Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Rabu, 12 Juni 2019

BAB I MAKALAH FUNGSIQUR'AN HADIS


BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Al-Qur’an dan Al-Hadist adalah pedoman manusia khususnya Ummat Muslim yang telah ditinggalkan oleh Rasullullah saw kepada seluruh ummatnya. Al-Qur’an merupakan firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. sebagai pedoman bagi ummat manusia dalam menata kehidupannya, agar memperoleh kebahagiaan lahir dan batin baik didunia maupun diakhirat kela. Al-Hadist merupakan perkataan, perbuatan, dan yang menyangkut hal ihwalnya. konsep-konsep yang dibawa Al-Qur’an dan  Al-Hadist selalu relevan dengan problem yang dihadapi manusia kerena ia turun untuk berdialok dengan setiap ummat yang ditemuinya, sekaligus menawarkan pemecahan terhadap problem tersebut, kapan dan dimanapun mereka berada. dari sinilah studi tetang Al-Qur’an sangat penting dilakukan.
Fungsi Al-Qur’an Dalam Kehidupan Sehari-hari sangatlah banyak sekali fungsi dari Al-Qur’an jika kita menyadari akan hal itu, terutama fungsi kepada manusia itu sendiri karena Al-Qur’an merupakan sumber hukum Islam yang utama, sebagai petunjuk dalam hidup, dan dalam membacanya kita dinilai ibadah oleh Allah SWT. Namun sebelum kita bahas secara detail masalah fungsi Al-Qur’an Kami akan bahas terlebih dahulu tentang pengertian Al-Qur’an itu sendiri, agar kita tahu dan memahami Al-Qur’an secara menyeluruh, baik secara bahasa maupun secara istilah.
Al-Hadits merupakan sumber ajaran islam, yang kedua dari Al-Qur’an. Dilihat dari sudut periwayatannya, jelas antara Hadits dan Al-Qur’an terdapat perbedaan. Untuk Al-Qur’an semua periwayatannya berlangsung secara mutawatir. Sedangkan periwayatan Hadits sebagian berlangsung secara mutawatir dan sebagian lagi berlangsung secara ahad. Sehingga mulai dari sinilah timbul berbagai pendapat dalam menilai kualitas hadits. Sekaligus sumber perdebatan dalam kancah ilmiah, atau bahkan dalam kancah-kancah non ilmiah. Akibatnya bukan kesepakatan yang didapatkan, akan tetapi sebaliknya perpecahan yang terjadi.

B.       Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang saya paparkan pada makalah ini ialah:
1.      Apakah Fungsi Al-Qur’an.
2.      Apakah fungsi Hadis.

C.       Tujuan Pembahasan
Tujuan pembuatan makalah ini ialah.
a.       Untuk menjelaskan fungsi-fungsi al-Qur’an.
b.      Untuk menyebutkan fungsi-fungsi hadis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar