Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Senin, 10 Juni 2019

KESIMPULAN HIPOTESIS DAN ASUMSI


BAB III
PENUTUP
A.       Kesimpulan
Jadi, hipotesis adalah kesimpulan sementara atas masalah penelitian, atau hipotesis dapat diartikan sebagai suatu jawaban yang bersifat sementara terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti  melalui data yang terkumpul. Hipotesis dalam suatu penelitian sangat penting untuk memandu penelitian. Manfaatnya dapat dirinci sebagai berikut :
1.    Memberikan arah yang tegas bagi perumusan tujuan penelitian.
2.    Membantu menentukan arah yang harus ditempuh bagi pembatasan ruang lingkup (skope) penelitian.
3.    Membantu mengarahkan metodologi atau cara-cara kerja mengumpulkan data, pengolahan data serta analisisnya.
4.    Mencegah terjadinya suatu penilitian yang tak terarah dan menghindarkan cara pengumpulan data yang tak relevan dengan masalah yang diteliti.
Sedangkan asumsi adalah suatu hal yang diyakini kebenarannya oleh penilti yang harus dirumuskan secara jelas yang memiliki fungsi sebagai berikut :
1.    Untuk memperkuat permasalahan
2.    Membantu peneliti dalam memperjelas, menetapkan objek penelitian, wilayah pengambilan data, instrumen pengumpulan data.
            Untuk dapat merumuskan anggapan dasar, penilti harus banyak membaca buku, mendengarkan informasi dari berbagai sumber dan mengunjungi lokasi penelitian.
B.     komentar
            Dalam kegiatan penelitian, peneliti  bertujuan untuk menemukan aturan (sistem, pola, atau formula) yang menjadi hukum berfungsinya objek penelitian, memiliki asumsi bahwa objek penelitian di alam ini memiliki sistem (pola, aturan, atau formula) kerja tertentu dan sistem kerja itu bisa ditemukan melalui penelitian.
            Berangkat dari hipotesis dan  asumsi adanya sistem pada objek penelitian yang bisa ditemukan melalui penelitian  itulah peneliti berusaha menemukan sistem tersebut melalui kegiatan penelitian. Tidak mungkin peneliti berusaha menemukan sistem tersebut kalau dia tidak yakin bahwa sistem itu ada atau dia yakin sistem itu ada tetapi tidak yakin bisa ditemukan melalui penelitian.
            Asumsi tidak untuk diuji tetapi sudah otomatis menjadi dasar tindakan, sementara hipotesis adalah prediksi terhadap apa yang akan dihasilkan dari penelitian yang dilakukan peneliti.
            Akhirnya sayasadar penuh bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan yang tentunya belum memenuhi standar ‘kepuasaan’ pembaca. Penulis sangat menantikan masukan-masukan yang membangun demi kesempurnaan isi dari makalah ini.


















Daftar Pustaka

Machfoed, Ircham. Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, Yogyakarta: Fitramaya, 2013

Nasution, S. Metode Reseach: Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara, 1996

Pohan, Rusdin. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Lanarka Publisher, 2007

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.

 Tejoyuwono Notohadiprawiro dalam makalahnya : Metodologi Penelitian dan Beberapa Implikasinya dalam Penelitian Geografi, Fakultas Geografi UGM, Yogyakarta 1991.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar