Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Selasa, 10 Desember 2013

LCD PROJECTOR SEBAGAI PEMBANTU PARA PENDIDIK


Detak jantung dunia pendidikan semakin hari semakin cepat karena pengetahuan semakin mutakhir dan teknologi semakin canggih sehingga sekolah sebagai lembaga formal yang secara langsung dan sangat dominan turut mewarnai pendidikan disetiap aspeknya untuk tanggap dan segera berbenah diri menyikapinya. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran yang sistematis bagi peserta didik di bawah pengawasan pendidik, sehingga keberadaan pendidik dan peserta didik sebagai dua komponen penting dalam sebuah lembaga sekolah yang harus selalu bersinergis dalam proses belajar mengajar sehingga akan mampu melahirkan out-put yang berkualitas dan teruji tentunya.
Era perkembangan zaman dewasa ini yang melaju demikian cepat diiringi perkembangan teknologi tanpa mampu terbendung lagi telah merambah ke semua aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan. Fenomena ini mau tidak mau harus direspon oleh para pendidik dengan sikap positif. Proses belajar mengajar yang selama ini terjadi secara konvensional di dalam kelas sudah seharusnya ditinjau kembali. Sekolah sebagai sebuah institusi terdepan dalam membentuk generasi penerus bangsa ini seharusnya menjadi pihak pertama yang memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini.
Di sebutkan dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 bahwa “Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.” Kapasitas pendidik sebagai sosok yang memiliki kewenangan mutlak dalam suatu proses belajar mengajar menuntutnya untuk senantiasa menemukan cara, metode dan teknik dalam pengajaran yang ia lakukan dan kemudian menerapkannya dalam kondisi belajar yang sesungguhnya.
Dalam menyampaikan materi pelajaran agar tujuan pengajaran tercapai secara optimal maka perlu menggunakan media pengajaran yang efektif sehingga mempermudah pendidik dalam menyajikan materi dan yang paling urgent adalah bagi peserta didik diharapkan dengan cepat dan tanggap menerima materi yang disajikan dengan media yang berkualitas sehingga materi yang dipelajari terserap dengan baik oleh peserta didik. Karena dengan pemakaian media pembelajaran yang menarik, hal tersebut akan dapat membangkitkan keinginan, minat, motivasi dan rangsangan ingin belajar serta membawa pengaruh perubahan psikologis bagi peserta didik.
Media merupakan bentuk jamak dari medium yang merupakan bahasa latin yaitu medius, secara harfiah artinya tengah, perantara atau pengantar. Jadi media merupakan pengantar ataupun perantara informasi dari pemberi pesan dalam hal ini pendidik kepada penerima informasi atau pesan yakni peserta didik. Media bisa berupa suatu bahan (software) atau bisa juga berupa alat (hardware), salah satu yang penulis ambil contohnya disini ialah LCD Projector yang merupakan alat sebagai jembatan memberikan informasi sehingga mudah dipahami, menarik minat serta menarik perhatian peserta didik.
LCD merupakan anomalin atau singkatan Dari kata Liquid Crystal Display yang merupakan bahasa inggris, artinya ialah liquid = benda cair, crystal = kaca tembus cahaya yang sangat bening, dan display = memamerkan atau memperlihatkan (kamus bahasa inggris). Jadi, LCD merupakan media yang memamerkan benda melalui pencahayaan.
Mengingat pentingnya penggunaan media pengajaran dalam proses belajar mengajar  terutama saat menyampaikan materi pelajaran maka pendidik harus mampu memilih suatu media pembelajara agar materi pelajaran yang di suguhkan kepada peserta didik tidak membosankan sehingga akan menghasilkan daya tarik tersendiri bagi peserta didik.
Penggunaan LCD Projector sebagai media pembelajaran pada bidang studi Pendidikan Agama Islam, ini akan sangat membantu pendidik dalam menyajikan materi yang akan disampaikan dan bisa membuat minat peserta didik dalam belajar bertambah karena disebabkan peserta didik tidak jenuh dengan apa yang dilihat, apalagi dengan penyajian materi yang disusun rapih dan teratur serta dipercantik tampilannya oleh pendidik (guru).
Atmosfir yang tercipta di dalam kelas selama ini dirasakan sangat monoton dan membosankan ketika metode yang digunakan hanya mengandalkan catatan, papan tulis dan suara guru. Para peserta didik membutuhkan suasana baru yang lebih berwarna dan menantang untuk merangsang minat dan potensi diri mereka agar menjadi lebih teraktualisasi. LCD Proyektor sebagai salah satu alternative agar peserta didik merasakan kemajuan tekhnologi terlebih lagi jika yang disajikan materi Pendidikan Agama Islam karena sebagian kecil orang menganggap pendidik (guru)nya GATEK (gagap teknologi). Proyektor LCD adalah perangkat alat bantu yang sering digunakan untuk media presentasi, atau alat bantu mengajar didalam kelas saat proses belajar mengajar berlangsung karena mampu menampilkan gambar dengan ukuran besar. Alat ini bisa juga diartikan sebagai alat bantu mengajar tatap muka sejati sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa, tidak ada yang berubah, para pendidik tetap dapat bertatap muka dengan siswa tanpa harus membelakanginya. Seorang pendidik hanya perlu menayangkan materi yang telah dibuat sedemikian rupa di komputer atau laptop dan diproyeksikan di layar. Hal ini akan sangat menarik karena tayangan berupa gambar, warna, bentuk huruf dan gerak akan sangat bervariasi.
Peserta didik tidak perlu lagi dipaksa menatap papan putih yang penuh dengan tulisan guru dan kadang jauh dari nilai indah. Lengah sedikit saja, kemungkinan siswa akan kehilangan penjelasan guru yang tidak terwakili oleh coretan guru di papan tulis. Berikut ini beberapa manfaatyang dapat diperoleh  dari penggunaan LCD Projector antara lain sebagai berikut:
1. Memberikan pengalaman baru bagi peserta didik sehingga minat belajar makin tumbuh. Kegiatan belajar mengajar dengan pola mendengar dan mencatat sedikit demi sedikit bergeser. Sehingga peserta didik seolah diberikan pemahaman bahwa kegiatan belajar dapat dilakukan dengan metode yang lain dan justru lebih menarik karena disertai tayangan gambar yang terkesan lebih hidup.
2. Penyampaian materi pelajaran menjadi lebih jelas jika penjelasan disertai dengan gambar, symbol dan animasi atau bahkan dengan bunyi musik, maka verbal (bahasa lisan) yang abstrak dapat dengan jelas dipahami.
3. Pendidik dapat memvisualisasikan materi dengan jelas. Umpamanya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, ketika guru menjelaskan tentang tata cara berwudhu yang baik dan benar maka divisualisasikanlah orang yang berwhudu’ dalam format videonya.
4. Menumbuhkan sikap pro aktif peserta didik dalam belajar. Artinya, peserta didik hanya membutuhkan waktu singkat untuk memperhatikan materi, kemudian akan nampak jika ada tayangan yang kurang jelas hingga kemudian memunculkan pertanyaan dari siswa tanpa disadari.

Dari beberapa manfaat yang telah dipaparkan tersebut maka dapat dimungkinkan pelaksanaan pembelajaran akan menjadi lebih menarik, berkualitas serta lebih mutakhir. Namun, penulis menemukan banyak hal yang tidak mendukung dari penggunaan media LCD Projector, diantaranya: Ketidak siapan sekolah dalam menyediakan alat berupa LCD Projector terutama sekolah-sekolah yang ada di daerah pinggiran atau pedesaan namun munngkin berbanding terbalik dengan sekolah yang ada di perkotaan , keterbatasan LCD Projector yang disebabbkan oleh jumlah LCD Projector yang terbatas dan yang ingin menggunakannya melebihi kapasitas, daya pendukung  di dalam kelas masih banyak yang tidak komplit seperti tidak punya tempat menyolok listrik, tidak ada power listrik bahkan tidak ada aliran listrik. Dan juga ada beberapa kekurangannya LCD Projector yang perlu diperhatikan juga, antara lain: SDM yang belum siap dalam hal ini pendidik yang masih banyak belum menguasai teknologi terutama memformatnya kedalam bentuk power point, Harganya yang relatif mahal, Memerlukan keterampilan khusus dalam menyajikan materi, Memerlukan kreatifitas dari penyaji/pendidik, Memerlukan persiapan matang, Memerlukan tempat yang diatur pencahayaannya sehingga visual terlihat bagus dan terang.
Penulis hanya mengingatkan, terutama bagi Pendidik yang profesional dan telah diakui keprofesionalannya seharusnya tidak akan mengabaikan hal-hal yang positif demi kemajuan dunia pendidikan di negeri tercinta ini. Jadi, kenapa tidak mencoba memulainya dari sekarang dan tunjukkan professionalimenya sekarang, wassalamu’alaikum.

Penulis dan pemilik blog :
Nama                                      : MANSUR, S.Pd.I
Alamat Kerja                          : GURU SMPN 1 PRAYA TIMUR
Alamat Rumah                       : Ponggong, Kopang, Lombok Tengah
No. HP / FB                           : 087865910783 / FB: AnsourLombok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar