 11
da Ali Imron 33 dari Imam Masjidil Harom
tentang bacaan dan tulisan,
sambil mengevaluasi bacaanya
·
Mencatat
hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari kekurangan
bacaanya
b.
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang
hal- hal yang belum jelas dari materi pelajaran
c.
Explore
·
Peserta
didik membaca mengulang bacaan QS Al Mujadilah 11 dan Ar
Rohman 33 secara bersama
kemudian membaca bersama di kelompok kelompok
·
Praktek membaca satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan
memberi penilaian, secara bergili
d.
Asosiasi
·
Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
·
Memilih diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar
untuk dijadikan model
·
Memilih diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan
pengamat
e.
Komunikasi.
·
Mempresentasikan Bacaan QS Al Mujadilah 11 dan Ar Rahman 33 di depan kelas
·
Kelompok lain mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi Praktek
kelompok
·
Sekretaris menginvenaris hasil penilaian
masing –masing kelompok
·
Selama pembelajaran berlangsung
guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik
observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi
Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil
presentasinya terbagus.
3.
Penutup
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
-
Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi hukum bacaan
mad.
-
Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
d.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
H. PENILAIAN
1.
Sikap
spiritual
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
VII
/ Ganjil
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar penilaian diri
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Jumlah Skor
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.
Aspek Sikap Sosial
Nama Siswa yang dinilai
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
VII / Ganjil
|
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
Petunjuk:
a. Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok
lain
c. Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik
|
No
|
Pernyataan
|
Pilihan
Jawaban
|
Skor
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang kadang
|
Tidak pernah
|
|||
1
|
Suka
mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
|
|
|
|
|
2
|
Segera
memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang
pelajaran.
|
|
|
|
|
|
3
|
Tidak
pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran
|
|
|
|
|
|
4
|
Tidak
menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki
|
|
|
|
|
|
5
|
Tidak
membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai
Akhir
|
Sangat
setuju = skor4
Setuju
= skor 3
Ragu
ragu = skor 2
Tidak
setuju= skor 1
|
Skor
yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
|
|
3.
Aspek Pengetahua)
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||||||
KompetensiDasar
|
:
|
Memahamiisikandungan
surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis
yang terkaittentangmenuntutilmu.
|
||||||
Indikator
|
:
|
Menyebutkan arti surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang
menuntut ilmu.
|
||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||
1.
|
Mengartikan QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan
QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini
!
|
||||||
2.
|
Mengartikan QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan
QS. Ar-Rahman (55): 33 berikutini!
|
||||||
3.
|
Mengartikan Al-Hadits tentang menuntut ilmu
|
Artikan
Al-Hadits tentang menuntut ilmu di bawahini !
|
||||||
|
|
|
||||||
No
|
Jawaban
|
|||||||
1.
|
Allah akan
meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi
ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang
kamukerjakan.
|
|||||||
2.
|
Wahai jama'ah
jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan
bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.
|
|||||||
3.
|
Barangsiapa menghendiki dunia raihlah dengan ilmu,
dan barang siapa
yang menghendaki
akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa
yang menghendaki
keduanya raih pula dengan ilmu
|
|||||||
No
|
Nama
surat
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Sangat
lancar
|
Lancar
|
Kurang
lancar
|
Tidak
Lancar
|
|||
1
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
|
|
|
|
|
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
|
|
|
|
|
3
|
Salah Satu Hadits tentang Ilmu
Pengetahuan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai
Akhir
|
Sangat
setuju = skor4
Setuju
= skor 3
Ragu
ragu = skor 2
Tidak
setuju= skor 1
|
Skor
yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
|
|
4.
Aspek Ketrampilan
NamaPesertadidik
|
:
|
|
||||||
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
||||||
KompetensiDasar
|
:
|
Membaca
surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengantartil
|
||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Performance
|
||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||
1.
|
Membaca QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan
QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini
!
|
||||||
2.
|
Membaca QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan
QS. Ar-Rahman (55): 33 berikutini!
|
||||||
RUBRIK PENILAIAN
No
|
Nama
surat
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Fasih
|
Tartil
|
Kurang
tartil
|
Tidak
tartil
|
|||
1
|
QS. Al Mujadalah (58): 11
|
|
|
|
|
|
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
Keterangan
|
Nilai
|
Nilai
Akhir
|
Sangat
setuju = skor4
Setuju
= skor 3
Ragu
ragu = skor 2
Tidak
setuju= skor 1
|
Skor
yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
|
|
CATATAN
GURU :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
H U S N I, S. P d MANSUR, S.Pd.I NIP.
19701231 199512 1 021 NIP.
19830625 200901 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar