Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Selasa, 11 Juni 2019

ANGKET / QUISIONER


Angket juga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam rangka penilaian hasil belajar. Berbeda dengan wawancara, dimana penilai (evaluator) berhadapan secara langsung (face to face) dengan peserta didik atau dengan pihak lainnya, maka dengan menggunakan angket, pnegumpulan data sebagai bahan penilai hasil belajar jauh lebih praktis, menghemat waktu dan tenaga. Hanya saja, jawaban yang diberikan seringkali tidak sesuai dengan kenyataan yang sebanarnya.[1]

Ditinjau dari segi yang memberikan jawaban, angket dibedakan menjadi 2 macam:
                       a.     Angket langsung
                       b.     Angket tidak langsung

Sedangkan kalau ditinjau dari segi cara memberikan jawaban, angket dibedakan menjadi 2 macam:
                      1)     Angket tertutup
                      2)     Angket terbuka

Adapu kalau titinjau dari strukturnya, angket dibedakan menjadi 2 macam:
                          a)      Angket terstruktur
                          b)      Angket tidak terstruktur

Sedang cara untuk  pengembangan angket dapt dilakukan dengan cara beberapa poin di bawah ini:
                             i.          Merumuskan tujuan
                           ii.          Merumuskan kegiatan
                         iii.          Menyusun langkah-langkah
                         iv.          Menyusun kisi-kisi
                           v.          Menyusun panduan angket
                         vi.          Menyusun alat penilaian

Contoh angket:



ANGKET MINAT SISWA
TERHADAP PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :……………………
Kelas/ Semester : …………………………
Hari/tanggal : ………………
Petunjuk
1.   Pada angket ini terdapat 34 pernyataan. Pertimbangkan baik-baik setiap pernyataan dalam kaitannya dengan materi pembelajaran yang baru selesai kamu pelajari, dan tentukan kebenaranya.
2.   Berilah jawaban yang benar sesuai dengan pilihanmu.
3.   Pertimbangkan setiap pernyataan secara terpisah dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu jangan dipengaruhi oleh jawaban terhadap pernyataan lain.
4.   Catat responmu pada lembar jawaban yang tersedia, dan ikuti petunjuk-petunjuk lain yang mungkin diberikan berkaitan dengan lembar jawaban. Terima kasih.



Keterangan Pilihan jawaban:
1. = sangat tidak setuju
2. = tidak setuju
3. = ragu-ragu
4. = setuju
5. = sangat setuju


PERNYATAAN

NO
Pertanyaan
Pilihan Jawaban
1
2
3
4
5
1.
Guru benar-benar mengetahui bagaimana membuat kami menjadi antuasias terhadap materi pelajaran





2.
Hal-hal yang saya pelajari dalam pembelajaran ini akan bermanfaat bagi saya





3.
Saya yakin bahwa saya akan berhasil dalam pembelajaran ini





4.
Pembelajaran ini kurang menarik bagi saya





5.
Guru membuat materi pelajaran ini menjadi penting





6.
Saya perlu beruntung agar mendapat nilai yang baik dalam pembelajaran ini





7.
Saya harus bekerja sangat keras agar berhasil dalam pembelajaran ini.





8.
Saya tidak melihat bagaimana hubungan antara isi pelajaran ini dengan sesuatu yang telah saya ketahui





9.
Guru membuat suasana menjadi tegang apabila membangun sesuatu pengertian





10.
Materi pembelajaran ini terlalu sulit bagi saya






Sumber: GPAI SMPN 1 Praya Timur


[1] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan……… hlm. 84

Tidak ada komentar:

Posting Komentar