Manajemen mutu terpadu adalah
suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya
saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia,
proses dan lingkungannya[1].
Jadi, Manajemen mutu terpadu merupakan suatu
pendekatan pengendalian mutu melalui pertumbuhan partisipasi karyawan.
Manajemen
mutu terpadu merupakan mekanisme formal dan dilembagakan yang bertujuan untuk
mencari pemecahan persoalan dengan memberikan tekanan pada partisipasi dan kreatifitas
di antara karyawan.
Setiap gugus juga bertindak sebagai mekanisme pemantau yang
membantu organisasi dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan dalam
memantau kesempatan, bersifat proaktif, tidak menunggu bergerak kalau persoalan
timbul dan tidak menghentikan kegiatannya kalau suatu persoalan telah ditemukan
dan dipecahkan[2].
Manajemen
mutu terpadu diartikan sebagai perpaduan semua fungsi dari suatu perusahaan ke
dalam falsafat holistik yang dibangun berdasarkan konsep kualitas, teamwork,
produktifitas, dan pengertian, serta kepuasan pelanggan.
Manajemen mutu terpadu
merupakan sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai setrategi usaha dan
berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota
organisasi.
Kemudian
dalam bidang pendidikan ada pendapat yang menyatakan bahwa manajemen mutu
terpadu memungkinkan memberi peluang
untuk perbaikan mutu sekolah menuju sekolah efektif. Sekolah efektif adalah sekolah yang berhasil mencapai
tujuannya. Sekolah efektif pada intinya adalah pembelajaran yang efektif.
Ada dua
sistem pendekatan dalam memahami manajemen mutu terpadu dalam menuju sekolah
efektif. Pertama adalah pendekatan sistem yaitu suatu sistem pendekatan yang
mempercepat perbaikkan dan berkelanjutan yang berhubungan langsung dengan
peserta didik. Kedua adalah pendekatan sistem langsung dan terlibat aktif dalam
pengambilan keputusan dan manjemen sekolah.[3]
[1] Nawawi, H.
Manajemen strategik organisasi non profit bidang pemerintahan dengan ilustrasi
di bidang pendikan, (Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press, 2003), hlm
35
[2] Rivai,V., Sylviana M. Education
management, analisis teori dan praktik, (Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada, 2009), hlm. 76
[3] Syafaruddin. Manajemen
mutu terpadu dalam pendidikan, konsep,strategi, dan aplikasi. (Jakarta: Grasindo,
2002), hlm. 23
Tidak ada komentar:
Posting Komentar