Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Rabu, 12 Juni 2019

CARA MENYUSUN VISI, MISI, CORE BILIEF, CORE VALUES, TUJUAN, TANTANGAN DAN SASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN


Penyusunan sebuah visi, misi, core beliefs, core values, tujuan, tantangan nyata dan sasaran dari sebuah lembaga pendidikan, misalnya SMPN 1 Praya Timur, sebagai berikut:

SMP NEGERI 1 PRAYA TIMUR

Visi             : Islami, Berilmu, Terampil Dan Berkualitas

Misi            : Dari Visi tersebut maka muncul Misi-Misi, sebagai berikut:

1.    Menanamkan kesadaran untuk mengamalkan nilai-nilai Islami dalam bermasyarakat.
2.    Mengupayakan pendalaman Materi Agama Islam di luar jam belajar.
3.    Meningkatkan dan mengembangkan Program Ketrampilan yang sesuai dengan perkembangan dunia usaha.
4.    Mencetak pribadi – pribadi muslim yang mandiri berpikir rasional, analitik, inovatif dan kreatif sehingga mampu menjawab tantangan zaman yang terus berubah

Core Belief :  Kebersamaan yang Islami dan berilmu

Kami yakin bahwa kebersamaan merupakan pemacu kekuatan organisasi untuk menghadapi lingkungan pendidikan yang komplek dan turbulen, oleh karena itu, kami membangun kebersamaan antara kepala Sekolah dengan guru, kepala Sekolah dengan siswa, antara guru dengan siswa, antara siswa dengan siswa lainnya dan antara Sekolah dengan Sekolah lainnya, untuk mewujudkan visi misi Sekolah  sehinga menghasilkan value terbaik bagi peserta didik

Keterbukaan yang Terampil

Kami yakin bahwa keterbukaan merupakan pembangkit kegairahan untuk belajar secara berkelanjutan, oleh karena itu, kami membangun setiap mental keterbukaan dalam diri kami dan memacu transparansi informasi bagi seluruh personal untuk membangun learning and responsibility based oeganization di Sekolah kami

Kebersihan yang Berkualitas

Kami yakin bahwa kebersihan lahir dan bathin merupakan landasan seluruh hubungan antara manusia dan antar organisasi, oleh karena itu kami sangat mengutamakan kebersihan terutama nilai kebersihan dalam lingukungan Sekolah.

Core Value : Nilai-Nilai Yang Diharapkan

a.       Penerapan Nilai-Nilai Islam
b.      Mengaplikasikan Ilmu Dalam Kehidupan Nyata
c.       Terampil Dalam Menyikapi Segala Problem
d.      Berkualitas Tinggi Dalam Keilmuan

Tujuan        : Untuk Mensinergikan Ilmu Agama Dengan Ilmu Umum Sehingga Terampil Dalam Berkarya Dan Menghasilkan Hasil Yang Berkualitas.

Tantangan Nyata:
1.    Dalam menerapkan nilai-nilai Islami pada peserta didik selalu brbenturan dengan lingkungan tempat tinggal mereka yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.
2.    Terkadang pemahami ilmu agama Islam yang dipahami peserta didik tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan sehingga cendrung meninggalkan ajaran-ajaran yang mereka terima di kelas.
3.    Dunia bisnis pada zaman ini makin bersaing sehingga dituntut peserta didik untuk terampil menghadapi problema tersebut, namu hal tersebut terkendala dengan modal Sekolah yang ingin mengembangngkan usaha yang tujuannya melatih peserta didik untuk berwirausaha.
4.    Kualitas peserta didik akan tergali apabila pengajar atau guru bias mensinergika semua aspek pendukung keprofesionalannya, namun saya banyak guru yang dibilang frofesional tapi kenyataan di lapangan sangat bertentangan.

Sasaran : Yang menjadi sasaran disini ialah segenap civitas akademik baik peserta didik, guru, karyawan, kepala Sekolah dan segenap yang berkecimpung di SMPN 1 Praya Timur.

Definisi Sekolah :

Sekolah adalah tempat didikan bagi anak anak. tujuan dari Sekolah adalah mengajar tentang mengajarkan anak untuk menjadi anak yang mampu memajukan bangsa . Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa / murid di bawah pengawasan guru.[1]


[1] Kamus Beasar Bahasa Indonesia, (Bandung: Atlass, 1998), hlm 345

Tidak ada komentar:

Posting Komentar