Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Sabtu, 26 Agustus 2023

SOAL MID SEMESTER 1 PAI KELAS 7 DAN 8



KUNCI JAWABAN

Kelas 7 : KLIK DISINI KUNCI JAWABAN 7

Kelas 8 : KLIK DISINI KUNCI JAWABAN 8


SOAL MID PAI KELAS 7

1.     Al-Qur’an menjadi petunjuk, penjelas, dan pembeda antara kebenaran dan kebatilan. Al-Qur’an turun dengan pesan dan ajaran yang bersifat universal, jelaskan apa maksud dari Al-Qur’an sebagai sumber ajaran Islam.

2.

            Tuliskan arti dari ayat yang bergaris bawah di atas !

3.     Pembacaan terhadap Al-Qur’an harus mematuhi aturan ilmu tajwid. Salah satu aturan dalam ilmu ini adalah Alif Lam syamsiyah dan Alif Lam qamariyyah. Sebutkan huruf-huruf dari Al-Qamariyah dan Al-syamsiyah!

4.    


Artinya : Dan Kami tidak menurunkan Kitab (Al-Qur’an) ini kepadamu (Muhammad), melainkan agar engkau dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan, serta menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman (Q.S. an-Nạl/16:64).

Tulis Q.S. an-Nạl/16: 64 di atas lengkap dengan artinya!

5.     Semua ayat-ayat Al-Qur’at memiliki makna dan isi kandungan di dalamnya, sebutkan kandungan Q.S. an-Nisā’/4: 59

6.     Al-Qur’an turun dengan pesan dan ajaran yang bersifat universal. Karena itu, Hadis memiliki peranan penting untuk memberikan rincian atau penjelasannya. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan hadis?

7.     Secara garis besar terdapat empat fungsi Hadis terhadap Al-Qur’an, sebutkan dan jelaskan keempat fungsi tersebut!

8.     Sama seperti Al-Qura’an, hadis (sunah) juga memiliki fungsi. Jelaskan apa fungsi dari hadis (sunah) Nabi Muhammad SAW!

9.     Hadis Nabi Muhammad SAW memiliki tiga tingkatan, sebutkan tingkatan-tingkatan hadis tersebur!

10.  Semangat mendalami Al-Qur’an dapat dilakukan dengan membaca Al-Qur’an dengan baik, memahami terjemah, dan membaca buku tafsir. Dan semangat mendalami Hadis dapat diwujudkan dengan membaca buku-buku yang berkenaan dengan Hadis. Ceritakan pengalaman kalian saat belajar Al-Qur’an di kampung (rumah kalian)!

 

SOAL MID PAI KELAS 8

1.     Allah Swt mempunyai sifat berfirman (kalam). Nah, sebagian dari firman-firman Allah itu tertuang atau tertulis dalam Kitab Suci yang bisa kita baca dan kita pelajari. Karena kita yakin bahwa Allah Swt memiliki sifat berfirman (kalam), kita wajib meyakini keberadaan kitab-kitab yang telah diturunkan Allah kepada para Rasul-Nya tersebut. Jelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah!

2.     Ada 4 kitab yang diturunkan oleh Allah Swt ke dunia ini. Allah Swt juga memberikan nama-nama untuk kitab-kitab-Nya tersebut. Secara berurutan mulai dari yang pertama kali diturunkan hingga saat ini. Buatlah kolom yang terdiri dari nama nabi yang menerimanya, nama kitab dan Bahasa yang digunakannya!

3.    



Kita meyakini bahwa kitab Taurat benar-benar wahyu dari Allah Swt. Keyakinan ini diperkuat oleh keterangan-keterangan yang ada di dalam al- Qur’ān. Salah satunya adalah yang tertuang dalam firman Allah dalam Q.S. al-Mu’minun/23 : 49 berikut ini:


 

Tuliskan arti dari firman Allah di atas !

4.   
Kitab Injil diwahyukan di daerah Yerusalem. Kitab ini ditulis pada awalnya dengan menggunakan bahasanya. Kitab ini menjadi pedoman bagi kaum Nasrani. Firman Allah Swt.:

Artinya : Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah. Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.” (Q.S. Maryam/19 : 30)

Tulislah Ayat di atas lengkap dengan artinya!

5.     Setelah wahyu pertama yang diturunkan di Gua Hira, turunlah wahyu-wahyu berikutnya sampai seluruhnya diturunkan oleh Allah Swt. Secara umum pokok-pokok ajaran yang terkandung dalam al-Qur’ān ada 5 pokok ajaran. Sebutkan pokok-pokok ajaran yang terkandung di dalam Al-Qur’an!

6.     Wahyu-wahyu Allah Swt yang diterima oleh para rasul dalam perkembangannya ada yang dibukukan berbentuk kitab dan ada yang tidak dibukukan atau berbentuk suhuf. Jelaskan pengertian dari suhuf!

7.     Sebagai seorang muslim kita harus husnul adab kepada kitab-kitab Allah khususnya Al-Qur’an. Silahkan sebutkan dua contoh perilaku yang mencerminkan seorang muslim beriman kepada kitab Allah Swt.!

8.     Kitab dan Suhuf mempunyai persamaan dan juga perbedaan. Persamaannya adalah keduanya sama-sama firman Allah Swt yang diturunkan kepada para rasul-Nya. Sebutkan secara rinci para Nabi dan Rasul yang menerima Suhuf dari Allah Swt!

9.     Fara Nazra sedang di perjalanan dari rumah ke sekolah. Di Tengah perjalanan, dia melihat lembaran yang menarik perhatiannya. Setelah didekati ternyata lembaran yang tergeletak di pinggir jalan itu berisi ayat al-Qur’ān. Apakah yang harus dilakuan oleh Fara Nazra, sedangkan dia pada saat itu sedang menstruasi (haid)?

10.  Mendalami dan mempelajari kitab-kitab Allah khususnya Al-Qur’an dapat dilakukan dengan membacanya dengan baik, memahami terjemah, dan membaca buku tafsir. Ceritakanlah pengalaman saat mempelajari Al-Qur’an di kampung kalian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar