1. Hubungan antara Supervisi Pengawas Akademik dengan Kinerja Guru
Supervisi merupakan suatu layanan, bantuan, pembinaan dari
pengawas terhadap pengelolaan administrasi sekolah binaanya, seperti : 1) Kurikulum,
2) kesiswaan, 3) sarana-prasarana, 4 ) ketenagaan, 5) keuangan, 6) hubungan
sekolah masyarakat, 7) layanan khusus ( pengawas manajerial), dan pengawasan akademik
kepada guru terhadap serangkaian kegiatan dalam membantu guru mengembangkan kemampuan
dan mengelola proses pembelajaran demi mencapai tujuan pembelajaran.
Kinerja guru adalah menyangkut seluruh aktivitas yang ditunjukan tenaga
pengajar dalam tanggung jawabnya sebagai orang yang mengemban suatu amanat
dalam merencanakan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan menilai hasil
pembelajaran, untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan dan memandu
peserda didik dalam rangka menggiring perkembangan peserta didik.
Kinerja guru adalah perilaku atau respon yang memberi hasil yang mengacu
kepada apa yang mereka kerjakan ketika menghadapi suatu tugas yang dibebankan
kepadanya. Kinerja guru menyangkut semua aktivitas atau kegiatan yang dialami
guru, jawaban yang mereka buat untuk memberikan hasil atau tujuan.
Kinerja guru pada dasarnya merupakan kinerja atau unjuk kerja yang
dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Kualitas kinerja
guru akan sangat menentukan kualitas hasil pendidikan, karena guru merupakan
pihak yang paling banyak bersentuhan langsung dengan siswa dalam proses
pembelajaran di sekolah.
Supervisi Pengawas Akademik sangat diperlukan dalam meningkatkan
kinerja guru dan pengawas harus secara rutin menjalankan tugasnya untuk datang
ke sekolah memberikan bantuan, pembinaan kepada kepala sekolah dan guru-guru, dan
kunjungan supervisi tersebut harus terjadwal. Supervisi Pengawas Akademik dapat
berjalan dengan baik maka akan dapat memperbaiki, meningkatkan dan mengembangkan
kualitas input, proses dan out put suatu lembaga atau organisasi.
2. Hubungan antara Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja
Guru
Kualitas kepemimpinan kepala sekolah dalam suatu organisasi mempunyai
hubungan yang erat dengan kinerja guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari di
sekolah. Keberhasilan suatu organisasi sebagian besar ditentukan oleh kualitas
kepemimpinan yang dimiliki oleh orang-orang yang diangkat dan diserahi
tanggungjawab sebagai pemimpin di masyarakat atau dalam suatu organisasi.
Kepemimpinan adalah suatu proses dimana pemimpin digambarkan akan memberi
perintah atau pengarahan, mempengaruhi, memotivasi, member contoh dan teladan
terhadap guru-guru dalam mencapai tujuan pendidikan. Kepemimpinan adalah
perilaku dari seorang individu yang memimpin aktivitasaktivitas suatu kelompok
ke suatu tujuan yang ingin dicapai bersama.
Kepala sekolah harus memiliki perilaku sebagai pemimpin dalam melaksanakan
tugas dan pekerjaan sehari-hari dalam organisasi tersebut termasuk membina para
guru-guru. Peranan kepala sekolah dalam mengembangkan kemampuan kinerja guru
berkaitan dengan tujuan yang diharapkan dapat meningkatan kualitas kinerja para
guru. Kualitas kerja guru dipengaruhi pencapaian kinerja pada faktor kemampuan
(ability) dan factor motivasi (motivation). Kemampuan (ability) pegawai terdiri
dari kemampuan potensi (IQ) dan kemampuan reality (knowledge + skill) dan
motivasi yang terbentuk dari sikap (attitude) seorang pegawai dalam menghadapi
situasi (situation) kerja. Motivasi merupakan kondisi yang menggerakkan diri
pegawai yang terarah untuk mencapai tujuan lembaga pendidikan.
Kepala sekolah yang baik merupakan pemimpin yang memiliki kepribadian
dan memancarkan suatu pengaruh, kekuatan atau wibawa, yang demikian rupa
sehingga memungkinkan orang-orang atau kelompok untuk mencontoh atau mengikuti
serta mau melakukan apa yang diperintah. Oleh karena itu kepemimpinan kepala
sekolah sangat menentukan keberhasilan kinerja guru dalam melaksanakan kegiatan
sehari-hari di sekolah.
3. Hubungan antara Supervisi Pengawas Akademik dan Kualitas
Kepemimpinan Kepala Sekolah Secara Bersama-Sama Dengan Kinerja Guru.
Pengawas sekolah sebagai tenaga fungsional kependidikan
bertanggung jawab dalam membina kemapanan profesional guru untuk mempertinggi
mutu pembelajaran dan membina kepala sekolah dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan
pendidikan. Dalam upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan kepala
sekolah merupakan tenaga kependidikan yang langsung bertanggung jawab terhadap
kemajuan mutu pendidikan tempat kepala sekolah bertugas dan bertanggung jawab
atas kinerja guru yang menjadi bawahannya.
Kepala sekolah sebagai pimpinan di sekolah merupakan sosok yang sangat
penting dalam mencapai keberhasilan organisasi, kepala sekolah sebagai pemimpin
sangat kompleks pekerjaannya oleh karena itu kepala sekolah perlu diberi
berbagai pembinaan-pembinaan agar lebih rajin dan aktif serta dinamis dalam
mengelola sekolah yang dipimpinnya.
Kepemimpinan kepala sekolah sangat dibutuhkan oleh guru, oleh karena
itu kepemimpinan kepala sekolah harus benar-benar efektif dijalankan agar dapat
membawa dampak positif terhadap keberhasilan pendidikan di sekolah yang
dipimpinnya. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan kemampuan kepala sekolah
dalam mengarahkan, memotivasi dan memecahkan berbagai masalah sebagai upaya
mencapai tujuan pendidikan.
Supervisi Pengawas Akademik bila dijalankan dengan tepat maka
kemungkinan akan dapat meningkatkan keefektivitas kepemimpinan kepala sekolah,
dengan adanya supervisi yang rutin dilakukan oleh pengawas, kepala sekolah
tidak akan semena-mena dalam menjalankan tugas kepemimpinannya tersebut. Supervisi
Pengawas
Akademik merupakan penilaian terhadap kinerja kepala sekolah dalam
aktivitas pembinaan yang dilakukan oleh pengawas pendidikan kepada kepala
sekolah untuk membantu dan mempertinggi mutu pendidikan dan pengetahuan beserta
guru-guru. Dalam melaksanakan Supervisi Pengawas Akademik dapat memberi bantuan
kepada kepala sekolah dalam memecahakan persoalan pengelolaan manajerial, dan
kepada guru memecahkan persoalan akademik.
Pengawas sekolah melakukan supervisi gunanya untuk membantu kepala
sekolah tersebut dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan, dan membantu
kesulitan kepala sekolah, serta mau membina kerja sama dengan masyarakat, agar
dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.
Supervisi yang dilaksanakan pengawas berupa pembinaan dan pengarahan
kepada kepala sekolah yang menjalankan roda organisasi sekolah guna mencapai
tujuan pembelajaran yang baik. Oleh karena itu, supervisi juga berperan dalam
kepemimpinan kepala sekolah, yang secara bersama mempunyai hubungan dengan
kinerja guru.
Kinerja guru pada dasarnya merupakan kinerja atau unjuk kerja yang
dilakukan oleh guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran atau kurikulum
yang harus dimiliki dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.
Kinerja guru akan sangat menentukan kualitas hasil pendidikan,
karena guru merupakan pihak yang paling banyak bersentuhan langsung dengan
siswa dalam proses pendidikan di lembaga pendidikan di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar