1. Perhatikan pernyataan berikut ini...
1.Pengertian tentang
kiamat
2.Nama-nama tokoh islam
pada abad modern
3.Hikmah beriman kepada
malaikat
4.Nanama-nama malaikat
yang wajib diketahui
Perencanaan pembelajaran yang berkaiatan dengan
pengetahuan faktual pada nomor...
A.
2, 3, 4
B.
3, 4, 1
C.
4, 1, 2
D.
1, 2, 3
E.
1, 2, 3
2. Perhatikan narasi berikut
Pada tahap proporsional thinking, anak sudah mampu
berfikir tingkat tinggi, seperti berfikir secara deduktif, menganalisis,
mensintensis, mampu berfikir secara abstrak dan secara reflektif, serta mampu
memecahkan berbagai masalah merupakan ciri-ciri anak berusia...
A.
4 – 7 tahun
B.
2 – 4 tahun
C.
0 – 2 tahun
D.
7 – 11 tahun
E.
11 – 15 tahun
3. Perhatikan pernyataan berikut
1. konsep-konsep dan keterampilan tertentu dari mata
pelajaran diajarkan secara kolaboratif tim teaching
2. pendidik berkolaborasi untuk merencanakan dan
melaksanakan asesmen dan pembelajaran secara terpadu
3. berkolaborasi dengan guru matematika ketika
mengajarkan mawaris
4. beban yang harus dihadapi peserta didik setiap
minggu harus diperhitungkan sedemikian rupa sehingga peserta didik tidak
terbebani dengan banyaknya beban mata pelajaran. pengorganisasian pembelajaran
dengan pendekatan secara terintegrasi pada nomor
A.
2 3 4
B.
4 2 3
C.
4 1 2
D.
1 2 3
E.
3 4 1
4. Perhatikan pernyataan berikut
1 memiliki kemampuan untuk mengamati lingkungan
sekitarnya
2 mudah memahami gambar
3 senang mencari tahu cara kerja suatu benda
4 senang bekerja menggunakan angka
5 suka belajar dengan puzzle atau permainan teka-teki
pernyataan tersebut yang termasuk ciri-ciri kecerdasan
logis matematis adalah
A.
4 5 1
B.
1 3 5
C.
3 4 5
D.
2 4 1
E.
1 2 3
5. Perhatikan narasi berikut : ibu bunga melakukan
pembelajaran di luar kelas karena sebagian anak tidak bisa duduk dengan tenang
mereka senang bergerak kurang suka membaca dan lebih suka melakukan eksperimen
pembelajaran tersebut memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik.
Berdasarkan narasi tersebut menggunakan gaya
belajar...
A.
auditori
B.
logika
C.
visual
D.
linguistik
E.
kinestetik
6. Perhatikan beberapa pernyataan berikut
1.
mengembangkan modul
ajar
2.
evaluasi
pembelajaran dan asesmen
3.
analisis CP untuk
menyusun TP dan ATP
4.
pelaksanaan
asesmen diagnostik
5.
penyesuaian
pelaksanaan pembelajaran
urutan tahapan
pengembangan kurikulum dalam kurikulum merdeka yang benar adalah
A.
5 4 3 2 1
B.
5 3 1 2 4
C.
1 2 3 4 5
D.
3 1 4 5 2
E.
2 3 4 5 1
7. Kegiatan pembelajaran merupakan proses yang mengandung
serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang
berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu kegiatan
pembelajaran yang tepat dalam mencapai tujuan pengembangan Pai yang berkaitan
dengan metode pembelajaran adalah
A.
kontinuitas dan
komprehensif
B.
sesuai dengan gaya
mengajar
C.
bersifat baku dan
mutlak
D.
bersifat fleksibel
d dan tidak kaku
E.
berdasarkan sumber
dan bahan ajar
8. Perhatikan pernyataan berikut 1 dirumuskan dari
indikator dirumuskan dari capaian pembelajaran 2 dirumuskan minimal 2 setiap
tujuan pembelajaran 3 memperhatikan karakteristik mata pelajaran potensi dan
kebutuhan peserta didik sekolah masyarakat dan lingkungan 4 menggunakan kata
kerja operasional KKO yang dapat diukur kriteria rumusan indikator ketercapaian
tujuan pembelajaran ditunjukkan pada nomor
A.
2 3 4
B.
3 4 1
C.
1 2 3
D.
4 1 3
E.
4 3 1
9. Perhatikan pernyataan berikut ini
1.
melakukan gerakan
wudhu
2.
lebih suka
menonton video presentasi visual atau demonstrasi daripada membaca teks atau
mendengarkan ceramah
3.
memberikan harta
zakat tepat pada mustahik
4.
membutuhkan gambar
atau diagram saat mengerjakan soal matematika atau sains
5.
membagi harta
warisan dengan benar sesuai syariat
6.
lebih mudah
memahami konsep abstrak melalui ilustrasi visual atau analogi dari pernyataan
di atas yang merupakan ciri gaya belajar visual adalah ditunjukkan pada nomor
A.
2 3 4
B.
2 4 6
C.
123
D.
346
E.
125
10. Perhatikan beberapa pernyataan berikut
1.
kondisi lingkungan
belajar yang tidak kondusif
2.
rendahnya kapasitas
intelektual peserta didik
3.
ketidak harmonisan
hubungan keluarga
4.
kapasitas belajar
atau bakat khusus tidak sesuai dalam bidang pembelajaran
5.
populasi peserta
didik terlalu besar dalam satu kelas
6.
mengalami sindrom
psikologis
pernyataan yang
menunjukkan faktor eksternal kesulitan belajar peserta didik terdapat pada
nomor..
A.
4 5 6
B.
2 4 6
C.
3 4 5
D.
1 3 5
E.
1 2 3
11. Perhatikan tujuan pembelajaran berikut : pembelajaran
pada elemen fiqih materi tata cara berwudhu dengan tujuan diharapkan peserta
didik mampu mempraktikkan tata cara berwudhu dengan baik dan benar rancangan
kegiatan belajar yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut adalah...
A.
guru memperagakan
tata cara berwudhu kemudian meminta peserta didik untuk praktik di tempat duduk
B.
guru meminta
peserta didik mengerjakan lembaran kerja siswa tentang cara berwudhu yang baik
dan benar
C.
peserta didik
membaca tata cara berwudhu yang baik dan benar pada buku teks
D.
guru menjelaskan
tata cara berwudhu yang baik dan benar kemudian diminta membuat laporan tentang
urutan tata cara berwudhu
E.
peserta didik
dengan bimbingan guru langsung mempraktekkan tata cara berwudhu yang baik dan
benar
12. Perhatikan pernyataan berikut ; melafalkan bacaan QS
an-nur/24.22 instrumen penilaian atau assessment yang tepat untuk mengukur
indikator ketercapaian tujuan pembelajaran tersebut adalah
A.
tes lisan
B.
kinerja
C.
portofolio
D.
tes tertulis
E.
project
13. Perhatikan capaian pembelajaran berikut peserta didik
memahami sifat-sifat Allah beberapa Asmaul Husna mengenal kitab-kitab Allah
para nabi dan rasul Allah yang wajib diimani kompetensi dari capaian
pembelajaran tersebut adalah
A.
menjelaskan
B.
menerapkan
C.
mengenal
D.
mempresentasikan
E.
mengidentifikasi
14. Perhatikan narasi berikut ; pengembangan kurikulum harus
dilaksanakan berdasarkan prinsip adanya kesesuaian atau hubungan konsistensi
antara komponen-komponen kurikulum yaitu antara tujuan yang hendak dicapai isi
dari kurikulum yang akan disampaikan dan proses penyampaiannya serta teknik
pelaksanaan penilaian prinsip pengembangan kurikulum yang sesuai dengan narasi
tersebut adalah...
A.
praktis
B.
fleksibilitas
C.
relevansi
D.
kontinuitas
E.
efisiensi
15. Perhatikan bagan berikut :
bagan tersebut menunjukkan rancangan model
pembelajaran
A.
R glasser
B.
Gerlach dan Ely
C.
bruner
D.
prosedur
pengembangan sistem instruksional PPSI
E.
jerold e. kemp
16. Perhatikan pernyataan berikut seorang guru harus
bersikap bijaksana dan memiliki empati terhadap peserta didik apabila menjumpai
seorang peserta didik yang sering terlambat datang ke sekolah atau terlambat
mengumpulkan tugas maka guru harus menggunakan tindakan evaluatif tindakan
evaluatif yang tidak tepat adalah...
A.
tenang dalam
menghadapi setiap situasi pembelajaran
B.
menghargai setiap
ucapan ungkapan dan respon peserta didik
C.
memberikan sanksi
yang dapat menumbuhkan efek jera
D.
memberikan nilai
di bawah standar pada aspek sikap dan kognitifnya
E.
sabar dan tidak
memotong pembicaraan peserta didik
17. Perhatikan pernyataan berikut ;
1.
guru mengecek
kehadiran
2.
guru menjelaskan
materi dengan memaparkan tujuan pembelajaran
3.
guru mengunggah
materi pembelajaran dan tugas pada aplikasi Google classroom
4.
guru
menginformasikan kepada peserta didik untuk mempelajari materi yang sudah
diunggah baik secara langsung maupun tidak melalui aplikasi Google classroom
5.
guru memotivasi
peserta didik untuk mendapatkan informasi tambahan
6.
guru memberikan
evaluasi melalui aplikasi Google classroom
7.
guru mengapresiasi
keberhasilan siswa
dari pernyataan yang
merupakan tahapan blended learning adalah
A.
1 2 3 4 5 6 7
B.
1 2 3 5 4 6 7
C.
7645321
D.
5 467 123
E.
321 7645
18. Perhatikan narasi berikut bu intan menjelaskan tentang
perjalanan hijrah Rasulullah SAW di kelas 6 dalam pelaksanaan pembelajaran
tersebut ia menggunakan alat bantu belajar berupa proyektor untuk menampilkan
gambar tempat-tempat yang dilalui oleh Rasul pada saat hijrah sehingga
penjelasan tersebut mudah dipahami oleh peserta didik media pembelajaran yang
digunakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah...
A.
diorama
B.
visual
C.
audio
D.
audio visual
E.
cetak
19. Perhatikan pernyataan berikut pembelajaran yang
relevan yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai dengan konteks lingkungan dan
budaya peserta didik serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra
contoh implementasi dari prinsip tersebut yang tepat adalah
A.
mendorong peserta
didik untuk melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan area yang perlu
dikembangkan
B.
memotivasi peserta
didik untuk berpartisipasi aktif agar terbangun sikap pembelajaran mandiri
C.
menggunakan
pertanyaan terbuka yang menstimulasi pemikiran yang mendalam
D.
memberikan umpan
balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan
mengeksplorasi ilmu pengetahuan
E.
mendesain
pembelajaran interaktif untuk memfasilitasi interaksi yang terencana
terstruktur terpadu dan produktif
20. Perhatikan beberapa pernyataan berikut
1.
membangun
keterampilan dan pengetahuan
2.
memberikan
motivasi intrinsik
3.
menghindari
perilaku negatif
4.
mematuhi peraturan
dan norma
5.
menentukan tujuan
dan target
6.
mengembangkan pola
pikir untuk berkembang
7.
melibatkan orang
tua
strategi pengembangan
kecerdasan peserta didik ditunjukkan nomor
A.
1 2 3
B.
2 3 5
C.
1 2 4
D.
345
E.
4567
21. Perhatikan tahapan berikut guru mengawali kegiatan
pembelajaran dengan memberikan stimulus tentang sebuah masalah dalam bersuci
dari hadas besar selanjutnya peserta didik diminta untuk menemukan solusinya
tahapan pembelajaran tersebut termasuk implementasi metode
A.
problem based
learning
B.
project based
learning
C.
project training
D.
discovery learning
E.
inquiry learning
22. Perhatikan pernyataan berikut ; Pak Miftah membuat
program dan ditanyakan di akun Instagram sekolah Bu hikmah membuat konten
dakwah dan tayangan melalui akun YouTube kantor kementerian agama Bu Azizah
mencover lagu-lagu islami dan ditayangkan di akun smule pribadi Pak Faisal
influencer muda yang membuat gerakan bakti masjid dengan menjadi guru TPA
bersama tim kreatornya Pak Hamdan berhasil menapak jenjang karir menjadi kepala
sekolah yang merupakan contoh komunikasi efektif empatik dan santun antara guru
dan lingkungan sosial di sekolah adalah
A.
Bu Azizah
B.
bu hikmah
C.
Pak Hamdan d
D.
Pak Faisal
E.
Pak Miftah
23. Perhatikan pernyataan berikut pada saat pembelajaran
PAI yang dilakukan secara daring beberapa guru terkesan fokus hanya pada
transfer of know leader sehingga sering mengabaikan penguatan karakter peserta
didik tindakan yang tidak tepat pada saat pembelajaran dengan cara tersebut
adalah guru
A.
meminta peserta
didik mengerjakan tugas secara mandiri
B.
meminta peserta
didik menanggapi diskusi di kolom chat
C.
meminta peserta
didik berdoa di awal zoom
D.
memberikan
instruksi kepada peserta didik untuk menyalakan kamera
E.
meminta peserta
didik untuk menggunakan nama yang sesuai
24. Perhatikan narasi berikut ; bu intan melaksanakan
pembelajaran PAI dengan membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil
dan memberikan tugas secara kelompok untuk didiskusikan di kelompok tersebut
berdasarkan narasi tersebut komponen pembelajaran yang dikembangkan adalah
A.
media
B.
bahan ajar
C.
metode
D.
tujuan
E.
asesmen
25. Perhatikan pernyataan berikut
1. guru menyapa peserta didik dengan ramah
2. guru menggunakan alat peraga yang relevan
3. pembelajaran bersifat student centered
4. pembelajaran bersifat teacher centered
5. guru menyediakan kartu pertanyaan dan jawaban
pernyataan
yang merupakan tahapan pembelajaran bermakna adalah
A.
123
B.
315
C.
345
D.
4 32
E.
145
26. Perhatikan langkah-langkah berikut
1 gunakan HP Android
2 siapkan sejumlah kuota internet
3 masukkan kata kunci pada play store
4 buka play store yang ada pada HP
5 pilih salah satu Alquran digital yang tampil
6 segera lakukan download langkah
yang tepat untuk mendownload Alquran digital pada HP
Android ditunjukkan pada nomor
A.
1 3 4 2 5 6
B.
1 2 4 3 5 6
C.
13 4562
D.
1 3 5 4 5 6
E.
1 2 3 4 5 6
27. Perhatikan narasi berikut ; pengaruh perkembangan
zaman memberikan dampak individualistik terhadap sikap generasi z hal tersebut
terlihat pada kesenangan mereka menyendiri dengan gadgetnya kondisi ini pun
berimbas pada gaya belajar di kelas tindakan yang mencerminkan strategi belajar
paling tepat untuk melayani generasi z dengan kondisi tersebut adalah
A.
mengemas materi ke
dalam topik-topik kecil
B.
mengurangi jam
pelajaran dan tatap muka
C.
meminta peserta
didik untuk berkolaborasi dan kelompok
D.
menambah materi
pembelajaran berupa bacaan
E.
mengganti buku
cetak dengan buku elektronik
28. Perhatikan pernyataan berikut Pak Navis seorang guru
PAI pada kelas 12 Saat mengajarkan elemen fiqih tentang munakahat beliau
menggunakan bagan mahram untuk menjelaskan siapa yang tidak boleh dinikahi
bahan ajar yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah
A.
komik
B.
infografis
C.
artikel
D.
ebook
E.
video
29. Perhatikan narasi berikut Bu Avril mengawali
pembelajaran PAI dengan menyampaikan apa yang hendak dicapai dan harus dimiliki
oleh peserta didik Di akhir pembelajaran berdasarkan narasi tersebut komponen
pembelajaran yang dikembangkan adalah
A.
tujuan
B.
metode
C.
bahan ajar
D.
assessment media
30. Perhatikan pernyataan berikut ; komunikasi dalam
pembelajaran merupakan kemampuan guru dalam menyampaikan pesan atau materi
pembelajaran kepada peserta didik sehingga peserta didik dengan cepat dan mudah
memahaminya berikut ini bukan merupakan kompetensi komunikasi yang harus dimiliki
oleh guru PAI adalah
A.
menggunakan bahasa
yang lugas tidak berbelit-belit
B.
menggunakan bahasa
yang lugas dan sopan
C.
menggunakan
kata-kata sederhana tidak berulang-ulang
D.
merespon setiap
pembicaraan yang dilakukan dengan peserta didik
E.
membangun
komunikasi efektif dengan kepala sekolah maupun rekan
31. Perhatikan pernyataan berikut ; teori belajar ini
memfokuskan pada pengembangan diri individu dengan cara yang sesuai potensi
diri mengamati dan menilai diri dari kacamata si pelaku teori ini mendorong
seseorang untuk mengembangkan bakat dan potensinya hingga mampu mengenali
dirinya sendiri teori belajar yang dimaksud adalah
A.
Sufisme
B.
humanisme
C.
kognitivisme
D.
konstruktivisme
E.
nativisme
32. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini
1 menganalisis efektivitas kebijakan sekolah terkait
kegiatan pembelajaran di luar kelas
2 mengukur penerapan model metode strategi dan teknik
pembelajaran pada tingkat keberhasilan yang dicapai guru
3 mengidentifikasi dan mengevaluasi apa yang telah
dilakukan guru dalam menyampaikan materi dan menguasai kelas
4 memudahkan pimpinan sekolah mengambil kebijakan
alokasi anggaran guna memperlancar proses pembelajaran
5 mengetahui kebutuhan dan keinginan siswa agar guru
dapat memperbaiki desain pembelajaran untuk pembelajaran selanjutnya
berdasarkan beberapa pernyataan tersebut yang termasuk tujuan refleksi adalah
A.
1 2 3
B.
2 3 4
C.
124
D.
235
E.
345
33. Perhatikan narasi berikut ; program remedial adalah
program yang diberlakukan ketika siswa belum mencapai kriteria ketuntasan yang
ditetapkan oleh satuan pendidikan program ini membantu siswa yang menghadapi
kesulitan belajar oleh karena itu metodenya harus bervariasi sesuai dengan
tingkat kemampuan siswa berdasarkan narasi tersebut maka karakteristik program
pembelajaran remedial dapat dilakukan dengan
A.
memberikan
materi-materi lanjutan yang lebih rinci
B.
melibatkan semua
guru yang mengajar di kelas tersebut
C.
mendapatkan
rekomendasi dari kepala sekolah dan pengawas
D.
melibatkan siswa
secara individual atau kelompok
E.
memberikan
latihan-latihan soal tanpa dilakukan kegiatan pembelajaran
34. Perhatikan ilustrasi berikut ini ; berdasarkan data
hasil asesmen pembelajaran dari 36 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 6
siswa dan 30 siswa tuntas berdasarkan ilustrasi tersebut maka cara pelaksanaan
pengayaan untuk 30 siswa tersebut adalah
A.
membantu siswa
yang mengalami kesulitan belajar mencapai target nilai hasil belajar
B.
mempercepat
pencapaian tujuan pembelajaran dalam satu semester
C.
memberikan
pendalaman dan perluasan Dari kompetensi yang dipelajari
D.
memberikan
pelayanan kepada siswa kompetensi belajarnya di atas rata-rata
E.
mengadakan
kerjasama dengan wali murid agar dapat berjalan dengan baik
35. Perhatikan prinsip asesmen berikut ; asesmen t dirancang
secara adil proporsional valid dan dapat dipercaya atau reliable untuk
menjelaskan kemajuan belajar menentukan keputusan tentang langkah-langkah dan
sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran yang sesuai selanjutnya
diantara pelaksanaan asesmen berikut yang sesuai dengan prinsip tersebut adalah
pendidik
A.
menentukan
kriteria sukses dan menyampaikannya pada peserta didik sehingga mereka memahami
ekspektasi yang perlu dicapai
B.
merencanakan
pembelajaran dengan merujuk pada tujuan yang hendak dicapai dan memberikan
umpan balik agar peserta didik dapat menentukan langkah untuk perbaikan
kedepannya
C.
memberikan umpan
balik secara berkala kepada peserta didik dan mendiskusikan tindak lanjutnya bersama-sama
beserta orang tua
D.
menggunakan teknik
asesmen yang beragam sesuai dengan fungsi dan tujuan asesmen
E.
sebagai bahan
diskusi untuk menentukan hal-hal yang sudah berjalan baik dan area yang perlu
diperbaiki
36. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ;
1.
mengawali
pembelajaran dengan memberikan pertanyaan tertulis berkaitan dengan materi yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya untuk mendapatkan nilai
2.
memberikan
pertanyaan tertulis di akhir sesuai dengan materi yang telah dipelajari dan
diambil nilainya
3.
mengakhiri
kegiatan pembelajaran di kelas dengan meminta peserta didik untuk menuliskan
tiga hal tentang konsep yang baru mereka pelajari
4.
melaksanakan
penilaian praktik wudhu setelah materi selesai dipelajari
5.
bermain kuis di
tengah-tengah proses pembelajaran untuk memantau perkembangan pemahaman peserta
didik
pada tabel berikut
pelaksanaan asesmen formatif dalam pembelajaran PAI dan BP yang tepat
ditunjukkan pada nomor
A.
2 dan 4
B.
1 dan 2
C.
3 dan 5
D.
2 dan 3
E.
1 dan 3
37. Perhatikan narasi berikut; berdasarkan evaluasi hasil
belajar peserta didik telah mempunyai kemampuan yang menuntut peserta didik
untuk menguraikan suatu situasi atau keadaan tertentu ke dalam unsur-unsur atau
komponen pembentuknya berdasarkan narasi tersebut maka pada aspek kognitif
peserta didik dikategorikan mempunyai
A.
pengetahuan
B.
evaluasi
C.
analisis
D.
pemahaman
E.
sintesis
38. Perhatikan narasi berikut setelah menyelesaikan satu
lingkup materi Alquran meminta peserta didik untuk melakukan unjuk kerja pada
materi tersebut kemudian membandingkannya dengan kriteria ketercapaian tujuan
pembelajaran yang telah dibuat saat menyusun modul ajar berdasarkan narasi
tersebut asesmen yang dilakukan oleh Bu rembulan bertujuan sebagai berikut
kecuali
A.
mengetahui
perkembangan peserta didik dalam memahami satu atau lebih tujuan
B.
pembelajaran
menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan atau capaian pembelajaran
C.
mengetahui
pencapaian hasil belajar peserta didik dalam pada periode tertentu
D.
menentukan
kelanjutan proses belajar siswa di kelas atau jenjang berikutnya
E.
mendapatkan nilai
capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian yang telah
ditetapkan
39. Perhatikan beberapa pernyataan berikut;
1 identitas peserta didik
2 kelas
3 nama satuan pendidikan
4 mata pelajaran
5 kelompok usia
6 deskripsi
7 catatan guru
8 semester
9 nilai
10 perkembangan dan pertumbuhan anak
11 kegiatan ekstrakurikuler
12 deskripsi perkembangan capaian pembelajaran
13 refleksi orang tua
14 presensi
berdasarkan pernyataan tersebut yang bukan komponen
minimal yang harus ada pada pelaporan hasil belajar jenjang SD MI sederajat
adalah
A.
3 5 10 dan 13
B.
7 9 10 dan 14
C.
6 11 12 dan 14
D.
156 dan 10
E.
5 10 12 dan 13
40. Perhatikan beberapa pernyataan berikut;
1 pemilihan dan atau pengembangan instrumen penilaian
pai dan BP
2 perumusan tujuan penilaian pai dan BP
3 pengolahan hasil penilaian pai dan BP
4 pelaksanaan penilaian pai dan BP
5 pelaporan hasil penilaian pai dan BP
prosedur penilaian yang sesuai dengan pernyataan
tersebut adalah
A.
1 3 4 5 dan 2
B.
2143 dan 5
C.
1 2 4 3 dan 5
D.
2 4 1 5 dan 3
E.
2 3 4 5 dan 1
41. Perhatikan contoh pelaksanaan asesmen berikut ; Pak
Juli berkolaborasi dalam merancang asesment sehingga dapat menggunakan kriteria
yang serupa dan sesuai dengan tujuan asesmen berdasarkan narasi tersebut
prinsip asesmen berikut yang sesuai adalah
A.
asesmen dirancang
dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut dengan keleluasaan untuk
menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan
pembelajaran
B.
laporan kemajuan
belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif
memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang
dicapai serta strategi tindak lanjut
C.
asesmen dirancang
secara adil proporsional valid dan dapat dipercaya atau reliable untuk
menjelaskan kemajuan belajar menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai
dasar untuk menyusun program pembelajaran selanjutnya
D.
hasil asesment
digunakan oleh peserta didik pendidik tenaga kependidikan dan orang tua wali
sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran
E.
merupakan bagian
terpadu dari proses pembelajaran fasilitasi pembelajaran dan penyedia informasi
yang holistik sebagai umpan balik untuk pendidik peserta didik dan orang tua
wali agar dapat memandu menentukan strategi pembelajaran selanjutnya
42. Perhatikan tujuan pembelajaran berikut ; mengenal malaikat
Allah beserta tugas yang diembannya. instrumen penilaian atau assessment yang
tepat untuk tujuan pembelajaran tersebut adalah
A.
kinerja
B.
observasi
C.
tes tertulis
D.
rubrik
E.
project
43. Perhatikan narasi berikut setelah pendidik
melaksanakan penilaian atau asesmen dengan beberapa teknik penilaian dan juga
sudah melakukan pengolahan hasil penilaian maka tugas selanjutnya adalah
menyusun deskripsi capaian kompetensi pada raport pada proses tersebut pendidik
dapat menggunakan opsi
A.
penyusunan
deskripsi berdasarkan KKTP yang dirumuskan
B.
penyusunan deskripsi
mengambil dari silabus
C.
penyusunan
deskripsi berdasarkan tujuan pembelajaran
D.
penyusunan
deskripsi berdasarkan alur tujuan pembelajaran
E.
penyusunan
deskripsi mengambil dari indikator soal
44. Perhatikan narasi berikut pak bintang memberikan
asesmen berupa penilaian diri penilaian antar teman pemberian umpan balik antar
teman dan refleksi peserta didik diminta untuk menjelaskan secara lisan atau
tulisan atau menulis salah satu surat Alquran tentang penciptaan alam semesta
dan menjelaskan tentang konsep yang baru dipelajari berdasarkan narasi tersebut
asesmen yang dilaksanakan oleh pak bintang berguna untuk
A.
mengukur ketuntasan
belajar peserta didik
B.
bahan perencanaan
pembelajaran berdiferensiasi
C.
menentukan jenis
media yang akan digunakan
D.
merefleksikan
strategi dan efektivitas pembelajaran
E.
mengetahui
perkembangan perilaku peserta didik
45. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini ; 1
penilaian dilaksanakan sebagai bagian terpisah dari proses pembelajaran 2 hasil
penilaian merupakan bahan evaluasi bagi orang tua siswa untuk mengukur kinerja
kepala sekolah dan guru 3 hasil penilaian dijadikan masukan oleh pendidik untuk
perbaikan pembelajaran 4 ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran 5 penilaian dilaksanakan selama proses pembelajaran dan Di akhir
pembelajaran. berdasarkan beberapa pernyataan tersebut yang termasuk prinsip
refleksi pembelajaran adalah
A.
2 3 4
B.
3 4 5
C.
1 2 3
D.
1 2 4
E.
2 3 5
46. Perhatikan ilustrasi berikut ; Pak Garuda melakukan
asesmen selama proses pembelajaran tentang lingkup materi yang dipelajari
asesment ini memberikan informasi kepada Pak Garuda tentang kemajuan belajar
peserta didik dan kesesuaian strategi dan media pembelajaran yang digunakan
oleh Pak Garuda berdasarkan asesmen ini Pak Garuda kemudian melakukan beberapa
penyesuaian pembelajaran agar hasilnya lebih baik lagi berdasarkan ilustrasi
tersebut kesimpulan berikut yang benar adalah
A.
hasil asesment
memberikan umpan balik dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar
B.
instrumen yang
digunakan pada assessmen formatif harus sama ketika melakukan asesment
C.
asesmen informatif
pada saat pembelajaran adalah keharusan bagi seorang pendidik
D.
assessmen normatif
dapat dilakukan pada awal pembelajaran sebelum memulai mengenalkan lingkup
materi
E.
asesmen informatif
dan submaktif berfungsi untuk menentukan kenaikan kelas atau kelulusan
47. Perhatikan narasi berikut Pak Agustus memberikan tugas
menulis laporan tentang pelaksanaan kegiatan qurban di masjid kampung tempat
peserta didik tinggal ia telah menetapkan ketentuan ketuntasan yaitu laporan
peserta didik menunjukkan kemampuan menulis laporan hasil pengamatan dan
pengalaman secara jelas kemudian ia melakukan asesmen terhadap peserta didik
apakah sudah memadai atau belum memadai berdasarkan ilustrasi tersebut
pendekatan penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran kktp yang
dipilih oleh Pak Agustus menggunakan
A.
nilai mutlak
B.
interval nilai
dari rubrik
C.
deskripsi kriteria
D.
interval nilai
dari tes
E.
rubrik
48. Perhatikan proses penilaian berikut dalam melakukan
penilaian peserta didik terdapat aspek kemampuan yang berkaitan dengan
keterampilan atau skill atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima
pengalaman belajar tertentu cara menilai yang tepat pada aspek ini adalah
dengan
A.
unjuk kerja
B.
penilaian diri
C.
tes tertulis
pilihan ganda
D.
penilaian
portofolio
E.
jurnal harian
49. Perhatikan ilustrasi berikut; pada sebuah sekolah
terdapat peserta didik yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan dalam
fase hal ini kemudian diidentifikasi oleh guru kelas 5 sejak awal tahun ajaran
informasi ini juga dikomunikasikan oleh guru kelas 4 dan juga diidentifikasi
melalui asesmen di awal pembelajaran kelas 5 berdasarkan asesmen sumatif
ternyata peserta didik tersebut belum menuntaskan tujuan pembelajaran di fase b
berdasarkan ilustrasi tersebut peserta didik yang tidak dapat mencapai tujuan
pembelajaran tertentu hingga akhir fase b maka sebaiknya...
A.
guru diberi
wewenang untuk menetapkan peserta didik apakah tetap di fase b
B.
tetap tinggal di
kelas 4 sambil mempelajari tujuan pembelajaran
C.
terus naik ke fase
sambil menyelesaikan materi di fase b dan mempelajari lingkungan
D.
terus naik ke fase
c dan melanjutkan belajar lingkup materi dan menyelesaikan tujuan pembelajaran
fase c
E.
tetap tinggal di
kelas 4 menyelesaikan tujuan pembelajaran yang belum tercapai
50. Perhatikan ilustrasi berikut sebagai salah satu bentuk
pertanggungjawaban kepada para stakeholders maka proses asesmen juga harus
memberi peluang terjadinya proses komunikasi dengan para orang tua dan
pihak-pihak lain dalam upaya mendukung pembelajaran berdasarkan ilustrasi
tersebut kesadaran akan pentingnya komunikasi antara pihak sekolah dengan orang
tua berangkat dari pertimbangan berikut ini kecuali...
A.
orang tua berperan
penting memantau perkembangan akademik anak-anak mereka saat berada di rumah
B.
para orang tua
memiliki hak untuk mengetahui apa yang berlangsung di sekolah tempat
putra-putri mereka belajar
C.
pengetahuan yang
diperoleh dari laporan akan menciptakan hubungan yang baik antara orang tua dan
guru
D.
komunikasi yang
baik antara orang tua dan guru akan menghasilkan perbaikan-perbaikan dalam
belajar dan sikap
E.
komunikasi antara
orang tua dan guru berlangsung intensif pada pakan pertama anak-anak mereka
bersekolah
51. Perhatikan ilustrasi berikut ; pada saat asesment
sumatif seorang murid telah mampu mencapai kriteria ketuntasan tujuan
pembelajaran pada materi QS Al maidah: 48 tentang berkompetisi dalam kebaikan
berdasarkan ilustrasi tersebut materi pengayaan yang sesuai adalah
52. Perhatikan beberapa ayat Alquran berikut ;
ayat-ayat Alquran yang menjadi sumber pembelajaran
aqidah terdapat pada nomor
A.
2 3 4
B.
1 2 4
C.
2 3 5
D.
345
E.
123
53. Perhatikan ilustrasi berikut ; pada saat diskusi
kelompok seorang murid menjelaskan bahwa melalui toleransi bangsa Indonesia
yang majemuk dapat membangun cita-cita bangsa bersama berkat semangat toleransi
ini para pendiri bangsa dapat menyepakati nilai-nilai utama yang dibangun di
atas kepentingan bersama yang secara dan egaliter sehingga melahirkan kehidupan
yang rukun dan harmonis ide pokok yang disampaikan murid pada ilustrasi
tersebut termasuk
A.
prinsip
B.
hikmah
C.
implementasi
D.
pengertian
E.
contoh
54. Perhatikan ilustrasi berikut pada saat asesment
sumatif seorang murid dapat menyelesaikan soal yang menanyakan tentang
kebolehan melaksanakan salat jamak qasar pada saat melakukan perjalanan wisata
religi ruang lingkup materi yang dikuasai murid pada ilustrasi tersebut
termasuk
A.
dalil
B.
pengertian
C.
syarat
D.
rukun
E.
hikmah
55. Perhatikan ilustrasi berikut ; pada saat asesment awal
diketahui seorang murid sudah mampu menjelaskan nama-nama malaikat tugas-tugas
dan manfaatnya dalam kehidupan modern agar kompetensi murid meningkat maka
materi yang dapat yang tepat untuk dipelajari adalah
A.
dalil naqli
tentang malaikat
B.
keberadaan malaikat
di era teknologi informasi
C.
hikmah beriman
kepada malaikat
D.
pengertian
malaikat
E.
nama dan tugas
malaikat
56. Perhatikan ilustrasi berikut pada saat asesment
sumatif seorang murid telah mampu menjelaskan macam-macam dan
ketentuan-ketentuan pelaksanaan salat sunat berjamaah agar kompetensi murid
meningkat maka materi yang tepat untuk dipelajari adalah
A.
tata cara
pelaksanaan salat istisqa
B.
perbedaan
pelaksanaan salat tarawih
C.
dalil tentang
salat sunat berjamaah
D.
syarat dan rukun
salat
E.
pengertian salat
sunat berjamaah
57. Seorang guru PAI memiliki tujuan pembelajaran agar
peserta didik dapat menjelaskan silsilah nasab Nabi Muhammad SAW berdasarkan
tujuan tersebut referensi utama untuk pengembangan materi PAI adalah
A.
ashirah Al
Nabawiyah karya Ibnu Hisyam
B.
Path Al karib
karya Syamsudin Al Ghazi
C.
al-amsilah Al
tasrifiyah karya Maksum Ali
D.
lubaba karya
Jalaludin
E.
Ihya Ulumuddin
karya Imam Ghazali
58. Perhatikan QS al-baqarah/2.2143 berikut ;
materi PAI yang disajikan dalam kutipan ayat tersebut
adalah
A.
keadilan
B.
keteladanan
C.
moderatisme
D.
cinta tanah air
E.
toleransi
59. Saat menyusun modul ajar dirumuskan tujuan
pembelajaran agar peserta didik mampu menjelaskan sebab-sebab turunnya QS
al-kafirun:/109.21 - 6 berdasarkan tujuan tersebut referensi utama untuk
pengembangan materi PAI adalah
A.
sirah Al Nabawiyah
karya Ibnu Hisyam
B.
lubab AN-nukul
karya Jalaludin Al Suyuti
C.
Al amfilah Al
tasrifiyah karya
D.
fath alkarib karya Syamsudin Al Ghazi Ihya
ulum karya Imam Ghazali
60. Perhatikan ilustrasi berikut Bu kenanga mengajar di
sekolah yang terletak di desa terpencil beliau menerapkan pembelajaran dengan
materi berstandar nasional yang mengacu pada praktik baik guru PAI di sekolah
sekolah sekolah sekolah terbaik namun murid Bu kenanga mengalami kesulitan saat
mengikuti pembelajaran berdasarkan ilustrasi tersebut solusi yang disarankan
untuk Bu kenanga adalah
A.
memperbaiki ice
breaking di kelas
B.
menerapkan
pembelajaran diferensiasi berdasarkan kesiapan minat dan profil muridnya
C.
bersemangat
menjadikan murid-muridnya menguasai materi
D.
menuntaskan seluruh
materi pembelajaran PAI dalam satu semester
E.
menerapkan
pembelajaran sesuai dengan kurikulum terbaru
61. Perhatikan pernyataan berikut penyelenggaraan
pendidikan agama Islam merupakan bagian dari risalah dalam rangka menegakkan
agama yang bernilai kebaikan di sisi Allah SWT karakteristik pendidikan agama
Islam yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah
A.
bermotifkan ibadah
B.
bermisikan pembentukan
akhlak kulkarimah
C.
mempertimbangkan kehidupan
duniawi dan ukhrawi
D.
diyakini sebagai
tugas suci
E.
bersumber pada Alquran
dan hadis
62. Perhatikan ilustrasi berikut ; seorang guru PAI
menghadapi suatu kendala di kelasnya ada beberapa murid yang pandai membaca
Alquran tapi tidak mau belajar mereka bahkan sering mengganggu temannya saat
belajar Alquran berdasarkan ilustrasi tersebut berikut ini merupakan perbaikan
yang harus dilakukan kecuali
A.
meminta mereka
untuk beraktivitas di luar kelas agar tidak mengganggu temannya
B.
membagi kelompok
heterogen berdasarkan hasil asesmen diagnostik dan menjadikan mereka tutor
sebaya bagi teman-temannya dan memberikan materi pengayaan
C.
mengelompokkan
mereka menjadi satu kelompok murid terpandai dan memberikan kebebasan memilih
materi ajar sendiri
D.
memberikan
soal-soal yang sulit untuk mereka kerjakan saat teman-teman di kelasnya sedang
belajar
E.
memfasilitasi
mereka dengan materi yang lebih sulit daripada teman-temannya sesuai dengan
tingkat kemampuan atau capaian mereka
63. Perhatikan narasi berikut pendidikan agama Islam
selalu menekankan pada kekuatan hati nurani untuk berbuat baik dan bersikap
dalam kehidupan sesuai dengan norma-norma yang berlaku karakteristik pendidikan
agama Islam yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah
A.
bermotifkan ibadah
B.
bersumber pada
Alquran dan hadis
C.
mempertimbangkan kehidupan
duniawi dan ukhrawi
D.
bermisikan pembentukan
akhlakul karimah
E.
diyakini sebagai
tugas suci
64. Perhatikan pernyataan berikut sunan Ampel merupakan
satu dari sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Indonesia keteladanan
dakwahnya adalah penyebaran Islam dengan metode unik yang mudah diterima oleh
masyarakat salah satunya berupa konsep ‘’malima’’ dalam mengajarkan
perbuatan-perbuatan yang dilarang dalam agama Islam nilai keteladanan dari
sunan Ampel dapat menjadi contoh dalam meraih keberhasilan dakwah pernyataan
tersebut termasuk materi PAI pada bidang
A.
fiqih
B.
Alquran dan hadis
C.
akhlak
D.
aqidah
E.
sejarah peradaban
Islam
65. Perhatikan beberapa contoh pembelajaran berikut ;1.
sebelum melaksanakan pembelajaran Pak Ragil melakukan asesmen diagonal stik
untuk menyiapkan materi ajar sesuai kebutuhan muridnya 2. Bu Sekar menugaskan
murid yang sudah paham untuk menjadi tutor sebaya sebagai teman-teman yang
belum bisa membaca Alquran 3. untuk melatih membantu kelompok yang terdiri dari
paham sebagian paham dan belum paham 4. Bu Rini memberikan proyek kepada
muridnya yang pandai mendesain untuk membuat konten dakwah di Instagram 5. Pak
Budi menugaskan muridnya untuk menyusun teks khotbah. praktik pembelajaran
diferensiasi ditunjukkan pada nomor
A.
245
B.
234
C.
345
D.
134
E.
123
66. Perhatikan hadis berikut;
materi PAI yang disajikan dalam kutipan hadis tersebut adalah menghindari
A.
boros dan
berlebihan
B.
perilaku kasar dan
sombong
C.
iri dan hasad
D.
ghibah dan fitnah
E.
ria dan takabur
67. Perhatikan ayat-ayat Alquran berikut;
ayat-ayat
Alquran yang menjadi sumber pembelajaran akhlak terdapat pada
A.
1 2 3
B.
1 2 5
C.
2 3 4
D.
3 4 5
E.
2 4 5
68. Perhatikan ilustrasi berikut pada saat asesment
sumatif seorang murid telah mampu melampaui kriteria ketuntasan tujuan
pembelajaran pada materi cabang-cabang iman materi pengayaan yang tepat untuk
memperdalam kompetensi murid tersebut dapat diperoleh dari kitab
A.
Nurul yakin karya
Muhammad bin Afifi al-bajuri
B.
aqidatul awam
karya Ahmad bin Muhammad Ramadan Al Marzuki
C.
botamimah Al
Jurumiyah karya Syekh Syamsudin Muhammad
D.
al-bayan karya
Syekh Muhammad Ali assyabuni
E.
??
69. Perhatikan pernyataan berikut di dalam Alquran
terdapat kisah Luqman sebagai salah satu teladan dalam pendidikan anak
pernyataan tersebut merupakan pembelajaran terkait materi PAI pada bidang
A.
Alquran dan hadis
B.
sejarah peradaban Islam
C.
akhlak
D.
aqidah
E.
fiqih
70. Perhatikan beberapa contoh pembelajaran berikut; 1.
Pak Ragil menyajikan beragam bahan ajar untuk materi transaksi ekonomi
diantaranya berupa instrumen observasi dan interview murid diberi tugas untuk
melihat langsung bagaimana transaksi jual beli simpan pinjam sewa menyewa
syirkah baik secara tradisional maupun modern 2. Pak Jono adalah guru yang
cakap dalam teknologi selalu menggunakan bermacam-macam media pembelajaran saat
melaksanakan pembelajaran di kelasnya 3. Bu Mina memberikan tugas kepada
muridnya untuk wawancara kepada tokoh agama di lingkungannya dan melaporkan
hasil wawancara dalam bentuk makalah slide video Tik tok 4. Pak Juli menerapkan
pembelajaran dengan rumusan tujuan pembelajaran yang jelas melakukan pemetaan
kebutuhan belajar berdasarkan 3 aspek yaitu kesiapan belajar minat belajar dan
profil belajar murid 5. Pak haji melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan
media poster digital dari bermacam-macam aplikasi praktik. pembelajaran diferensiasi
ditunjukkan pada nomor
A.
2 3 5
B.
3 4 5
C.
1 2 3
D.
1 3 4
E.
2 3 4
71. Perhatikan narasi berikut faktaufan memiliki keinginan
memperbaiki kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas ia
melakukan serangkaian penelitian tindakan di kelasnya karakteristik PTK yang
terkandung dalam narasi tersebut adalah a guru inti b peneliti C guru dan
peneliti d objek peneliti e sumber penelitiPerhatikan deskripsi berikut hasil
refleksi belajar menunjukkan bahwa sebagian peserta didik memiliki
kecenderungan belajar visual hal tersebut ditindaklanjuti dengan diarahkan
untuk memilih sumber belajar berupa
A.
lingkungan
B.
buka buku teks
C.
simulasi
D.
pengalaman
langsung
E.
percakapan
72. Perhatikan narasi berikut ibu bulan menulis bagian
yang mengantarkan pembaca untuk memahami permasalahan yang akan dibahas pada
artikel secara urut jelas dan terperinci ia mencantumkan kutipan dengan
menggunakan angka atau Nama penulis sesuai dengan aturan sitasi yang digunakan
proses yang sedang ditulis ibu bulan adalah
A.
kata kunci
B.
tinjauan pustaka
C.
pendahuluan
D.
kesimpulan
E.
abstrak
73. Perhatikan narasi berikut; guna meningkatkan kinerja
Pak Bayu mengikuti diskusi yang menampilkan beberapa pembicara ahli para
pemateri menjawab pertanyaan dari peserta diskusi dipimpin oleh seorang
moderator moderator sekali menyimpulkan paparan para pembicara sedangkan
peserta diskusi hanya sebagai pendengar jenis forum ilmiah yang diikuti Pak
Bayu adalah
A.
seminar
B.
fokus grup
discussion
C.
presentasi
D.
lokakarya
E.
diskusi panel
74. Perhatikan pernyataan berikut ; 1. memberikan situasi
belajar yang tepat tanpa tekanan 2. sebagai acuan untuk mengklasifikasi materi
yang harus diajarkan 3. mengetahui urutan penyajian bahan ajar 4. memudahkan
dalam mencari bahan ajar 5. merangsang berpikir analisis 6. memberikan
contoh-contoh yang lebih konkrit. manfaat buku teks bagi guru dan peserta didik
adalah
A.
156
B.
3 2 1
C.
2 4 5
D.
432
E.
561
75. Perhatikan deskripsi berikut; ketika pembelajaran
materi aqiqah dan qurban sebagian peserta didik belum memahami penjelasan guru
terutama pada saat menjelaskan cara penyembelihan peserta didik hanya
membayangkan saja akibatnya saat umpan balik dan assessment peserta didik 62%
belum menguasai kompetensi sejak awal pembelajaran sampai akhir yang dilakukan
guru dalam pembelajaran adalah ceramah meminta peserta didik menyalin catatan
dari buku teks dan mengerjakan tugas kesimpulan dari pembahasan tersebut adalah
A.
guru kesulitan
menjelaskan pembelajaran aqiqah dan qurban
B.
guru tidak
menggunakan media pembelajaran yang tepat
C.
peserta didik
setiap pembelajaran selalu membayangkan
D.
peserta didik di
kelas tersebut semuanya tidak mencapai kompetensi
E.
materi aqiqah dan
qurban sangat sulit bagi peserta didik
76. Perhatikan narasi berikut modul dapat membuka
kesempatan kepada peserta didik untuk mengukur kemampuannya modul mempermudah
proses pembelajaran mengatasi keterbatasan waktu bersifat belajar mandiri dan
untuk mengembangkan dirinya secara optimal berdasarkan narasi tersebut ciri
modul adalah
A.
membuka kesempatan
peserta didik maju menurut kemampuannya
B.
memiliki daya
informasi yang kuat mempermudah proses pembelajaran
C.
peserta didik
mengembangkan diri secara optimal mengatasi keterbatasan waktu
D.
mempermudah proses
pembelajaran dan mengatasi keterbatasan waktu
E.
bersifat self
learning memiliki daya informasi yang cukup kuat
77. Perhatikan narasi berikut ibu melati menulis artikel
ilmiah berisi hasil penelitian atau gagasan singkat yang dapat membantu
mempercayai bidang pendidikan agama Islam tulisan ibu melati lebih singkat dari
artikel penelitian dan tidak memiliki bagian metodologi yang terperinci jenis
artikel yang ditulis ibu melati adalah
A.
review articless
B.
research articles
C.
sais tematik
reviews
D.
short
communications
E.
perfective
articles
78. Perhatikan narasi berikut pembelajaran PAI sering
terganggu karena masih terdapat sampah yang berserakan di dalam kelas bahkan
menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga menimbulkan ketidaknyamanan Dalam
proses pembelajaran hal ini berdampak pada menurunnya kualitas pembelajaran
pada kondisi demikian sebaiknya guru PAI tersebut menyelesaikan permasalahan
dengan
A.
tidak mengajar
untuk menghukum peserta didik dalam kelas tersebut
B.
menulis status
media sosial tentang keadaan kelas yang jorok
C.
mendokumentasikan
kelas yang penuh sampah memakai HP
D.
menerapkan negara
akan tabungan sampah untuk kebersihan kelas
E.
mengajar di kelas
tersebut meskipun keadaan kotor dan bau
79. Perhatikan narasi berikut pak bintang prihatin karena
peserta didiknya mengalami kesulitan belajar materi sehingga keterampilan
membaca Alquran rendah ia kemudian melakukan tindakan dengan memberikan
bimbingan belajar menggunakan strategi digital drilling dalam penelitian
tindakan kelas hipotesa dari rumusan penelitian tindakan kelas tersebut adalah
A.
pemahaman makna
Alquran dapat ditingkatkan melalui strategi digital drilling
B.
digital drilling
dapat meningkatkan keterampilan menterjemahkan Alquran
C.
digital drilling
dapat meningkatkan kemampuan belajar materi makhorijul huruf
D.
keterampilan
menulis Alquran dapat ditingkatkan melalui strategi digital
E.
minat belajar
minat materi makhorijul huruf dapat ditingkatkan melalui strategi digital
drilling
80. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ;1. motivasi
peserta didik meningkat 2. membutuhkan disiplin belajar tinggi 3. memudahkan
guru mengetahui kemampuan peserta didik 4. beban belajar terbagi lebih merata
sepanjang semester 5. membutuhkan konsentrasi tinggi dari guru untuk memantau
proses belajar. kelebihan penggunaan modul ditunjukkan pada nomor
A.
1 2 3
B.
3 4 5
C.
1 3 4
D.
245
E.
234
81. Perhatikan pernyataan berikut ;
1 pendahuluan
2 judul
3 metodologi pembelajaran penelitian
4 hasil penelitian
5 pembahasan
6 tinjauan pustaka
7 kesimpulan
8 daftar pustaka
urutan langkah yang benar dalam penyusunan laporan PTK
adalah
A.
1 2 3 4 5 6 7 dan
8
B.
3 4 5 2 1 6 7 dan
8
C.
5 6 2 1 3 4 7 dan
8
D.
4 5 1 2 3 6 7 dan
8
E.
216 3457 dan 8
82. Perhatikan narasi berikut Bu Dahlia mempresentasikan
hasil penelitiannya dalam forum ilmiah dan berpeluang untuk dipublikasikan
kepada masyarakat luas hasil penelitian tersebut dapat diakses secara umum dan
meningkatkan reputasi sebagai peneliti manfaat mengikuti forum ilmiah bagi Bu
Dahlia adalah
A.
membuka peluang
kolaborasi
B.
meningkatkan kualitas
penelitian
C.
meningkatkan
visibilitas penelitian
D.
meningkatkan
pengetahuan dan wawasan
E.
menjalin jaringan
profesional
83. Perhatikan beberapa pernyataan berikut; 1. masalah
yang diangkat adalah masalah yang dihadapi oleh guru di kelas 2. bertumpu pada
kelemahan peserta didik dalam memahami pelajaran 3. fokus penelitian berupa
kegiatan pembelajaran 4. adanya partisipasi dan kolaborasi antara peneliti
dengan teman sejawat 5. masalah yang diteliti berasal dari beban kinerja guru.
karakteristik penelitian tindakan kelas ditunjukkan nomor
A.
3 4 5
B.
2 4 5
C.
1 3 4
D.
1 2 3
E.
1 3 5
84. Fungsi dari fitur dashboard pada Google classroom
yaitu
A.
memantau ke
aktifan siswa, tugas siswa, waktu pengumpulan tugas dan pengembangan
keprofesian
B.
memantau keaktifan
siswa, membuat jadwal, waktu pengumpulan tugas dan waktu memberikan komentar
C.
memantau keaktifan
siswa, tugas siswa, waktu pengumpulan tugas dan waktu memberi komentar
D.
berbagai file,
memantau keaktifan siswa, tugas siswa, waktu pengumpulan tugas dan waktu
memberi komentar
E.
melampirkan file
tuga,s memantau keaktifan siswa, waktu pengumpulan tugas dan arsip pembelajaran
85. Baca ilustrasi berikut ; Bu Dahlia membuat video
pembelajaran menggunakan PowerPoint langkah-langkah yang dilakukan Bu Dahlia
adalah buka PowerPoint pilih file yang sudah disiapkan klik file pada tab menu
pilih ... dan klik.. halo pilih record timings and narations dan klik create a
video
langkah yang tepat untuk melengkapi titik-titik
tersebut adalah
A.
a ceriati
video-save
B.
explore - computer
and HD display
C.
reate a
video-publik slides
D.
export-publish
E.
export-create
video
86. Langkah-langkah membuat Gmail yang benar yaitu
A.
buka google.com,
klik Gmail, create account, isi nomor HP, isi nama pribadi dan akun Gmail serta
password, masukkan kode verifikasi dari SMS, isi tanggal lahir, klik saya
setuju
B.
buka google.com,
klik Gmail and account, isi nama pribadi dan akun Gmail serta password, isi
nomor HP, isi tanggal lahir, masukkan kode verifikasi dari SMS, klik saya
setuju
C.
buka google.com,
klik Gmail, isi nama pribadi dan akun Gmail serta password, isi nomor HP,
masukkan kode verifikasi dari SMS, isi tanggal lahir klik saya setuju
D.
buka google.com
klik Gmail, isi nama pribadi dan akun Gmail serta password, isi nomor HP, isi
tanggal lahir, masukkan kode verifikasi dari SMS klik saya setuju
E.
buka google.com,
klik Gmail, isi nama pribadi, dan akun Gmail serta password, isi nomor HP, isi
tanggal lahir, masukkan kode verifikasi dari SMS klik saya setuju
87. Karya hasil rancangan pengembangan percobaan sains dan
atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan sistem atau
metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga
pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya adalah
definisi dari karya inovatif
A.
alat praktikum
B.
teknologi tepat
guna
C.
alat karya seni
D.
alat belajar
E.
alat peraga
88. Perhatikan beberapa contoh karya inovatif berikut 1
video pembelajaran 2 video animasi 3 video tutorial 4 video scribbling
streaming aplikasi yang efektif untuk membuat dan mengedit beberapa video
tersebut adalah
A.
Adobe illustrator dan
filmorago
B.
Adobe in the
season dan is cafe
C.
kinemaster dan
wondershare filmora
D.
canva dan Adobe
Photoshop
E.
draw dan
kinemaster
89. Perhatikan gambar berikut ;
jenis alat belajar atau peraga yang tepat untuk gambar
tersebut adalah
A.
model benda
B.
poster
C.
alat permainan
D.
benda potongan
E.
video pembelajaran
90. Cara membagikan layar presentasi pada zoom meeting
yang benar adalah
A.
buka zoom meeting,
klik share screen, pilih jendela, pilih layar yang akan ditampilkan klik share
B.
buka zoom meeting,
klik presentasi sekarang, pilih layar yang akan ditampilkan klik share
C.
buka zoom meeting,
klik presentasi sekarang, pilih jendela, pilih layar yang akan ditampilkan klik
share
D.
buka zoom meeting,
klik share screen, pilih seluruh layar anda, pilih layar yang akan ditampilkan,
klik share
E.
buka zoom meeting,
klik share screen, pilih layar yang akan ditampilkan klik share
91. Perhatikan narasi berikut!
Berbagaimacam cara guru untuk belajar dan meningkatkan
kemampuan profesionalismeserta membangun jaringan dengan para guru di seluruh
dunia adalah melalui situs media interaktif berbasis web dan media sosial.
Yang tidak termasuk media interaktif berbasis web dan
media sosial adalah...
A.
Wiki
B.
Podcast
C.
Facebook
D.
Blog
E.
Youtube
92. Perhatikan langkah berikut:
1.
Klik add in
2.
Klik ok
3.
Pilih surah dan
ayat
4.
Selesai
Langkah yang tepat untuk
menambahkan ayat ke word menggunakan add-ins ditunjukkan pada nomor...
A.
1 2 3 4
B.
1 2 4 3
C.
1 4 2 3
D.
1 3 2 4
E.
1 3 4 2
93. Perhatikan pernyataan berikut ini...
1.Pengertian tentang
kiamat
2.Nama-nama tokoh islam
pada abad modern
3.Hikmah beriman kepada
malaikat
4.Nanama-nama malaikat
yang wajib diketahui
Perencanaan pembelajaran yang berkaiatan dengan
pengetahuan faktual pada nomor...
A.
2, 3, 4
B.
3, 4, 1
C.
4, 1, 2
D.
1, 2, 3
E.
1, 2, 3
94. Perhatikan narasi berikut
Pada tahap proporsional thinking, anak sudah mampu
berfikir tingkat tinggi, seperti berfikir secara deduktif, menganalisis,
mensintensis, mampu berfikir secara abstrak dan secara reflektif, serta mampu
memecahkan berbagai masalah merupakan ciri-ciri anak berusia...
A.
4 – 7 tahun
B.
2 – 4 tahun
C.
0 – 2 tahun
D.
7 – 11 tahun
E.
11 – 15 tahun
95. Perhatikan pernyataan berikut
1. konsep-konsep dan keterampilan tertentu dari mata
pelajaran diajarkan secara kolaboratif tim teaching
2. pendidik berkolaborasi untuk merencanakan dan
melaksanakan asesmen dan pembelajaran secara terpadu
3. berkolaborasi dengan guru matematika ketika
mengajarkan mawaris
4. beban yang harus dihadapi peserta didik setiap
minggu harus diperhitungkan sedemikian rupa sehingga peserta didik tidak
terbebani dengan banyaknya beban mata pelajaran. pengorganisasian pembelajaran
dengan pendekatan secara terintegrasi pada nomor
A.
2 3 4
B.
4 2 3
C.
4 1 2
D.
1 2 3
E.
3 4 1
96. Perhatikan pernyataan berikut
1 memiliki kemampuan untuk mengamati lingkungan
sekitarnya
2 mudah memahami gambar
3 senang mencari tahu cara kerja suatu benda
4 senang bekerja menggunakan angka
5 suka belajar dengan puzzle atau permainan teka-teki
pernyataan tersebut yang termasuk ciri-ciri kecerdasan
logis matematis adalah
A.
4 5 1
B.
1 3 5
C.
3 4 5
D.
2 4 1
E.
1 2 3
97. Perhatikan narasi berikut : ibu bunga melakukan
pembelajaran di luar kelas karena sebagian anak tidak bisa duduk dengan tenang
mereka senang bergerak kurang suka membaca dan lebih suka melakukan eksperimen
pembelajaran tersebut memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik.
Berdasarkan narasi tersebut menggunakan gaya
belajar...
A.
auditori
B.
logika
C.
visual
D.
linguistik
E.
kinestetik
98. Perhatikan beberapa pernyataan berikut
1.
mengembangkan modul
ajar
2.
evaluasi
pembelajaran dan asesmen
3.
analisis CP untuk
menyusun TV dan ATP
4.
pelaksanaan
asesmen diagnostik
5.
penyesuaian
pelaksanaan pembelajaran
urutan tahapan
pengembangan kurikulum dalam kurikulum merdeka yang benar adalah
A.
5 4 3 2 1
B.
5 3 1 2 4
C.
1 2 3 4 5
D.
3 1 4 5 2
E.
2 3 4 5 1
99. Kegiatan pembelajaran merupakan proses yang mengandung
serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang
berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu kegiatan
pembelajaran yang tepat dalam mencapai tujuan pengembangan Pai yang berkaitan
dengan metode pembelajaran adalah
A.
kontinuitas dan
komprehensif
B.
sesuai dengan gaya
mengajar
C.
bersifat baku dan
mutlak
D.
bersifat fleksibel
d dan tidak kaku
E.
berdasarkan sumber
dan bahan ajar
100.
Perhatikan pernyataan
berikut 1 dirumuskan dari indikator dirumuskan dari capaian pembelajaran 2
dirumuskan minimal 2 setiap tujuan pembelajaran 3 memperhatikan karakteristik
mata pelajaran potensi dan kebutuhan peserta didik sekolah masyarakat dan
lingkungan 4 menggunakan kata kerja operasional KKO yang dapat diukur kriteria
rumusan indikator ketercapaian tujuan pembelajaran ditunjukkan pada nomor
A.
2 3 4
B.
3 4 1
C.
1 2 3
D.
4 1 3
E.
4 3 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar