Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Jumat, 31 Mei 2019

RPP SENI MUSIK PERORANGAN


(RPP)

Sekolah                                   :   SMPN 1 LPMP
Mata Pelajaran                        :   SENI BUDAYA (SENI MUSIK)
Kelas/Semester                        :   VII/1
Materi Pokok                          :   TEKNIK MEMAINKAN ALAT MUSIK SEDERHANA 
    SECARA PERORANGAN
Alokasi Waktu                        :   1 X PERTEMUAN (3 X 40 MENIT )

A.    Kompetensi Inti

KI. 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI.3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KD
Indikator
3.3. Memahami konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan
1.      Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian alat musik recorder
2.      Siswa dapat menjelaskan teknik dasar bermain alat musik recorder
3.      Siswa mampu menjelaskan tangga nada yang digunakan dalam bermain alat musik recorder
4.3 Memainkan alat musik
sederhana secara perorangan
1.      Siswa mampu memainkan nada dengan baik dan benar
2.      Siswa mampu memainkan tangga nada C Mayor  
3.      Siswa mampu memainkan lagu dengan tangga nada C Mayor









C.  Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.      Menyebutkan bagian-bagian alat musik recorder dengan benar
2.      Menjelaskan teknik dasar bermain alat musik recorder dengan penjarian yang benar
3.      Menjelaskan tangga nada yang digunakan dalam bermain alat musik recorder secara tepat
4.      Memainkan nada dengan baik dan benar
5.      Memainkan tangga nada C Mayor secara tepat
6.      Memainkan lagu dengan tangga nada C Mayor dengan tepat

CATATAN PENGUATAN KARAKTER :
-          Tanggung jawab
-          Menghargai orang lain

D.    Materi Pembelajaran


1.      Materi pembelajaran regular
-          Teknik bermain alat musik recorder

2.      Materi pembelajaran pengayaan
-          Memainkan lagu tanah air

3.      Materi pembelajaran remedial
-          Penugasan berlatih kembali menggunakan alat musik recorder dengan tangga nada C mayor


E.  Metode Pembelajaran

Pembelajaran Berbasis Masalah

F.      Media dan Bahan

1.      Media

a.       Video/film: Orang bermain recorder
b.      Software Encore
c.       Gambar Partitur
d.      Recoreder








G. Sumber Belajar

1.      Buku Siswa: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  (halaman : 44)
2.      Buku Guru: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Seni Budaya. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  (halaman : 71)
3.      Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. https://www.youtube.com/watch?v=oeGcWeIUbFQ

H. Langkah-langkah Pembelajaran

1.      Pertemuan Pertama: 3x40 menit

a.       Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1)         Guru membuka pelajaran  dengan salam dan berdoa
2)         Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
3)         Guru  mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
4)         Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
5)         Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
6)         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
7)         Guru menyampaikan lingkup penilaian dan teknik penilaian yang akan digunakan


b.      Kegiatan Inti (100 menit)

DALAM KEGIATAN INTI INI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
NO.
TAHAP
DESKRIPSI LANGKAH PEMBELAJARAN
1
Tahap I:
Orientasi terhadap masalah
Mengamati tayangan video bermain alat musik recorder
2
Tahap II:
Organisasi belajar
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata yang telah disajikan dengan cara 
a.    Membentuk kelompok untuk kegiatan tutor sebaya
b.   Mengenal bagian-bagian alat musik recorder
c.    Teknik bermain recorder
3
Tahap III:
Penyelidikan individual/kelompok
Menemukan letak nada-nada pada alat musik recorder dalam tangga nada C mayor
4
Tahap IV
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
Memainkan alat musik recorder dalam tangga nada C mayor
5
Tahap V:
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru bersama siswa mengadakan refleksi dan evaluasi tentang cara bermain alat musik recorder


c.       Kegiatan Penutup (10 menit)

   Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai teknik dasar bermain alat musik recorder
   Guru bersama siswa melakukan refleksi dan evaluasi kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
   Guru menyampaikan kegiatan belajar yang akan dilakukan untuk pembelajaran berikutnya yaitu lagu yang lain
   Guru mengakhiri pembelajaran dengan ucapan salam



I.    Penilaian
A.    Penilaian hasil pembelajaran
1.      Teknik Penilaian
a.      Sikap Spiritual
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
Observasi
Jurnal
Lampiran 1
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran

b.      Sikap Sosial
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
Observasi
Jurnal
Lampiran 1
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran

c.       Pengetahuan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
Tes tulis
Pertanyaan berbentuk soal uraian
Sebutkan bagian-bagian dari alat musik recorder!
Setelah pembelajaran selesai
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran




d.      Ketrampilan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
Praktek
Tugas memainkan alat musik recorder
Mainkan tangga nada C Mayor menggunakan alat musik recorder
Saat proses pembelajaran
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran

2.      Instrumen Penilaian
a.      Tes tertulis
1.      Sebutkan bagian-bagian alat musik recorder?
2.      Bagaimana posisi tangan dalam memainkan alat musik recorder?
3.      Bagaimana posisi penjarian untuk menghasilkan nada Do?

Kunci :


1.      Alat musik recorder terdiri dari 3 bagian yaitu bagian kepala, badan dan kaki
2.      Posisi tangan kiri di atas dan tangan kanan di bawah
3.      Semua lubang nada di tutup

 
 








b.      Praktek
1.      Mainkan tangga nada C mayor dengan menggunakan alat musik recorder
2.      Mainkan lagu dalam tangga nada C mayor


3.      Pembelajaran Remidial
Pembelajaran remidial adalah penjelasan ulang pada siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal yang sudah ditentukan. Penjelasan dilakukan hanya pada KD yang belum tuntas dengan cara:
·         Pembelajaran ulang
·         Bimbingan perorangan
·         Belajar kelompok
·         Tutor sebaya





4.      Pembelajaran Pengayaan
Pengayaan dilakukan pada siswa yang lebih dulu mencapai ketuntasan dari pada yang lain. Pengayaan pada KD ini adalah memberikan tugas untuk memainkan lagu “Tanah airku” dalam tangga nada C mayor






                                                                                               


Mataram, 19 April 2017
Mengetahui:                                                                           
Kepala SMPN 1 LPMP                                                          Guru Mata pelajaran




Sunardi, M.Pd.                                                                        Fitraturrahman, S.Pd.
................................................                                                ...................................................





























LAMPIRAN
 
PEDOMAN PENILAIAN

1.      Teknik Penilaian Sikap
a.      Sikap Spiritual
No
Waktu
Nama siswa
Catatan
Butir sikap
TTD
Tindak lanjut
1









b.      Sikap Sosial
No
Waktu
Nama siswa
Catatan
Butir sikap
TTD
Tindak lanjut
1










2.      Tes tulis:
Rentang nilai 1 – 4   
No. soal
Deskripsi
Skor

1
Bila jawaban lengkap
3

Bila jawaban hanya 2
2

Bila jawaban hanya 1
1

Bila tidak ada jawaban
0

2
Bila jawaban dan penjelasan benar dan lengkap
4

Bila jawaban kurang tepat
2

Bila jawaban tidak tepat
1




3
Bila jawaban dan penjelasan benar dan lengkap
4

Bila jawaban kurang tepat
2

Bila jawaban tidak tepat
0















Skor yang diperoleh
 
 


Skor Maksimal
 
Nilai :                                                  x 100



3.    Penilaian Praktek
a. Tugas kinerja
1.         Mainkan tangga nada C mayor dengan menggunakan alat musik recorder
2.      Mainkan lagu dalam tangga nada C mayor

b.    Instrumen  penilaian kinerja
         INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA

Nama                                            : ………………….
Kelas                                            : ………………….
Tanggal Penilaian                         : …………………..
Materi Pokok                               : Memainkan alat musik sederhana
No.
Indikator
Hasil Penilaian
4
3
2
1
1
Cara memegang alat musik recorder
4








2
Ketepatan nada

3












3
Ekspresi

3


Jumlah Skor yang Diperoleh
                          10
           


Karena rentang nilai adalah 0 – 100, maka memerlukan rumus untuk mengkonversi nilai dari  0-4 menjadi 0-100.
Rumus konversi sebagai berikut:


Perolehan Nilai
 
 


Nilai Maksimum
 
N =                                          x 100






Tidak ada komentar:

Posting Komentar