MATERI DENGAN ILMU PENGETAHUAN
SEMUA MENJADI
LEBIH MUDAH
Satuan Pendidikan : SMPN 1 PRAYA TIMUR
Kelas/semester :
VII / I (Ganjil)
Mata Pelajaran :
PAI dan BP
Materi : Dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih
mudah
Alokasi waktu :
3 x 40 menit (2 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Memahami makna
Q.S. al-Mujadala/58: 11, dan
Q.S. ar-Rahman/55: 33 serta
hadis terkait tentang menuntut ilmu.
4.1 Membaca
Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil
4.2 Menunjukkan
hafalan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadis terkait
dengan lancar.
4.3 Menyajikan
keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. alMujadalah /58: 11,
Q.S. ar-Rahman /55: 33
|
3.1.1
Menyebutkan arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al Mujadalah/58:11 serta hadis
tentang menuntut ilmu.
3.1.2
Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta
hadis tentang menuntut ilmu.
3.1.3 Menjelaskan hukum bacaan mad dalam Q.S.
ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11
4.1.1 Mengidentifikasi
hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S.
al-Mujadalah/58:11.
4.2.1 Menunjukan
bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11
dengan tartil.
4.3.1 Mendemontrasikan
hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11
dengan lancar. |
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Menyebutkan
arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujdalah/58:11 serta hadis tentang
menuntut ilmu.
2.
Menjelaskan
makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut
ilmu.
3.
Mengidentifikasi
hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11.
4.
Menjelaskan
hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al Mujadalah/58:11.
5.
Menunjukan
bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
6.
Mendemontrasikan
hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
7.
Menampilkan
contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S.
ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait.
D. Materi pembelajaran
3.
Terjemahan Qs.
Arrahman : 33
“Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu
sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu
tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah) ” (Q.S.
ar-Rahman/55: 33)
4.
Terjemahan Qs.
Al-Mujadalah : 11
“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila
dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka
lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila
dikatakan,”Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat
(derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu
beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” (Q.S.
al-Mujadalah/58: 11)
5.
Menerapkan Ilmu
Tajwid tentang “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
a. “Al” Syamsiyah yaitu Suatu lafaz
mengandung bacaan “Al” syamsiyah apabila terdapat “Al” diikuti salah
satu dari 14 huruf hijaiyah berikut ini.
b.
“Al” Qamariyah Suatu lafaz
mengandung bacaan “Al” ( ) qamariyah apabila terdapat “Al”
diikuti
salah satu dari 14 huruf hijaiyah:
6.
Hadis menuntut
ilmu
E.
Kegiatan
1. Menyajikan
QS. ar-Rahman : 33 dan Q.S. al-Mujadalah :11, serta hadis terkait dalam pptx
dan poster.
“Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu
sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu
tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah) ” (Q.S.
ar-Rahman/55: 33)
“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila
dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka
lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila
dikatakan,”Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat
(derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu
beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” (Q.S.
al-Mujadalah/58: 11)
2. Guru
menjelaskan Qs. ar-Rahman : 33 dan Q.S. al-Mujadalah :11, serta hadis terkait
3. Menerapkan
ilmu tajwid hukum bacaan “Alif lam ta’rif”’ dalam Qs. ar-Rahman : 33 dan Q.S.
al-Mujadalah :11
4. Bermain
kartu atau pola pembelajaran struktur.
1. Bacalah ayat al-Qur’an berikut dengan benar, kemudian
berilah tanda
centang (√) pada kolom di bawah ini sesuai kemampuan yang kamu
miliki dengan jujur!
centang (√) pada kolom di bawah ini sesuai kemampuan yang kamu
miliki dengan jujur!
2. Berikut adalah contoh bacaan Idgam Syamsiyah dan Alif lam syamsiyah
A. Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi
tand silang (X) pada huruf A, B, C,
atau D!
1.
Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam
yang berfungsi sebagai pedoman
hidup. Yang dimaksud dengan pedoman hidup adalah menjadi...
A. Bahan untuk dipelajari
B. Kitab yang selalu dibaca
C. Rujukan dalam kehidupan
D. Sumber hukum bernegara
hidup. Yang dimaksud dengan pedoman hidup adalah menjadi...
A. Bahan untuk dipelajari
B. Kitab yang selalu dibaca
C. Rujukan dalam kehidupan
D. Sumber hukum bernegara
2. AWAL AYAT....
Kalimat
di atas memiliki arti...
A. Wahai sekalian manusia
B. Wahai orang-orang yang beriman
C. Wahai orang-orang yang beruntung
D. Wahai seluruh isi alam
A. Wahai sekalian manusia
B. Wahai orang-orang yang beriman
C. Wahai orang-orang yang beruntung
D. Wahai seluruh isi alam
Di
dalam ayat tersebut terdabat bacaan “Al”qamariyah sebanyak … tempat
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
5.
Q.S. ar-Rahman/55:33 menjelaskan tentan...
A. Kewajiban berbuat baik kepada orang tua
B. Kewajiban menuntut ilmu
C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah Swt.
D. Kewajiban mengerjakan Salat
A. Kewajiban berbuat baik kepada orang tua
B. Kewajiban menuntut ilmu
C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah Swt.
D. Kewajiban mengerjakan Salat
A. fathah berhadapan dengan huruf ya sukun
B. kasroh berhadapan denga huruf ya sukun
C. domah berhadapan dengan huruf waw sukun
D. fathah berhadapan dengan huruf dal sukun
8. Yang membedakan manusia dengan
hewan adalah karena manusia...
A. Memiliki insting dan perasaan
B. Dapat menikmati berbagai makanan
C. Memiliki akal untuk berpikir
D. Mempunyai indera yang lebih tajam
A. Memiliki insting dan perasaan
B. Dapat menikmati berbagai makanan
C. Memiliki akal untuk berpikir
D. Mempunyai indera yang lebih tajam
9. Berikut ini adalah hikmah
orang yang berilmu, kecuali...
A. Akan diangkat derajatnya
B. Mampu menyelesaikan masalah
C. Akan beriman dengan sempurna
D. Boleh melakukan apa saja
A. Akan diangkat derajatnya
B. Mampu menyelesaikan masalah
C. Akan beriman dengan sempurna
D. Boleh melakukan apa saja
10. Q.S. al-Mujadalah/58: 11 menjelaskan tentan
A. Perintah berbuat baik kepada orang tua
B. Derajat orang yang beriman dan berilmu
C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah
D. Kewajiban mengerjakan ¡alat
A. Perintah berbuat baik kepada orang tua
B. Derajat orang yang beriman dan berilmu
C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah
D. Kewajiban mengerjakan ¡alat
Kunci
jawaban
1.
C 6. C
2.
B 7.
C
3.
B 8. C
4.
D 9. D
5.
B 10. B
B.
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Tuliskan arti Q.S.
ar-Rahman/55: 33!
2.
Tuliskan arti Q.S. al-Mujadalah/58: 11!
3. Jelaskan kandungan Q.S. ar-Rahman/55:
33!
4. Jelaskan kandungan Q.S. al-Mujadalah/58: 11!
5. Tuliskan contoh bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah.
Kunci
jawaban
1.
“Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu
sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu
tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah) ”
2.
“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila
dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka
lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila
dikatakan,”Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat
(derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu
beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.”
3.
Kandungan Q.S. al-Rahman/55: 33 meliputi:
a. Manusia dan jin tidak akan mampu menembus penjuru
langit dan bumi
untuk mengetahui isinya kecuali atas kekuatan dari Allah Swt.;
untuk mengetahui isinya kecuali atas kekuatan dari Allah Swt.;
b. Kekuatan dari Allah Swt. Itu berupa akal yang harus
dikembangkan
dengan cara belajar;
dengan cara belajar;
c. Belajar itu wajib agar kita dapat menguasai dunia
untuk kebaikan umat.
4.
Kandungan Q.S. al-Mujadalah/58: 11 meliputi:
a. Perintah untuk menuntut ilmu setinggi mungkin;
b. Perintah untuk selalu beriman kepada allah swt.;
c. Perintah untuk memuliakan orang-orang yang beriman dan
berilmu
pengetahuan.
pengetahuan.
5.
Contoh bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah
BENTUK PENILAIAN
A. Penilaian Sikap
Nama Peserta didik : .......................................
Kelas : .......................................
Tanggal Pengamatan : .......................................
Materi Pokok : .......................................
Nama Peserta didik : .......................................
Kelas : .......................................
Tanggal Pengamatan : .......................................
Materi Pokok : .......................................
Keterangan:
Skor 4 : Selalu
Skor 3 : Sering,
Skor 2 : Kadang-kadang,
Skor 1 : Tidak pernah,
Petunjuk penskoran:
Skor diperoleh x
4 = skor akhir
Skor maksimal
Kriteria
Nilai:
Sangat baik : apabila memeroleh skor 3,33 – 4,00
Baik : apabila memeroleh skor 2,33 – 3,33
Cukup
: apabila memeroleh skor 1,33 – 2,33
Kurang : apabila memeroleh skor < 1,33
B.
Penilaian kognitif
1.
Teknik: praktik
Instrumen: mencari
bacaan Al-syamsiyah dan Al-qamariyah
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang dinilai
|
|||
Menemukan
seluruh bacaan alif lam syamsiyah dan qamariyah (4) |
Menemukan
lebih dari 6 bacaan alif lam syamsiyah dan qamariyah (3) |
Menemukan
kurang dari 6 bacaan alif lam syamsiyah dan qamariyah (2) |
Tidak
menemukan bacaan alif lam syamsiyah dan qamariyah (1) |
||
1
|
Abd. salam
|
||||
2
|
Andy misbah
|
||||
3
|
Ahmad yasin
|
||||
4
|
Azril aziz
|
||||
5
|
Badarudin
|
||||
6
|
Baedawi
|
||||
7
|
Budi
|
||||
8
|
Cinta
|
||||
9
|
Cayang
|
||||
10
|
Dedi
|
||||
11
|
Dores
|
||||
12
|
Ela
|
||||
13
|
Eli
|
||||
14
|
Eva
|
||||
15
|
Evi
|
||||
16
|
Mansur
|
||||
17
|
Mahsun
|
||||
18
|
Mahdi
|
||||
19
|
Mazri
|
||||
20
|
Mizi
|
2. A.
Teknik : tertulis
Bentuk : pilihan ganda
Jumlah soal : 10 soal pilihan ganda
Pedoman penskoran : skor setiap jawaban benar = 1
B. Bentuk : uraian
Jumlah soal : 5
Pedoman penskoran : skor setiap jawaban benar= 2
Pedoman penilaian : Jumlah skor x 100 = (hasil)
Skor maksimal
Kriteria Nilai:
80 – 100 = baik sekali
70-79 = baik
60 – 69 = cukup
<60 = kurang
C. Penilaian Psikomotor
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Aspek yang dinilai
|
Total
|
Nilai
|
||
Keberanian
|
Partisipasi
|
Kerjasama
|
||||
1
|
Abd. salam
|
|||||
2
|
Andy misbah
|
|||||
3
|
Ahmad yasin
|
|||||
4
|
Azril aziz
|
|||||
5
|
Badarudin
|
|||||
6
|
Baedawi
|
|||||
7
|
Budi
|
|||||
8
|
Cinta
|
|||||
9
|
Cayang
|
|||||
10
|
Dedi
|
|||||
11
|
Dores
|
|||||
12
|
Ela
|
|||||
13
|
Eli
|
|||||
14
|
Eva
|
|||||
15
|
Evi
|
|||||
16
|
Mansur
|
|||||
17
|
Mahdan
|
|||||
18
|
Mahdi
|
|||||
19
|
Mazri
|
|||||
20
|
Mizi
|
D. Remedial
1.
Remidial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
2.
Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
a.
Mari
Memahami al-Qur’an
b.
Perilaku
Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan
E.
Pengayaan
1.
Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
2.
Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
3.
Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya : Peserta didik diminta
mencari contoh hukum bacaan mad far’i. hasilnya di tulis dalam bentuk power
point untuk di persentasikan di depan kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar