Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Senin, 10 Juni 2019

KESIMPULAN MAKALAH OUTSIDER


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa Outsider adalah para pengkaji agama yang bukan penganut agama yang bersangkutan (orang luar). Kajian keislaman dalam perspektif outsider telah melahirkan beberapa hasil penelitian. Beberapa buku perkenalan umum tentang Islam sebagai agama dan peradaban oleh penulis tunggal menunjukkan pentingnya pendekatan multidisipliner, Fakta realitas yang sering didiskusikan adalah bahwa kajian outsider berkaitan erat dengan pengalaman Barat dan Sarjana Muslim sendiri dalam menafsirkan dan memahami Islam. Persoalan yang dipermasalahkan adalah apakah para pengkaji Islam dari outsider benar-benar objektif, dan dapat dipertanggungjawabkan, dan memiliki validitas ilmiah dilihat dari optik insider
Sejatinya, kajian Islam dari para outsider dapat dipetakan sebagai berikut: outsider mengakaji agama sebagai ilmu pengetahuan, dengan menjaga jarak dengan objek, penuh kecurigaan/hipotesa dengan penilaian historis.

B.     Komentar
Kenyataan bahwa kajian Islam tidak hanya dilakukan oleh muslim saja tetapi juga nonmuslim meniscayakan adanya fungsi evaluasi kritis pihak pertama terhadap pihak kedua. Sesungguhnya Barat sebagai pengkaji Islam harus melepaskan “pra-anggapan” dan menghiraukan pendapat dan suara umat muslim atas dirinya. Bahkan, menurutnya, untuk mengkaji Islam, khususnya terkait keimanan dan ajaran, para Sarjana Barat harus menggunakan metode yang digunakan oleh Umat Islam atau dibiarkan begitu saja sebagaimana yang dikatakan oleh umat Islam.



DAFTAR PUSTAKA

_ http://id.wikipedia.org/wiki/Clifford_Geertz. Diakses 19 April 2016

Fanani, Muhyar. Metode Studi Islam.  Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Ghufron A. Mas’adi, Sejarah Sosial Umat Islam. Jakarta: Rajawali Press, 1999.

Mua’ammar, Arfan dkk. Studi Islam Perspektif Indiser/Outsider. Yogyakarta: IRCiSoD, 2013.

Nata, Abuddin. Sejarah Pedidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2011.

Sujiat Zubaidi Saleh, Perspektif Insider-Outsider dalam Studi Agama. Ponorogo : ISID Press. 2011.

Tim Direktorat Jendral Pendidikan Islam. Studi Islam oleh Outsider-Insider dan Isu-isu Kontemporer. Jakarta: Kemenag RI, 2011.

Zaid, B. Smeer, Studi Hadis Kontemporer, Yogyakarta: Aura pustaka, 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar