Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Kamis, 20 Juni 2019

RESUME MODUL HADIS KB 4 PPG PAI


RESUME KB 4 MODUL HADIS

TEMA : BAHAYA DAN CIRI-CIRI MUNAFIK

Secara harfiah, kata munafiq berasal dari kata “nafakun” yang salah satu artinya adalah lubang tikus di dalam tanah, yang memilki dua pintu, pintu pertama terlihat, sedang pintu kedua tidak terlihat. Tikus itu bisa masuk dari pintu yang terlihat lalu keluar dari pintu yang tidak terlihat. Begitu pula seorang munafik seolah-olah masuk ke dalam Islam, tetapi dia keluar dari Islam melalui pintu yang tersembunyi. Secara etimologi atau istilah, munafik adalah orang yang menyembunyikan akidah kekafirannya dan menampakkan keimanannya secara lahiriyah dengan kata-kata.

Orang-orang munafik sangat dibenci oleh Allah dan Rasulullah, karena merupakan musuh dalam selimut bagi kaum Muslimin. Mereka berpura-pura menjadi pengikut Rasulullah tetapi tidak mau berjuang bersamanya, bahkan bersekutu dengan musuh dan memberi informasi-informasi rahasia kaum Muslimin kepada musuh. Orang-orang munafik diancam akan disiksa di dasar neraka.

Berikut ini kita akan pelajari hadis Rasulullah terkait dengan ciri-ciri atau tandatanda orang munafik. Hadis dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah saw bersabda yang artinya : Tanda-tanda orang munafik ada tiga: jika berbicara dia dusta, jika berjanji dia ingkar, dan jika dipercaya dia berkhianat (HR. Muslim).

Sebagian ulama menganggap bahwa hadis ini musykil, sulit untuk dijelaskan, karena sifat-sifat dusta, ingkar janji, atau khiyanat mungkin saja ada pada diri seorang Muslim. Namun demikian para ulama bersepakat bahwa orang yang membenarkan ajaran Islam dengan hati dan lisannya, tetapi melakukan perbuatan-perbuatan tersebut tidak dinyatakan sebagai kafir ataupun munafik yang akan dihukum kekal di neraka.

Meskipun demikian para ulama berbeda pendapat megenai makna hadis ini. Sebagian besar berpendapat bahwa sifat-sifat tersebut adalah sifat-sifat orang munafik, siapapun yang memiliki sifat demikian, dia menyerupai seorang munafik dan berakhlak dengan akhlak seorang munafik, karena sesungguhnya kemunafikan adalah menampakan apa yang berbeda dari apa yang disembunyikan.

Hadits Nabi Muhammad saw diatas menegaskan bahwa tanda-tanda sekaligus sifat-sifat munafik adalah: 

     1.     Dusta

Berdusta adalah mengatakan sesuatu yang tidak benar kepada orang lain. Contoh berdusta dalam kehidupan keseharian kita yaitu seperti saat menerima telepon lalu kita katakan kepada si penelpon bahwa orang yang dicarinya tidak ada, padahal sesungguhnya orang itu ada.

      2.     Ingkar Janji

Apabila janji yang telah disepakati tidak kita penuhi tanpa alasan yang dapat dibenarkan, maka kita telah ingkat janji.

     3.     Khianat

Khianat dapat dikatakan paling berat akibat buruknya dibandingkan dengan sifat dusta dan tukang ingkar janji.

     4.     Melampaui batas

Tidak boleh melakukan tindakan yang melampaui batas seperti menyebar fitnah atasnya, membeberkan aib atau keburukan orang yang sedang menjadi musuhnya  kepada orang lain yang tidak berkepentingan.

Orang-orang munafik adalah orang-orang yang dalam hati mereka ada penyakit, lalu penyakit itu terus bertambah. Mereka orang-orang munafik tersebut  diibaratkan sebagai orang yang menyalakan api untuk penerangan, tetapi kemudian api itu dipadamkan oleh Allah sehingga mereka tidak dapat melihat karena gelap. Mereka orang-orang munafik tersebut diibaratkan pula sebagai orang yang tuli, bisu dan buta sehingga mereka sama sekali tidak mampu berkomunikasi dengan lain karena ketiga alat komunikasi itu telah dimatikan, dan akibatnya mereka tidak menemukan kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar