1. Pernyataan berikut yang
menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A.
Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan
untuk memecahkan masalah
C.
Kemampuan berinteraksi
D. Kemampuan untuk
mengintegrasikan diri
2.
Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam
perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan
kognitif anak adalah.....
A.
Inspirasi
B.
Budaya
C. Inspirasi
D.
Pengasuhan dan
lingkungan
3.
Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah
logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan
ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4.
Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe,
gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah
sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak
memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)
B. Pengamatan
dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C.
Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan
mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat
konkrit (operasional formal)
5.
Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan
memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A.
Kognitif
B.
Sosial
C.
Emosional
D.
Moral
6.
Seorang peserta mampu
mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu mampu menjalin kerjasama yang baik
dengan teman- temannya, dan mampu
memposisikan diri di lingkungan dengan baik. Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…
A.
Moral
B.
Spiritual
C.
Sosial emosional
D.
Kognitif
7.
Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam
suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan
pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia
memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ...
A. Sosial-emosional
B.
Kognitif
C.
Moral
D. Spritual
8.
Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas
benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang
lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan
kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A.
Penalaran pascakonvensional
B.
Penalaran konvensional
C.
Penalaran prakonvensional
D.
Penalaran interkonvensional
9.
Individu memandang apa yang
diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung
aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang
berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral ...
A.
Prakonvensional
B.
Konvensional
C.
Pascakonvensional
D.
Interkonvensional
10.
Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan
rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi
untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. Mengemukakan gagasan
B. Mengaktualisasikan diri
C.
Penciptaan hubungan yang baik
D.
Menformulasikan tindakan
11.
Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa
mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B.
Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C.
Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu
setiap siswa yang mengalami kesulitan
12.
Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi
pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut
mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A.
Kesulitan akademis
B. Gangguan simbolik
C.
Gangguan non simbolik
D.
Gangguan sosial
13.
Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada
maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A.
Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B.
Menbantu siswa agar dapat melakukan
penyesuaian
diri dengan lingkungannya
C.
Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D.
Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
14.
Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan
untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari
faktor sosial adalah …
A.
Sosiometri
B.
Angket
C.
Wawancara
D. Brainstorming
15.
Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik
mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang
akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat duduk
peserta didik ke meja yang paling depan
B.
Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C.
Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D.
Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
16.
Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain
dengan teman- temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada
belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang
memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran
kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ...
A.
Keluarga
B.
Sosial
C.
Kondisi fisik
D. Intelektual
17.
Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari
siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan
dan balasan terjadi, maka akan semakin
kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A.
Behaviorisme
B.
Humanistik
C. Sibernetik
D.
Kontruktivisme
18.
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan
dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya
itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A.
Sibernetik
B.
Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
19.
Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran
adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna
kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini
adalah ….
A.
Humanistik
B.
Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Nativisme
20.
Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar
setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan
teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online.
Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar
….
A.
Sibernetik
B.
Konstruktivisme
C.
Behaviorisme
D.
Kognitivisme
21.
Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau
pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di
dalam struktur kognitif seseorang adalah teori
belajar…
A.
Behaviorisme
B.
Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D.
Sibernatik
22.
Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan
hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B.
RPP
C.
Silabus dan RPP
D.
SKL
23. Komponen rancangan
pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A.
Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah- langkah pembelajaran,
evaluasi
C. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
D. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
24.
Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A.
Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp
mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B.
Silabus bersumber dari standar isi
dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C.
RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D.
RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
25.
Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A.
Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B.
Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada
peserta didik
C.
RPP bersumber dari silabus
D.
Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
26.
Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk
setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Dijabarkan dari....
A. Silabus
untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus
untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus
untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus
untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
27.
Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata
pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal
kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua
ciri kegiatan bermusyawarah
3)
Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan
ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A.
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B.
Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C.
Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D.
Keterkaitan dan
keterpaduan
28.
Dalam mengunakan media dan alat
bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini,
kecuali satu yakni;:
A.
Metode mengajar yang digunakan guru
B.
Karakteristik bahan ajar
C.
Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
D.
Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
29. Jika seorang guru melakukan
aktifitas pembelajaran sebagai berikut:
1)
Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta,
melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan
berkomunikasi,
2)
Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3)
Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara
penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta
konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan
pembelajaran yang berbasis....
A.
Kognitivisme
B.
Behaviorisme
C.
Konstructivisme
D.
Humanisme
30.
Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit
pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses
pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
A.
Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.
B.
Pemberian tugas yang tersetruktur.
C.
Penggunaan metode bervariasi
D. Menekankan berfikir ktiris
dan pemecahan masalah.
31. Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. Ingatan; pemahaman,
analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,
sÃntesis, dan evaluasi
C.
Ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. Ingatan, pemahaman,
analisis, aplikasi, evaluasi, dan, sÃntesis.
32.
Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan
taksonomi Benjamin
S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis
C.
Ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. Ingatan,
pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,
mencipta.
33.
Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara
lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A.
Role Playing
B. Inquiry
C.
Problem Solving
D. Picture and Picture
34.
Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A.
Waktu yang tersedia untuk melaksanakan
diskusi
B. Rumusan
masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang
mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
35.
Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang
media dan alat bantu pembelajaran adalah:
A.
Memilih bahan untuk membuat media/alat
bantu
B.
Membuat media dan alat bantu sederhana
C. Menggunakan media dan alat bantu
D. Merawat media dan alat bantu
36. Fungsi indikator dijadikan
sebagai penanda dalam….
A.
Pencapaian standar kompetensi
B.
Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D.
Pencapaian standar kelulusan
37.
Tindakan yang paling tepat
dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang
diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B.
Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C.
Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu
setiap siswa yang mengalami kesulitan
38.
Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik
mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang
akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat duduk
peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan
ajar kepada seluruh peserta didik
C.
Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D.
Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
39.
Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang
peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A.
Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab
pertanyaan tersebut
B. Memberikan
kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C.
Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D.
Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
40.
Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip
pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan,
kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai
dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual
peserta didik.
B. Adanya
hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator,
materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C.
Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran,
pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang
pencapaian kompetensi dasar.
D.
Komponen-komponen silabus saling
berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
41.
Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL
adalah sebagai berikut, kecuali....
A.
Sharing dengan teman
B.
Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D.
Menggunakan satu sumber
42.
Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran,
Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji
kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan
memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan
pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A.
Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D.
Menarik minat
43.
Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara
dimulai dari materi- materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan
dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B.
Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
44.
Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh
sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah
untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam
pemilihan media termasuk
ke dalam kriteria...
A. Tujuan
B.
Sasaran didik
C.
Ketersediaan
D. Konteks
penggunaan
45.
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru
dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan
dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang
pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus mengetahui
latar sosial budaya siswa dan sekolah
B.
Pendidik harus memahami karakteristik dari media
pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan
diri dengan kemampuan sekolah.
D.
Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
46.
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru
harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya,
media dapat dibagi ke dalam..
A.
Media yang memiliki daya liput yang luas dan
media yang memiliki daya liput terbatas
B. Media yang dpat didengar
saja dan media yang dapat dilihat
C. Media tradisional dan media
berbasis tik
D. Media dua dimensi dan media
tiga dimensi
47.
Di ruang media tersedia berbagai macam media yang
sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya
dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia
memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang
harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran
didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks penggunaan.
C. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D.
Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
48.
Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan
sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut
yang benar terkait dengan media pembelajaran
adalah:
A. Media pembelajaran yang
paling baik adalah media yang berbasis tik
B. Sebuah media
dapat digunakan untuk
semua kegiatan pembelajaran
C.
Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan
dalam suatu kegiatan pembelajaran
D.
Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
49.
Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran
yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru
sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan
video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut
adalah:
A.
Menampilkan objek yang terlalu besar
B.
Membuat konkrIt konsep yang abstrak
C.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
50.
Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran.
Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih
efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek
yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai
kondisi tersebut:
A.
Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya
pasar, candi.
B. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat
konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D.
Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
51.
Seorang guru ingin membuka situs
google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau
untuk dibagikan secara umum. Fitur
yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A.
Book
B.
Forum
C. Blog
D. E-portofolio
52.
Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs
google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam
istilah internet tersebut adalah…
A.
Program mencari informasi
B. Program desktop publishing
C.
Program untuk menjelajahi laman
D. Program penciptaan laman
53.
Seorang guru yang akan mencari informasi tentang suatu
topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan
istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai
mesin pencari adalah...
B. www.google.com
54.
Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau
judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin
pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari
selain google adalah...
A.
www.yahoo.com
A.
Microsoft Database
B.
Microsoft PowerPoint
C.
Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
56.
Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang
menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi
oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan
untuk membuat bahan presentasi adalah....
A.
Microsoft Database
B.
Microsoft Spread Sheet
C.
Microsoft Power
point
D.
Microsoft Desktop Publishing
57.
Tools pembelajaran daring/online cukup banyak dan
memiliki fungsi masing- masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes
sumatif dan tes akhir pembelajaran.
Fitur moodle ini adalah...
A.
Quiz
B.
Page
C.
Lesson
D.
Blog
58.
Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau
elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk
unsur pembangun elektronik adalah…
A.
Penulis konten (content writer)
B. Penata
grafis (design grafis)
C.
Perancang pembelajaran (course design)
D.
Pemrogram komputer (computer programmer).
59.
Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan
data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/
menganalisis/mengolah data (informasi)
dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan
untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari
model pembelajaran…
A.
Portofolio
B. Saintifik
C.
Penemuan
D.
Autentik
60.
Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar
menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-
kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para
siswa agar mau mengembangkan
kreativitasnya .
Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan
bagian dari model pembelajaran….
A.
Portofolio
B.
Saintifik
C. Penemuan
D.
Autentik
61.
Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan
masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan
pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan
pertanyaan penuntun (a guiding question)
dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai
subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut
merupakan model pembelajaran ....
A.
Project based
learning
B. Discovery Learning
C.
Problem Based Learning
D. Inquiry learning
62.
Bu Rumini melaksanakan pembelajaran
yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan
tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai
macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan
implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B.
Inquiry learning
C. Discovery learning
D.
Problem based
learning
63.
Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah isu aktual
dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk
kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.
Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut
mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
A.
Project based
learning
B. Problem based learning
C.
Discovery learning
D. Inquiry learning
64.
Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam
kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk mengobservasi
suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang
muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam
memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta
didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang
berbeda dari mereka.
Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut
mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ...
A. Inquiry learning
B.
Problem based
learning
C.
Project based learning
D.
Discovery learning
65.
Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah
kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa
“memiliki” dan bertanggung jawab atas
kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan
mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses,
cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.
Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak
Kandi mencerminkan prinsip model ....
A. Problem solving learning
B.
Problem based learning
C.
Project based
learning
D.
Discovery learning
66.
Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran
project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)
Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5)
Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)
Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience). Urutan yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
67.
Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang
masih acak berikut ini!
1)
Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan
siswa secara mandiri atau kelompok
4)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran
Problem Based Learning, urutan
langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
68. Perhatikan langkah-langkah
kegiatan pembelajaran berikut ini.
1) Orientasi siswa pada masalah
2) Mengorganisasi siswa dalam belajar
3) Membimbing penyelidikan
siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
5) Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
Fase-fase
pembelajaran tersebut merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ....
A.
Discovery learning
B. Project based learning
C.
Problem solving learning
D.
Problem based
learning
69.
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan
menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap
unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A.
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B.
Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C.
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D.
Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
70. Fungsi KKM adalah sebagai
berikut, kecuali....
A. Sebagai
acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. Merupakan
target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C.
Dapat digunakan sebagai bagian dari
komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai
kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif
atau kuantitatif.
71. Fungsi indikator dijadikan
sebagai penanda dalam….
A.
Pencapaian standar kompetensi
B.
Pencapaian kompetensi dasar.
C.
Pencapaian tujuan pembelajaran
D.
Pencapaian standar kelulusan
72.
Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan
guru adalah;
A.
Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B.
Menambah bahan pelajaran baru
C. Mengetahui
jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih
waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
73.
Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa
dalam proses pembelajaran adalah:
A.
Pedoman observasi
B.
Kuesioner
C.
Pedoman wawancara
D.
Tes hasil belajar
74.
Bila Anda sebagai guru menemukan
peserta didik mendapatkan hasil belajar yang
rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A.
Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B.
Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C.
Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D.
Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
75.
Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil
belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
A.
Buku sumber yang digunakan
B.
Kurikulum dan silabus
C.
Indikator pencapaian kompetensi
D.
Kemampuan awal siswa
76.
Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar
peserta didik adalah penilaian harus terpadu
artinya:
A. Penilaian
berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. Penilaian
merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. Penilaian
berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian
harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
77.
Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan
pendidik harus memenuhi persayaratan berikut,
kecuali:
A. Konstruksi
butir soal memenuhi persayaratan
yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B.
Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan
peserta didik
D. Digunakan
untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
78.
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria
ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A.
Nilai batas ambang kompetensi
B.
Nilai minimal yang dicapai peserta didik
C.
Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
D.
Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
79.
Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh
semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan
menghitung nilai;
A.
Mean
B.
Modus
C.
Median
D.
Simpangan baku
80.
Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A.
Penilaian hasil belajar peserta didik
B.
Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C.
Penilaian silabus dan RPP
D.
Penilaian standar kompetensi lulusan
81.
Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar
peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar
belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional.
Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
A.
Objektivitas.
B.
Transparan
C.
Bermakna
D.
Menyeluruh
82.
Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak
dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?
A.
Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
B.
Menyampaikan laporan ke atasannya
C.
Menyusun rencana tindak lanjut
D.
Menyusun laporan hasil pemantauan
83.
Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak
dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar
dari pengarang yang berbeda
B.
Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. Memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.
Diberikan materi bahan ajar yang lebih
tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
84.
Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya
di bawah ketuntasan belajar ….
A. Proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.
Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C.
Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan
kecerdasan siswa
D.
Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
85.
Salah satu prinsip merancang program remidial bagi
peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D.
merancang test ulang saja tanpa
ada pengulangan penjelasan materi
86.
Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
A.
Menentukan kriteria keberhasilan belajar
B.
Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya
C.
Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D.
Merencanakan pengajaran remidi
87. Penilaian portofolio dapat
dilaksanakan dengan cara ….
A.
Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C.
Mengumpulkan hasil kerja masing-masing
siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu
album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan
siswa dalam memahami pokok bahasan
tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
88.
Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya
siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test
disebut ....
A.
Konstruktivisme
B.
Authentic assesment
C.
Efektif
D.
Kondusif
89.
Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes
yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan,
sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran
dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu
telah ditetapkan dinamakan ....
A.
Penilaian acuan
patokan
B.
Penilaian acuan norma
C.
Penilaian tuntas
D.
Penilaian berkelanjutan
90.
Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor
yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor
standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan
status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes
yang dimaksud adalah….
A.
Penilaian berkelanjutan
B.
Penilaian menyeluruh
C.
Penilaian acuan patokan
D.
Penilaian acuan
norma
91.
Kurikulum 2013 menggunakan
pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria
(PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada
kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar
minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan
karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan
karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan
penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
A.
Penilaian berkelanjutan
B.
Penilaian autentik
C.
Penilaian acuan
patokan
D.
Penilaian acuan norma
92.
Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah
menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A.
Tujuan penilaian
B.
Prinsip penilaian
C.
Fungsi penilaian
D.
Hasil penilaian
93.
Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap,
pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok
peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program
pengayaan merupakan….
A.
Prinsip penilaian
B.
Tujuan penilaian
C.
Fungsi penilaian
D.
Bentuk penilaian.
94. Fungsi penilaian yang tepat
adalah …
A.
Alat meningkatkan prestasi peserta didik
B.
Alat untuk menemukan gaya belajar peserta didik
C.
Membantu peserta didik memahami materi
pembelajaran
D. Sebagai
kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan tentang kemajuan perkembangan
peserta didik.
95.
Assesment hasil belajar peserta
didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A.
Objektif
B.
Adil
C.
Kooperatif
D.
Terpadu.
96.
Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan
kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A.
Adil
B.
Objektif
C.
Valid
D.
Sistematis
97.
Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari
segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal
tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A.
Adil
B.
Akuntabel
C.
Valid
D.
Sistematis
98.
Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap
dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip
penilaian yang…
A.
Adil
B.
Objektif
C.
Valid
D.
Sistematis
99.
Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….
A.
Ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B.
Menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C.
Ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
D.
Dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya
banyak yang jelek
100.
Program pembelajaran remedial
hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan,
kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus
mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk
salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A.
Fleksibilitas
B.
Interaktif
C.
Adaptif
D.
Kesinambungan
101.
Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang
memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa
dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial.
Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan.
Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...
A.
Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B.
Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C.
Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D.
Memberi tugas mengerjakan Lembar Kerja
Siswa
102.
Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B.
Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. Memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrument testnya yang sesuai
D. Diberikan
materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
103.
Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang
capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. Proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B.
Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. Sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D.
Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
104.
Salah satu prinsip merancang program remidial bagi
peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B.
Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah
dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D.
Merancang test ulang saja tanpa
ada pengulangan penjelasan materi
105.
Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan tepat,
Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah
pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut
merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
A.
Merumuskan masalah
B.
Mengidentifikasi masalah
C.
Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D.
Menyusun proposal penelitian
106.
Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan (yang
disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana
keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan
pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A.
Refleksi
B. Observasi
C.
Perencanaan
D.
Pelaksanaan
107.
Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan
tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang
membedakan PTK dengan jenis penelitian
lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A.
Observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B.
Refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C.
Perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. Perencanaan
--> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
108.
Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana paling
tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. Apakah
pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri
2 Boyolali?
B.
Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa
dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa
Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa
siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D. Bagaimana
cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
109.
Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A. Kerisauan
guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B.
Keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.
Keinginan untuk membantu guru
D.
Kepedulian peneliti akan kinerja guru
110.
Di bawah ini adalah prinsip-prinsip penelitian
tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….
A.
Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan
yang direkayasa
C.
Perencanaan
D.
Upaya empiris dan sistematis
111.
Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara
bertahap dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A.
Pengumpulan data
B. Menganalisis
masalah
C.
Mencapai tujuan
D.
Menentukan ruang lingkup
112.
Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
A.
Guru
B.
Peneliti
C.
Guru dan Peneliti
D.
Objek Penelitian
113.
Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A.
Pelaksanaan tindakan
B.
Observasi dan intepretasi
C.
Diskusi balikan
D.
Analisis data
114.
Tujuan PTK adalah…
A.
Perbaikan KBM
B.
Menyusun teori baru
C.
Memperbaiki teori
D.
Menyusun generalisasi
115.
Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya
serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A.
Analisis
B.
Refleksi
C.
Observasi
D.
Diskusi
116.
Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat
penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….
A.
Kesimpulan
B.
Prosedur penelitian
C.
Pendahuluan
D.
Metodologi penelitian
117.
Persiapan awal dalam PTK adalah…
A.
Menyiapkan cara wawancara
B.
Membuat analisis kelayakan hipotesis
C.
Membuat rencana (perbaikan)
pembelajaran dan skenarionya
D.
Menyiapkan fasilitas dan sarana
118.
Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A.
Usulan untuk mendapatkan dana penelitian
B.
Uraian tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C.
Uraian projek penelitian pendidikan
D.
Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
119.
Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan
tindakan dalam PTK, kecuali…
A.
Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B.
Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C.
Persiapan tindakan
D. Observasi
dan inperetasi.
120.
Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran
adalah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja,
tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi
peserta didik adalah....
A. Untuk mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B.
Untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik
memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. Untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
selanjutnya
D. Untuk
mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin
komunikasi positif dengan peserta pendidik.
121.
Kegiatan yang harus dilakukan setelah pembelajaran
adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik
antara lain adalah ….
A.
Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses
dan hasil belajar peserta didik
B.
Untuk melakukan evaluasi diri
terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan
pembelajaran
D. Untuk
mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
122.
Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari
pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil
tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan
memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
A. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B.
Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.
Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
D.
Penilaian dilaksanakan sejak awal pembelajaran
sampai akhir pembelajaran
123.
Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan
oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya
sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A.
Penilaian dilaksanakan di akhir pembelajaran
B.
Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
oleh peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil
penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
124.
Untuk mengetahui keberhasilan belajar peserta didik,
baik selama maupun setelah peserta
didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang
kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti
pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan
tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A.
Mengapa peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B.
Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah
kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. Mengapa
peserta didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang
kita lakukan
125.
Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan konsep refleksi pembelajaran
adalah…
A. Refleksi
merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi terhadap
Semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran.
B. Refleksi
merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah
pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.
C. Refleksi
diperlukan untuk memperoleh gambaran tingkat keberhasilan rencana pembelajaran
yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar