RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas Sekolah :
SMP Negeri LPMP
Mata Pelajaran/Tema/sub tema : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/ Semester :
VII / 1
Materi Pokok : Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometris
Alokasi Waktu : 4 x pertemuan ( 12 jam pel )
a.
Kompetensi Inti
KI
1 : Menerima,
menanggapi, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, dan motivasi internal, toleransi,
pola hidup sehat, ramah lingkungan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penomena dan
kejadian yang tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan abstrak
(menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan dari berbagai
b.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompentensi
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3 dan 4
|
3.2
memahami
prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometric
menjadi ragam hias
4.2 menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk
geometric menjadi ragam hiasa.
|
3.2.1
gubahan
flora, fauna dan geometris.
3.2.2
Mendeskripsikan
pengertian unsure,
prinsip, teknik, dan prosedur menggambar motif ragam hias motif gubahan flora, fauna, dan
geometrik.
4.2.1
mengggambar
gubahan flora
4.2.2
menggambar
gubahan fauna
4.2.3
menggambar bentuk geometric menjadi ragam hias
4.2.4
mengkomunikasikan
hasil gambar ragam hias gubahan flora, fauna, dan bentuk geometris di kelas
|
c.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
Pertemuan I
Menjelaskan pengertian ragam hias dengan benar
Menjelaskan
prinsip-prinsip dalam menggambar ragam hias dengan benar
Menjelaskan
prosedur dalam menggambar ragam hias dengan benar
Pertemuan II
mengggambar
gubahan flora dengan baik
Pertemuan III
menggambar
gubahan fauna dengan baik
Pertemuan IV
menggambar bentuk geometrik menjadi ragam hias dengan
baik.
Penguatan karakter : berdo’a, disiplin, kerjasama,
kecintaan
d.
Materi Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Materi Reguler
1.
pengertian
ragam hias disebut juga ornament (hiasan). Ragam hias dapat dapat diperoleh
dari berbagai objek dan dipengaruhi oleh factor lingkungan alam seperti flora,
fauna serta budaya masing-masing daerah.
2.
Prinsip-
prinsip/prosedur dalam menggambar yaitu :
Model
(secara langsug dan secara tidak langsung )
Proporsi
(kesebandingan, keseimbangan atau kesesuaian bentuk dan ukuran suatu benda
antara bagian yang satu dengan bagian yang lain.
Komposisi
adalah tata susunan yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, dan
keselarasan dalam suatu karya seni rupa.
Perspektif
adalah pengambaran objek berdasarkan kesan pandangan mata.
Gelap
terang adalah sinar yang jatuh pada suatu benda (baik secara langsung atau
tidak langsung ) akan menimbulkan efek terang disatu sisi dan bayangan (gelap)
disisi yang lain.
3.
Motif
ragam hias
Motif
ragam hias flora/tumbuh-tumbuhan/vegetal
Motif
ragam hias fauna/ hewan/animal
Motif
ragam hias geometris
4.
Pola
ragam hias terdiri dari 2 macam :
Pola
ragam hias yang teratur, terukur dan memiliki keseimbangan
Pola
ragam hias tidak teratur
5.
Teknik
menggambar ragam hias
Perhatikan
pola bentuk ragam hias yang akan digambar
Persiapkan
alat dan media gambar
Tentukan
ukuran pola gambar yang akan dibuat
Buat
sketsa di salah satu kotak/bidang yang telah dibuat sebelumnya.
Buat
bentuk yang sama (bias dijiplak) pada bidang yang lain.
Mewarnai
gambar
Materi Remedial
Prinsip dan Prosedur
menggambar ragam hias
Materi Pengayaan
Teknik membuat sketsa
ragam hias.
Pertemuan Kedua
Materi Reguler
1.
Menggambar ragam hias (praktik)
Menggambar gubahan flora menjadi ragam hias.
Materi Pengayaan
Menggambar
motif gubahan bunga tulip
Materi Remedial
Menggambar
motif gubahan bunga mawar
Pertemuan Ketiga
Materi Reguler
1.
Menggambar ragam hias (praktik)
Menggambar gubahan fauna menjadi ragam hias.
Materi Pengayaan
Menggambar motif gubahan kucing
Materi Remedial
Menggambar motif gubahan kupu-kupu
Pertemuan Keempat
Materi Reguler
1.
Menggambar ragam hias (praktik)
Menggambar bentuk geometrik menjadi ragam hias.
Mengkomunikasikan hasil gambar
ragam hias flora, fauna, dan geometris.
Materi Pengayaan
Menggambar motif nongeometrik menjadi ragam hias
Materi Remedial
Menggambar motif lingkaran menjadi ragam hias
e. Metode Pembelajaran
1.
Metode PBL ( Project Based Learning )
f.
Media
Pembelajaran
1.
Media:
Contoh
karya gambar ragam hias flora, fauna, dan bentuk geometris
2.
Alat dan bahan:
Kertas gambar, pensil, penghapus, dan pensil warna/pastel/cat
cair.
g.
Sumber
Belajar
1. Kementrian
pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia tahun 2014 . Seni Budaya klas VII
2. Pusat
Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional Seni Rupa untuk SMP /MTs kelas VII,
VIII, IX.
h. Langkah-langkahPembelajaran
Pertemuan I
1. Pendahuluan (15 menit)
Guru mengucapkan salam.
Ketua kelas menyiapkan dan memimpin doa.
Guru melakukan presensi/ absensi.
Guru menanyakan tentang keadaan siswa.
Guru melakukan apersepsi dengan tanya jawab sekitar
materi yang akan diajarkan.
Guru memberikan motivasi.
Guru menyampaikan cakupan materi sesuai dengan
silabus.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (80 menit)
Sintaks
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Tahap 1
Menentukan tema /topik Project
|
a. Peserta didik membaca buku siswa tentang menggambar ragam hias.
b. Peserta didik bersama guru menentukan tema menggambar ragam hias.
c. Peserta didik membuat kelompok berdasarkan tema menggambar ragam hias.
d. Setiap kelompok menentukan spesifik tema
e. Setiap kelompok menentukan judul tema.
|
Tahap
2
Perencanaan langkah penyelesaian project
|
a. Peserta didik bersama kelompoknya memutuskan langkah-langkah menggambar
ragam hias.
b. Peserta didik bersama kelompoknya memutuskan teknik yang digunakan dalam
menggambar ragam hias.
c. Peserta didik beserta kelompoknya memutuskan finishing dalam membuat
ragam hias
|
Tahap
3
Penyusunan jadwal penyusunan project
|
a. Peserta didik beserta kelompoknya memutuskan jadwal menggambar ragam
hias.
b.Peserta didik bersama kelompoknya memutuskan tahapan menggambar ragam
hias
c. Peserta didik bersama kelompoknya memutuskan membuat pola ragam hias
d.Peserta didik bersama kelompoknya memutuskan jadwal mengkomunikasikan hasil
menggambar ragam hias
|
|
|
|
|
|
|
3. Penutup (25 menit)
Siswa dan guru bersama-sama meyimpulkan pelajaran.
Siswa dan guru bersama-sama melakukan refleksi
terhadap kelebihan dan kekurangan proses dan hasil pembelajaran.
Guru menyampaikan tentang kegiatan selanjutnya.
Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
Pertemuan II
1.
Pendahuluan (15 menit)
Guru mengucapkan salam.
Ketua kelas menyiapkan dan memimpin doa.
Guru melakukan presensi/ absensi.
Guru menanyakan tentang keadaan siswa.
Guru melakukan apersepsi dengan tanya jawab sekitar
materi yang akan diajarkan.
Guru memberikan motivasi.
Guru menyampaikan cakupan materi sesuai dengan
silabus.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (80 menit)
Sintaks
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Tahap
4
Penyelesaian Project dengan fasilitasi dan monitoring
guru.
|
a. Peserta didik bersama kelompoknya membuat sketsa ragam hias flora pada
media kertas dengan alat pensil.
b. Peserta didik bersama kelompoknya membuat ornamen ragam hias flora pada
media kertas dengan alat pensil.
c. Peserta didik bersama kelompoknya membuat kontur ragam hias flora pada
media kertas dengan alat pensil.
d. Peserta didik bersama kelompoknya membuat finishing ragam hias flora pada
media kertas dengan pewarnaan yang baik.
|
3. Penutup (25 menit)
Siswa dan guru bersama-sama melakukan refleksi
tehadap kelebihan dan kekurangan proses dan hasil belajar.
Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
Pertemuan III
1.
Pendahuluan (15 menit)
Guru mengucapkan salam.
Ketua kelas menyiapkan dan memimpin doa.
Guru melakukan presensi/ absensi.
Guru menanyakan tentang keadaan siswa.
Guru melakukan apersepsi dengan tanya jawab sekitar
materi yang akan diajarkan.
Guru memberikan motivasi.
Guru menyampaikan cakupan materi sesuai dengan
silabus.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (80 menit)
Sintaks
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Tahap
4
Penyelesaian Project dengan fasilitasi dan monitoring
guru.
|
e. Peserta didik bersama kelompoknya membuat sketsa ragam hias fauna pada
media kertas dengan alat pensil.
f. Peserta didik bersama kelompoknya membuat ornamen ragam hias fauna pada
media kertas dengan alat pensil.
g. Peserta didik bersama kelompoknya membuat kontur ragam hias fauna pada
media kertas dengan alat pensil.
h. Peserta didik bersama kelompoknya membuat finishing ragam hias fauna pada
media kertas dengan pewarnaan yang baik.
|
3. Penutup (25 menit)
Siswa dan guru bersama-sama melakukan refleksi
tehadap kelebihan dan kekurangan proses dan hasil belajar.
Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
Pertemuan IV
1.
Pendahuluan (15 menit)
Guru mengucapkan salam.
Ketua kelas menyiapkan dan memimpin doa.
Guru melakukan presensi/ absensi.
Guru menanyakan tentang keadaan siswa.
Guru melakukan apersepsi dengan tanya jawab sekitar
materi yang akan diajarkan.
Guru memberikan motivasi.
Guru menyampaikan cakupan materi sesuai dengan
silabus.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (80 menit)
Sintaks
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Tahap
5
Menyusun laporan dan presentasi/ publikasi hasil
project
|
a. Peserta didik dan kelompoknya menyusun laporan kegiatan dalam menggambar
ragam hias, yang terdiri dari :
1. Membuat pola
2. Membuat ornamen dan bentuk
3. Membuat finishing
b. Menentukan wakil kelompok yang akan mempublikasikan hasil karyanya.
|
Tahap 6
Evaluasi proses dan hasil project
|
a. Setiap kelompok diwakili satu orang anggota untuk mengkomunikasikan hasil
karyanya dan peserta didik yang lain dan guru memberi tanggapan
b. Setiap kelompok mempresentasikan hasil karyanya yang terdiri dari : pola,
ornamen, dan finishing
c. Guru memberi kesimpulan umum terhadap semua project dari semua kelompok.
|
3. Penutup (25 menit)
Siswa dan guru bersama-sama melakukan refleksi
tehadap kelebihan dan kekurangan proses dan hasil belajar.
Menutup pelajaran dengan do’a dan salam.
i.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap Spiritual
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Observasi
|
jurnal
|
Lampiran
1
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pencapaian pembelajaran
|
b.
Sikap Sosial
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Observasi
|
jurnal
|
Lampiran
1
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk pencapaian pembelajaran
|
b.Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Tes
tulis
|
Pertanyaan
berbentuk soal uraian
|
Apakah yang dimaksud dengan
ragam hias flora, fauna dan bentuk geometris?
|
Setelah
pembelajaran selesai
|
Penilaian
untuk pencapaian pembelajaran
|
c.Ketrampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Praktek
|
Tugas
membuat gambar flora/fauna/alam benda
|
Buatlah gambar flora/fauna/alam benda pada kertas A3
dengan menggunakan teknik kering dengan bahan crayon.
|
Saat
proses pembelajaran
|
Penilaian
untuk pencapaian pembelajaran
|
Mengetahui :
Kepala Sekolah,
HERY SUKAMTO, S.Pd.
NIP. _
|
Sumbawa,…… Agustus
2016
Guru Mata
Pelajaran,
NANANG ASMURI, S.Pd.
NIP. _
|
Lampiran 1
Tes Pengetahuan
SOAL
1.
Jelaskan pengertian ragam hias!
2.
Jelaskan prinsip dalam menggambar !
3.
Menjelaskan prosedur dalam menggambar !
4.
Jelaskan 2 macam pola dalam ragam hias !
Pedoman
Penskoran Soal Uraian
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Pengertian ragam hias adalah
ornament/ hiasan yang merupakan bentuk karya seni rupa yang sudah berkembang
sejak zaman prasejarah.
|
|
2.
|
Prinsip- prinsip/prosedur dalam menggambar yaitu :
Model
(secara langsug dan secara tidak langsung )
Proporsi
(kesebandingan, keseimbangan atau kesesuaian bentuk dan ukuran suatu benda
antara bagian yang satu dengan bagian yang lain.
Komposisi
adalah tata susunan yang menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama, dan
keselarasan dalam suatu karya seni rupa.
Perspektif
adalah pengambaran objek berdasarkan kesan pandangan mata.
Gelap
terang adalah sinar yang jatuh pada suatu benda (baik secara langsung atau
tidak langsung ) akan menimbulkan efek terang disatu sisi dan bayangan
(gelap) disisi yang lain.
|
|
3.
|
Prosedur menggambar ragam hias yaitu :
Perhatikan
pola bentuk ragam hias yang akan digambar
Persiapkan
alat dan media gambar
Tentukan
ukuran pola gambar yang akan dibuat
Buat
sketsa di salah satu kotak/bidang yang telah dibuat sebelumnya.
Buat
bentuk yang sama (bias dijiplak) pada bidang yang lain.
Mewarnai
gambar
|
|
4.
|
Pola ragam hias terdiri dari 2 macam :
Pola
ragam hias yang teratur, terukur dan memiliki keseimbangan
Pola
ragam hias tidak teratur
|
|
Skor Maksimal
|
|
Nilai =
x 100
Lampiran 2
Pedoman
Penilaian Produk / Gambar
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
|
|||
Ketepatan Bentuk
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Penyelesaian Gambar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Kerapian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Kebersihan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Skor Maksimal
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = Kurang Benar
2 = Cukup Benar
3 = Benar
4 = Sangat Benar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar