Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Senin, 10 Juni 2019

PENGERTIAN LINGKUNGAN EKSTERNAL PENDIDIKAN


Lingkungan (environment) dalam lingkup yang luas memiliki arti sesuatu yang bersifat fisik dan non fisik yang mempengaruhi kehidupan seseorang. Lingkungan ternyata sangat berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan sebuah lembaga pendidikan islam. 


Lingkungan eksternal merupakan pencermatan dan identifikasi terhadap kondisi lingkungan di luar organisasi ( dalam hal ini lembaga pendidikan islam) yang dapat terdiri dari lingkungan sosial, budaya, ekonomi, teknologi, politik, ekologi dan keamanan, pencermatan ini akan menghasilkan  indikasi menganai peluang (opportunities) dan tantangan (threas) organisasi dalam mewujudkan tujuan dan sasaran organisasi.[1]


Ada beberapa faktor lingkungan eksternal diantaranya ialah faktor demografis (berkaitan dengan populasi penduduk, kepadatan penduduk, lokasi, usia, gender, ras, dan pekerjaan), lingkungan ekonomi (economic environment, lingkungan alam (natural environment), lingkungan teknologi (technology environment) yang bukan lebih menitik beratkan pada kecanggihan teknologinya melainkan pada ketepatan dalam penggunaannya yang dapat mempermudah suatu pekerjaan, lalu ada faktor lingkungan politik (politic environment). 


Kemudian faktor lingkungan budaya (culture environment) yang dapat meninjau seberapa jauh pendidikan dapat mempengaruhi budaya. Hal tersebut diatas perlu diperhatikan oleh lembaga pendidikan islam agar dapat beradaptasi dengan lingkungan eksternalnya.



[1] Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, Bandung; Alfabeta, 2010, hlm., 139.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar