Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Senin, 01 April 2024

Pidato singkat tema Ramadhan

 


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin wassolatu wassalamu ala asyrafil Mursalin nabina Muhammad wa alihi wasahbihi ajmain.

 

Yang sama-sama kita hormati bapak kepala sekolah, yang saya hormati bapak ibu guru dan bapak ibu TU SMPN 6 kopang khusunya bapak ibu dewan juri, yang saya banggakan teman-teman seperjuangan rahimakumulloh.

 

Tema pidato saya kali ini ialah Ramadon

Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 183

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa."

Dalam ayat ini, Allah SWT menegaskan bahwa puasa di bulan Ramadhan adalah suatu kewajiban bagi umat Islam, dan tujuan dari puasa adalah untuk mendapatkan taqwa atau ketakwaan kepada Allah SWT.

 

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain menjadi bulan suci yang dipenuhi dengan berkah, keutamaan Ramadhan juga sangatlah besar. Sehingga para ulama membagi fase bulan ramadan menjadi 3 bagian yakni :

Fase pertama 10 hari dari awal ramadan disebut Rahmah yakni fase kasih sayang Alloh kepada kita

Fase Kedua 10 hari pertengahan bulan ramdah disebut Magfirah yakni turunnya ampunan Alloh bagi yang sungguh-sungguh bertaubat

Fase ketiga 10 hari terakhir itqum minannar yakni pembebasan dari api neraka bagi kita yang istiqamah menjalankan perintah-perintah Alloh berupa sHiyam dan qiyam.

 

Terakhir, di bulan Ramadhan, umat Islam juga dianjurkan untuk lebih memperbanyak ibadah malam, seperti shalat Tarawih, Qiyamul Lail, iktikaf dan lainnya. Dalam sebuah hadis riwayat imam Bukhari dan imam Muslim dalam hadis shaheh, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa melakukan shalat malam di bulan Ramadhan dengan iman dan harapan pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

 

Mudah-mudahan ibadah puasa kita baik shiyam maupun qiyam senantiasa di kobulkan oleh Alloh SWT aamiin.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat-Nya dan membimbing kita dalam menjalankan ibadah di bulan suci ini. Amin.

Sekian pidato singkat saya, semoga bermanfaat bagi kita khususnya saya pribadi

Mohon maaf dan terimakasih

Wassalamu’alaikum warah matullohi wabarakatuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar