Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Rabu, 12 Juni 2019

HUBUNGAN VISI, MISI, CORE BILIEFS, CORE VALUES, TUJUAN, TANTANGAN DAN SASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN


Setiap organisasi dalam hal ini SMPN 1 Praya Timur perlu melakukan suatu perencanaan dalam setiap kegiatan organisasinya. Perencanaan (planning) merupakan proses dasar bagi organisasi untuk memilih sasaran dan menetapkan bagaimana cara mencapainya. Oleh karena itu, lembaga pendidikan harus menetapkan visi, misi, core belief, core values, tujuan dan sasaran yang hendak dicapai sebelum melakukan proses-proses. Perencanaan merupakan tahapan paling penting dari suatu fungsi manajemen, terutama dalam menghadapi lingkungan eksternal yang berubah dinamis. 

Sebelum para kepala Sekolah dapat mengorganisasi, memimpin, atau mengendalikan, terlebih dahulu mereka harus membuat rencana yang memberikan arah pada setiap kegiatan organisasi. Pada tahap perencanaan para manajer menentukan apa yang akan dikerjakan, kapan akan mengerjakan, bagaimana mengerjakannya, dan siapa yang akan mengerjakannya.  

Salah satu maksud dibuat perencanaan adalah melihat program-program yang dipergunakan untuk meningkatkan kemungkinan pencapaian tujuan-tujuan di waktu yang akan datang, sehingga dapat meningkatkan pengambilan keputusan yang lebih baik. Oleh karena itu, perencanaan organisasi harus aktif, dinamis, berkesinambungan dan kreatif, sehingga manajemen tidak hanya bereaksi terhadap lingkungannya, tapi lebih menjadi peserta aktif dalam dunia usaha. Ada dua alasan dasar perlunya perencanaan: a.  untuk mencapai “protective benefits” yang dihasilkan dari pengurangan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pembuatan keputusan, b. untuk mencapai “positive benefits” dalam bentuk meningkatnya sukses pencapaian tujuan organisasi.

Jadi, dari visi, misi, core belief, core values, tujuan tantantangan dan sasaran merupakan rencana yang harus ada pada organisasi atau dalam hal ini Sekolah untuk mengetahui kemana arah dan langkah Sekolah tersebut. Dari visi, misi, core belief, core values, tujuan tantantangan dan sasaran dengan jelas bahwa SMPN 1 Praya Timur ingin agar arah maupun karakternya lebih bernuasa Islami, karena penduduk dan peserta didiknya mayoritas 100% muslim sehingga cocok dengan visi, misi, core belief, core values, tujuan tantantangan dan sasaran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar