Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Sabtu, 13 Mei 2023

SOAL PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE GPAI 2023

1.     Perhatikan pernyataan berikut ini...

1.Pengertian tentang kiamat

2.Nama-nama tokoh islam pada abad modern

3.Hikmah beriman kepada malaikat

4.Nanama-nama malaikat yang wajib diketahui

Perencanaan pembelajaran yang berkaiatan dengan pengetahuan faktual pada nomor...

A.   2, 3, 4

B.    3, 4, 1

C.    4, 1, 2

D.   1, 2, 3

E.    1, 2, 3

2.     Perhatikan narasi berikut

Pada tahap proporsional thinking, anak sudah mampu berfikir tingkat tinggi, seperti berfikir secara deduktif, menganalisis, mensintensis, mampu berfikir secara abstrak dan secara reflektif, serta mampu memecahkan berbagai masalah merupakan ciri-ciri anak berusia...

A.   4 – 7 tahun

B.    2 – 4 tahun

C.    0 – 2 tahun

D.   7 – 11 tahun

E.    11 – 15 tahun

3.     Perhatikan pernyataan berikut

1. konsep-konsep dan keterampilan tertentu dari mata pelajaran diajarkan secara kolaboratif tim teaching

2. pendidik berkolaborasi untuk merencanakan dan melaksanakan asesmen dan pembelajaran secara terpadu

3. berkolaborasi dengan guru matematika ketika mengajarkan mawaris

4. beban yang harus dihadapi peserta didik setiap minggu harus diperhitungkan sedemikian rupa sehingga peserta didik tidak terbebani dengan banyaknya beban mata pelajaran. pengorganisasian pembelajaran dengan pendekatan secara terintegrasi pada nomor

A.   2 3 4

B.    4 2 3

C.    4 1 2

D.   1 2 3

E.    3 4 1

4.     Perhatikan pernyataan berikut

1 memiliki kemampuan untuk mengamati lingkungan sekitarnya

2 mudah memahami gambar

3 senang mencari tahu cara kerja suatu benda

4 senang bekerja menggunakan angka

5 suka belajar dengan puzzle atau permainan teka-teki

pernyataan tersebut yang termasuk ciri-ciri kecerdasan logis matematis adalah

A.   4 5 1

B.    1 3 5

C.    3 4 5

D.   2 4 1

E.    1 2 3

5.     Perhatikan narasi berikut : ibu bunga melakukan pembelajaran di luar kelas karena sebagian anak tidak bisa duduk dengan tenang mereka senang bergerak kurang suka membaca dan lebih suka melakukan eksperimen pembelajaran tersebut memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik.

Berdasarkan narasi tersebut menggunakan gaya belajar...

A.   auditori

B.    logika

C.    visual

D.   linguistik

E.    kinestetik

6.     Perhatikan beberapa pernyataan berikut

1.     mengembangkan modul ajar

2.     evaluasi pembelajaran dan asesmen

3.     analisis CP untuk menyusun TP dan ATP

4.     pelaksanaan asesmen diagnostik

5.     penyesuaian pelaksanaan pembelajaran

urutan tahapan pengembangan kurikulum dalam kurikulum merdeka yang benar adalah

A.   5 4 3 2 1

B.    5 3 1 2 4

C.    1 2 3 4 5

D.   3 1 4 5 2

E.    2 3 4 5 1

7.     Kegiatan pembelajaran merupakan proses yang mengandung serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu kegiatan pembelajaran yang tepat dalam mencapai tujuan pengembangan Pai yang berkaitan dengan metode pembelajaran adalah

A.   kontinuitas dan komprehensif

B.    sesuai dengan gaya mengajar

C.    bersifat baku dan mutlak

D.   bersifat fleksibel d dan tidak kaku

E.    berdasarkan sumber dan bahan ajar

8.     Perhatikan pernyataan berikut 1 dirumuskan dari indikator dirumuskan dari capaian pembelajaran 2 dirumuskan minimal 2 setiap tujuan pembelajaran 3 memperhatikan karakteristik mata pelajaran potensi dan kebutuhan peserta didik sekolah masyarakat dan lingkungan 4 menggunakan kata kerja operasional KKO yang dapat diukur kriteria rumusan indikator ketercapaian tujuan pembelajaran ditunjukkan pada nomor

A.   2 3 4

B.    3 4 1

C.    1 2 3

D.   4 1 3

E.    4 3 1

9.     Perhatikan pernyataan berikut ini

1.     melakukan gerakan wudhu

2.     lebih suka menonton video presentasi visual atau demonstrasi daripada membaca teks atau mendengarkan ceramah

3.     memberikan harta zakat tepat pada mustahik

4.     membutuhkan gambar atau diagram saat mengerjakan soal matematika atau sains

5.     membagi harta warisan dengan benar sesuai syariat

6.     lebih mudah memahami konsep abstrak melalui ilustrasi visual atau analogi dari pernyataan di atas yang merupakan ciri gaya belajar visual adalah ditunjukkan pada nomor

A.   2 3 4

B.    2 4 6

C.    123

D.   346

E.    125

10. Perhatikan beberapa pernyataan berikut

1.     kondisi lingkungan belajar yang tidak kondusif

2.     rendahnya kapasitas intelektual peserta didik

3.     ketidak harmonisan hubungan keluarga

4.     kapasitas belajar atau bakat khusus tidak sesuai dalam bidang pembelajaran

5.     populasi peserta didik terlalu besar dalam satu kelas

6.     mengalami sindrom psikologis

pernyataan yang menunjukkan faktor eksternal kesulitan belajar peserta didik terdapat pada nomor..

A.   4 5 6

B.    2 4 6

C.    3 4 5

D.   1 3 5

E.    1 2 3

11. Perhatikan tujuan pembelajaran berikut : pembelajaran pada elemen fiqih materi tata cara berwudhu dengan tujuan diharapkan peserta didik mampu mempraktikkan tata cara berwudhu dengan baik dan benar rancangan kegiatan belajar yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut adalah...

A.   guru memperagakan tata cara berwudhu kemudian meminta peserta didik untuk praktik di tempat duduk

B.    guru meminta peserta didik mengerjakan lembaran kerja siswa tentang cara berwudhu yang baik dan benar

C.    peserta didik membaca tata cara berwudhu yang baik dan benar pada buku teks

D.   guru menjelaskan tata cara berwudhu yang baik dan benar kemudian diminta membuat laporan tentang urutan tata cara berwudhu

E.    peserta didik dengan bimbingan guru langsung mempraktekkan tata cara berwudhu yang baik dan benar

12. Perhatikan pernyataan berikut ; melafalkan bacaan QS an-nur/24.22 instrumen penilaian atau assessment yang tepat untuk mengukur indikator ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut adalah

A.   tes lisan

B.    kinerja

C.    portofolio

D.   tes tertulis

E.    project

13. Perhatikan capaian pembelajaran berikut peserta didik memahami sifat-sifat Allah beberapa Asmaul Husna mengenal kitab-kitab Allah para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani kompetensi dari capaian pembelajaran tersebut adalah

A.   menjelaskan

B.    menerapkan

C.    mengenal

D.   mempresentasikan

E.    mengidentifikasi

14. Perhatikan narasi berikut ; pengembangan kurikulum harus dilaksanakan berdasarkan prinsip adanya kesesuaian atau hubungan konsistensi antara komponen-komponen kurikulum yaitu antara tujuan yang hendak dicapai isi dari kurikulum yang akan disampaikan dan proses penyampaiannya serta teknik pelaksanaan penilaian prinsip pengembangan kurikulum yang sesuai dengan narasi tersebut adalah...

A.   praktis

B.    fleksibilitas

C.    relevansi

D.   kontinuitas

E.    efisiensi

15. Perhatikan bagan berikut :

bagan tersebut menunjukkan rancangan model pembelajaran

A.   R glasser

B.    Gerlach dan Ely

C.    bruner

D.   prosedur pengembangan sistem instruksional PPSI

E.    jerold e. kemp

16. Perhatikan pernyataan berikut seorang guru harus bersikap bijaksana dan memiliki empati terhadap peserta didik apabila menjumpai seorang peserta didik yang sering terlambat datang ke sekolah atau terlambat mengumpulkan tugas maka guru harus menggunakan tindakan evaluatif tindakan evaluatif yang tidak tepat adalah...

A.   tenang dalam menghadapi setiap situasi pembelajaran

B.    menghargai setiap ucapan ungkapan dan respon peserta didik

C.    memberikan sanksi yang dapat menumbuhkan efek jera

D.   memberikan nilai di bawah standar pada aspek sikap dan kognitifnya

E.    sabar dan tidak memotong pembicaraan peserta didik

17. Perhatikan pernyataan berikut ;

1.     guru mengecek kehadiran

2.     guru menjelaskan materi dengan memaparkan tujuan pembelajaran

3.     guru mengunggah materi pembelajaran dan tugas pada aplikasi Google classroom

4.     guru menginformasikan kepada peserta didik untuk mempelajari materi yang sudah diunggah baik secara langsung maupun tidak melalui aplikasi Google classroom

5.     guru memotivasi peserta didik untuk mendapatkan informasi tambahan

6.     guru memberikan evaluasi melalui aplikasi Google classroom

7.     guru mengapresiasi keberhasilan siswa

dari pernyataan yang merupakan tahapan blended learning adalah

A.   1 2 3 4 5 6 7

B.    1 2 3 5 4 6 7

C.    7645321

D.   5 467 123

E.    321 7645

18. Perhatikan narasi berikut bu intan menjelaskan tentang perjalanan hijrah Rasulullah SAW di kelas 6 dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut ia menggunakan alat bantu belajar berupa proyektor untuk menampilkan gambar tempat-tempat yang dilalui oleh Rasul pada saat hijrah sehingga penjelasan tersebut mudah dipahami oleh peserta didik media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah...

A.   diorama

B.    visual

C.    audio

D.   audio visual

E.    cetak

19. Perhatikan pernyataan berikut pembelajaran yang relevan yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai dengan konteks lingkungan dan budaya peserta didik serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra contoh implementasi dari prinsip tersebut yang tepat adalah

A.   mendorong peserta didik untuk melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan area yang perlu dikembangkan

B.    memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif agar terbangun sikap pembelajaran mandiri

C.    menggunakan pertanyaan terbuka yang menstimulasi pemikiran yang mendalam

D.   memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan

E.    mendesain pembelajaran interaktif untuk memfasilitasi interaksi yang terencana terstruktur terpadu dan produktif

20. Perhatikan beberapa pernyataan berikut

1.     membangun keterampilan dan pengetahuan

2.     memberikan motivasi intrinsik

3.     menghindari perilaku negatif

4.     mematuhi peraturan dan norma

5.     menentukan tujuan dan target

6.     mengembangkan pola pikir untuk berkembang

7.     melibatkan orang tua

strategi pengembangan kecerdasan peserta didik ditunjukkan nomor

A.   1 2 3

B.    2 3 5

C.    1 2 4

D.   345

E.    4567

21. Perhatikan tahapan berikut guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan memberikan stimulus tentang sebuah masalah dalam bersuci dari hadas besar selanjutnya peserta didik diminta untuk menemukan solusinya tahapan pembelajaran tersebut termasuk implementasi metode

A.   problem based learning

B.    project based learning

C.    project training

D.   discovery learning

E.    inquiry learning

22. Perhatikan pernyataan berikut ; Pak Miftah membuat program dan ditanyakan di akun Instagram sekolah Bu hikmah membuat konten dakwah dan tayangan melalui akun YouTube kantor kementerian agama Bu Azizah mencover lagu-lagu islami dan ditayangkan di akun smule pribadi Pak Faisal influencer muda yang membuat gerakan bakti masjid dengan menjadi guru TPA bersama tim kreatornya Pak Hamdan berhasil menapak jenjang karir menjadi kepala sekolah yang merupakan contoh komunikasi efektif empatik dan santun antara guru dan lingkungan sosial di sekolah adalah

A.   Bu Azizah

B.    bu hikmah

C.    Pak Hamdan d

D.   Pak Faisal

E.    Pak Miftah

23. Perhatikan pernyataan berikut pada saat pembelajaran PAI yang dilakukan secara daring beberapa guru terkesan fokus hanya pada transfer of know leader sehingga sering mengabaikan penguatan karakter peserta didik tindakan yang tidak tepat pada saat pembelajaran dengan cara tersebut adalah guru

A.   meminta peserta didik mengerjakan tugas secara mandiri

B.    meminta peserta didik menanggapi diskusi di kolom chat

C.    meminta peserta didik berdoa di awal zoom

D.   memberikan instruksi kepada peserta didik untuk menyalakan kamera

E.    meminta peserta didik untuk menggunakan nama yang sesuai

24. Perhatikan narasi berikut ; bu intan melaksanakan pembelajaran PAI dengan membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil dan memberikan tugas secara kelompok untuk didiskusikan di kelompok tersebut berdasarkan narasi tersebut komponen pembelajaran yang dikembangkan adalah

A.   media

B.    bahan ajar

C.    metode

D.   tujuan

E.    asesmen

25. Perhatikan pernyataan berikut

1. guru menyapa peserta didik dengan ramah

2. guru menggunakan alat peraga yang relevan

3. pembelajaran bersifat student centered

4. pembelajaran bersifat teacher centered

5. guru menyediakan kartu pertanyaan dan jawaban pernyataan

yang merupakan tahapan pembelajaran bermakna adalah

A.   123

B.    315

C.    345

D.   4 32

E.    145

26. Perhatikan langkah-langkah berikut

1 gunakan HP Android

2 siapkan sejumlah kuota internet

3 masukkan kata kunci pada play store

4 buka play store yang ada pada HP

5 pilih salah satu Alquran digital yang tampil

6 segera lakukan download langkah

yang tepat untuk mendownload Alquran digital pada HP Android ditunjukkan pada nomor

A.   1 3 4 2 5 6

B.    1 2 4 3 5 6

C.    13 4562

D.   1 3 5 4 5 6

E.    1 2 3 4 5 6

27. Perhatikan narasi berikut ; pengaruh perkembangan zaman memberikan dampak individualistik terhadap sikap generasi z hal tersebut terlihat pada kesenangan mereka menyendiri dengan gadgetnya kondisi ini pun berimbas pada gaya belajar di kelas tindakan yang mencerminkan strategi belajar paling tepat untuk melayani generasi z dengan kondisi tersebut adalah  

A.   mengemas materi ke dalam topik-topik kecil

B.    mengurangi jam pelajaran dan tatap muka

C.    meminta peserta didik untuk berkolaborasi dan kelompok

D.   menambah materi pembelajaran berupa bacaan

E.    mengganti buku cetak dengan buku elektronik

28. Perhatikan pernyataan berikut Pak Navis seorang guru PAI pada kelas 12 Saat mengajarkan elemen fiqih tentang munakahat beliau menggunakan bagan mahram untuk menjelaskan siapa yang tidak boleh dinikahi bahan ajar yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah

A.   komik

B.    infografis

C.    artikel

D.   ebook

E.    video

29. Perhatikan narasi berikut Bu Avril mengawali pembelajaran PAI dengan menyampaikan apa yang hendak dicapai dan harus dimiliki oleh peserta didik Di akhir pembelajaran berdasarkan narasi tersebut komponen pembelajaran yang dikembangkan adalah

A.   tujuan

B.    metode

C.    bahan ajar

D.   assessment media

30. Perhatikan pernyataan berikut ; komunikasi dalam pembelajaran merupakan kemampuan guru dalam menyampaikan pesan atau materi pembelajaran kepada peserta didik sehingga peserta didik dengan cepat dan mudah memahaminya berikut ini bukan merupakan kompetensi komunikasi yang harus dimiliki oleh guru PAI adalah

A.   menggunakan bahasa yang lugas tidak berbelit-belit

B.    menggunakan bahasa yang lugas dan sopan

C.    menggunakan kata-kata sederhana tidak berulang-ulang

D.   merespon setiap pembicaraan yang dilakukan dengan peserta didik

E.    membangun komunikasi efektif dengan kepala sekolah maupun rekan

31. Perhatikan pernyataan berikut ; teori belajar ini memfokuskan pada pengembangan diri individu dengan cara yang sesuai potensi diri mengamati dan menilai diri dari kacamata si pelaku teori ini mendorong seseorang untuk mengembangkan bakat dan potensinya hingga mampu mengenali dirinya sendiri teori belajar yang dimaksud adalah

A.   Sufisme

B.    humanisme

C.    kognitivisme

D.   konstruktivisme

E.    nativisme

32. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini

1 menganalisis efektivitas kebijakan sekolah terkait kegiatan pembelajaran di luar kelas

2 mengukur penerapan model metode strategi dan teknik pembelajaran pada tingkat keberhasilan yang dicapai guru

3 mengidentifikasi dan mengevaluasi apa yang telah dilakukan guru dalam menyampaikan materi dan menguasai kelas

4 memudahkan pimpinan sekolah mengambil kebijakan alokasi anggaran guna memperlancar proses pembelajaran

5 mengetahui kebutuhan dan keinginan siswa agar guru dapat memperbaiki desain pembelajaran untuk pembelajaran selanjutnya berdasarkan beberapa pernyataan tersebut yang termasuk tujuan refleksi adalah

A.   1 2 3

B.    2 3 4

C.    124

D.   235

E.    345

33. Perhatikan narasi berikut ; program remedial adalah program yang diberlakukan ketika siswa belum mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan program ini membantu siswa yang menghadapi kesulitan belajar oleh karena itu metodenya harus bervariasi sesuai dengan tingkat kemampuan siswa berdasarkan narasi tersebut maka karakteristik program pembelajaran remedial dapat dilakukan dengan

A.   memberikan materi-materi lanjutan yang lebih rinci

B.    melibatkan semua guru yang mengajar di kelas tersebut

C.    mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah dan pengawas

D.   melibatkan siswa secara individual atau kelompok

E.    memberikan latihan-latihan soal tanpa dilakukan kegiatan pembelajaran

34. Perhatikan ilustrasi berikut ini ; berdasarkan data hasil asesmen pembelajaran dari 36 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 6 siswa dan 30 siswa tuntas berdasarkan ilustrasi tersebut maka cara pelaksanaan pengayaan untuk 30 siswa tersebut adalah

A.   membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar mencapai target nilai hasil belajar

B.    mempercepat pencapaian tujuan pembelajaran dalam satu semester

C.    memberikan pendalaman dan perluasan Dari kompetensi yang dipelajari

D.   memberikan pelayanan kepada siswa kompetensi belajarnya di atas rata-rata

E.    mengadakan kerjasama dengan wali murid agar dapat berjalan dengan baik

35. Perhatikan prinsip asesmen berikut ; asesmen t dirancang secara adil proporsional valid dan dapat dipercaya atau reliable untuk menjelaskan kemajuan belajar menentukan keputusan tentang langkah-langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran yang sesuai selanjutnya diantara pelaksanaan asesmen berikut yang sesuai dengan prinsip tersebut adalah pendidik

A.   menentukan kriteria sukses dan menyampaikannya pada peserta didik sehingga mereka memahami ekspektasi yang perlu dicapai

B.    merencanakan pembelajaran dengan merujuk pada tujuan yang hendak dicapai dan memberikan umpan balik agar peserta didik dapat menentukan langkah untuk perbaikan kedepannya

C.    memberikan umpan balik secara berkala kepada peserta didik dan mendiskusikan tindak lanjutnya bersama-sama beserta orang tua

D.   menggunakan teknik asesmen yang beragam sesuai dengan fungsi dan tujuan asesmen

E.    sebagai bahan diskusi untuk menentukan hal-hal yang sudah berjalan baik dan area yang perlu diperbaiki

36. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ;

1.     mengawali pembelajaran dengan memberikan pertanyaan tertulis berkaitan dengan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya untuk mendapatkan nilai

2.     memberikan pertanyaan tertulis di akhir sesuai dengan materi yang telah dipelajari dan diambil nilainya

3.     mengakhiri kegiatan pembelajaran di kelas dengan meminta peserta didik untuk menuliskan tiga hal tentang konsep yang baru mereka pelajari

4.     melaksanakan penilaian praktik wudhu setelah materi selesai dipelajari

5.     bermain kuis di tengah-tengah proses pembelajaran untuk memantau perkembangan pemahaman peserta didik

pada tabel berikut pelaksanaan asesmen formatif dalam pembelajaran PAI dan BP yang tepat ditunjukkan pada nomor

A.   2 dan 4

B.    1 dan 2

C.    3 dan 5

D.   2 dan 3

E.    1 dan 3

37. Perhatikan narasi berikut; berdasarkan evaluasi hasil belajar peserta didik telah mempunyai kemampuan yang menuntut peserta didik untuk menguraikan suatu situasi atau keadaan tertentu ke dalam unsur-unsur atau komponen pembentuknya berdasarkan narasi tersebut maka pada aspek kognitif peserta didik dikategorikan mempunyai

A.   pengetahuan

B.    evaluasi

C.    analisis

D.   pemahaman

E.    sintesis

38. Perhatikan narasi berikut setelah menyelesaikan satu lingkup materi Alquran meminta peserta didik untuk melakukan unjuk kerja pada materi tersebut kemudian membandingkannya dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah dibuat saat menyusun modul ajar berdasarkan narasi tersebut asesmen yang dilakukan oleh Bu rembulan bertujuan sebagai berikut kecuali

A.   mengetahui perkembangan peserta didik dalam memahami satu atau lebih tujuan

B.    pembelajaran menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan atau capaian pembelajaran

C.    mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik dalam pada periode tertentu

D.   menentukan kelanjutan proses belajar siswa di kelas atau jenjang berikutnya

E.    mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian yang telah ditetapkan

39. Perhatikan beberapa pernyataan berikut;

1 identitas peserta didik

2 kelas

3 nama satuan pendidikan

4 mata pelajaran

5 kelompok usia

6 deskripsi

7 catatan guru

8 semester

9 nilai

10 perkembangan dan pertumbuhan anak

11 kegiatan ekstrakurikuler

12 deskripsi perkembangan capaian pembelajaran

13 refleksi orang tua

14 presensi

berdasarkan pernyataan tersebut yang bukan komponen minimal yang harus ada pada pelaporan hasil belajar jenjang SD MI sederajat adalah

A.   3 5 10 dan 13

B.    7 9 10 dan 14

C.    6 11 12 dan 14

D.   156 dan 10

E.    5 10 12 dan 13

40. Perhatikan beberapa pernyataan berikut;

1 pemilihan dan atau pengembangan instrumen penilaian pai dan BP

2 perumusan tujuan penilaian pai dan BP

3 pengolahan hasil penilaian pai dan BP

4 pelaksanaan penilaian pai dan BP

5 pelaporan hasil penilaian pai dan BP

prosedur penilaian yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah

A.   1 3 4 5 dan 2

B.    2143 dan 5

C.    1 2 4 3 dan 5

D.   2 4 1 5 dan 3

E.    2 3 4 5 dan 1

41. Perhatikan contoh pelaksanaan asesmen berikut ; Pak Juli berkolaborasi dalam merancang asesment sehingga dapat menggunakan kriteria yang serupa dan sesuai dengan tujuan asesmen berdasarkan narasi tersebut prinsip asesmen berikut yang sesuai adalah

A.   asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran

B.    laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai serta strategi tindak lanjut

C.    asesmen dirancang secara adil proporsional valid dan dapat dipercaya atau reliable untuk menjelaskan kemajuan belajar menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran selanjutnya

D.   hasil asesment digunakan oleh peserta didik pendidik tenaga kependidikan dan orang tua wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran

E.    merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran fasilitasi pembelajaran dan penyedia informasi yang holistik sebagai umpan balik untuk pendidik peserta didik dan orang tua wali agar dapat memandu menentukan strategi pembelajaran selanjutnya

42. Perhatikan tujuan pembelajaran berikut ; mengenal malaikat Allah beserta tugas yang diembannya. instrumen penilaian atau assessment yang tepat untuk tujuan pembelajaran tersebut adalah

A.   kinerja

B.    observasi

C.    tes tertulis

D.   rubrik

E.    project

43. Perhatikan narasi berikut setelah pendidik melaksanakan penilaian atau asesmen dengan beberapa teknik penilaian dan juga sudah melakukan pengolahan hasil penilaian maka tugas selanjutnya adalah menyusun deskripsi capaian kompetensi pada raport pada proses tersebut pendidik dapat menggunakan opsi

A.   penyusunan deskripsi berdasarkan KKTP yang dirumuskan

B.    penyusunan deskripsi mengambil dari silabus

C.    penyusunan deskripsi berdasarkan tujuan pembelajaran

D.   penyusunan deskripsi berdasarkan alur tujuan pembelajaran

E.    penyusunan deskripsi mengambil dari indikator soal

44. Perhatikan narasi berikut pak bintang memberikan asesmen berupa penilaian diri penilaian antar teman pemberian umpan balik antar teman dan refleksi peserta didik diminta untuk menjelaskan secara lisan atau tulisan atau menulis salah satu surat Alquran tentang penciptaan alam semesta dan menjelaskan tentang konsep yang baru dipelajari berdasarkan narasi tersebut asesmen yang dilaksanakan oleh pak bintang berguna untuk

A.   mengukur ketuntasan belajar peserta didik

B.    bahan perencanaan pembelajaran berdiferensiasi

C.    menentukan jenis media yang akan digunakan

D.   merefleksikan strategi dan efektivitas pembelajaran

E.    mengetahui perkembangan perilaku peserta didik

45. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini ; 1 penilaian dilaksanakan sebagai bagian terpisah dari proses pembelajaran 2 hasil penilaian merupakan bahan evaluasi bagi orang tua siswa untuk mengukur kinerja kepala sekolah dan guru 3 hasil penilaian dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran 4 ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran 5 penilaian dilaksanakan selama proses pembelajaran dan Di akhir pembelajaran. berdasarkan beberapa pernyataan tersebut yang termasuk prinsip refleksi pembelajaran adalah

A.   2 3 4

B.    3 4 5

C.    1 2 3

D.   1 2 4

E.    2 3 5

46. Perhatikan ilustrasi berikut ; Pak Garuda melakukan asesmen selama proses pembelajaran tentang lingkup materi yang dipelajari asesment ini memberikan informasi kepada Pak Garuda tentang kemajuan belajar peserta didik dan kesesuaian strategi dan media pembelajaran yang digunakan oleh Pak Garuda berdasarkan asesmen ini Pak Garuda kemudian melakukan beberapa penyesuaian pembelajaran agar hasilnya lebih baik lagi berdasarkan ilustrasi tersebut kesimpulan berikut yang benar adalah

A.   hasil asesment memberikan umpan balik dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar

B.    instrumen yang digunakan pada assessmen formatif harus sama ketika melakukan asesment

C.    asesmen informatif pada saat pembelajaran adalah keharusan bagi seorang pendidik

D.   assessmen normatif dapat dilakukan pada awal pembelajaran sebelum memulai mengenalkan lingkup materi

E.    asesmen informatif dan submaktif berfungsi untuk menentukan kenaikan kelas atau kelulusan

47. Perhatikan narasi berikut Pak Agustus memberikan tugas menulis laporan tentang pelaksanaan kegiatan qurban di masjid kampung tempat peserta didik tinggal ia telah menetapkan ketentuan ketuntasan yaitu laporan peserta didik menunjukkan kemampuan menulis laporan hasil pengamatan dan pengalaman secara jelas kemudian ia melakukan asesmen terhadap peserta didik apakah sudah memadai atau belum memadai berdasarkan ilustrasi tersebut pendekatan penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran kktp yang dipilih oleh Pak Agustus menggunakan

A.   nilai mutlak

B.    interval nilai dari rubrik

C.    deskripsi kriteria

D.   interval nilai dari tes

E.    rubrik

48. Perhatikan proses penilaian berikut dalam melakukan penilaian peserta didik terdapat aspek kemampuan yang berkaitan dengan keterampilan atau skill atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu cara menilai yang tepat pada aspek ini adalah dengan

A.   unjuk kerja

B.    penilaian diri

C.    tes tertulis pilihan ganda

D.   penilaian portofolio

E.    jurnal harian

49. Perhatikan ilustrasi berikut; pada sebuah sekolah terdapat peserta didik yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam fase hal ini kemudian diidentifikasi oleh guru kelas 5 sejak awal tahun ajaran informasi ini juga dikomunikasikan oleh guru kelas 4 dan juga diidentifikasi melalui asesmen di awal pembelajaran kelas 5 berdasarkan asesmen sumatif ternyata peserta didik tersebut belum menuntaskan tujuan pembelajaran di fase b berdasarkan ilustrasi tersebut peserta didik yang tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran tertentu hingga akhir fase b maka sebaiknya...

A.   guru diberi wewenang untuk menetapkan peserta didik apakah tetap di fase b

B.    tetap tinggal di kelas 4 sambil mempelajari tujuan pembelajaran

C.    terus naik ke fase sambil menyelesaikan materi di fase b dan mempelajari lingkungan

D.   terus naik ke fase c dan melanjutkan belajar lingkup materi dan menyelesaikan tujuan pembelajaran fase c

E.    tetap tinggal di kelas 4 menyelesaikan tujuan pembelajaran yang belum tercapai

50. Perhatikan ilustrasi berikut sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada para stakeholders maka proses asesmen juga harus memberi peluang terjadinya proses komunikasi dengan para orang tua dan pihak-pihak lain dalam upaya mendukung pembelajaran berdasarkan ilustrasi tersebut kesadaran akan pentingnya komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua berangkat dari pertimbangan berikut ini kecuali...

A.   orang tua berperan penting memantau perkembangan akademik anak-anak mereka saat berada di rumah

B.    para orang tua memiliki hak untuk mengetahui apa yang berlangsung di sekolah tempat putra-putri mereka belajar

C.    pengetahuan yang diperoleh dari laporan akan menciptakan hubungan yang baik antara orang tua dan guru

D.   komunikasi yang baik antara orang tua dan guru akan menghasilkan perbaikan-perbaikan dalam belajar dan sikap

E.    komunikasi antara orang tua dan guru berlangsung intensif pada pakan pertama anak-anak mereka bersekolah

51. Perhatikan ilustrasi berikut ; pada saat asesment sumatif seorang murid telah mampu mencapai kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran pada materi QS Al maidah: 48 tentang berkompetisi dalam kebaikan berdasarkan ilustrasi tersebut materi pengayaan yang sesuai adalah

52. Perhatikan beberapa ayat Alquran berikut ;

ayat-ayat Alquran yang menjadi sumber pembelajaran aqidah terdapat pada nomor

A.   2 3 4

B.    1 2 4

C.    2 3 5

D.   345

E.    123

53. Perhatikan ilustrasi berikut ; pada saat diskusi kelompok seorang murid menjelaskan bahwa melalui toleransi bangsa Indonesia yang majemuk dapat membangun cita-cita bangsa bersama berkat semangat toleransi ini para pendiri bangsa dapat menyepakati nilai-nilai utama yang dibangun di atas kepentingan bersama yang secara dan egaliter sehingga melahirkan kehidupan yang rukun dan harmonis ide pokok yang disampaikan murid pada ilustrasi tersebut termasuk

A.   prinsip

B.    hikmah

C.    implementasi

D.   pengertian

E.    contoh

54. Perhatikan ilustrasi berikut pada saat asesment sumatif seorang murid dapat menyelesaikan soal yang menanyakan tentang kebolehan melaksanakan salat jamak qasar pada saat melakukan perjalanan wisata religi ruang lingkup materi yang dikuasai murid pada ilustrasi tersebut termasuk

A.   dalil

B.    pengertian

C.    syarat

D.   rukun

E.    hikmah

55. Perhatikan ilustrasi berikut ; pada saat asesment awal diketahui seorang murid sudah mampu menjelaskan nama-nama malaikat tugas-tugas dan manfaatnya dalam kehidupan modern agar kompetensi murid meningkat maka materi yang dapat yang tepat untuk dipelajari adalah

A.   dalil naqli tentang malaikat

B.    keberadaan malaikat di era teknologi informasi

C.    hikmah beriman kepada malaikat

D.   pengertian malaikat

E.    nama dan tugas malaikat

56. Perhatikan ilustrasi berikut pada saat asesment sumatif seorang murid telah mampu menjelaskan macam-macam dan ketentuan-ketentuan pelaksanaan salat sunat berjamaah agar kompetensi murid meningkat maka materi yang tepat untuk dipelajari adalah

A.   tata cara pelaksanaan salat istisqa

B.    perbedaan pelaksanaan salat tarawih

C.    dalil tentang salat sunat berjamaah

D.   syarat dan rukun salat

E.    pengertian salat sunat berjamaah

57. Seorang guru PAI memiliki tujuan pembelajaran agar peserta didik dapat menjelaskan silsilah nasab Nabi Muhammad SAW berdasarkan tujuan tersebut referensi utama untuk pengembangan materi PAI adalah

A.   ashirah Al Nabawiyah karya Ibnu Hisyam

B.    Path Al karib karya Syamsudin Al Ghazi

C.    al-amsilah Al tasrifiyah karya Maksum Ali

D.   lubaba karya Jalaludin

E.    Ihya Ulumuddin karya Imam Ghazali

58. Perhatikan QS al-baqarah/2.2143 berikut ;

materi PAI yang disajikan dalam kutipan ayat tersebut adalah

A.   keadilan

B.    keteladanan

C.    moderatisme

D.   cinta tanah air

E.    toleransi

59. Saat menyusun modul ajar dirumuskan tujuan pembelajaran agar peserta didik mampu menjelaskan sebab-sebab turunnya QS al-kafirun:/109.21 - 6 berdasarkan tujuan tersebut referensi utama untuk pengembangan materi PAI adalah

A.   sirah Al Nabawiyah karya Ibnu Hisyam

B.    lubab AN-nukul karya Jalaludin Al Suyuti

C.    Al amfilah Al tasrifiyah karya

D.    fath alkarib karya Syamsudin Al Ghazi Ihya ulum karya Imam Ghazali

60. Perhatikan ilustrasi berikut Bu kenanga mengajar di sekolah yang terletak di desa terpencil beliau menerapkan pembelajaran dengan materi berstandar nasional yang mengacu pada praktik baik guru PAI di sekolah sekolah sekolah sekolah terbaik namun murid Bu kenanga mengalami kesulitan saat mengikuti pembelajaran berdasarkan ilustrasi tersebut solusi yang disarankan untuk Bu kenanga adalah

A.   memperbaiki ice breaking di kelas

B.    menerapkan pembelajaran diferensiasi berdasarkan kesiapan minat dan profil muridnya

C.    bersemangat menjadikan murid-muridnya menguasai materi

D.   menuntaskan seluruh materi pembelajaran PAI dalam satu semester

E.    menerapkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum terbaru

61. Perhatikan pernyataan berikut penyelenggaraan pendidikan agama Islam merupakan bagian dari risalah dalam rangka menegakkan agama yang bernilai kebaikan di sisi Allah SWT karakteristik pendidikan agama Islam yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah

A.   bermotifkan ibadah

B.    bermisikan pembentukan akhlak kulkarimah

C.    mempertimbangkan kehidupan duniawi dan ukhrawi

D.   diyakini sebagai tugas suci

E.    bersumber pada Alquran dan hadis

62. Perhatikan ilustrasi berikut ; seorang guru PAI menghadapi suatu kendala di kelasnya ada beberapa murid yang pandai membaca Alquran tapi tidak mau belajar mereka bahkan sering mengganggu temannya saat belajar Alquran berdasarkan ilustrasi tersebut berikut ini merupakan perbaikan yang harus dilakukan kecuali

A.   meminta mereka untuk beraktivitas di luar kelas agar tidak mengganggu temannya

B.    membagi kelompok heterogen berdasarkan hasil asesmen diagnostik dan menjadikan mereka tutor sebaya bagi teman-temannya dan memberikan materi pengayaan

C.    mengelompokkan mereka menjadi satu kelompok murid terpandai dan memberikan kebebasan memilih materi ajar sendiri

D.   memberikan soal-soal yang sulit untuk mereka kerjakan saat teman-teman di kelasnya sedang belajar

E.    memfasilitasi mereka dengan materi yang lebih sulit daripada teman-temannya sesuai dengan tingkat kemampuan atau capaian mereka

63. Perhatikan narasi berikut pendidikan agama Islam selalu menekankan pada kekuatan hati nurani untuk berbuat baik dan bersikap dalam kehidupan sesuai dengan norma-norma yang berlaku karakteristik pendidikan agama Islam yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah

A.   bermotifkan ibadah

B.    bersumber pada Alquran dan hadis

C.    mempertimbangkan kehidupan duniawi dan ukhrawi

D.   bermisikan pembentukan akhlakul karimah

E.    diyakini sebagai tugas suci

64. Perhatikan pernyataan berikut sunan Ampel merupakan satu dari sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Indonesia keteladanan dakwahnya adalah penyebaran Islam dengan metode unik yang mudah diterima oleh masyarakat salah satunya berupa konsep ‘’malima’’ dalam mengajarkan perbuatan-perbuatan yang dilarang dalam agama Islam nilai keteladanan dari sunan Ampel dapat menjadi contoh dalam meraih keberhasilan dakwah pernyataan tersebut termasuk materi PAI pada bidang

A.   fiqih

B.    Alquran dan hadis

C.    akhlak

D.   aqidah

E.    sejarah peradaban Islam

65. Perhatikan beberapa contoh pembelajaran berikut ;1. sebelum melaksanakan pembelajaran Pak Ragil melakukan asesmen diagonal stik untuk menyiapkan materi ajar sesuai kebutuhan muridnya 2. Bu Sekar menugaskan murid yang sudah paham untuk menjadi tutor sebaya sebagai teman-teman yang belum bisa membaca Alquran 3. untuk melatih membantu kelompok yang terdiri dari paham sebagian paham dan belum paham 4. Bu Rini memberikan proyek kepada muridnya yang pandai mendesain untuk membuat konten dakwah di Instagram 5. Pak Budi menugaskan muridnya untuk menyusun teks khotbah. praktik pembelajaran diferensiasi ditunjukkan pada nomor

A.   245

B.    234

C.    345

D.   134

E.    123

66. Perhatikan hadis berikut;

 materi PAI yang disajikan dalam kutipan hadis tersebut adalah menghindari

A.   boros dan berlebihan

B.    perilaku kasar dan sombong

C.    iri dan hasad

D.   ghibah dan fitnah

E.    ria dan takabur

67. Perhatikan ayat-ayat Alquran berikut;

ayat-ayat Alquran yang menjadi sumber pembelajaran akhlak terdapat pada

A.   1 2 3

B.    1 2 5

C.    2 3 4

D.   3 4 5

E.    2 4 5

68. Perhatikan ilustrasi berikut pada saat asesment sumatif seorang murid telah mampu melampaui kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran pada materi cabang-cabang iman materi pengayaan yang tepat untuk memperdalam kompetensi murid tersebut dapat diperoleh dari kitab

A.   Nurul yakin karya Muhammad bin Afifi al-bajuri

B.    aqidatul awam karya Ahmad bin Muhammad Ramadan Al Marzuki

C.    botamimah Al Jurumiyah karya Syekh Syamsudin Muhammad

D.   al-bayan karya Syekh Muhammad Ali assyabuni

E.    ??

69. Perhatikan pernyataan berikut di dalam Alquran terdapat kisah Luqman sebagai salah satu teladan dalam pendidikan anak pernyataan tersebut merupakan pembelajaran terkait materi PAI pada bidang

A.   Alquran dan hadis

B.    sejarah peradaban Islam

C.    akhlak

D.   aqidah

E.    fiqih

70. Perhatikan beberapa contoh pembelajaran berikut; 1. Pak Ragil menyajikan beragam bahan ajar untuk materi transaksi ekonomi diantaranya berupa instrumen observasi dan interview murid diberi tugas untuk melihat langsung bagaimana transaksi jual beli simpan pinjam sewa menyewa syirkah baik secara tradisional maupun modern 2. Pak Jono adalah guru yang cakap dalam teknologi selalu menggunakan bermacam-macam media pembelajaran saat melaksanakan pembelajaran di kelasnya 3. Bu Mina memberikan tugas kepada muridnya untuk wawancara kepada tokoh agama di lingkungannya dan melaporkan hasil wawancara dalam bentuk makalah slide video Tik tok 4. Pak Juli menerapkan pembelajaran dengan rumusan tujuan pembelajaran yang jelas melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan 3 aspek yaitu kesiapan belajar minat belajar dan profil belajar murid 5. Pak haji melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media poster digital dari bermacam-macam aplikasi praktik. pembelajaran diferensiasi ditunjukkan pada nomor

A.   2 3 5

B.    3 4 5

C.    1 2 3

D.   1 3 4

E.    2 3 4

71. Perhatikan narasi berikut faktaufan memiliki keinginan memperbaiki kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas ia melakukan serangkaian penelitian tindakan di kelasnya karakteristik PTK yang terkandung dalam narasi tersebut adalah a guru inti b peneliti C guru dan peneliti d objek peneliti e sumber penelitiPerhatikan deskripsi berikut hasil refleksi belajar menunjukkan bahwa sebagian peserta didik memiliki kecenderungan belajar visual hal tersebut ditindaklanjuti dengan diarahkan untuk memilih sumber belajar berupa

A.   lingkungan

B.    buka buku teks

C.    simulasi

D.   pengalaman langsung

E.    percakapan

72. Perhatikan narasi berikut ibu bulan menulis bagian yang mengantarkan pembaca untuk memahami permasalahan yang akan dibahas pada artikel secara urut jelas dan terperinci ia mencantumkan kutipan dengan menggunakan angka atau Nama penulis sesuai dengan aturan sitasi yang digunakan proses yang sedang ditulis ibu bulan adalah

A.   kata kunci

B.    tinjauan pustaka

C.    pendahuluan

D.   kesimpulan

E.    abstrak

73. Perhatikan narasi berikut; guna meningkatkan kinerja Pak Bayu mengikuti diskusi yang menampilkan beberapa pembicara ahli para pemateri menjawab pertanyaan dari peserta diskusi dipimpin oleh seorang moderator moderator sekali menyimpulkan paparan para pembicara sedangkan peserta diskusi hanya sebagai pendengar jenis forum ilmiah yang diikuti Pak Bayu adalah

A.   seminar

B.    fokus grup discussion

C.    presentasi

D.   lokakarya

E.    diskusi panel

74. Perhatikan pernyataan berikut ; 1. memberikan situasi belajar yang tepat tanpa tekanan 2. sebagai acuan untuk mengklasifikasi materi yang harus diajarkan 3. mengetahui urutan penyajian bahan ajar 4. memudahkan dalam mencari bahan ajar 5. merangsang berpikir analisis 6. memberikan contoh-contoh yang lebih konkrit. manfaat buku teks bagi guru dan peserta didik adalah

A.   156

B.    3 2 1

C.    2 4 5

D.   432

E.    561

75. Perhatikan deskripsi berikut; ketika pembelajaran materi aqiqah dan qurban sebagian peserta didik belum memahami penjelasan guru terutama pada saat menjelaskan cara penyembelihan peserta didik hanya membayangkan saja akibatnya saat umpan balik dan assessment peserta didik 62% belum menguasai kompetensi sejak awal pembelajaran sampai akhir yang dilakukan guru dalam pembelajaran adalah ceramah meminta peserta didik menyalin catatan dari buku teks dan mengerjakan tugas kesimpulan dari pembahasan tersebut adalah

A.   guru kesulitan menjelaskan pembelajaran aqiqah dan qurban

B.    guru tidak menggunakan media pembelajaran yang tepat

C.    peserta didik setiap pembelajaran selalu membayangkan

D.   peserta didik di kelas tersebut semuanya tidak mencapai kompetensi

E.    materi aqiqah dan qurban sangat sulit bagi peserta didik

76. Perhatikan narasi berikut modul dapat membuka kesempatan kepada peserta didik untuk mengukur kemampuannya modul mempermudah proses pembelajaran mengatasi keterbatasan waktu bersifat belajar mandiri dan untuk mengembangkan dirinya secara optimal berdasarkan narasi tersebut ciri modul adalah

A.   membuka kesempatan peserta didik maju menurut kemampuannya

B.    memiliki daya informasi yang kuat mempermudah proses pembelajaran

C.    peserta didik mengembangkan diri secara optimal mengatasi keterbatasan waktu

D.   mempermudah proses pembelajaran dan mengatasi keterbatasan waktu

E.    bersifat self learning memiliki daya informasi yang cukup kuat

77. Perhatikan narasi berikut ibu melati menulis artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau gagasan singkat yang dapat membantu mempercayai bidang pendidikan agama Islam tulisan ibu melati lebih singkat dari artikel penelitian dan tidak memiliki bagian metodologi yang terperinci jenis artikel yang ditulis ibu melati adalah

A.   review articless

B.    research articles

C.    sais tematik reviews

D.   short communications

E.    perfective articles

78. Perhatikan narasi berikut pembelajaran PAI sering terganggu karena masih terdapat sampah yang berserakan di dalam kelas bahkan menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga menimbulkan ketidaknyamanan Dalam proses pembelajaran hal ini berdampak pada menurunnya kualitas pembelajaran pada kondisi demikian sebaiknya guru PAI tersebut menyelesaikan permasalahan dengan

A.   tidak mengajar untuk menghukum peserta didik dalam kelas tersebut

B.    menulis status media sosial tentang keadaan kelas yang jorok

C.    mendokumentasikan kelas yang penuh sampah memakai HP

D.   menerapkan negara akan tabungan sampah untuk kebersihan kelas

E.    mengajar di kelas tersebut meskipun keadaan kotor dan bau

79. Perhatikan narasi berikut pak bintang prihatin karena peserta didiknya mengalami kesulitan belajar materi sehingga keterampilan membaca Alquran rendah ia kemudian melakukan tindakan dengan memberikan bimbingan belajar menggunakan strategi digital drilling dalam penelitian tindakan kelas hipotesa dari rumusan penelitian tindakan kelas tersebut adalah

A.   pemahaman makna Alquran dapat ditingkatkan melalui strategi digital drilling

B.    digital drilling dapat meningkatkan keterampilan menterjemahkan Alquran

C.    digital drilling dapat meningkatkan kemampuan belajar materi makhorijul huruf

D.   keterampilan menulis Alquran dapat ditingkatkan melalui strategi digital

E.    minat belajar minat materi makhorijul huruf dapat ditingkatkan melalui strategi digital drilling

80. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ;1. motivasi peserta didik meningkat 2. membutuhkan disiplin belajar tinggi 3. memudahkan guru mengetahui kemampuan peserta didik 4. beban belajar terbagi lebih merata sepanjang semester 5. membutuhkan konsentrasi tinggi dari guru untuk memantau proses belajar. kelebihan penggunaan modul ditunjukkan pada nomor

A.   1 2 3

B.    3 4 5

C.    1 3 4

D.   245

E.    234

81. Perhatikan pernyataan berikut ;

1 pendahuluan

2 judul

3 metodologi pembelajaran penelitian

4 hasil penelitian

5 pembahasan

6 tinjauan pustaka

7 kesimpulan

8 daftar pustaka

urutan langkah yang benar dalam penyusunan laporan PTK adalah

A.   1 2 3 4 5 6 7 dan 8

B.    3 4 5 2 1 6 7 dan 8

C.    5 6 2 1 3 4 7 dan 8

D.   4 5 1 2 3 6 7 dan 8

E.    216 3457 dan 8

82. Perhatikan narasi berikut Bu Dahlia mempresentasikan hasil penelitiannya dalam forum ilmiah dan berpeluang untuk dipublikasikan kepada masyarakat luas hasil penelitian tersebut dapat diakses secara umum dan meningkatkan reputasi sebagai peneliti manfaat mengikuti forum ilmiah bagi Bu Dahlia adalah

A.   membuka peluang kolaborasi

B.    meningkatkan kualitas penelitian

C.    meningkatkan visibilitas penelitian

D.   meningkatkan pengetahuan dan wawasan

E.    menjalin jaringan profesional

83. Perhatikan beberapa pernyataan berikut; 1. masalah yang diangkat adalah masalah yang dihadapi oleh guru di kelas 2. bertumpu pada kelemahan peserta didik dalam memahami pelajaran 3. fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran 4. adanya partisipasi dan kolaborasi antara peneliti dengan teman sejawat 5. masalah yang diteliti berasal dari beban kinerja guru. karakteristik penelitian tindakan kelas ditunjukkan nomor

A.   3 4 5

B.    2 4 5

C.    1 3 4

D.   1 2 3

E.    1 3 5

84. Fungsi dari fitur dashboard pada Google classroom yaitu

A.   memantau ke aktifan siswa, tugas siswa, waktu pengumpulan tugas dan pengembangan keprofesian

B.    memantau keaktifan siswa, membuat jadwal, waktu pengumpulan tugas dan waktu memberikan komentar

C.    memantau keaktifan siswa, tugas siswa, waktu pengumpulan tugas dan waktu memberi komentar

D.   berbagai file, memantau keaktifan siswa, tugas siswa, waktu pengumpulan tugas dan waktu memberi komentar

E.    melampirkan file tuga,s memantau keaktifan siswa, waktu pengumpulan tugas dan arsip pembelajaran

85. Baca ilustrasi berikut ; Bu Dahlia membuat video pembelajaran menggunakan PowerPoint langkah-langkah yang dilakukan Bu Dahlia adalah buka PowerPoint pilih file yang sudah disiapkan klik file pada tab menu pilih ... dan klik.. halo pilih record timings and narations dan klik create a video

langkah yang tepat untuk melengkapi titik-titik tersebut adalah

A.   a ceriati video-save 

B.    explore - computer and HD display

C.    reate a video-publik slides

D.   export-publish

E.    export-create video

86. Langkah-langkah membuat Gmail yang benar yaitu

A.   buka google.com, klik Gmail, create account, isi nomor HP, isi nama pribadi dan akun Gmail serta password, masukkan kode verifikasi dari SMS, isi tanggal lahir, klik saya setuju

B.    buka google.com, klik Gmail and account, isi nama pribadi dan akun Gmail serta password, isi nomor HP, isi tanggal lahir, masukkan kode verifikasi dari SMS, klik saya setuju

C.    buka google.com, klik Gmail, isi nama pribadi dan akun Gmail serta password, isi nomor HP, masukkan kode verifikasi dari SMS, isi tanggal lahir klik saya setuju

D.   buka google.com klik Gmail, isi nama pribadi dan akun Gmail serta password, isi nomor HP, isi tanggal lahir, masukkan kode verifikasi dari SMS klik saya setuju

E.    buka google.com, klik Gmail, isi nama pribadi, dan akun Gmail serta password, isi nomor HP, isi tanggal lahir, masukkan kode verifikasi dari SMS klik saya setuju

87. Karya hasil rancangan pengembangan percobaan sains dan atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan sistem atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya adalah definisi dari karya inovatif

A.   alat praktikum

B.    teknologi tepat guna

C.    alat karya seni

D.   alat belajar

E.    alat peraga

88. Perhatikan beberapa contoh karya inovatif berikut 1 video pembelajaran 2 video animasi 3 video tutorial 4 video scribbling streaming aplikasi yang efektif untuk membuat dan mengedit beberapa video tersebut adalah

A.   Adobe illustrator dan filmorago

B.    Adobe in the season dan is cafe

C.    kinemaster dan wondershare filmora

D.   canva dan Adobe Photoshop

E.    draw dan kinemaster

89. Perhatikan gambar berikut ;

jenis alat belajar atau peraga yang tepat untuk gambar tersebut adalah

A.   model benda

B.    poster

C.    alat permainan

D.   benda potongan

E.    video pembelajaran

90. Cara membagikan layar presentasi pada zoom meeting yang benar adalah

A.   buka zoom meeting, klik share screen, pilih jendela, pilih layar yang akan ditampilkan klik share

B.    buka zoom meeting, klik presentasi sekarang, pilih layar yang akan ditampilkan klik share

C.    buka zoom meeting, klik presentasi sekarang, pilih jendela, pilih layar yang akan ditampilkan klik share

D.   buka zoom meeting, klik share screen, pilih seluruh layar anda, pilih layar yang akan ditampilkan, klik share

E.    buka zoom meeting, klik share screen, pilih layar yang akan ditampilkan klik share

91. Perhatikan narasi berikut!

Berbagaimacam cara guru untuk belajar dan meningkatkan kemampuan profesionalismeserta membangun jaringan dengan para guru di seluruh dunia adalah melalui situs media interaktif berbasis web dan media sosial.

Yang tidak termasuk media interaktif berbasis web dan media sosial adalah...

A.   Wiki

B.    Podcast

C.    Facebook

D.   Blog

E.    Youtube

92. Perhatikan langkah berikut:

1.     Klik add in

2.     Klik ok

3.     Pilih surah dan ayat

4.     Selesai

Langkah yang tepat untuk menambahkan ayat ke word menggunakan add-ins ditunjukkan pada nomor...

A.   1 2 3 4

B.    1 2 4 3

C.    1 4 2 3

D.   1 3 2 4

E.    1 3 4 2

93. Perhatikan pernyataan berikut ini...

1.Pengertian tentang kiamat

2.Nama-nama tokoh islam pada abad modern

3.Hikmah beriman kepada malaikat

4.Nanama-nama malaikat yang wajib diketahui

Perencanaan pembelajaran yang berkaiatan dengan pengetahuan faktual pada nomor...

A.   2, 3, 4

B.    3, 4, 1

C.    4, 1, 2

D.   1, 2, 3

E.    1, 2, 3

94. Perhatikan narasi berikut

Pada tahap proporsional thinking, anak sudah mampu berfikir tingkat tinggi, seperti berfikir secara deduktif, menganalisis, mensintensis, mampu berfikir secara abstrak dan secara reflektif, serta mampu memecahkan berbagai masalah merupakan ciri-ciri anak berusia...

A.   4 – 7 tahun

B.    2 – 4 tahun

C.    0 – 2 tahun

D.   7 – 11 tahun

E.    11 – 15 tahun

95. Perhatikan pernyataan berikut

1. konsep-konsep dan keterampilan tertentu dari mata pelajaran diajarkan secara kolaboratif tim teaching

2. pendidik berkolaborasi untuk merencanakan dan melaksanakan asesmen dan pembelajaran secara terpadu

3. berkolaborasi dengan guru matematika ketika mengajarkan mawaris

4. beban yang harus dihadapi peserta didik setiap minggu harus diperhitungkan sedemikian rupa sehingga peserta didik tidak terbebani dengan banyaknya beban mata pelajaran. pengorganisasian pembelajaran dengan pendekatan secara terintegrasi pada nomor

A.   2 3 4

B.    4 2 3

C.    4 1 2

D.   1 2 3

E.    3 4 1

96. Perhatikan pernyataan berikut

1 memiliki kemampuan untuk mengamati lingkungan sekitarnya

2 mudah memahami gambar

3 senang mencari tahu cara kerja suatu benda

4 senang bekerja menggunakan angka

5 suka belajar dengan puzzle atau permainan teka-teki

pernyataan tersebut yang termasuk ciri-ciri kecerdasan logis matematis adalah

A.   4 5 1

B.    1 3 5

C.    3 4 5

D.   2 4 1

E.    1 2 3

97. Perhatikan narasi berikut : ibu bunga melakukan pembelajaran di luar kelas karena sebagian anak tidak bisa duduk dengan tenang mereka senang bergerak kurang suka membaca dan lebih suka melakukan eksperimen pembelajaran tersebut memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik.

Berdasarkan narasi tersebut menggunakan gaya belajar...

A.   auditori

B.    logika

C.    visual

D.   linguistik

E.    kinestetik

98. Perhatikan beberapa pernyataan berikut

1.     mengembangkan modul ajar

2.     evaluasi pembelajaran dan asesmen

3.     analisis CP untuk menyusun TV dan ATP

4.     pelaksanaan asesmen diagnostik

5.     penyesuaian pelaksanaan pembelajaran

urutan tahapan pengembangan kurikulum dalam kurikulum merdeka yang benar adalah

A.   5 4 3 2 1

B.    5 3 1 2 4

C.    1 2 3 4 5

D.   3 1 4 5 2

E.    2 3 4 5 1

99. Kegiatan pembelajaran merupakan proses yang mengandung serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu kegiatan pembelajaran yang tepat dalam mencapai tujuan pengembangan Pai yang berkaitan dengan metode pembelajaran adalah

A.   kontinuitas dan komprehensif

B.    sesuai dengan gaya mengajar

C.    bersifat baku dan mutlak

D.   bersifat fleksibel d dan tidak kaku

E.    berdasarkan sumber dan bahan ajar

100.                    Perhatikan pernyataan berikut 1 dirumuskan dari indikator dirumuskan dari capaian pembelajaran 2 dirumuskan minimal 2 setiap tujuan pembelajaran 3 memperhatikan karakteristik mata pelajaran potensi dan kebutuhan peserta didik sekolah masyarakat dan lingkungan 4 menggunakan kata kerja operasional KKO yang dapat diukur kriteria rumusan indikator ketercapaian tujuan pembelajaran ditunjukkan pada nomor

A.   2 3 4

B.    3 4 1

C.    1 2 3

D.   4 1 3

E.    4 3 1

MOHON MAAF NOMOR 92 s/d 100 TIDAK SEMPAT SAYA SCREENSHOT MAKANYA SAYA ISI DENGAN NOMOR 1 s/d 8, Maaf juga jika ada kesalahan...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar