Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Senin, 20 Februari 2023

MANFAAT UMBI GARUT DALAM NUTRIFLAKES


MANFAAT UMBI GARUT DALAM NUTRIFLAKES

Halo hae blog lovers apa kabar hari ini, semoga kita selalu dalam keadaan sehat selalu ya, kebetulan kali ini saya akan publis sedikit tentang kesehatan walaupun saya bukan ahlinya tapi saya searching di mbah google tentang kesehatan ni bloglovers. Saya profesi aslinya pendidik ya tapi rasa ingin tau tentang kesehehatan maka saya searchin dikit terkait dengan kesehatan khususnya manfaat kesehatan dari umbi garut.

Garut, ararut atau irut (Maranta arundinacea) adalah sejenis tumbuhan berbentuk terna yang menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Garut tidak pernah menjadi sumber pangan pokok namun ia kerap ditanam di pekarangan di pedesaan sebagai cadangan pangan dalam musim paceklik. Nama-nama daerahnya di antaranya: sagu (Plg.); sagu bamban (Bat.); sagu belanda, sagu betawi, ubi sagu (Mly.); sagu rarut (Mink.). Juga, patat sagu, larut (Sd.); angkrik, garut, gaerut, irut, larut, rarut, jlarut, klarut, waerut (Jw.); arut, bilus, larut, laru, salarut (Md.); krarus, marus (Bal.); arus (Sas.); arerut towang, tawang, labia walanta, pi walanda (bahasa-bahasa di Sulut); péda-péda, péda sula, huda sula, hula moa (bahasa-bahasa di Malut). (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Garut_(tumbuhan))

Tanaman garut merupakan tanaman yang berasal dari daerah Amerika tropik dan menyebar ke daerah tropik lain seperti Indonesia. Tanaman garut di Indonesia dapat dijumpai di daerah seperti Jawa, Sulawesi dan Maluku.(Sumber : http://e-journal.uajy.ac.id/16173/3/BL015562.pdf)

Jadi untuk diketahui blog lovers, Umbi garut adalah salah satu tanaman yang sebenarnya bukan berasal dari Indonesia. Kita mengira kalau tanaman ini asalnya dari daerah Garut Jawa Barat Indonesia ya. Padahal aslinya umbi garut berasal dan banyak dijumpai di Kepulauan Karia dan Amerika Selatan. Berbeda dengan jenis umbi-umbian lainnya yang banyak ditanam di lahan pertahian, tanaman garut ini justru lebih banyak ditanam di pekarangan rumah di daerah pedesaan. Hal ini dikarenakan umbi garut lebih sering dijadikan sebagai cadangan makanan pada saat musim paceklik.

Tau ga’ blog lovers…

Tidak banyak orang yang tahu loo manfaat umbi garut. Pasalnya tanaman ini kurang terkenal di Indonesia karena masyarakat Indonesia memang kurang mengenal tanaman tanaman umbi garut. Meski termasuk dalam jenis umbi-umbian, tapi keberadaan umbi garut ini tidak seterkenal singkong, ubi, talas, hingga kentan. Walaupun kurang terkenal, tapi umbi garut ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari umbi garut yang saya kutif dari Wikipedia :

Garut terutama ditanam untuk umbinya, yang menghasilkan pati yang berkualitas tinggi, berukuran halus dan berharga mahal. Rimpang garut juga dapat dijadikan sumber karbohidrat alternatif untuk menggantikan tepung terigu.[6] Rimpang segar mengandung air 69–72%, protein 1,0–2,2%, lemak 0,1%, pati 19,4–21,7%, serat 0,6–1,3% dan abu 1,3–1,4%. Tepung garut baik untuk dikonsumsi oleh orang yang lemah atau yang baru sembuh dari sakit, karena mudah dicerna oleh penderita masalah perut atau masalah usus. Tepung ini juga digunakan sebagai pengenyal berbagai macam makanan, bumbu, sup, gula-gula, masakan dan makanan pencuci mulut seperti puding dan es krim. Bubur dari rimpang yang masih segar digunakan sebagai obat oles luka dan luka bernanah; patinya dicampur dengan air atau susu digunakan untuk mengobati masalah-masalah perut (misalnya mengobati keracunan) dan diare. Seluruh bagian rimpang yang belum berserat dapat dimakan dengan cara dikukus atau dipanggang lebih dulu. Bubur yang dihasilkan dari rimpang dipakai dalam pabrik kertas, karton, bantal dan papan tembok, dan patinya sebagai bahan dasar bedak, lem dan sabun. Ampas sisa pembuatan tepung dimanfaatkan untuk pakan ternak dan pupuk. Daunnya digunakan sebagai pembungkus. Sementara itu, beberapa kultivar garut dengan daun yang berwarna menarik digemari pula sebagai tanaman hias. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Garut_(tumbuhan))

SEMUA MANFAAT DARI UMBI GARUT TERSEBUT BISA DI DAPATKAN DI NUTRIFLAKES, saya kutif manfaatnya dari situs resmi https://nutriflakes.id/ bahwa manfaatnya yakni sebagai berikut :

1.     Menguatkan dan Melancarkan Pencernaan

Sereal umbi garut ini mengandung bahan-bahan alami. Mengandung serat yang kaya nutrisi untuk menyehatkan organ pencernaan, termasuk usus.

2.     Menurunkan Asam Lambung atau GERD

Zat antioksidan nabati seperti tanin, flavonoid, riboflavin, dan thiamin yang terkandung di dalamnya mampu untuk menetralisir asam lambung yang tinggi.

3.     Meredakan Gejala Maag Kronis

Bahan utama Nutriflakes mampu menetralkan pH di lambung. Dengan begitu, lambung jadi terhindar dari risiko luka dan infeksi. Selain itu, gejala begah, kembung, dan nyeri bisa mereda.

4.     Mencegah Obesitas

Bahan spesial yang mampu mengikat lemak jahat sehingga membuat obesitas dapat dihindari. Mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda, jadi cocok dikonsumsi untuk program diet.

 

SEMOGA GORESAN SAYA INI BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA…

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar