BAB III
KESIMPULAN
Manajemen
mutu terpadu (Total Quality Management) merupakan sebuah model yang
pragmatis yang berfokus pada layanan pelanggan.
Manajemen mutu terpadu dalam pendidikan dikembangkan guna mencapai
keluaranlulusan atau (output)
bahkan outcome yang memuaskan pelanggan pendidikan. Prinsip-prinsip
kunci dalam manajemen mutu terpadu pendidikan adalah kepemimpinan, metode dan
perangkat ilmiah, pemecahan masalah melalui kerjasama tim, iklim organisasi,
dan pendidikan serta latihan.
Manajemen kurikulum adalah sebuah proses atau sistem pengelolaan
kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik, dan sistematik untuk mengacu
ketercapaian tujuan kurikulum yang sudah dirumuskan. Proses manajemen kurikulum
tidak lepas dari kerjasama sosial antara dua orang atau lebih secara formal
dengan bantuan sumber daya yang mendukungnya. Pelaksanaanya dilakukan dengan
metode kerja tertentu yang efektif dan efisien dari segi tenaga dan biaya,
serta mengacu pada tujuan kurikulum yang sudah ditentukan sebelumnya.
Manajemen
pembelajaran dalam arti luas adalah seluruh usaha/ kegiatan kearah pencapaian
tujuan-tujuan melalui aktivitas-aktivitas orang lain atau membuat sesuatu
dikerjakan oleh orang-orang lain berupa peningkatan minat, perhatian,
kesenangan, dan latar belakang siswa (orang belajar), dengan memperluas cakupan
aktivitas melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan/
pengkoordinasian.
Manajemen mutu terpadu dalam
kurikulum pendidikan dan pembelajaran merupakan bentuk pengendalian mutu yang
disempurnakan. Filosofy dari manjemen mutu terpadu ini adalah terciptanya budaya
kerja dari seluruh personel yang terlibat dalam pengadaan dan penyajian jasa
pendidikan yang dijiwai oleh motivasi dan sikap untuk memenuhi dan memuaskan
harapan pelanggan (peserta didik). Dalam rangka memenuhi harapan pelanggan
pendidikan ini, pengelola sekolah secara bertahap dan terus menerus memperbaiki
kualitas lulusannya dengan didukung oleh kurikulum yang bermutu.
DAFTAR
PUSTAKA
Bafadhal, Ibrahim. Manajemen
Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi.
Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Nawawi, H. Manajemen strategik organisasi non profit
bidang pemerintahan dengan ilustrasi di bidang pendikan. Yogyakarta: Gajah
Mada Universitas Press, 2003.
Oemar, Hamalik. Manajemen
Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2007
Rivai,V., Sylviana M. Education management, analisis teori dan
praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009
Sagala, H. S. Manajemen Strategi Dalam peningkatan Mutu
Pendidikan. Bandung: Alfabet. 2010
Surniati
dan Asra. Metode Pembelajaran. Bandung:
Wacana Prima. 2008
Suyanto. Manajemen Pembelajaran Inovatif.
Sidoarjo: Mas Media Pustaka. 2009
Syafaruddin. Manajemen
Mutu Terpadu dalam Pendidikan: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Jakarta:
Grasindo, 2002.
Usman, H. Manajemen:
Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar