Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Selasa, 11 Juni 2019

RPP PAI : KHULAFAURRASIDIN PENERUS PERJUANGAN NABI


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester          :  VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok              :  Al Khulafaur Rasyidin Penerus Perjuangan Nabi
Alokasi  Waktu           : 1 x pertemuan

A.    KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
2.10
Meneladani sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn

1.      menyebutkan sikap terpuji yang dimiliki oleh al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
2.      menjelaskan sikap terpuji yang dimiliki oleh al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.

2
3.14
Mengetahui sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn

1.    menunjukkan contoh sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
2.    menampilkan contoh sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn

3
4.14
Mencontohkan perilaku terpuji dari al-Khulafaur Ar-Rasyidμn

1.    menunjukkan contoh perilaku meneladani sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.
2.    menampilkan contoh perilaku meneladani sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      menyebutkan sikap terpuji yang dimiliki oleh al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
2.      menjelaskan sikap terpuji yang dimiliki oleh al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.
3.      menunjukkan contoh sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
4.      menampilkan contoh sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
5.      menunjukkan contoh perilaku meneladani sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.
6.      menampilkan contoh perilaku meneladani sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.
                                                      
C.    MATERI PEMBELAJARAN:
v Khalifah Abu Bakar as-Siddiq
v Khalifah Umar bin Khatab
v Khalifat Usman bin Affan
v Khalifah Ali bin Abi Thalib
D.    METODE PEMBELAJARAN:
a)    Pendekatan Scientific
b)   Metode ceramah, diskusi  the educational diagnosis meeting.

E.     SUMBER  BELAJAR
1.      Buku teks siswa PAI dan Budi Pekerti SMP Kelas VII.
2.      Sejarah Peradaban Islam. Dirasah Islamiyah II. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
F.     MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Papan tulis
2.      Media yang sesuai
G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN          
1.      Pendahuluan  (  10 menit )
Ø Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
Ø Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
Ø Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Ø Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
Ø Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
2.      Kegiatan inti ( 100    menit)
Mengamati
·      Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan sikap terpuji khulafaurrasyidin.
·      Menyimak dan membaca penjelasan mengenai sikap terpuji khulafaurrasyidin.
Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru  mengajukan pertanyaan bagaimana sikap yang dimiliki oleh khulafaurrasyidin?
·      Mengajukan pertanyaan terkait kronologi kepemimpinan khulafaurrasyidin atau pertanyaan lain yang relevan.


Eksperimen/explore
·      Mendiskusikan kepemimpinan Abu bakar as-Sidiq berdasarkan data dari berbagai sumber.
·      Mendiskusikan  kepemimpinan Umar bin Khatab berdasarkan data dari berbagai sumber.
·      Mendiskusikan kepemimpinan Usman bin Affan berdasarkan data dari berbagai sumber.
·       Mendiskusikan kepemimpinan Ali bin Abi Thalib berdasarkan data dari berbagai sumber
Asosiasi
·      Melakukan analisis  kepemimpinan Abu bakar as-Sidiq dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Melakukan analisis kepemimpinan Umar bin Khatab dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Melakukan analisis kepemimpinan Usman bin Affan dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Melakukan analisis kepemimpinan Ali bin Abi Thalib dalam bentuk membuat diagram alur.
Komunikasi
·      Menyajikan paparan  kepemimpinan Abu Bakar as-Sidiq dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Menyajikan paparan kepemimpinan Umar bin Khatab dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Menyajikan paparan kepemimpinan Usman bin Affan dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Menyajikan paparan kepemimpinan Ali bin Abi Thalib dalam bentuk membuat diagram alur.
·      Menanggapi pertanyaan.
·      Menyusun kesimpulan
3.      Penutup
a)      Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b)      Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c)      Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik” dalam diskusi
d)     Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e)      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.

H.    PENILAIANA

No
Nama
Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut


1
2
3



T
TT
R
P




























































Keterangan:
T : Tuntas mencapai nilai .... ( disesuaikan dengan nilai KKM )
TT : Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remedial
P : Pengayaan

Nama peserta Didik
Aktifitas
Jumlah Skor
Tingkat penguasaan nilai (MK, MB, MT, BT)


Jujur
Peduli
Tanggungjawab
sabar




1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4































































Rubrik penilaian:
1.      Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
4.      Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator.
Skor penilaian sebagai berikut:
1)      Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 1 maksimal 10 x 1 = 10
2)      Uraian


Rubrik penilaian
No. Soal

Rubrik penilaian

Skor

1
a. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang dimiliki Abu Bakar as-Siddiq dengan lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang dimiliki Abu Bakar as-Siddiq kurang lengkap, skor 3.

6
2

a. Jika peserta didik dapat menuliskan alasan mengapa Abu bakar diberi gelar as-Siddiq lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan Abu bakar alasan mengapa diberi gelar as-Siddiq kurang lengkap, skor 3.

6
3

a. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang dimiliki Usman bin Affan dengan lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang dimiliki Usman Bin Affan kurang lengkap, skor 3.

6
4

a. Jika peserta didik dapat menuliskan tentang Ali bin Abi Thallib dengan lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan tentang Ali bin Abi Thallib kurang lengkap, skor 3.

6
5

a. Jika peserta didik dapat menuliskan tanggapan tentang al- Khulafaur Ar-Rasyidμn, skor 6.
b. Jika peserta didik kurang tepat dalam menuliskan tanggapan tentang al-Khulafaur Ar-Rasyidμn, skor 3.

6
6

a. Jika peserta didik dapat menuliskan alasan pengorbanan Abu Bakar dengan benar dan tepat, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan alasan pengorbanan Abu Bakar dengan benar tapi belum lengkap, skor 3.

6
7

c. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang dimiki Umar bin Khattab dengan benar dan lengkap, skor 6.
d. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang dimiki Umar bin Khattab dengan benar dan kurang lengkap, skor 3.

6
8

a. Jika peserta didik dapat menuliskan usaha yang dilakukan khalifah Umar bin Khattabketika mendengar anak-anak kecil menangis dengan benar dan lengkap, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan usaha yang dilakukan khalifah Umar bin Khattabketika mendengar anak-anak kecil menangis dengan benar dan kurang lengkap, skor 3.

6
9

a. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang dimiliki oleh Ali bin Abi Thallib dengan benar dan lengkap, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang dimiliki oleh Ali bin Abi Thallib dengan benar dan kurang lengkap, skor 3.

6
10

a. Jika peserta didik dapat menuliskan kembali secara singkat kisah Umar dengan janda tua dengan benar dan lengkap, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan kembali secara singkat kisah Umar dengan janda tua dengan benar dan kurang lengkap, skor 3.

6

Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                                                           Pendidikan Agama Islam                                                                   

H U S N I, S. P d                                                        MANSUR, S.Pd.I                            NIP. 19701231 199512 1 021                                      NIP. 19830625 200901 1 002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar