RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP LPMP
Mata
Pelajaran : Seni
Budaya (Seni Teater)
Kelas/semester : VII/Satu
Materi Pokok : Meragakan adegan fragmen
Alokasi
Waktu : 2 X Pertemuan ( 6 JP )
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah kongkrit (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Memahami konsep, teknik dan prosedur
dasar seni peran untuk pementasan
fragmen
4.1 Memeragakan adegan fragmen sesuai konsep,
teknik dan prosedur seni peran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.1.1 Menjelaskan pengertian teater / seni peran
3.1.2 Menjelaskan pengertian fragmen.
3.1.3 Mengidentifikasi berbagai teknik dasar bermain
akting teater,
3.1.4 Mendeskripsikan teknik dasar bermain akting
teater berdasarkan olah
suara,
dan olah rasa.
4.1.1 Melakukan teknik dasar akting teater berdasarkan
olah tubuh, olah
tubuh, olah suara, dan olah rasa,
4.1.2 Melakukan teknik dasar akting teater berdasarkan
olah tubuh, olah
suara,
dan olah rasa dengan sikap dan kehidupan sosial budaya di
masyarakat,
memeragakan penampilkan teknik dasar bermain akting
teater
berdasarkan olah tubuh, olah suara, dan olah rasa secara lisan
dan tertulis.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama :
1. Setelah menyaksikan penayangan video pementasan
teater siswa dapat menjelaskan pengertian teater dengan tepat.
2. Setelah membaca uraian tentang pementasan teater di
buku siswa secara cermat, siswa dapat menjelaskan pengertian fragmen dengan
benar.
3. Setelah membaca uraian tentang pementasan teater di
buku siswa secara cermat, siswa dapat menjelaskan pengertian acting dengan
benar
4. Setelah menyaksikan penayangan video pementasan
teater siswa dapat mengidentifikasi berbagai teknik dasar bermain acting teater
dengan benar.
5. Setelah menyaksikan penayangan video pementasan
teater dan membaca uraian tentang pementasan teater di buku siswa secara cermat siswa dapat mendeskripsikan teknik dasar bermain
akting teater berdasarkan olah
suara,
dan olah rasa dengan tepat.
Pertemuan Kedua :
1. Setelah
menyaksikan penayangan video pementasan teater dan latihan bermain peran siswa dapat memeragakan teknik dasar akting teater berdasarkan olah tubuh,
olah tubuh, olah suara, dan olah rasa dengan tepat.
Pertemuan Ketiga :
2. Setelah menyaksikan penayangan video pementasan
teater dan membaca uraian tentang pementasan teater di buku siswa secara cermat siswa dapat mengkomunikasikan teknik dasar akting
teater berdasarkan olah tubuh, olah suara, dan olah rasa dengan sikap dan
kehidupan sosial budaya di masyarakat, melalui lisan maupun tulisan.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Materi Reguler
:
Teater :
a. Pengertian
Teater
b. Pengertian
Fragmen;
c. Teknik
dasar acting teater ;
-
Pengertian akting
-
Olah Tubuh
-
Olah Suara
-
Olah Rasa
d. Merancang
Naskah Fragmen
e. Membuat
laporan hasil rancangan naskah fragmen
MATERI
REMIDIAL
1)
Pengetahuan :
1.1 Mendiskripsikan tekhnik dasar bermain akting teater berdasar olah
tubuh, olah suara, olah rasa
2) Ketrampilan :
2.1 Memeragakan Tekhnik
dasar akting teater berdasarkan olah tubuh, olah suara, olah rasa sesuai sikap dan kehidupan sosial
budaya di masyarakat
MATERI PENGAYAAN :
Membuat
naskah fragmen
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Problem Based Learning
2. Project Based Learning
F. MEDIA , BAHAN dan ALAT
1.
Media :
Video teater, foto-foto teater tradisional, LCD, Laptop
2.
Bahan :
-
3.
Alat : Properti
G. SUMBER BELAJAR
-
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2014. Seni Budaya. Buku Siswa.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan halaman 73-93
-
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2014. Seni Budaya. Buku Guru.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan halaman 82-121
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan I
1. Kegiatan
Pendahuluan 15 menit
|
|
·
Mengucapkan salam.
·
Berdoa bersama
·
Mengecek kehadiran
peserta didik.
·
Mengkondisikan Peserta Didik dengan
menberikan beberapa pertanyaan tentang teater
·
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
·
Memotivasi peserta
didik dengan menyampaikan mamfaat belajar tehnik
bermain peran dalam kehidupan sehari- hari
· Menyampaikan cakupan dan teknik penilaian
|
|
Kegiatan Inti 90 menit
|
|
1. Orientasi terhadap masalah
|
- Guru membagikan dan mengajak siswa untuk membaca
artikel mengenai teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa
-.guru mengajak siswa menyaksikan pertujukan teater tradisional melalui tayangan video
|
2. Organisasi belajar
|
- guru membentuk kelompok siswa yang beranggotakan 3
s.d. 4 orang
- guru meminta siswa untuk mengidentifikasi teknik
dasar bermain fragmen
|
3.Penyelidikan
indivi-dual maupun kelom-pok
|
Guru membimbing siswa
dalam mencari informasi tentang teater
Guru membimbing siswa
dalam mencari informasi tentang fragmen
Guru membimbing siswa
dalam mencari informasi tentang akting
Guru membimbing siswa
dalam mencari informasi tentang teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa melalui berbagai cara
|
4.Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian
masalah
|
Guru membimbing dan mendampingi masing-masing kelompok,
dalam penyelesaian masalah apabila ditemukan kesalahan dalam hasil diskusi maka
guru mengarahkan pada jawaban yang
benar.
Laporan bisa disampaikan secara tertulis atau
dipresentasikan menggunakan power point.
|
5.Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
|
Guru bersama siswa melakukan evaluasi dan refleksi
terhadap kegiatan yang telah dilakukan antara lain :
-
pengetahuan yang telah diperoleh,
-
menghubungkan sikap dengan materi pembelajaran
-
kemampuan psikomotorik atau
keahlian dalam praktik teknik akting teater.
Pada kegiatan refleksi, peserta didik sudah bisa
menyimpulkan, menemukan kesulitan dan mengatasinya, menemukan keindahan dan
keunikan teknik olah tubuh, olah suara dan olah rasa
|
Penutup
15 menit
|
|
1. Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan hasil kegiatan selama proses pembelajaran
2. Memberikan
tugas untuk dilakukan di rumah
3. Menyampaikan
kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan yang akan datang.
4. mengakhiri proses pembelajaran dengan do’a dan salam
|
Pertemuan II
1. Kegiatan Pendahuluan 15 menit
|
|
·
Mengucapkan salam.
·
Berdoa bersama
·
Mengecek kehadiran
peserta didik.
·
Mengkondisikan Peserta Didik dengan
menberikan beberapa pertanyaan tentang teater
·
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
·
Memotivasi peserta
didik dengan menyampaikan mamfaat belajar tehnik
bermain peran dalam kehidupan sehari- hari
· Menyampaikan cakupan dan teknik penilaian
|
|
Kegiatan Inti 90 menit
|
|
1. Penentuan projek:
2.
Perancangan langkah-langkah penyelesaian projek:
3. Penyusunan jadwal
pelaksanaan projek:
4.
Penyelesaian projek dengan fasilitasi dan monitoring
guru:
|
Guru bersama
dengan peserta didik menentukan tema fragmen.
Untuk
masing-masing kelompok
Guru memfasilitasi
Peserta didik untuk merancang langkah-langkah membuat
skenario fragmen besert pengelolaannya
Guru memberikan pendampingan kepada peserta
didik melakukan penjadwalan pelaksanaan tahapan-tahapan pembuatan fragmen sesuai denagn skenario.
Guru memfasilitasi dan memonitor
peserta didik dalam menyelesaikan fragmen yang dibuat sesuai scenario dengan benar
|
Penutup
15 menit
|
|
1. Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan hasil kegiatan selama proses pembelajaran
2. Memberikan
tugas untuk dilakukan di rumah
3. Menyampaikan
kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan yang akan datang.
4. mengakhiri proses pembelajaran dengan do’a dan salam
|
Pertemuan III
1. Kegiatan Pendahuluan 15 menit
|
|
·
Mengucapkan salam.
·
Berdoa bersama
·
Mengecek kehadiran
peserta didik.
·
Mengkondisikan Peserta Didik dengan
menberikan beberapa pertanyaan tentang teater
·
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
·
Memotivasi peserta
didik dengan menyampaikan mamfaat belajar tehnik
bermain peran dalam kehidupan sehari- hari
· Menyampaikan cakupan dan teknik penilaian
|
|
Kegiatan Inti 90 menit
|
|
5. Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil projek:
6. Evaluasi
proses dan hasil projek:
|
Guru memfasilitasi peserta didik untuk
menampilkan fragmen sesuai skenario dan mempublikasikan hasil karyanya dengan
lisan atau tulisan
Guru dan peserta didik pada akhir
proses pembelajaran melakukan refleksi
dan evaluasi terhadap penampilan fragmen masing-masing kelompok dan
hasil tugas projek
|
Penutup 15 menit
|
|
1. Guru bersama dengan siswa
menyimpulkan hasil kegiatan selama proses pembelajaran
2. Memberikan
tugas untuk dilakukan di rumah
3. Menyampaikan
kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan yang akan datang.
4. mengakhiri proses pembelajaran dengan do’a dan salam
|
C. PENILAIAN
a. Sikap
a.
Sikap
Spiritual
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
observasi
|
jurnal
|
Lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
|
b.
Sikap
Sosial
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
observasi
|
jurnal
|
Lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
|
a.
Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Tes tulis
|
Pertanyaan berbentuk soal uraian
|
Terlampir
|
Setelah pembelajaran selesai
|
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
|
b.
Ketrampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Praktek
|
Tugas membuat gambar flora/fauna/alam benda
|
Terlampir
|
Saat proses pembelajaran
|
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
|
Kompetensi Pengetahuan
1.
Teknik Penilaian :
Tes tertulis
2.
Bentuk instrument :
Uraian,
3.
Instrumen : lihat Lampiran
Kompetensi
Keterampilan
1. Teknik Penilaian :
Tes Praktik
2. Bentuk Instrumen :
Lembar Pengamatan Penampilan
3. Instrumen :
lihat Lampiran
b.
Penilaian Remidi
1. Teknik
Penilaian : Tes Praktik
2. Instrumen : Lembar Pengamatan Penampilan
3. Instrumen :
lihat Lampiran
Mataram , 19 April 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
___________________ __________________________
NIP NIP
Lampiran 4
1.
Teknik
Penilaian
Lampiran sikap
berupa jurnal
No.
|
Waktu
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tanda tangan
|
Tindak lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
·
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
c. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
No
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
KETERCAPAIAN KOPETENSI
|
INTRUMEN
|
1
|
33.1. Memahami konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran untuk Pementasan Fragmen
|
1.Menyebutkan pengertian
teater
2.Menjelaskan pengertian fragmen
3. Menjelaskan pengertian Akting
4 menjelaskan elemen
dasar olah tubuh
4 menjelaskan elemen
dasar olah suara
4 menjelaskan elemen
dasar olah rasa
|
1.Sebutksn pengertian teater!
2.Apa yang dimaksud dengan
fragmen jelaskan?
3Apa yan kamu ketahui tentang Akting!
4. 3Apa yan kamu ketahui tentang olah tubuh!
3Apa yan kamu ketahui tentang olah suara!
3Apa yan kamu ketahui tentang olah rasa!
|
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
Perolehan
|
|
1
|
Teater adalah segala tontonan yang
dipertunjukkan di depan banyak orang
|
15
|
|
2
|
Fragmen adalah cuplikan atau petikan sebuah
cerita
|
15
|
|
3
|
Akting adalah perwujudan peran sesuai dengan
karakter yang diinginkan oleh naskah dan sutradara baik secara fisik maupun
phisikis
|
20
|
|
4
|
Olah tubuh berfungsi untuk fleksibilitas gerak
sehingga pemain dapat melakukan bahasa tubuh dengan baik
|
15
|
|
5
|
Olah suara berfungsi agar pemain memiliki
kemampuan intonasi dan artikulasi secara baik
|
15
|
|
6
|
Olah rasa berfungsi agar pemain
mampu memusatkan pikiran dan memainkan daya hayal dan emosinya untuk
menghayati karakter tokoh yang dimainkan
|
20
|
|
d. Penilaian Kompetensi Ketrampilan
KKM : 70
Indikator :
4.4 Memainkan peran dengan teknik gabungan,
olah tubuh, Olah Suara, dan Olah Rasa
No
|
Aspek Yg dinilai
|
SEKOR PEROLEHAN
(beri tanda centang)
|
Jml
|
Na
|
Ket
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||
1
|
Kelenturan Tubuh
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Kebulatan Suara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketepatan Ekspresi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket.
Sekor 5
diberikan jika siswa dapat melakukan dengan sangat tepat
Sekor 4 diberikan
jika siswa dapat melakukan dengan tepat
Sekor 3
diberikan jika siswa dapat melakukan dengan Cukup tepat
Sekor 2
diberikan jika siswa dapat melakukan dengan Kurang tepat
Sekor 1
diberikan jika siswa dapat melakukan dengan sangat tidak tepat
Rumus Penialaian
|
Sekor Perolehan
|
|
X
100
|
|
15 (sekor max)
|
Pedoman
Pensekoran
Sekor Per.
|
Na
|
Sekor Per.
|
Na
|
Sekor Per.
|
Na
|
1
|
6,3
|
6
|
36.3
|
11
|
66,3
|
2
|
12,6
|
7
|
42,6
|
12
|
72,6
|
3
|
19,3
|
8
|
49,3
|
13
|
79,6
|
4
|
25,5
|
9
|
55,5
|
14
|
87,3
|
5
|
31,0
|
10
|
60,0
|
15
|
100
|
Penyusun/Perancang
RPP
IK Kelompok Teater
1. AGUS PRIANDONO, S. Pd.
2. H. MOH. KORIM, S. Pd.
3. H. PARMONO, S. Pd.
4. ANUNG MUKARMANTO, S. Pd.
5. SYAIFUL BAHRI, S. Pd.
6. ZUBAER, S. Pd.
7. SYEIHUL HADI PRAWIRA, S. Pd.
8. BIBIT SITI NURHAYANAH, S. Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar