Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Jumat, 31 Mei 2019

RPP SENI MUSIK KD3.1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  SMP Negeri 1 Praya Timur
Mata Pelajaran          :  Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/ Semester         :  VII (tujuh)/ Ganjil
Materi Pokok             :  Bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok
Alokasi Waktu           :  3 x 40 menit x (4 pertemuan)

A.    Kompetensi Inti

KI.1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
Bertanggung jawab dalam berinteraksise cara efektif sesuai dengan perkembangan   anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI.3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.    Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KD
Indikator
3.2. Memahami konsep dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok

3.2.1 Mampu menyebutkan macam-macam bentuk kelompok vokal dengan dua suara atau lebih
3.2.2 Memahami teknik vokal  dalam
menyanyi kanon
3.2.3 Memahami teknik menyanyi lagu
secara paduan suara
3.2.4 Memahami teknik menyanyi
         secara vokal grup

4.2.Menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal

4.2.1 Mampu menyanyikan lagu secara kanon
4.2.2 Mampu menyanyikan lagu secara vokal     
grup
4.2.3 Mampu menyanyikan lagu secara paduan
Suara

C.  Tujuan Pembelajaran
     Pertemuan 1
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.      Mampu menyebutkan macam-macam bentuk kelompok vokal dengan dua suara atau lebih dengan benar
2.      Menjelaskan teknik vokal  dalam menyanyi kanon dengan benar
3.      Menjelaskan teknik bernyanyi secara paduan suara dengan benar
4.      Menjelaskan teknik bernyanyi secara vokal grup dengan benar

Pertemuan 2
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.      Membaca ritme melodi lagu “Bapak Yacob” dengan benar
2.      Menyanyikan solmisasi lagu “Bapak Yakob” dengan tepat
3.      Menyanyikan lagu “Bapak Yakob” dengan lirik yang benar
4.      Menyanyikan lagu “Bapak Yakob” menggunakan teknik lagu kanon dengan benar

Pertemuan 3
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
5.      Membaca ritme melodi lagu “Kadal Nongak” dengan benar
6.      Menyanyikan solmisasi lagu “Kadal Nongak” dengan tepat
7.      Menyanyikan lagu “Kadal Nongak” dengan lirik yang benar
8.      Menyanyikan lagu “Kadal Nongak” secara vokal grup dengan dua suara

Pertemuan 4
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.      Membaca ritme melodi lagu “Padamu Negeri” dengan benar
2.      Menyanyikan solmisasi lagu “Padamu Negeri” dengan tepat
3.      Menyanyikan lagu “Padamu Negeri” dengan lirik yang benar
4.      Menyanyikan lagu “Padamu Negeri” secara paduan suara dua suara

Pertemuan 5
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.    Menyanyikan lagu secara  vokal grup, paduan suara dan kanon dengan teknik vokal yang benar
2.    Menyanyikan lagu secara vokal grup, paduan suara dan kanon dengan ekspresi (dinamik dan tempo) yang benar
3.    Menampilkan lagu secara vokal grup, paduan suara dan kanon dengan teknik vokal dan  ekspresi (dinamik dan tempo)  yang benar dengan rasa percaya diri


CATATAN PENGUATAN KARAKTER :
-          Disiplin
-          Tanggung jawab
-          Menghargai orang lain

D.  MATERI PEMBELAJARAN
1.    Materi reguler
·      Pertemuan 1
·         Teknik Kanon
Lagu bentuk kanon sering ditampilkan pada kegiatan kepramukaan, oleh karena itu peserta didik pasti pernah mengenalnya. Lagu kanon biasanya dinyanyikan susul-menyusul. Lagu Burung Hantu dapat dinyanyikan dalam dua kelompok. Kelompok pertama memulai dengan baris pertama sedangkan kelompok yang lain memulai setelah kelompok pertama selesai menyanyikan baris pertama dan kelompok kedua baru memulainya sehingga susul menyusul sampai selesai.

·         Vokal Grup
Vokal grup biasanya terdiri dari 3 sampai dengan 12 orang yang menyanyikan lebih dari satu suara. Kita masih mengenal istilah lain yaitu akapela, nasyid dan lagu kanon. Akapela adalah bentuk vokal grup gaya kapel dan tanpa alat musik pengiring. Nasyid berasal dari bahasa Arab ansyada-yunsyidu yang artinya bersenandung. Lagu kanonadalah lagu yang dinyanyikan oleh dua atau lebih kelompok penyanyi dinyanyikan dengan melodi saling kejar-mengejar / bersautan.

·           Latihan Vokal
Agar mutu suara baik sebaiknya harus melakukan latihan olah vokal danmenerapkan pernapasan diafragma. Pada Bab 5, peserta didik telah berlatih vokal dengan menyanyikan lagu Apuse dengan perpindahan nada dasar sehingga menyanyikan lagu dari yang terendah sampai nada yang paling tinggi. Sekarang kita akan berlatih vokal layaknya penyanyi paduan suara, nyanyikan beberapa melodi berikut dimulai dengan lagu bernada dasar C mayor kemudian pindah ke D mayor dan seterusnya. Teknik vokal yang baik, tentu memerlukan latihan olah vokal dan menerapkan pernapasan diafragma. Berikut ini latihan teknik vokal yang bisa peserta didik lakukan

 
·           Paduan Suara
Paduan suara adalah menyanyi yangdilakukan oleh orang banyak (minimal 12) dengan menggunakan lebih dari satu  jenis suara.Paduan suara ada dua macam yaitu paduan suara kecil dan paduan suara besar. Paduan suara kecil anggotanya 12 sampai dengan 28 orang danpaduan suara besar, anggotanya lebih dari 28 orang.

·           Latihan Lagu Dua Suara
Latihan lagu dua suara dapat dilakukan dalam dua kelompok. Kelompok pertama menyanyikan melodi suara pertama dan kelompok kedua menyanyikan melodi suara kedua. Kelompok pertama adalah kelompok perempuan, dan kelompok kedua adalah kelompok laki-laki.

·      Pertemuan 2
-          Bernyanyi Lagu kanon
“Bapak Yakob” (Lagu Are You Sleeping)
Bapak Yakob Bapak Yakob bangunlah, bangunlah
Hari sudah siang, hari sudah siang bangunlah bangunlah
Bapak Yakob Bapak Yakob bangunlah bangunlah
Lonceng sudah bunyi lonceng sudah bunyi
Ding dong ding ding dong ding







·      Pertemuan 3
-          Bernyanyi vokal grup












·      Pertemuan 4
-          Bernyanyi paduan suara




·         Pertemuan 5
·         Menyanyikan lagu secara vokal grup, paduan suara dan kanon dengan ekspresi (dinamik dan tempo) yang benar
·         Menampilkan lagu secara vokal grup, paduan suara dan kanon dengan teknik vokal dan  ekspresi (dinamik dan tempo)  yang benar dengan rasa percaya diri

2.      Materi pembelajaran pengayaan
-          Menyanyikan lagu daerah lain



3.      Materi pembelajaran remedial
-          Penugasan berlatih kembali menyanyikan lagu vokal grup



E.  METODE PEMBELAJARAN
Pembelajaran Inquiry/Discovery learning.

F.   MEDIA PEMBELAJARAN
·         Laptop
·         Software Encore
·         Proyektor
·         Gambar dan video bernyanyi unisono

G. SUMBER BELAJAR
1.      Buku Siswa: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
2.      Buku Guru: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 
3.      Buku teori musik
4.      Guru senibudaya di sekolah
5.      Sumber media internet


H.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pertemuan pertama: 3x40 menit
a.       Kegiatan pendahuluan (15 menit)

·            Guru membuka pelajaran  dengan salam dan berdoa
·            Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
·            Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
·            Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
·            Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
·            Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
·            Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan











b.      Kegiatan inti (90 menit)
NO.
TAHAP
DESKRIPSI LANGKAH PEMBELAJARAN
1
Tahap I:
Merumuskan pertanyaan

·      Mengamati beberapa tayangan video lagu kanon, vocal grup  dan paduan suara sebagai fokus pengamatan
·      Setelah mengamati video, guru bersama siswa merumuskan beberapa pertanyaan:
1. Bagaimana teknik bernyanyi lagu kanon?
2. Bagaimana teknik bernyanyi  secara vokal grup?
3. Bagaimana teknik  bernyanyi paduan suara?
4. Apa perbedaan bernyanyi dengan teknik kanon , vokal  
 grup dan paduan suara?
·         Siswa memberikan jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis)
2
Tahap II:
Merencanakan

Guru membagi siswa menjadi empat kelompok dan merencanakan prosedur pengumpulan data dan analisis data yang akan digunakan dalam penyelidikan, yaitu:
·         Pengamatan video
·         Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan membaca buku siswa dan info dari guru
3
Tahap III:
Mengumpulkan dan menganalisis data
·         Siswa mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang sudah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran
·         Guru membimbing siswa dalam kegiatan menganalisis/mengolah data dari informasi yang telah diperoleh para siswa dengan baik
4
Tahap IV
Menarik simpulan



·         Dari data yang didapat peserta didik dapat mengetahui dan memahami dengan rinci tentang teknik bernyanyi lagu kanon, teknik bernyanyi  secara vokal grup, teknik  bernyanyi paduan suara dan perbedaan bernyanyi dengan teknik kanon , vokal grup dan paduan suara
·         Dari hasil informasi yang diperoleh, yang dibuktikan kebenarannya dengan mengamati video dan membaca buku siswa, siswa merumuskan satu kesimpulan dari jawaban permasalahan yang dirumuskan
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh
5
Tahap V:
Aplikasi dan tindak lanjut
Siswa mendiskusikan penerapan hasil kesimpulan dan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabannya



c.       Kegiatan penutup (15 menit)

   Guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
   Guru menyampaikan kegiatan belajar yang akan dilakukan untuk pembelajaran berikutnya
   Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam

2.   Pertemuan kedua: 3x40 menit
a.       Kegiatan pendahuluan (15 menit)

·            Guru membuka pelajaran  dengan salam dan berdoa
·            Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
·            Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
·            Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
·            Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
·            Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
·            Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan


b.      Kegiatan inti (90 menit)
NO.
TAHAP
DESKRIPSI LANGKAH PEMBELAJARAN
1
Tahap I:
Merumuskan pertanyaan

·      Mengamati partitur lagu “Bapak Yakob” melalui layar proyektor
·      Setelah mengamati partitur  lagu “Bapak Yakob”, guru bersama siswa merumuskan beberapa pertanyaan:
1. Bagaimana cara membaca partitur lagu “Bapak
    yakob”?
2. Bagaimana menyanyikan lagu “Bapak Yakob” dengan
    teknik kanon?
·         Siswa memberikan jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis)

2
Tahap II:
Merencanakan

Guru bersama siswa merencanakan prosedur pengumpulan data dan analisis data yang akan digunakan dalam penyelidikan, yaitu:
·         Pengamatan partitur yang meliputi sukat dan tangga nada yang digunakan
·         Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan membaca buku siswa maupun sumber dari guru



3
Tahap III:
Mengumpulkan dan menganalisis data
·         Siswa mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang sudah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran
·         Guru membimbing siswa dalam kegiatan menganalisis/mengolah data dari informasi yang telah diperoleh para siswa dengan baik

4
Tahap IV
Menarik simpulan



·         Dari data yang didapat peserta didik dapat mengetahui dan memahami dengan rinci definisi cara membaca partitur dan menyanyikan lagu “Bapak Yakob” dengan teknik kanon
·         Dari hasil informasi yang diperoleh, yang dibuktikan kebenarannya dengan mengamati partitur, membaca buku siswa maupun info dari guru, siswa merumuskan satu kesimpulan dari jawaban permasalahan yang dirumuskan
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh

5
Tahap V:
Aplikasi dan tindak lanjut
Siswa mendiskusikan penerapan hasil kesimpulan dan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabannya


c.       Kegiatan penutup (15 menit)

   Guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
   Guru menyampaikan kegiatan belajar yang akan dilakukan untuk pembelajaran berikutnya
   Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam

3.   Pertemuan ketiga: 3x40 menit
a.       Kegiatan pendahuluan (15 menit)
·            Guru membuka pelajaran  dengan salam dan berdoa
·            Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
·            Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
·            Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
·            Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
·            Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
·            Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan

b.      Kegiatan inti (90 menit)
NO.
TAHAP
DESKRIPSI LANGKAH PEMBELAJARAN
1
Tahap I:
Merumuskan pertanyaan

·         Mengamati partitur lagu “Kadal Nongak” dua suara
·         Setelah mengamati partitur, guru bersama siswa merumuskan beberapa pertanyaan:
1. Berapa sukat yang digunakan dalam lagu tersebut
2. Tangga nada apa yang digunakan?
3. Bagaimana cara mencari suara dua?
4. Bagaimana teknik bernyanyi vokal grup?
·       Siswa memberikan jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis)

2
Tahap II:
Merencanakan

Guru membagi siswa menjadi empat kelompok dan merencanakan prosedur pengumpulan data dan analisis data yang akan digunakan dalam penyelidikan, yaitu:
·         Pengamatan partitur “Kadal Nongak”
·         Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan membaca buku siswa, buku teori musik maupun info dari guru
3
Tahap III:
Mengumpulkan dan menganalisis data
·         Siswa mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang sudah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran
·         Guru membimbing siswa dalam kegiatan menganalisis/mengolah data dari informasi yang telah diperoleh para siswa dengan baik
4
Tahap IV
Menarik simpulan



·         Dari data yang didapat peserta didik dapat mengetahui dan memahami dengan rinci sukat yang digunakan  dan tangga nada apa yang digunakan lagu kadal nongak, bagaimana  cara mencari suara dua dan teknik bernyanyi vokal grup
·         Dari hasil informasi yang diperoleh, yang dibuktikan kebenarannya dengan mengamati partitur dan membaca buku siswa, buku teori musik maupun info dari guru, siswa merumuskan satu kesimpulan dari jawaban permasalahan yang dirumuskan
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh

5
Tahap V:
Aplikasi dan tindak lanjut
Siswa mendiskusikan penerapan hasil kesimpulan dan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabannya


c.       Kegiatan penutup (15 menit)
   Guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
   Guru menyampaikan kegiatan belajar yang akan dilakukan untuk pembelajaran berikutnya
   Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam

4.   Pertemuan keempat: 3x40 menit
a.       Kegiatan pendahuluan (15 menit)
·            Guru membuka pelajaran  dengan salam dan berdoa
·            Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
·            Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
·            Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
·            Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
·            Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
·            Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan

b.      Kegiatan inti (90 menit)
NO.
TAHAP
DESKRIPSI LANGKAH PEMBELAJARAN
1
Tahap I:
Merumuskan pertanyaan

·         Mengamati video paduan suara dan partitur lagu “Bagimu Negeri”
·         Setelah mengamati video dan partitur, guru bersama siswa merumuskan beberapa pertanyaan:
1.      Bagaimana teknik bernyanyi paduan suara
2.      Berapa sukat lagu “Bagimu Negeri”
3.      Apa tangga nada yang digunakan lagu “Bagimu Negeri”
4.      Bagaimana cara menyanyikan lagu “Bagimu Negeri” secara paduan suara?
·         Siswa memberikan jawaban sementara atas pertanyaan yang dirumuskan (hipotesis)

2
Tahap II:
Merencanakan

Guru membagi siswa menjadi empat kelompok dan merencanakan prosedur pengumpulan data dan analisis data yang akan digunakan dalam penyelidikan, yaitu:
·         Pengamatan  video paduan suara dan partitur
·         Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan membaca buku siswa, buku teori musik maupun info dari guru
3
Tahap III:
Mengumpulkan dan menganalisis data
·         Siswa mengumpulkan informasi berdasarkan prosedur yang sudah direncanakan untuk menjawab masalah-masalah yang dirumuskan sesuai dengan tujuan pembelajaran
·         Guru membimbing siswa dalam kegiatan menganalisis/mengolah data dari informasi yang telah diperoleh para siswa dengan baik

4
Tahap IV
Menarik simpulan



·         Dari data yang didapat peserta didik dapat mengetahui dan memahami dengan rinci sukat dan tangga nada yang digunakan lagu  dan cara menyanyikan lagu “Bagimu Negeri” secara paduan suara
·         Dari hasil informasi yang diperoleh, yang dibuktikan kebenarannya dengan mengamati video dan info dari guru, siswa merumuskan satu kesimpulan dari jawaban permasalahan yang dirumuskan
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kesimpulan yang diperoleh

5
Tahap V:
Aplikasi dan tindak lanjut
Siswa mendiskusikan penerapan hasil kesimpulan dan mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan atau permasalahan lanjutan untuk dicari jawabannya


c.       Kegiatan penutup (15 menit)
   Guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
   Guru menyampaikan kegiatan belajar yang akan dilakukan untuk pembelajaran berikutnya
   Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam

5.   Pertemuan kelima: 3x40 menit
a.       Kegiatan pendahuluan (15 menit)
·            Guru membuka pelajaran  dengan salam dan berdoa
·            Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
·            Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
·            Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
·            Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
·            Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
·            Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan







b.      Kegiatan inti (90 menit)
LANJUTAN:
-       Menampilkan lagu secara vokal grup, paduan suara dan kanon dengan teknik vokal
dan  ekspresi (dinamik dan tempo)  yang benar dengan rasa percaya diri

c.       Kegiatan penutup (15 menit)
   Guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
   Guru menyampaikan kegiatan belajar yang akan dilakukan untuk pembelajaran berikutnya
   Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa dan salam


I.    PENILAIAN
A.    Penilaian hasil pembelajaran
1.      Teknik Penilaian
a.      Sikap Spiritual
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
observasi
Jurnal
Lampiran 1
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran

b.      Sikap Sosial
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
observasi
Jurnal
Lampiran 1
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran

c.       Pengetahuan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
Tes tulis
Pertanyaan berbentuk soal uraian
Jelaskan teknik bernyanyi lagu kanon
Setelah pembelajaran selesai
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran

d.      Ketrampilan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
Praktek
Tugas bernyanyi secara unisono
Menyanyikan lagu “Bapak Yakob” dengan teknik kanon
Saat proses pembelajaran
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran

2.      Instrumen Penilaian
a.      Tes tertulis
1.      Sebutkan 4 jenis kelompok vokal yang bernyanyi menggunakan dua suara atau lebih!
2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan lagu kanon!
3.      Berapa anggota vokal grup?


Kunci :

1.      Jenis-jenis kelompok vokal:
·         Vokal grup
·         Akapela
·         Nasyid
·         Paduan suara
2.      Lagu kanon adalah lagu yang dinyanyikan oleh dua
atau lebih kelompok penyanyi dinyanyikan dengan melodi saling kejar-mengejar.
3.      3 sampai 12 orang

 












b.      Praktek
1.      Nyanyikan lagu “Kadal Nongak” secara vokal grup
2.      Nyanyikan lagu “Bapak Yakob” dalam bentuk kanon


3.      Pembelajaran Remidial
Pembelajaran remidial adalah penjelasan ulang pada siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal yang sudah ditentukan. Penjelasan dilakukan hanya pada KD yang belum tuntas dengan cara:
·         Pembelajaran ulang
·         Bimbingan perorangan
·         Belajar kelompok
·         Tutor sebaya

4.      Pembelajaran Pengayaan
Pengayaan dilakukan pada siswa yang lebih dulu mencapai ketuntasan dari pada yang lain. Pengayaan pada KD ini adalah memberikan tugas untuk menyanyikan lagu “Suwe ora jamu” dalam bentuk paduan suara



Mengetahui,                                                                            Mujur, 01 Agustus 2017
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran
                                   


Buhari, S. Pd.                                                                                    Fitraturrahman, S.Pd.
NIP. 19711231 199802 1 018                                                 NIP.19860629 20903 1 003






















LAMPIRAN
PEDOMAN PENILAIAN

1.      Teknik Penilaian Sikap
a.      Sikap Spiritual
No
Waktu
Nama siswa
Catatan
Butir sikap
TTD
Tindak lanjut
1

01/09/17

Ayu Lestari
Mengajak temannya untuk berdoa sebelum praktik berlatih bernyanyi di ruang keterampilan
ketaqwaan

ditingkatkan

02/09/17
Jurfan
Mengganggu temannya pada saat berdo’a
ketaqwaan

Pembinaan

b.      Sikap Sosial
No
Waktu
Nama siswa
Catatan
Butir sikap
TTD
Tindak lanjut
1

11/09/17

Rijal
Memungut sampah yang
berserakan di depan kelas.
kepedulian

ditingkatkan

14/09/17
Bayu
Terlambat mengikuti pelajaran
Kedisiplinan

pembinaan










2.      Tes tulis:
Rentang nilai 1 - 4   
No. Soal
Deskripsi
Skor
1
Bila jawaban benar dan lengkap
4

Bila jawaban benar 3
3

Bila jawaban benar 2
2

Bila jawaban benar 1
1

Bila tidak ada jawaban
0
2
Bila jawaban benar dan lengkap
4

Bila jawaban kurang lengkap
2

Bila kurang tepat
1

Bila tidak ada jawaban
0
3
Bila jawaban benar dan lengkap
4

Bila jawaban kurang lengkap
3

Bila jawaban kurang tepat
1

Bila tidak ada jawaban
0



Skor yang diperoleh
 


Skor Maksimal
Nilai :                                                  x 90



3.    Penilaian Praktek
a. Tugas kinerja
1.      Nyanyikan lagu kadal nongak
2.      Nyanyikan lagu Inaq Tegining Amaq Teganang






b.    Instrumen  penilaian kinerja
  INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA

Nama                                            : ………………….
Kelas                                            : ………………….
Tanggal Penilaian                         : …………………..
Materi Pokok                               : Bernyanyi lebih dari satu suara
No.
Indikator
Hasil Penilaian
4
3
2
1
1
Artikulasi
4



2
Intonasi

3


3
Frasering

3


4
Ekspresi

3


Jumlah Skor yang Diperoleh
                          13

Karena rentang nilai adalah 0 – 90, maka memerlukan rumus untuk mengkonversi nilai dari  0-4 menjadi 0-90.
Rumus konversi sebagai berikut:
Perolehan Nilai
 


Nilai Maksimum
N =                                  x 90

Tidak ada komentar:

Posting Komentar