Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Rabu, 12 Juni 2019

BAB III MAKALAH MANAJEMEN MUTU TERPADU


BAB III
KESIMPULAN

Manajemen mutu terpadu (Total Quality Management) merupakan sebuah model yang pragmatis yang berfokus pada layanan pelanggan.  Manajemen mutu terpadu dalam pendidikan dikembangkan guna mencapai keluaranlulusan atau  (output) bahkan outcome yang memuaskan pelanggan pendidikan. Prinsip-prinsip kunci dalam manajemen mutu terpadu pendidikan adalah kepemimpinan, metode dan perangkat ilmiah, pemecahan masalah melalui kerjasama tim, iklim organisasi, dan pendidikan serta latihan.

Manajemen kurikulum adalah sebuah proses atau sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik, dan sistematik untuk mengacu ketercapaian tujuan kurikulum yang sudah dirumuskan. Proses manajemen kurikulum tidak lepas dari kerjasama sosial antara dua orang atau lebih secara formal dengan bantuan sumber daya yang mendukungnya. Pelaksanaanya dilakukan dengan metode kerja tertentu yang efektif dan efisien dari segi tenaga dan biaya, serta mengacu pada tujuan kurikulum yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Manajemen pembelajaran dalam arti luas adalah seluruh usaha/ kegiatan kearah pencapaian tujuan-tujuan melalui aktivitas-aktivitas orang lain atau membuat sesuatu dikerjakan oleh orang-orang lain berupa peningkatan minat, perhatian, kesenangan, dan latar belakang siswa (orang belajar), dengan memperluas cakupan aktivitas melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan/ pengkoordinasian.

Manajemen mutu terpadu dalam kurikulum pendidikan dan pembelajaran merupakan bentuk pengendalian mutu yang disempurnakan. Filosofy dari manjemen mutu terpadu ini adalah terciptanya budaya kerja dari seluruh personel yang terlibat dalam pengadaan dan penyajian jasa pendidikan yang dijiwai oleh motivasi dan sikap untuk memenuhi dan memuaskan harapan pelanggan (peserta didik). Dalam rangka memenuhi harapan pelanggan pendidikan ini, pengelola sekolah secara bertahap dan terus menerus memperbaiki kualitas lulusannya dengan didukung oleh kurikulum yang bermutu.



DAFTAR PUSTAKA


Bafadhal, Ibrahim. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Nawawi, H. Manajemen strategik organisasi non profit bidang pemerintahan dengan ilustrasi di bidang pendikan. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press, 2003.

Oemar, Hamalik. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2007

Rivai,V., Sylviana M. Education management, analisis teori dan praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009

Sagala, H. S. Manajemen Strategi Dalam peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabet. 2010

Surniati dan Asra. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. 2008

Suyanto. Manajemen Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Mas Media Pustaka. 2009

Syafaruddin. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo, 2002.

Usman, H. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar