Angket juga dapat digunakan sebagai
alat bantu dalam rangka penilaian hasil belajar. Berbeda dengan wawancara,
dimana penilai (evaluator) berhadapan secara langsung (face to face)
dengan peserta didik atau dengan pihak lainnya, maka dengan menggunakan angket,
pnegumpulan data sebagai bahan penilai hasil belajar jauh lebih praktis,
menghemat waktu dan tenaga. Hanya saja, jawaban yang diberikan seringkali tidak
sesuai dengan kenyataan yang sebanarnya.[1]
Ditinjau dari segi yang memberikan jawaban, angket dibedakan menjadi 2
macam:
a. Angket
langsung
b. Angket tidak
langsung
Sedangkan kalau ditinjau dari segi cara memberikan jawaban, angket
dibedakan menjadi 2 macam:
1) Angket
tertutup
2) Angket
terbuka
Adapu kalau titinjau dari strukturnya, angket
dibedakan menjadi 2 macam:
a)
Angket terstruktur
b)
Angket tidak terstruktur
Sedang cara untuk pengembangan angket dapt dilakukan dengan cara
beberapa poin di bawah ini:
i.
Merumuskan tujuan
ii.
Merumuskan kegiatan
iii.
Menyusun langkah-langkah
iv.
Menyusun kisi-kisi
v.
Menyusun panduan angket
vi.
Menyusun alat penilaian
Contoh
angket:
ANGKET MINAT SISWA
TERHADAP PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran :……………………
Kelas/
Semester : …………………………
Hari/tanggal
: ………………
Petunjuk
1. Pada angket ini terdapat 34
pernyataan. Pertimbangkan baik-baik setiap pernyataan dalam kaitannya dengan
materi pembelajaran yang baru selesai kamu pelajari, dan tentukan kebenaranya.
2. Berilah jawaban yang benar sesuai
dengan pilihanmu.
3. Pertimbangkan setiap pernyataan
secara terpisah dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu jangan dipengaruhi oleh
jawaban terhadap pernyataan lain.
4. Catat responmu pada lembar jawaban
yang tersedia, dan ikuti petunjuk-petunjuk lain yang mungkin diberikan
berkaitan dengan lembar jawaban. Terima kasih.
Keterangan
Pilihan jawaban:
1. = sangat tidak setuju
2. = tidak setuju
3. = ragu-ragu
4. = setuju
5. = sangat setuju
PERNYATAAN
NO
|
Pertanyaan
|
Pilihan
Jawaban
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Guru
benar-benar mengetahui bagaimana membuat kami menjadi antuasias terhadap
materi pelajaran
|
|||||
2.
|
Hal-hal
yang saya pelajari dalam pembelajaran ini akan bermanfaat bagi saya
|
|||||
3.
|
Saya yakin
bahwa saya akan berhasil dalam pembelajaran ini
|
|||||
4.
|
Pembelajaran
ini kurang menarik bagi saya
|
|||||
5.
|
Guru
membuat materi pelajaran ini menjadi penting
|
|||||
6.
|
Saya perlu
beruntung agar mendapat nilai yang baik dalam pembelajaran ini
|
|||||
7.
|
Saya harus
bekerja sangat keras agar berhasil dalam pembelajaran ini.
|
|||||
8.
|
Saya tidak
melihat bagaimana hubungan antara isi pelajaran ini dengan sesuatu yang telah
saya ketahui
|
|||||
9.
|
Guru
membuat suasana menjadi tegang apabila membangun sesuatu pengertian
|
|||||
10.
|
Materi
pembelajaran ini terlalu sulit bagi saya
|
Sumber: GPAI SMPN 1 Praya Timur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar