Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Kamis, 15 Juni 2023

Do'a Nabi Adam AS


قالت عائشة رضي الله عنها : لما أراد اللّه عزّ وجل أن يتوب على ادم صلى الله عليه وسلم طاف بالبيت سبعًا وهو يومئذٍ ليس بمبني بل ربوةٌ حمراء، ثم قام فصلّى ركعتين ثم قال : اللهمّ إنك تعلم سرّى وعلانيتى فاقبل معذرتى وتعلم حاجتى فأعطنى سؤلي وتعلم ما فى نفسى فاغفرلى ذنوبي، اللهمّ إنى أسألك إيمانا يباشر قلبى ويقينًا صادقا حتّى أعلم انه  لن يصيبنى إلّا ما كتبته علي والرضا بما قسمته لىي ياذا الجلال والإكرام فأوحى الله عزّ وجل إليه أنى قد غفرتُ لك ولم يأتىني أحدٌ من ذريتك فيدعوني بمثل الذى دعوتَنى به إلا غفرتُ له وكشفتُ غمومَه وهمومَه ونزعتُ الفقرَ من بين عينيه واتجرتُ له من وراء كل تاجر وجاءته الدنيا وهي راغمة وإن كان لا يريدها. 


‘Aisyah Radhiyallohu 'Anha  berkata : Ketika Allah SWT menghendaki untuk  menerima taubat Nabi Adam a.s. maka thawaflah Ia (Nabi Adam) 7 (tujuh) kali di Baitullah, pada waktu itu Ia berada di sebuah tanah merah yang tinggi, kemudian Ia berdiri maka shalatlah 2 (dua) raka’at, sesudah shalat Ia berdo’a :” Ya Allah sungguh Engkau telah mengetahui yang tersebunyi dan yang nampak dariku maka terimalah ke’uzuranku, Engkau mengetahui keperluanku maka perkenankanlah pintaku dan Engkau mengetahui apa-apa yang ada pada diriku maka ampunilah dosaku. Ya Allah sesungguhnya aku minta kepadaMu iman yg menyenangkan hatiku dan aku minta padaMu keyakinan yg benar sehingga aku sadar bahwa tidak ada sesuatu apapun jua yang menimpaku melainkan sesuatu yang sudah Engkau tetapkan atasku, dan jadikanlah aku orang yg ridla (suka) dengan sesuatu yang telah Engkau bagikan (berikan) untukku Hai Tuhan Yang Memiliki Kebesaran dan Kemuliaan“.


Maka berwahyu Allah kepada Nabi Adam a.s : Sungguh benar-benar Aku telah memberikan keampunan bagimu, dan tidaklah datang seorang dari pada keturunanmu maka berdo’a ia kepadaku seperti do’a – mu tersebut kecuali Aku ampuni segala dosanya, Aku lepaskan semua kesedihan dan kesusahannya, aku cabut kepakiran dari antara kedua matanya, berdgang aku untuknya diblkang tiap2 pedagang, dan telah dtng dunia dalm keadaan mengejar sekalipun ia tidak menginginkannya."

Sumber 

  احياءُ علومِ الدين، ١/٣١٩ 

والله سبحانه وتعالى اعلم بالصواب


Tidak ada komentar:

Posting Komentar