Mansur

SITUS PENDIDIK : Ust.MANSUR,A.Ma,S.Pd.I,M.Pd.I,Gr.

Senin, 08 Mei 2023

Ulama Suu' Lebih Ditakuti Nabi Muhammad Dari Pada Dajjal

Yang ditakuti Nabi Muhammad SAW yakni orang orang yang telah disabdakan tentang kepribadian mereka oleh Rasulullah  SAW "Saya terhadap selain Dajjal lebih takut atas diri kalian, dibandingkan Dajjal"?

Dan didalam riwayat lain disebutkan : "Selain Dajjal lebih saya takutkan atas diri kalian"

Dan didalam riwayat lain disebutkan lagi:

"Saya lebih khawatir hal yang saya takutkan atas diri kalian"

Lalu dikatakan: yakni kepada Rosululloh "Siapakah ia selain Dajjal itu wahai Rasulullah?"

Lalu Nabi Bersabda : علماء السوء (Ulama Suu') "Orang berilmu yang buruk"

Yaitu setiap orang munafik, yang banyak ilmu lisannya [pandai bicara], bodoh hati dan amalnya.

Ia menjadikan ilmu sebagai mata pencaharian, yang ia makan dengannya, dan sebagai kemegahan yang ia terhormat dengannya, ia mengajak orang-orang kepada Allah, namun ia lari dari-Nya.

Sebagaimana sabda Nabi SAW : 

ان اخوف مااخاف على امتى كل منافق عليم اللسان

"Sesungguhnya saya sangat khawatir terhadap sesuatu yang paling saya khawatirkan atas umat saya adalah setiap orang munafik yang pandai lisannya"

Hadist diriwayatkan Imam Ahmad bin Hanbal dari Sayyidina Umar bin Al-Khoththob.

Dan sebagaimana sabda Nabi SAW : 

ان اخوف مااخاف على امتى الاءمة المضلون

"Sesungguhnya saya sangat khawatir terhadap sesuatu yang paling saya khawatirkan atas umat saya adalah para pemimpin yang menyesatkan"

Hadist diriwayatkan Imam Ahmad dan Iman Thobroniy dari Sayyidina Abi Darba'.

Maksudnya, sesungguh hal yang paling saya takutkan, yang saya takutkan hal itu atas umat saya adalah hal-hal itu tadi.

(Dan inilah) yakni inilah penjelasan hadist ini (karena sesungguhnya Dajjal tujuan akhirnya adalah penyesatan)

Maka hal itu tidaklah samar lagi bagi siapapun dari kalangan orang beriman. Dan sama seperti orang alim ini, meskipun ia memalingkan orang-orang dari dunia yakni dari mencintai dunia dengan lisannya dan ucapannya, Padahal ia sebagai pengajak kepadanya yakni kepada mencintai dunia dengan berbagai perbuatannya dan segala kondisinya.

Wallahu a'lamu bissowab

Semoga bermanfaat 

Referensi: Kitab Maraqi Al-ubudiyah 

كتاب مراقى العبودية (السيخ نواوي البنتاني) على متن بداية الهداية (الامام الغزالي)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar