Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Rabu, 12 Juni 2019

BAB III KESIMPULAN PERKEMBANGAN FILSAFAT


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Perkembangan filsafat pada masa yunani kuno lebih focus pembahasannya mengenai kosmosentris artinya yang difikirkan oleh orang-orang terdahulu ialah alam semesta, entah bumi maupun matahari menjadi pusat edar.
2.      Perkembangan filsafat pada masa pertengahan lebih banyak membicarah tentang theocentris yaitu dimana yang menjadi topic pembicaraannya pada masa itu ialah tentang keTuhanan.
3.      Sedangkan perkembangan filsafat pada masa modern atau bias juga disebut masa eropa, lebih banyak kajiannya tentang antroposentris yakni membicara pada diri manusia itu sendiri.
4.      Dan terakhir masa perkemkembangan filsafat pada masa kontemporer atau sekarang, dimana yang menjadi pokok pembahasannya saat ini ialah logosentris artinya membicarakan kata/kalimat tapi itu di Eropa, sedangkan di Amerika lebih pragmatis yakni mereka akan mengambilnya jika menguntungkan diri mereka dan membuangnya jika tidak berguna bagi mereka walaupun berguna bagi orang lain.
B.     Komentar
Telah kita ketahui bahwa filsafat merupakan induk dari semua disiplin ilmu, namun perlahan lahan disiplin ilmu mulai memisahkan diri dari filsafat. Mula mula matematika dan dan fisika dan terakhir psikologi mulai memisahkan diri walaupun masih ada yang menyatu, namun dalam jumlah kecil. Artinya, cakupan filsafat menyentuh semua aspek disiplin ilmu maka marilah kita dalami, pelajari dengan ikhtiar dan sungguh-sungguh agar apabila kita menguasai filsafat maka pemikiran kita semakin luas dan dapat menguasai ilmu pengetahuan secara ilmiah. Oleh karena itu berusahalah kita agar menjadi filosof yang terkenal seperti mereka para ahli-ahli filsafat tersebut, InsyaAllah amin.

DAFTAR PUSTAKA

Bakhtiar, Amsal. Filsafat Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Djumransjah, H. M. Filsafat Pendidikan. Malang: Bayumedia, 2006.

Hakim, Atang Abdullah dan Saebanu, Bani Ahmad. Filsafat Umum.         Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Muslim, Mohammad. Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Belukar, 2006.

Jostein Gaarder, Dunia Sophie, (Terj.) Rahmani Astuti Bandung: Mizan, Cet X, 2013.

Suterdjo A. Wiramihardja Pengantar Filsafat, Bandung: Refika Aditama, 2007.

Burhanudin, Salam. pengantar Filsafat, Jogyakarta: Bumi Aksara 2009.

Ali Maksum, Pengantar Filsafat Dari Masa Klasik Hingga post  modernism, Ar-Ruzz Media: 2008



Tidak ada komentar:

Posting Komentar