RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP N 1 LPMP
Mata
Pelajaran : Seni
Budaya (Seni Tari)
Kelas/semester :
VII/Satu
Materi Pokok :
Ruang Waktu dan Tenaga Dalam Tari
Alokasi Waktu : 2 x
pertemuan (6 JP)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan
menghayati prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian yang tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan
abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lainnya yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.1
Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga
4.1 Melakukan gerak tari
berdasarkan unsur ruang, waktu, dan tenaga
Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Mengidentifikasi
macam-macam gerak tari berdasarkan ruang, Waktu dan tenaga dalam tari
3.1.2
Menjelaskan
konsep tenaga, ruang, dan waktu dalam tari.
|
4.1.1.Memperagakan
gerak tari dengan ruang gerak yang luas dan ruang gerak yang kecil
4.1.2.Memperagakan gerak tari dengan tempo cepat dan lambat
4.1.3.Memperagakan gerak tari dengan intensitas, aksen, dan
kualitas gerak yang bervariasi.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah pembelajaran selesai, siswa dapat :
1.
Menyebutkan elemen gerak dengan
benar
berdasarkan ruang, Waktu dan tenaga dalam tari.
2.
MengidentifikasI gerak tari berdasarkan ruang dengan
benar
3.
MengidentifikasI gerak tari berdasarkan waktu dengan
benar
4.
MengidentifikasI gerak tari berdasarkan tenaga dengan
benar
5.
Menjelaskan
gerak tari berdasarkan ruang dengan benar
6.
Menjelaskan
gerak tari berdasarkan waktu dengan benar
7.
Menjelaskan
gerak tari berdasarkan tenaga dengan benar
8.
Menjelaskan
teknik dalam mengeksplorasi gerak tari dengan benar berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
Pertemuan
kedua
9.
Berdasarkan
analisis data dan teknik gerak tari yang telah ditemukan siswa mampu
mengesplorasi gerak berdasarkan unsur Ruang
waktu dan tenaga dalam tari dengan tepat
Catatan Penguatan Karakter: Kerjasama, disiplin,
percaya diri, saling menghargai,
|
D.
Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran
Reguler
·
Pengertian
Elemen Gerak Tari
·
Unsur-unsur
elemen gerak tari
Ø Ruang
Ø Waktu
Ø Tenaga
·
Teknik
Mengeksplorasi gerak berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga
2. Materi Pembelajaran
Pengayaan
Membuat
gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu
dan tenaga
3. Materi pembelajaran
Remidial
·
Pengertian
Elemen Gerak Tari
·
Unsur-unsur
elemen gerak tari
Ø Ruang
Ø Waktu
Ø Tenaga
·
Teknik
Mengeksplorasi gerak berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga
E.
Metode Pembelajaran
v Menggunakan model pembelajaran Discoovery Learning
F.
Media
1.
Laptop
2.
LCD Proyektor
3.
Klipping Tari
4. Internet
G.
Sumber Belajar
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014. Seni Budaya Kelas VII
Buku siswa. Jakarta
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
I
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a. Apersepsi
· berdo’a, menyapa dan mengabsensi peserta
didik sebelum melakukan pembelajaran.
· Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang
berhubungan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
·
Menyampaikan garis besar tentang cakupan kompetensi yang akan dilakukan peserta didik dan guru
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
· Menyampaikan manfaat materi dalam kehidupan
sehari-hari
b.
Motivasi
·
Mengajak siswa mengamati contoh gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
melalui tayangan video
·
Menanyakan perbedaan gerak berdasarkan ruang waktu dan tenaga dalam
tari
2. Kegiatan
inti (90 menit)
Kegiatan inti pembelajaran pada KD Ruang, Waktu dan
Tenaga dalam Tari menggunakan model pembelajaran descovery learning. Peserta
didik bersama dengan guru dapat melakukan aktivitas sebagai berikut :
No.
|
Fase pembelajaran
|
Kegiatan siswa
|
1
|
Persiapan
|
Menentukan tujuan pembelajaran dan
mengidentifikasi karakter peserta
didik untuk untuk memahami kemampuan, minat dan gaya belajar peserta didik
untuk menentukan strategi maupun media yang sesuai untuk pembelajaran.
|
2
|
Stimulasi/pemberian
rangsangan
|
Siswa diajak mengamati video/Gambar
tari yang ditayangkan . Kemudian siswa menjawab pertanyaan berikut ini secara
lisan:
1. Apakah
ada perbedaan disetiap elemen gerak tari yang dilakukan?
2. Apakah
pose gerak yang dilakukan memiliki ruang?
3. Berapa
lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan gerak ?
4. Berapa
besar tenaga ang digunakan untuk melalakukan gerak?
|
3
|
Identifikasi
Masalah
|
Setelah
siswa melakukan pengamatan dan melihat tayangan video/gambar tari, dengan
bimbingan guru, siswa berusaha mengidentifikasi permasalahan yang terdapat
dalam gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga dalam tari.
|
4
|
Mengumpulkan
Data
|
Merencanakan prosedur dalam
mengumpulkan data.
Siswa di bawah bimbingan guru merencanakan
prosedur pengumpulan data dengan cara:
1. Membaca
buku siswa maupun buku-buku lain yang relevan
2. Melakukan
wawancara dengan seniman dan praktisi yang ada disekitar lingkungan siswa
3. Melakukan
eksplorasi yang terkait dengan elemen gerak berdasarkan unsur ruang, waktu
dan tenaga.
4. melakukan
penelusuran melalui internet terkait media yang mungkin bisa dimanfaatkan
untuk mengeksplorasi gerak berdasarkan ruang, waktu dan tenaga dalam tari dapat dilihat melalui situs:
https://www.google.com/search?q=ruang+waktu+dan+tenaga+dalam+tari&client=firefox-b&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ved=0ahUKEwjJqqzQr6_TAhXJMI8KHQczDIoQsAQIWQ&biw=1366&bih=657
|
5
6
|
Mengolah
Data
|
Siswa di bawah bimbingan guru
melakukan analisis dan pengolahan data hasil pengumpulan dari berbagai sumber
dengan cara :
1. Orginating-Recording
(Pencatatan)
2. Classifiying
(Klasifikasi)
3. Sorting
(Penyusunan)
4. Calculating
(Perhitungan)
5. Retrieving
(Pencarian)
6. Communicating
(Komunikasi )
7. Summarizing
(Penyusunan Laporan)
Storing
(Penyimpanan)
|
3.
Kegiatan Penutup (15
menit)
Guru
melakukan evaluasi dan refleksi. Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada
tiga aspek yaitu pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan
materi pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktek memperagakan
gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga. Siswa diminta untuk
mengomunikasi baik secara tertulis atau lisan terhadap proses pembelajaran yang
telah berlangsung
Pertemuan II
1. Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
1. Apersepsi
· berdo’a, menyapa dan mengabsensi peserta
didik sebelum melakukan pembelajaran.
· Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang
berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
· Menyampaikan garis besar tentang kegiatan
yang akan dilakukan peserta didik dan guru
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
· Menyamoaikan manfaat dalam kehidupan
sehari-hari
2. Motivasi
· Mengajak siswa mengevaluasi tugas yang
dilakukan pada pertemuan sebelumnya
·
Memberikan
penguatan dan pujian atas kerja siswa pada pertemuan sebelumnya
. Kegiatan inti (90 menit)
Pada kegiatan inti ke II peserta didik bersama
dengan guru dapat melakukan aktivitas sebagai berikut :
No.
|
Fase pembelajaran
|
Kegiatan siswa
|
5
|
Pembuktian
|
Berdasarkan data yang sudah
dikumpulkan peserta didik, dan analisis yang sudah dilakukan, kegiatan
berikutnya adalah melakukan pembuktian. Pembuktian ini dilakukan dengan cara mempraktekkan
jawaban sementara yang sudah dirumuskan terhadap masalah yang
masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya
(hipotesis). Kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik adalah membuat karya
tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga secara individu dengan
memperhatikan :
|
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
Guru melakukan evaluasi dan
refleksi. Kegiatan evaluasi dan refleksi menekankan pada tiga aspek yaitu
pengetahuan yang telah diperoleh, menghubungkan sikap dengan materi
pembelajaran, dan kemampuan psikomotorik atau keahlian dalam praktek memperagakan
gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga. Siswa diminta untuk
mengomunikasi baik secara tertulis atau lisan terhadap proses pembelajaran yang
telah berlangsung.
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Teknik
Penilaian
a.
Sikap
Spiritual
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
observasi
|
jurnal
|
Lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
|
b.
Sikap
Sosial
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
observasi
|
jurnal
|
Lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
|
c.
Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Tes tulis
|
Pertanyaan berbentuk soal uraian
|
Sebutkan unsur-unsur elemen
gerak tari
|
Setelah pembelajaran selesai
|
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
|
d.
Ketrampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Praktek
|
Membuat Gerak Tari Berdasarkan Unsur ruang waktu dan
tenaga
|
Buatlah minimal 5 gerakan berdasarkan unsur ruang waktu
dan tenaga
|
Saat proses pembelajaran
|
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
|
2. Instrumen Penilaian
a. Tes
Tertulis
1.
Sebutkan unsur-unsur elemen gerak tari!
2. Jelaskan Perbedaan antara Ruang waktu dan tenaga dalam gerak tari
3. Jelaskan Hubungan antara gerak dengan ruang
4. Jelaskan hubungan antara gerak dan waktu
5. Jelaskan hubungan antara gerak dan tenaga
Kunci
Jawaban
1.
Ruang,
waktu dan tenaga
2.
Ruang
adalah jangkauan gerak , waktu adalah dinamika gerak sedangkan tenaga adalah kuat lemahnya gerak
yang dilakukan
3.
Hubungan
gerak dan ruang : setiap gerak
memerlukan ruang baik sempit maupun luas
4.
Hubungan
gerak dan waktu : setiap gerakan memerlukan tempo atau ketukan
5.
Hubungan
antara gerak dan tenaga : setiap gerakan memerlukan tenaga
b.
Praktek
Buatlah 5 gerakan berdasarkan :
Ø
Ruang
Ø
Waktu
Ø
Tenaga.
3.
Pembelajaran
Remidial
Pembelajaran
remidial adalah penjelasan ulang pada siswa yang belum mencapai ketuntasan
minimal yang sudah ditentukan. Penjelasan dilakukan hanya pada KD yang belum
tuntas dengan cara:
·
Pembelajaran ulang
·
Bimbingan perorangan
·
Belajar kelompok
·
Tutor sebaya
4.
Pembelajaran
Pengayaan
Pengayaan dilakukan pada siswa yang
lebih dulu mencapai ketuntasan dari pada yang lain. Pengayaan pada KD ini
adalah memberikan tugas membuar gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan
tenaga.
Mataram,
Mengetahui
Kepala SMPN 1 LPMP Guru
Mata Pelajaran
...............................
.................................
Nip.
Nip.
|
1.
Teknik
Penilaian Sikap
a.
Sikap
Spiritual
No
|
Waktu
|
Nama siswa
|
Catatan
|
Butir sikap
|
TTD
|
Tindak lanjut
|
1
|
17/04/17
|
Ayu Lestari
|
Mengajak
temannya untuk berdoa sebelum praktik menari di ruang keterampilan
|
ketaqwaan
|
|
ditingkatkan
|
|
19/04/17
|
Jurfan
|
Mengganggu temannya pada saat berdo’a
|
ketaqwaan
|
|
Pembinaan
|
b.
Sikap
Sosial
No
|
Waktu
|
Nama siswa
|
Catatan
|
Butir sikap
|
TTD
|
Tindak lanjut
|
1
|
17/04/17
|
Rijal
|
Memungut
sampah yang
berserakan di depan kelas.
|
kepedulian
|
|
ditingkatkan
|
18/04/17
|
Bayu
|
Terlambat
mengikuti pelajaran
|
Kedisiplinan
|
|
pembinaan
|
2. Tes tulis:
Rentang nilai 1 – 3
No. soal
|
Deskripsi
|
skor
|
1
|
Bila
jawaban lengkap
|
3
|
Bila
jawaban hanya 2
|
2
|
|
Bila
jawaban hanya 1
|
1
|
|
|
|
|
2
|
Bila
jawaban dan penjelasan benar dan
lengkap
|
4
|
Bila
jawaban dilengkapi penjelasan tetapi kurang sempurna
|
3
|
|
Bila
jawaban dilengkapi dengan penjelasan yang salah
|
2
|
|
Bila
jawaban salah
|
1
|
|
3
|
Bila
jawaban dan penjelasan benar
dan lengkap
|
1
|
Bila
jawaban dilengkapi penjelasan tetapi kurang sempurna
|
1/2
|
|
Bila
jawaban salah
|
0
|
|
|
|
|
4
|
Bila
jawaban dan penjelasan benar
dan lengkap
|
1
|
Bila
jawaban dilengkapi penjelasan tetapi kurang sempurna
|
1/2
|
|
Bila
jawaban salah
|
0
|
|
|
|
|
5
|
Bila
jawaban dan penjelasan benar
dan lengkap
|
1
|
Bila
jawaban dilengkapi penjelasan tetapi kurang sempurna
|
1/2
|
|
Bila
jawaban salah
|
0
|
|
|
|
|
|
3.
Penilaian
Kinerja
a. Tugas kinerja
Buatlah 5 gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga
b. Instrumen
penilaian kinerja
INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIK
Nama :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Penilaian : …………………..
Materi Pokok :
No
|
Indikator
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Memeragakan gerak dengan ruang luas
dan sempit
|
|
|
|
|
2
|
Memeragakan gerak dengan tempocepat
dan lambat
|
|
|
|
|
3
|
Memeragakan gerak dengan alun cepat
dan lambat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
- Skor 4
Jika gerakannya sangat luwes dan sesuai dengan iringan
- Skor 3 Jika gerakan luwes dan sesuai
dengan iringan
- Skor 2 Jika gerakan kurang luwes dan
kurang sesuai dengan iringan
- Skor 1 Jika gerakan tidak luwes dan tidak sesuai dengan iringan
MODUL
Mapel : Seni Budaya
Bab : V
RUANG
WAKTU DAN TENAGA PADA GERAK TARI
A.
Pengertian
elemen gerak pada tari
Tari
adalah ekspresi jiwa manusia yang diwujudkan melalui gerak-gerak ritmis yang
indah.
Elemen dasar tari adalah Gerak. Gerak pada tari dilakukan secara ritmis dan
memiliki makna sedangkan gerak sehari-hari lebih menekankan pada gerak yang
fungsional.
Di dalam gerak mencakup ruang,
waktu dan tenaga.
1.
RUANG
1. Tari dengan
bentuk ruang yang melengkung 2. Elemen gerak dapat diolah melalui ruang pentas
v Ruang dalam gerak merupakan efek
yang ditimbulkan akibat gerak yang dilakukan.
v Jika melakukan gerakan ditempat
tanpa berdiri berarti melakukan gerak
diruang pribadi, sedangkan jika bergerak berpindah tempat maka melakukan gerak
diruang umum.
2.
WAKTU
Penari dengan gerak
melayang memerlukan waktu saat
tumpuan dan
melayang sampai turun kelantai kembali
v
Waktu
dalam gerak merupakan satuan irama dari gerak yang dilakukan
v Tempo merupakan cepat atau lambat gerak yang dilakukan
v Fungsi tempo pada gerak tari untuk memberikan kesan dinamis sehingga tarian enak untuk dinikmati
3.
TENAGA
Gerak
melompat keatas punggung memerlukan gerak
berdiri dengan gerakan tertahan dilantai
Tenaga lebih
kuat untuk memberi kesan dan karakter
memberi kesan ringan sehingga tenaga yang
Gerak Lebih
dinamis demikian juga yang menjadi
digunakan lebih ringan
Pijakan kaki
penari
v Tenaga dalam gerak
merupakan satuan kekuatan yang dikeluarkan dalam melakukan gerak
v Jika gerak yang dilakukan memiliki
intensitas tinggi tentu saja memerlukan tenaga yang kuat. Sebaliknya, gerak
dengan intensitas rendah memerlukan tenaga yang lemah atau sedikit
REVISI RPP KD 3.1
2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar