Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan
Pendidikan : SMPN 1 PRAYA TIMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok : Al Khulafaur
Rasyidin Penerus Perjuangan Nabi
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan
A.
KOMPETENSI DASAR dan
INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
2.10
|
Meneladani
sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
|
1. menyebutkan
sikap terpuji yang dimiliki oleh al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
2.
menjelaskan sikap terpuji yang dimiliki
oleh al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.
|
2
|
3.14
|
Mengetahui sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
|
1.
menunjukkan
contoh sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
2.
menampilkan
contoh sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
|
3
|
4.14
|
Mencontohkan
perilaku terpuji dari al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
|
1. menunjukkan contoh perilaku meneladani sikap terpuji
al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.
2.
menampilkan
contoh perilaku meneladani sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.
|
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. menyebutkan
sikap terpuji yang dimiliki oleh al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
2. menjelaskan
sikap terpuji yang dimiliki oleh al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.
3. menunjukkan
contoh sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
4. menampilkan
contoh sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn
5. menunjukkan
contoh perilaku meneladani sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.
6. menampilkan
contoh perilaku meneladani sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn.
C.
MATERI PEMBELAJARAN:
v
Khalifah Abu Bakar as-Siddiq
v
Khalifah Umar bin Khatab
v
Khalifat Usman bin Affan
v
Khalifah Ali bin Abi Thalib
D.
METODE PEMBELAJARAN:
a)
Pendekatan Scientific
b)
Metode ceramah, diskusi the
educational diagnosis meeting.
E.
SUMBER
BELAJAR
1.
Buku
teks siswa PAI dan Budi
Pekerti SMP Kelas VII.
2.
Sejarah Peradaban
Islam. Dirasah Islamiyah II. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
F. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Papan
tulis
2.
Media yang
sesuai
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
Ø Guru membuka pembelajaran
dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan
penuh khidmat;
Ø Guru memulai pembelajaran
dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan
(nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
Ø Guru memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
Ø Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi
pelajaran.
Ø Guru
menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
2. Kegiatan inti ( 100
menit)
Mengamati
·
Mengamati
dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan sikap terpuji khulafaurrasyidin.
·
Menyimak
dan membaca penjelasan mengenai sikap terpuji
khulafaurrasyidin.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan bagaimana sikap yang
dimiliki oleh khulafaurrasyidin?
· Mengajukan pertanyaan terkait
kronologi kepemimpinan khulafaurrasyidin atau pertanyaan lain yang relevan.
Eksperimen/explore
· Mendiskusikan kepemimpinan Abu bakar
as-Sidiq berdasarkan data dari berbagai sumber.
· Mendiskusikan kepemimpinan Umar bin Khatab berdasarkan data dari berbagai
sumber.
·
Mendiskusikan
kepemimpinan Usman bin Affan berdasarkan data dari berbagai sumber.
·
Mendiskusikan kepemimpinan Ali bin Abi Thalib berdasarkan data dari berbagai
sumber
Asosiasi
· Melakukan analisis kepemimpinan Abu bakar as-Sidiq dalam bentuk
membuat diagram alur.
· Melakukan analisis kepemimpinan Umar
bin Khatab dalam bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis kepemimpinan Usman
bin Affan dalam bentuk membuat diagram alur.
· Melakukan analisis kepemimpinan Ali
bin Abi Thalib dalam bentuk membuat diagram alur.
Komunikasi
· Menyajikan paparan kepemimpinan Abu Bakar as-Sidiq dalam bentuk
membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan kepemimpinan Umar
bin Khatab dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan kepemimpinan Usman
bin Affan dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menyajikan paparan kepemimpinan Ali
bin Abi Thalib dalam bentuk membuat diagram alur.
· Menanggapi pertanyaan.
· Menyusun kesimpulan
3. Penutup
a)
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
secara demokratis.
b)
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
c)
Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik” dalam diskusi
d) Guru menjelaskan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas
mandiri terstruktur.
e)
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdoa.
H.
PENILAIANA
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||||
|
|
1
|
2
|
3
|
|
|
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Tuntas mencapai nilai .... (
disesuaikan dengan nilai KKM )
TT : Tidak Tuntas jika nilai yang
diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remedial
P : Pengayaan
Nama
peserta Didik
|
Aktifitas
|
Jumlah
Skor
|
Tingkat
penguasaan nilai (MK, MB, MT, BT)
|
|
|||||||||||||||
|
Jujur
|
Peduli
|
Tanggungjawab
|
sabar
|
|
|
|
||||||||||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian:
1. Apabila
peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2. Apabila
sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam
indikator.
3. Apabila
sudah memperlihatkan perilaku dan sudah konsisten yang dinyatakan dalam
indikator.
4. Apabila
sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator.
Skor penilaian
sebagai berikut:
1) Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 1 maksimal 10 x
1 = 10
2) Uraian
Rubrik penilaian
No. Soal
|
Rubrik penilaian
|
Skor
|
1
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang
dimiliki Abu Bakar as-Siddiq dengan lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang
dimiliki Abu Bakar as-Siddiq kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
2
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan alasan mengapa Abu
bakar diberi gelar as-Siddiq lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan Abu bakar alasan
mengapa diberi gelar as-Siddiq kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
3
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang
dimiliki Usman bin Affan dengan lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang
dimiliki Usman Bin Affan kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
4
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan tentang Ali bin Abi
Thallib dengan lengkap dan sempurna, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan tentang Ali bin Abi
Thallib kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
5
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan tanggapan tentang al-
Khulafaur Ar-Rasyidμn, skor 6.
b. Jika peserta didik kurang tepat dalam menuliskan tanggapan
tentang al-Khulafaur Ar-Rasyidμn, skor 3.
|
6
|
6
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan alasan pengorbanan Abu
Bakar dengan benar dan tepat, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan alasan pengorbanan Abu
Bakar dengan benar tapi belum lengkap, skor 3.
|
6
|
7
|
c. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang dimiki
Umar bin Khattab dengan benar
dan lengkap, skor 6.
d. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang dimiki
Umar bin Khattab dengan benar
dan kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
8
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan usaha yang dilakukan
khalifah Umar bin Khattabketika mendengar anak-anak kecil menangis dengan
benar dan lengkap, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan usaha yang dilakukan
khalifah Umar bin Khattabketika mendengar anak-anak kecil menangis dengan
benar dan kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
9
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang
dimiliki oleh Ali bin Abi Thallib dengan benar dan lengkap, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan sifat-sifat yang
dimiliki oleh Ali bin Abi Thallib dengan benar dan kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
10
|
a. Jika peserta didik dapat menuliskan kembali secara singkat
kisah Umar dengan janda tua dengan benar dan lengkap, skor 6.
b. Jika peserta didik dapat menuliskan kembali secara singkat
kisah Umar dengan janda tua dengan benar dan kurang lengkap, skor 3.
|
6
|
Mujur, 26 Juni 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
H U S N I, S. P d MANSUR, S.Pd.I NIP.
19701231 199512 1 021 NIP.
19830625 200901 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar